alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/518ea11b601243f932000003/fenomena-sosial-pengemis----keaadaan-atau-pekerjaan
Fenomena Sosial “Pengemis” --> Keaadaan atau Pekerjaan ???
Quote:Welcome To " OyiTOkWes " Thread
Selamat Menikmati bacaan Yang Bermanfaat Gan

Jangan Lupa Di emoticon-Rate 5 Star Dolo Ya Mas Gan / Mbak sist

Spoiler for Bukti ga repost neh gan :

Quote:Pengemis adalah orang-orang yang mendapatkan penghasilan dengan meminta-minta di muka umum dengan pelbagai cara dan alasan untuk mengharapkan belas kasihan dari orang lain
Fenomena Sosial “Pengemis” --> Keaadaan atau Pekerjaan ???
Quote:Soal mengemis ini memang erat kaitannya dengan soal kemiskinan dan ketersediaan lapangan pekerjaan.Mayoritas memang demikian halnya, walau dalam beberapa kasus tidak semata-mata hanya soal kemiskinan saja.tapi berkaitan dengan soal budaya tradisi. Pengemis menjadi sebuah profesi yang menghasilkan banyak keuntungan. Ada yang sehari bisa mendapatkan uang kotor lebih dari Rp. 50 ribu bahkan Rp.100 ribu. Menurut sebuah penelitian di Malang,dalam waktu sehari, jumlah uang receh yang beredar mencapai Rp. 1 milyar!

Quote:Pengemis merupakan bagian dari fenomena masyarakat di mana pun berada. Pengemis terlahir dari peradaban suatu masyarakat di mana terjadi kesenjangan ekonomi dan sosial yang tinggi. Sebenarnya, kalau kita perhatikan, perkembangan jumlah pengemis di Indonesia terus meningkat seiring dengan krisis dan beban berat kehidupan yang harus dipikul oleh masyarakat. Harga sembako yang harganya naik tajam, dan biaya hidup yang semakin meningkat menyebabkan kemiskinan bertambah. Sehingga salah satu bentuk akibat meningkatnya kemiskinan akan melahirkan gelandangan dan pengemis (gepeng).

Menurut Koes Plus Negri ini adalah negeri subur di mana bila tongkat ditanam maka akan tumbuh menjadi pohon, dan lautannya berupa kolam susu ini gepeng mudah kita temui, terutama di perempat-perempat jalanan. Bahkan menjadi hal yang aneh bila di jalanan utama tidak diketemukan gepeng terutama di kota-kota besar. Mereka melakukan ini semata-mata karena himpitan hidup yang mendesak mereka. Apalagi faktor pendidikan dan lapangan kerja yang kurang membuat banyak orang memutuskan menjadi gepeng. Namun, terkadang ada juga yang menjadikan kehidupan gepeng adlaah tindakan lain untuk mendapatkan uang dengan mudah alias malas bekerja.

Quote:Indonesia merupakan Negara berkembang yang identik dengan kemiskinan di berbagai daerahnya. Di setiap daerah, pasti ada daerah yang perumahannya berdempetan satu sama lainnya. Banyaknya pengemis, pengamen, dan gelandangan dapat menggambarkan masyarakat miskin di perkotaan. Bahkan masih banyak juga gelandangan yang tidur di depan emperan toko di pinggir jalan di malam hari.
Menurut data tahun 2007, Jumlah Gelandangan Pengemis (Gepeng) di Sumatera Utara (Sumut) menempati urutan ke-2 di Indonesia mencapai 16 ribu orang setelah Jawa Tengah yang mencapai 21 ribu orang dan DKI pada urutan ke-3. Itu baru data yang tampak, itupun sebelum kenaikan BBM tahun 2008. Jumlah itu bertambah seiring dengan momentum-momentum penting di negeri ini. Semisal saja akan banyak gepeng2 yang bekerja sementara waktu karena menganggap lebih untung seperti saat kedatangan Bulan Ramadhan, Idul Fitri, Natalan dan tahun baru. Sementara itu ada juga yang menjadi “Boss” para gepeng ini. Mereka ini mengeruk keuntungan di atas penderitaan orang lain.

