alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/518eb8790a75b4e324000006/wigan-athletic-torehkan-sejarah-setelah-81-tahun-berdir
Wigan Athletic Torehkan Sejarah Setelah 81 Tahun Berdiri
Spoiler for Sejarah dan Prestasi Wigan Athletic:


81 Tahun Berdiri, Wigan Kini Punya Trofi Besar

Wigan Athletic Torehkan Sejarah Setelah 81 Tahun Berdir


London - Baru mencapai Premier League di tahun 2005, Wigan Athletic akhirnya mencatat sejarah dengan merengkuh trofi besar pertamanya sejak mereka berdiri 81 tahun silam.

Trofi itu adalah turnamen tertua di dunia, Piala FA, setelah di final malam ini, Sabtu (11/5/2013), tim berjulukan The Latics itu mengalahkan Manchester City dengan skor tipis 1-0. Gol kemenangan tersebut dicetak pemain pengganti, Ben Watson, di menit 90.

Keberhasilan membungkam City tentu saja di luar prediksi. The Citizens, juara liga musim lalu dan pemenang Piala FA dua tahun silam, lebih dijagokan untuk tampil sebagai juara. Apalagi rekor mereka menghadapi Wigan terbilang superior.

City memenangi tujuh pertandingan terakhirnya di Premier League melawan tim asuhan Roberto Martinez itu. Wigan bahkan tidak mencetak satu gol pun setiap kali kalah melawan City. Gol terakhir yang mereka buat ke gawang City adalah saat 1-1 di kandang sendiri pada Oktober 2009, di liga. Kemenangan terakhir Wigan atas City adalah pada September 2008 dengan skor 2-1.

Namun, gol Watson malam ini mengakhiri semua rekor buruk tersebut. Biarpun harus menanti selama 675 menit (11 jam 15 menit), Wigan akhirnya bisa menjebol gawang City lagi dan mereka memperoleh piala besar pertamanya.

Total, dari tujuh pertandingannya di Piala FA musim ini, mereka hanya kebobolan dua. Wigan pun menjadi klub ke-43 yang pernah menjuarai turnamen ini, sedangkan Martinez menjadi orang Spanyol kedua yang pernah memenangi Piala FA sebagai manajer, setelah Rafael Benitez bersama Liverpool di tahun 2006.

Terbentuk di tahun 1932, Wigan baru bisa mencapai level Premier League di musim 2005/2006, setelah di musim sebelumnya finis di peringkat kedua di divisi dua (saat itu masih bernama Football League). Di musim itu pula mereka berhasil lolos ke final Piala Liga, sebelum menyerah 0-4 dari Manchester United.

Hingga kini Wigan belum pernah terdegrasi dari Premiership. Hanya saja, posisi mereka di musim ini sangat rawan. Saat ini mereka ada di peringkat ketiga dari bawah, dengan nilai 35 dari 36 pertandingan.

Menurut statistik Opta, belum pernah ada sebuah tim yang memenangi final Piala FA dan kemudian terdegradasi di musim yang sama. Fans Wigan tentu berharap, setelah kesuksesan besar malam ini mereka pun tidak terdegradasi -- dan musim depan dengan bangga tampil di Europa League.

sumber : [url]http://sport.detik..com/sepakbola/read/2013/05/12/021853/2243385/72/81-tahun-berdiri-wigan-kini-punya-trofi-besar?b99220170[/url]

Kalahkan City di Menit Terakhir, Wigan Juara Piala FA

Wigan Athletic Torehkan Sejarah Setelah 81 Tahun Berdir


London - Wigan Athletic tampil sebagai juara Piala FA musim ini setelah di final mengalahkan Manchester City dengan skor tipis, 1-0. Gol kemenangan mereka tercipta di menit-menit terakhir pertandingan.

Adalah Ben Watson yang menjadi pahlawan The Latics, dengan menyundul masuk bola sepak pojok dari Shaun Maloney persis di menit 90, dalam laga yang digelar di Stadion Wembley, Sabtu (11/5/2013) malam WIB.

City, yang dua tahun lalu juga tampil di final dan menjadi juara, tak punya banyak waktu dan kesempatan lagi untuk membalas gol yang terkesan mengejutkan itu. Mereka pun kalah, dan pasukan Roberto Mancini itu harus menyelesaikan musim ini tanpa gelar, setelah musim lalu meraih titel Premier League.

