alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/518f106948ba543234000005/kisah-pohon-yang-kesepian-di-tengah-gurun
Kisah Pohon yang Kesepian di Tengah Gurun

Kisah Pohon yang Kesepian di Tengah Gurun
Kisah Pohon yang Kesepian di Tengah Gurun

L'Arbre du Tenere, yang dalam bahasa Inggris disebut Tree of Tenere, adalah sebuah pohon akasia yang pernah dianggap sebagai satu-satunya pohon paling terisolasi di bumi. Hal ini dikarenakan dalam radius lebih dari 400 kilometer di Gurun Sahara, pohon itu hanya berdiri sendirian di padang pasir yang tandus.

Tumbuh di wilayah gurun yang gersang, pohon itu pernah menjadi bagian dari daerah hutan yang subur dan permukiman padat penduduk. Tetapi kemudian, kondisi lingkungan berubah drastis dan pohon-pohon lainnya ikut menghilang. Dan hanya menyisakan satu pohon yang berdiri sendirian di gurun itu.

Pohon itu dulu sangat terkenal dan sering disebut Arbre Perdu atau Lost Tree. Pohon itu berhasil bertahan ratusan tahun, sampai suatu hari pada tahun 1973, seorang sopir truk yang sedang mabuk menghancurkannya. Dan itu menjadi akhir dari perjalanan si pohon kesepian.


Sisa pohon yang sudah mati itu kemudian dipindah ke Museum Nasional Nigeria di ibukota Niamey. Sejak itu, lokasi bekas berdirinya pohon Tenere telah dipasangi sebuah ukiran logam yang mewakili pohon tersebut.

Wilayah Tenere memang tidak sepenuhnya dikeliling gurun. Selama masa prasejarah, daerah ini diliputi oleh hutan tropis. Namun secara bertahap, perubahan iklim mengurangi jumlah tanaman di daerah itu. Tenere pun menjadi tempat yang tidak ramah untuk vegetasi dan curah hujan tahunan rata-rata hanya 2,5 cm.


Air pun menjadi langka, bahkan hingga ke bawah tanah sekalipun. Sekitar awal abad ke-20, sekelompok kecil pohon akasia berbunga kuning tumbuh di wilayah tandus itu.

Kisah Pohon yang Kesepian di Tengah Gurun

Kisah Pohon yang Kesepian di Tengah Gurun

Kisah Pohon yang Kesepian di Tengah Gurun

Kisah Pohon yang Kesepian di Tengah Gurun
josh gandos
cman seorang diri gan emoticon-Mewek
banyak bangkai d sekitarnya emoticon-Takut
Quote:Original Posted By freakk
cman seorang diri gan emoticon-Mewek
banyak bangkai d sekitarnya emoticon-Takut


kasihan yah....
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
si tengah gurun ngisep air nya dari mana itu ah gan? kasian juga sendirian di tengah gurun pasir gitu
Quote:Original Posted By blckztaz
si tengah gurun ngisep air nya dari mana itu ah gan? kasian juga sendirian di tengah gurun pasir gitu


agan kasih air galon gih... kasihan dia gan gak punya temen... emoticon-Sorry
bisa bertahan hidup gitu ditengah gurun emoticon-Jempol



Best Regards
inodinod
Quote:Original Posted By inodinod
bisa bertahan hidup gitu ditengah gurun emoticon-Jempol



Best Regards
inodinod


iya gan berarti dia tetap semangat untuk hidup...
emoticon-Matabelo

kasian banget ya..
Itu supir bloon, saking bloonnya di padang gurun yang luas dia bisa nabrak pohon yang cuma satu - satunya emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By littleintruder
emoticon-Matabelo

kasian banget ya..


iyah gan harusnya ada yang nemenin siapa gitu kaktus kek..
iam legend emoticon-Metal
Quote:Original Posted By Prince.Ganesha
Itu supir bloon, saking bloonnya di padang gurun yang luas dia bisa nabrak pohon yang cuma satu - satunya emoticon-Cape d... (S)


makanya jangan pada mabuk yah gan, nanti di biliang bloon...
Quote:Original Posted By piaupiaupiau
iam legend emoticon-Metal


gimana gan maksudnya aku gak ngerti?
kan kalau posting gak berbobot di kaskus pasti di banned yah.
kasihan yah gan, udah mah sendirian matinya di tabrak truk lagi.
Wah itu supir truknya pake mabuk lg emoticon-Cape d...
Pohonnya saksi kehidupan tuh
kasian amat tuh pohon sendirian emoticon-Hammer2
Ente ajeh sono gan yg temenin
temenin aja gan emoticon-Ngakak