Fenomena Sosial “Pengemis” --> Keaadaan atau Pekerjaan ???
Quote:Ironis memang, saat kita berfikir kasihan kepada mereka ,belas kasihan kita malah akan dibalas dengan semakin semangatnya mereka untuk melakukan pekerjaan yang mereka tekuni itu. Tetapi jika kita tidak memberi uang pada mereka, rasanya tidak tega melihat wajah mereka yang mengundang rasa iba. Padahal kebanyakan mereka yang mengemis dan pengamen itu adalah orang sehat, orang yang masih kuat untuk bekerja, dan tidak ada kekurangan satupun dalam fisiknya. Hanya gaya berpakaiannya saja yang di buat memelas oleh mereka. Mental pengemis nampaknya sudah menjadi cirri khas bangsa kita ini. Umumnya, pengemis adalah mereka yang sudah tidak bisa bekerja lagi atau atau mereka yang sudah tidak bisa produktif lagi karena berbagai kendala fisik atau karena memang mereka sudah tua. Namun berbanding terbalik dengan kenyataan yang terjadi di sekitar kita sekarng ini, banyak pengemis yang hanya berpura-pura miskin padahal sebenarnya dia orang kaya yang malas untuk bekerja.


Quote: Bagaimana Pandangan Masyarakat Terhadap Pengemis
Spoiler for :

Quote:Slogan pemerintah agar tidak memberi uang kepada gepeng
Spoiler for .:


Quote:“… Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum bila kaum itu sendiri yang mau mengubahnya.”(QS: Ar-radu’ ayat 11)

Artinya tidak akan ada perubahan kecuali kita memaksakan diri untuk berjalan dalam jalan yang benar dan berusaha mengubah keadaanya.

“Sekiranya penduduk suatu negeri beriman dan bertaqwa, Kami pasti akan membukakan bagi mereka pintu keberkahan dari langit dan bumi (QS. Al-A’Raf (7):96)


Quote:
Quote:Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3

Monggo di komeng Gan
TS Lagi HAus gan Boleh neh dikasi
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
And TS ga Lagi Bangun Rumah JAdi
Menolak
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:I Hate Silent Rider
I'm Not respect junker

Quote:MATUR NUWUN
Quote:Ane amanin dulu Pejwan dari :
1. Penjual jersey
2. Penjual Obat peninggi badan
3. Pemburu petromax .
emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool

Quote:Original Posted By gugun91r4n9


ane ga diamanin gan? ane tukang sebar link.
emoticon-Ngakak

Fenomena Sosial “Pengemis” --> Keaadaan atau Pekerjaan ??? Twitter:Fenomena Sosial “Pengemis” --> Keaadaan atau Pekerjaan ???Like FB:Fenomena Sosial “Pengemis” --> Keaadaan atau Pekerjaan ???

buset dehh makin banyak neh tar junker nya Ampun dah emoticon-Cape d... (S)
udah cukup sekali aja bro biar yang lain kebagian dan ga malas bacanya emoticon-Cape d... (S)
iya gan miris dg budaya pengemis di negara ini....ane pribadi 2,5% pendapatan perbulan walau kecil dan gak seberapa lebih baik bantu2 orang yg gak beruntung yang gak dapat mencukupi keluarganya tetapi dia berusaha atau bekerja walau berpropesi pemulung daripada pengemis yang minta2 dg make mimik muka kasihan padahal dia sehat walafiat
sepertinya udah telanjur jadi semacam peluang yg punya prospek.. emoticon-Hammer (S)
sempet nemuin pengemis yg tukar duit dgn nilai cukup banyak, seabis bagi2 sm temen2nya... dgn penampilannya udah gak lagi lusuh emoticon-Cape d... (S)

lain lg yg terang2an minta2, meski badan gagah.. dan melegitimasi sendiri dg bilang "daripada jd rampok" emoticon-Nohope

moga2 pd cpt sadar & gak trus regenerasi, ato menular.....

"aku bukan pengemis cintaaaaa..." emoticon-Traveller
miris bgt gan
Org kampung skrg kiranya ngemis itu kerjaan gan. Parah deh
udah jadi pekerjaan gan..
Yang penting ikhlas ngasihnya
Melebihi pekerjaan
ini sudah kayak bisnis yang ajib
ngemis itu membuat orang jadi malas
lebih baik tangan d atas daripada tangan di bawah
Quote:Original Posted By 12.bar
sepertinya udah telanjur jadi semacam peluang yg punya prospek.. emoticon-Hammer (S)
sempet nemuin pengemis yg tukar duit dgn nilai cukup banyak, seabis bagi2 sm temen2nya... dgn penampilannya udah gak lagi lusuh emoticon-Cape d... (S)

lain lg yg terang2an minta2, meski badan gagah.. dan melegitimasi sendiri dg bilang "daripada jd rampok" emoticon-Nohope

moga2 pd cpt sadar & gak trus regenerasi, ato menular.....