Sebaliknya, kemenangan ini menjadi sejarah buat Wigan karena baru kali ini mereka mendapatkan sebuah trofi besar sejak berdiri 81 tahun silam.

Tanpa banyak peluang

Pertandingan kedua kesebelasan berlangsung kurang menarik. Tidak banyak peluang berbahaya yang dihasilkan masing-masing tim. Meski demikian Wigan patut mendapatkan kredit tersendiri karena berhasil mematikan kreativitas para pemain menyerang City.

The Citizens sempat terlihat akan mendominasi permainan. Di menit kelima mereka mendapatkan free kick di depan kotak penalti lawan. Eksekusi Carlos Tevez membentur pagar betis Wigan, tendangan susulan dari Yaya Toure pun dapat ditepis kiper Joel Robles.

Setelah itu permainan City tak berkembang. Mereka juga kerap tidak optimal dalam passing-passing-nya. David Silva mencoba melakukan tendangan dari luar kotak penalti di menit 19, tapi sepakannya tidak terlalu membahayakan.

Kans terbaik City di babak pertama terjadi di menit 28. Dalam posisi bebas Tevez melepaskan tembakan ke arah gawang, tapi Robles melakukan penyelamatan gemilang dengan kakinya.

Peluang nyata berikutnya baru tercipta setelah pertandingan berjalan satu jam. Upaya Silva membongkar pertahanan Wigan berakhir tanpa gol setelah tembakan Pablo Zabaleta melenceng dari bidang sasaran.

Wigan sebenarnya cukup sering melakukan counter-attack yang cepat, namun sesungguhnya mereka pun tak pernah mengcanam gawang Joe Hart, kecuali di menit 65, ketika tendangan McManaman masih bisa diblok oleh Vincent Kompany.

Masuknya Jack Rodwell dan James Milner di kubu City pun tak banyak mengubah pola permainan. City tetap belum bisa keluar menyerang lebih efektif. Sedangkan Wigan tetap mengandalkan serangan balik untuk menekan lawannya itu. City bahkan kehilangan Zabaleta di menit 85, setelah bek asal Argentina itu menerima kartu kuning keduanya di pertandingan tersebut.

Di menit 90, memasuki dua menit injury time, Wigan memperoleh tendangan sudut. Dilakukan oleh Maloney, Ben Watson yang baru sembilan menit berada di lapangan -- menggantikan Jordi Gomez -- berhasil menanduk bola di udara, mengalahkan lompatan Gael Clichy, dan memecah semua kebuntuan itu. Joe Hart tak bisa berbuat banyak untuk mencegah terjadinya gol tersebut.

Statistik Opta mencatat, hanya itulah shot Wigan yang mengarah ke gawang City malam ini, dan itu berbuah gol kemenangan.

Susunan pemain:

Man City: Joe Hart, Vincent Kompany, Pablo Zabaleta, Gael Clichy, Matija Nastasic, Samir Nasri (James Milner 54'), Gareth Barry (Edin Dzeko 90'), David Silva, Yaya Toure, Sergio Aguero, Carlos Tevez (Jack Rodwell 69')

Wigan: Joel Robles, Antolin Alcaraz, Emmerson Boyce, James McCarthy, Shaun Maloney, Jordi Gomez (Ben Watson 81'), James McArthur, Roger Espinoza, Paul Scharner, Arouna Kone, Callum McManaman

sumber : [url]http://sport.detik..com/sepakbola/read/2013/05/12/012047/2243380/72/kalahkan-city-di-menit-terakhir-wigan-juara-piala-fa?[/url]

Spoiler for blog ane:
congratz buat wigan emoticon-Kiss
tuh wigan hebat bener ya
emoticon-Peluk emoticon-Hammer (S)
goal di menit akhir di injury time bikin nyesek, pasti nyesek banget tuh city, congrats buat wigan
Vincent Kompany bisa komentar apa sekarang gan...?
iya gan, bener-bener keren tuh, dan city tanpa trophy taun ini.
selamat buat wigan . gile superior banget wigan emoticon-Recommended Seller
Wah gmana sih city...
Emang sih kmaren city mainnya ga bagus...
Kehilangan bola mulu...
Kecewa deh...
mancini gigit jari..
apalagi skrang omongannya ya?
×