alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/518ef24f542acfcb0c000003/hari-ini-15-tahun-lalu-jadi-lembaran-hitam-sejarah-indonesia
Hari ini, 15 tahun lalu jadi lembaran hitam sejarah Indonesia
Hari ini, 15 tahun lalu jadi lembaran hitam sejarah Indonesia

Spoiler for No Repost:


Hari ini, 15 tahun lalu jadi lembaran hitam sejarah Indonesia
Pada 12 Mei, 15 tahun lalu pernah menjadi sejarah kelam bangsa Indonesia. Saat itu terjadi aksi demonstrasi besar-besaran dari mahasiswa menuntut Soeharto turun dari jabatannya sebagai presiden. Aksi demo itu rupanya berbuntut kerusuhan lebih masif setelah empat mahasiswa dari Universitas Trisakti di Jakarta tewas tertembak dan puluhan lainnya luka-luka.

Empat mahasiswa yang tewas tertembak adalah Elang Mulia Lesmana, Heri Hertanto, Hafidin Royan, dan Hendriawan Sie. Mereka tewas tertembak di dalam kampus, terkena peluru tajam.

Tewasnya empat mahasiswa itulah langsung menyulut kerusuhan lebih luas. Masyarakat langsung ikut turun ke jalan menjarah berbagai tempat perbelanjaan. Indonesia yang saat itu diterjang krisis ekonomi bertambah lumpuh dengan adanya kerusuhan masif di Jakarta.

Toko-toko dijarah. Mal-mal juga dijarah kemudian dibakar. Tidak ada penjagaan dari aparat kepolisian. Semua seperti kota mati. Orang bisa leluasa seenaknya melakukan tindak kriminal dengan membakar, mencuri dan bahkan memperkosa di tengah jalan.

Situasi waktu itu begitu mencekam. Orang takut keluar rumah, terutama warga keturunan Tionghoa.

Safir, salah satu warga Ibu Kota masih mengingat jelas kerusuhan Mei 1998 itu dalam ingatannya. Ia menceritakan, saat itu warga seperti ada komando untuk melakukan penjarahan.

"Orang bebas mengambil barang apa saja yang ada di toko. Tidak ada penjagaan dari aparat baik itu polisi atau TNI. Massa semua beringas. Toko dibakar dan dijarah," kata Safir menceritakan kejadian kelam ini.

Untuk mensiasati agar tidak dijarah, banyak toko yang ditulis dengan "Milik pribumi" atau "Pro-reformasi". Meski sudah ditulis demikian, toh massa tetap beringas bak kesetanan menjarah semua isi toko dan lalu membakarnya.

"Barang-barang hasil jarahan kemudian dibawa pulang. Tidak ada yang menghalangi karena waktu itu benar-benar semua sistem lumpuh. Kerusuhan baru mereda setelah tidak ada lagi toko-toko yang dijarah. Semua habis dan dibakar," ujarnya.

Kerusuhan Mei 1998 baru reda pada 15 Mei di Jakarta. Namun, kerusuhan ini ternyata merembet ke wilayah lain di Jakarta seperti di Bandung dan Solo.

Karena hari ini bertepatan dengan kerusuhan Mei 98. Tujuannya bukan untuk meratapi sejarah kelam itu, tapi untuk dijadikan pelajaran agar kejadian seperti itu tidak terulang. Karena yang rugi bukan bangsa lain, tapi bangsa kita sendiri.

Kaskuser yang baik selalu berkomentar dan memberikan kata-kata yang sopan.

semoga trit ini bermanfaat dan TS menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L) buat yang udah iso atau di emoticon-Rate 5 Star agar selalu dapat di baca kaskuser lainnya emoticon-Malu (S)



Sumber
petromax?
udah 15thn berlalu ternyata emoticon-Frown
prabowo 15thn yg lalu masih di bawah ketek...
sekarang udah mao nyalon emoticon-Busa
wow udah 15 tahun berlalu emoticon-Matabelo
gk berasa waktu ya
Hari2 yg kelam, trut berduka cita gan emoticon-Mewek
emoticon-Sorry gak terasa udah 15 tahun ya gan
Sudah semakin tua kita...
emoticon-Sorry
Ga kerasa udah 15 thn, waktu itu ane msh kecil.
semoga tidak ada ada lg kejadian seperti itu emoticon-norose
Bertepatan dengan HUT ID Kaskus ane pula emoticon-Sorry
ane belum tau kejadiannya gan,, :capedeh
emoticon-I Love Indonesia
Semoga kedepannya lebih baik

Dan kejadian kyk gini gk terulang lagi
oiya gan, waktu itu kejadian trisakti yak? waaah turut berduka cita deh emoticon-Turut Berduka
kejadian 98, ane baru satu tahun waktu itu emoticon-Cendol (S)
weh ternyata dah 15 taun ya

ijin nyimak ya gan
No komen.





demo sih demo aja lawan polisi.. gw dukung
tapi klo sampe yang jarah2 itu cem ** SENSOR ** ** SENSOR **t emoticon-Najis (S)
menurut ane sih y CMIIW.. kerusuhan 98 emang beneran buat reformasi? perasaan cm buat cari keuntungan pribadi d. kl emang mo reformasi ngapaen anak orang diperkosa ato toko dibakar?
lagian abis suharto turun knp? makin ancur kan indonesia. dl kita cm gk blh ejek pemerintah tapi dia korupsi rakyat gk melarat2 amat kan? skrg cb? ormas berbendera agama maen suka2 aja.. si biru korup tp gk ditangkap2.. mending gk usa duperungatin lagi.. tar malah mulai lagi denfamnya and ulang
Ane inget waktu itu ane masih sd dan ane bersama keluarga ane mengungsi ke tempat yang sepi.