"aku bukan pengemis cintaaaaa..." emoticon-Traveller


Quote:Original Posted By petasan17
ngemis itu membuat orang jadi malas


Setuju ama agan2 di atas...
dah jd mata pencaharian emoticon-Najis



14November2009
ijin save dulu
kenyataan seperti itu gan, sekarang mengemis adalah sebuah profesi emoticon-No Hope

klo ane pribadi mensiasati dengan selektif dalam memberi emoticon-Malu
Quote:Original Posted By santaikalus
iya gan miris dg budaya pengemis di negara ini....ane pribadi 2,5% pendapatan perbulan walau kecil dan gak seberapa lebih baik bantu2 orang yg gak beruntung yang gak dapat mencukupi keluarganya tetapi dia berusaha atau bekerja walau berpropesi pemulung daripada pengemis yang minta2 dg make mimik muka kasihan padahal dia sehat walafiat

Karena udah menjadi "pekerjaan" yang Menjanjikan gan
Quote:Original Posted By 12.bar
sepertinya udah telanjur jadi semacam peluang yg punya prospek.. emoticon-Hammer (S)
sempet nemuin pengemis yg tukar duit dgn nilai cukup banyak, seabis bagi2 sm temen2nya... dgn penampilannya udah gak lagi lusuh emoticon-Cape d... (S)

lain lg yg terang2an minta2, meski badan gagah.. dan melegitimasi sendiri dg bilang "daripada jd rampok" emoticon-Nohope

moga2 pd cpt sadar & gak trus regenerasi, ato menular.....

"aku bukan pengemis cintaaaaa..." emoticon-Traveller

Ane pernah juga gan nemuin pengemis yang lagi tukar uang di Indomar* dengan jumlah sktr 130 Ribu di depan mata ane gan , dan yang bikin ane miris usia si Ibu2 itu sktr 35 Tahun TANPA CACAD SEDIKITPUN menggendong anak kecil..
Quote:Original Posted By i4nt
udah jadi pekerjaan gan..


Quote:Original Posted By dariSK
Yang penting ikhlas ngasihnya

Bener gan, ngais harus ikhlas, cuman harus di pertimbangkan atang2 kalo jaman sekarang gan, alias harus pandai menilai apakah orang tersebut "pantas" kita kasi uang emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By saladinn3000
Melebihi pekerjaan
ini sudah kayak bisnis yang ajib

Setujaa ama agan neh emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By petasan17
ngemis itu membuat orang jadi malas

2 hari yang lalu ane lihat juga di depan apotek yang cukup besar dia nongkrong (Nglesot) didepannya sambil bawa Komplong menggendong anak usia sekitar 40 an, dengan entenganya memesan kopi dan menyuruh tukang parkir disitu dengan imbalan uang 1000 perak gan , NYATA di deoan ane gan emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By itongjapra
lebih baik tangan d atas daripada tangan di bawah

Betul gan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By 14November2009
dah jd mata pencaharian emoticon-Najis



14November2009


Quote:Original Posted By mclarenteam
ijin save dulu


Quote:Original Posted By simplesample
kenyataan seperti itu gan, sekarang mengemis adalah sebuah profesi emoticon-No Hope

klo ane pribadi mensiasati dengan selektif dalam memberi emoticon-Malu

Sangat setuju selektif itu yang bisa kita lakukan gan emoticon-Smilie
50:50 gan, ada yang karena keadaan. ada juga yang menjadi pekerjaan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By itongjapra
lebih baik tangan d atas daripada tangan di bawah



betuul gan
emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By yizrel
50:50 gan, ada yang karena keadaan. ada juga yang menjadi pekerjaan emoticon-Ngakak


iya gan yang bener2 membutuh kan karena usia udah Tua, cacad mungkin masih kita maklumi, tapi kalo udah dijadikian mata pencaharian ane yang kadang gregetan ama mereka gan emoticon-Cape d... (S)