alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/518f17371cd7193b4e000009/fakta-fakta-mengejutkan-dari-susu
Fakta-fakta Mengejutkan dari Susu
Fakta-fakta Mengejutkan dari Susu

Quote: Jika Anda pikir susu selalu baik bagi kesehatan, mungkin Anda harus mencermati ini. Instruktur yoga sekaligus motivator kesehatan, Erikar lebang mengemukakan fakta susu yang mengejutkan.

Dalam bukunya 'Mitos dan Fakta Kesehatan, Erikar menuliskan beberapa hal menarik. Seperti misalnya fakta susu yang sering dipahami bisa membentuk tulang pada anak.

Kalsium butuh magnesium

Menurut erikar, kalsium merupakan alasan kunci mengapa susu dianggap sebagai pengasup gizi primer di kehidupan manusia.

"Kalsium, dibuat identik dengan tulang dan pertumbuhan tinggi seorang anak. Padahal kalsium harus bekerjasama dengan mineral lain untuk membentuk tulang yang kuat, yaitu magnesium," tulisnya seperti dikutip Sabtu (11/5/2013).

Tapi magnesium bukan mineral yang bisa ditampung cukup untuk kebutuhan harian manusia dalam susu.

"Jadi tanpa magnesium, kalsium pada susu sama sekali tidak bermanfaat untuk pembentukan tulang. Justru semakin banyak susu yang diminum, maka tumpukan kalsium dalam darah akan menumpuk,"ujarnya.

Hal ini malah mengakibatkan fungsi kesehatan terganggu. "Dan kondisi kelebihan kalsium ini disebut hiperkalsimea, yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh," lanjutnya.

Protein pada susu

Kandungan protein pada susu sapi memang tinggi. Tapi sangat berbeda dengan protein yang dibutuhkan manusia terutama dikaitkan dengan sistem pencernaan.

"Kasein, protein susu sapi, justru membuat susu paling sulit dicerna. Kasein akan langsung menggumpal setelah masuk ke lambung dan akan menyebabkan masalah kesehatan,"ujarnya.

Maka itu Erikar menyebutkan kalau laktosa susu sapi tidak mampu dicerna manusia dengan baik. Karena manusia memproduksi enzim laktase untuk mengurai laktosa.

"Enzim ini perlahan menghilang di usia 2-3 tahun. kombinasi antara enzim lactase produksi tubuh dan susu sapi tidak mampu membantu pencernaan manusia," tulisnya.

Ultra High Temperature (UHT)

Banyak produk susu yang diklaim produk susu terbaik karena terbebas dari bakteri berbahaya yang mati akibat proses UHT sebelum dikemas dan dipasarkan.

"Fakta terlewatkan dan tidak terungkap ialah enzim lactase yang terdapat dalam susu tidak kuat menahan panas di atas 45 derajat celcius," jelasnya.

Melalui teknik pemanasan UHT yang mencapai 120-130 derajat celcius, dipastikan kalau enzim tersebut mati total. Padahal enzim tersebut sangat penting karena berfungsi melindungi gigi, meningkatkan jumlah bakteri baik, mencegah kanker, menurunkan kolesterol, mencegah obesitas, mencegah diabetes dan mencegah osteoporosis.


Sumber
Nice shared gan emoticon-2 Jempol


Quote:Fakta-fakta Mengejutkan dari Susu

kalo magnesium terdapat di makanan/minuman apa tepatnya gan?
minum multivitamin aja gan emoticon-Blue Guy Peace
jadi susu uht ga ada gizinya? percuma dong minum susu emoticon-army
ternyata susu uht sama aja ngga ada manfaatnya donk emoticon-Cape d...
susu oh susu.,bermanfaat sekali dikau
makanya mending minum susu sapi murni aja deh.... emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By SiBocahIjo
kalo magnesium terdapat di makanan/minuman apa tepatnya gan?

kandungan magnesiumnya tinggi ada dii daun-daun sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian gan
Quote:Original Posted By malink.ID
minum multivitamin aja gan emoticon-Blue Guy Peace

boljug gan emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By ghoarz
jadi susu uht ga ada gizinya? percuma dong minum susu emoticon-army

Ya gitu deh klo minum susu UHT.
Quote:Original Posted By kwan30lie04
ternyata susu uht sama aja ngga ada manfaatnya donk emoticon-Cape d...

gk ada gan..
Emak ane kalo beli susu sukanya beli susu yang UHT.

Berarti gak ada efek apa? Sama aja minum"an biasa ya? emoticon-Cape d... (S)
Ane demen susu sapi padahal gan emoticon-Big Grin, tap kembali lagi kalo semua di konsumsi dalam jumlah banyk juga ga bakalan baik gan emoticon-Big Grin
pic nya anri sugihara ya gan ?
susu gan emoticon-Genit:

jadi mikirnya yang lain
kalo susu kambing gimana gan....ane pernah baca kualitasnya lebih baik dr susu sapi...emoticon-Kiss

yg suka susu boleh kok gan mampir di mari....

[CENTER]ga perlu buka baju....cukup buka mata...[/CENTER]
Quote:Original Posted By biasasajalah
pic nya anri sugihara ya gan ?

Bkn gan, ini pic mantan ane emoticon-Wowcantik
Quote:Original Posted By Mickey2888
susu gan emoticon-Genit:

jadi mikirnya yang lain

Mikir apaan gan emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By hunaivi
kalo susu kambing gimana gan....ane pernah baca kualitasnya lebih baik dr susu sapi...emoticon-Kiss



Iya bagus jg gan susu kambing bisa dijadikan obat.
Quote:Original Posted By SiBocahIjo
kalo magnesium terdapat di makanan/minuman apa tepatnya gan?


gula kali ya..??