alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/518e541b4f6ea1f037000005/legenda-putri-silu-siluq-yang-ke-jawa-menjadi-ratu-segoro-kidul-legenda-kutai
Smile 
LEGENDA PUTRI SILU (SILUQ) yang ke JAWA menjadi RATU SEGORO KIDUL, (LEGENDA KUTAI)
LEGENDA TANAH KUTAI (KALIMANTAN TIMUR)

DIKISAHKAN OLEH NEK ESAH ALIAS NEK MANANG WARGA DESA MUARA KAMAN ILIR

Judul:
LEGENDA PUTRI SILU (SILUQ) LARI KEPUSAT AIR MEMBAWA TUAH NEGERI MENDATANGKAN BENCANA KEMARAU PANJANG DI KUTAI

Spoiler for ilustrasi:


Kisah ini dimulai dengan lantunan lagu yang disebut neroyong sebagai berikut :

Dinegeri kutai dulu hikatnya, Hiduplah kejuntaian di dunia longa, Bukanlah dewa lain manusia, Sebagai pemberi alamat sealam raya.

Tujuh saudara hidup rukun dan tentramya, Penjaga alam kutai yang kaya-raya,

  • Sayus kakak yang paling tua, Orangnya pintar pandai bahasa.
  • Songo kakak yang kedua, Orang kuat baik hatinya, Tapi saying bodoh orangnya, Hingga menjadi cerca para saudara.
  • Silu kakak ke tiga cantik molek parasnya, Selalu membawa tuah pada manusia, Negeri kutai ditinggalkannya, Karma takut besahu dengan kakak tertua
  • Sirumbai kaca kakak kempatnya, Sipatnya santun dan bersahaja, Tulus hati pemberi semengat hidup manusia, Karma memberi tidak mengarap apa-apa.
  • Rumbai nenang kakak kelima, Jujur hati penyejuk jiwa, Banyak orang kagum padanya, Sopan santun tutur bahasanya.
  • Sinaning kakak keenam yang susah hidupnya, Orangnya sabar tegar hatinya, Pemelihara semengat hidup didunia, Sangat arif dan bijaksana.
  • Sentanglah yang paling bungsu, Orangnya lugu serta pemalu, Tapi diasenang selalu membantu, Walaupun dia ditinggalkan ibu.
  • Tujuh saudara hidup bersatu, Dalam tugas bahu membahu, Jadi Alamat pastilah tentu, Kepada mahluk hidup diberitahu.


Cerita ini dikisahkan pada suatu hari terjadilah, hal yang memalukan, yang disebut sahu (tabu) karna perbuatan yang tidak layak dilakukan oleh orang yang bersaudara kandung, kejadiannya takala terjadi hujan lebat dan atap rumah mereka mengalami kebocoran sehingga Sayus naik keatap rumah dan melihat adiknya Silu sedang memasak di dapur, dan taah (Kain sarung) yang dipakai silu sedikit terbuka dan memperlihatkan lekuan tubuhnya yang memang tiada tara indahnya dan kulit yang putih kuning serta paras yang cantik membuat darah sayus berdebar jantungya dan timbulah napsu birahinya, niat jahat itu lah yang akhirnya menjadikan pertikaian antara adik dan kakak.

Silu sudah mantap hatinya ingin berpisah dari saudara-saudaranya maka dibuatlah lanting besar (rakit) dari haur kuning (bambu kuning), dan lengkap dengan perbekalan harta pusaka serta manok sakan betina, (ayam hutan) kesayangan saniang jangkat dibawanya pula menurut cerita ayam ini lepas persis di Muara Kaman yang meninggalkan telur di gua bukit berubus, karena terburu-buru Silu lupa mengambil telur ayam tersebut hingga saniang jangkat mendatangkan bala (bencana), kemarau panjang saniang hanya mau menghilangkan sumpahnya jika ada binatang yang sanggup menetaskan telur tersebut. Dalam hikayat lain diceritakan bahwa hanya seekor lembulah yang dapat mengerami telur tersebut sehingga menjadi batu lembu tersebut kemudian dinamai lembu ngeram.

Sejak meninggalkan kampong halamanya silu menyusuri sungai mahakam, dan Sayus merasa bersalah sehingga di suruh oleh para saudaranya agar membawa adiknya kembali, karena Silu enggan lagi tinggal bersama dia tidak mau pulang, maka berbagai rintangan di buat untuk menghambat kepergian silu diantaranya di buat ulak Besar di Muara Kaman, Ulak Yupa beserta Pulaunya dan tiga pulau lainya yakni Pulau Kumala di Tenggarong dan Pulau Jerang di Jembaian tanahnya di ambil dari Gunung Betutu dan Gunung Malang di Senoni dan di muara sungai Mahakam ditanami bakau namun semua itu berkat kesaktian dan tuah silu dapat melanjutkan perjalananya sampai ke pusat air (Samudra Indonesia sekarang) yang berada selatan Pulau Jawa menurut cerita ini Putri Silu dikabarkan ditangkap oleh Raja Naga penguasa laut pantai selatan Jawa dan akhirnya menjadi penguasa pantai selatan maka silu sering memberikan tuah pada rakyat di sekitar pantai selatan, apakah Putri Silu adalah Ratu Segoro Kidul saya bertanya dan dijawab Allahualam Bin Sawab kehendak tuhanlah yang akhirnya membuat negeri di Jawa itu dibangun dari hasil alam dan bumi Kutai yang kaya karena, adapula sumpah raja kutai apabila anak cucuku melewati batas wilayah selatan tanah Jawa maka tuah dan kesaktiannya akan hilang di ambil oleh Putri Silu.

Spoiler for Pulau Kumala di Tenggarong Sekarang:


Sepeninggal Putri Silu, negeri kutai semakin kacau, Sayus dikabarkan lari ke daerah perbatasan Balikpapan dan Panajam di Pasir sekarang disana dijumpai gua yang digambari silu dengan alat kelamin pria dan wanita entah apa sebabnya itulah tanda penyesalanya yang digambarkan Sayus akibat perbuatannya semua makluk hidup di kutai mendapatkan bala (bencana).

Lain lagi sungai mahakam yang besar dan dalam airnya hampir kering karena kemarau panjang membuat bangsa para binatang ambil bagian dalam babak cerita ini. Ditengah kegelisahan makluk hidup dikutai hanya berharap semoga kejadian ini cepat berlalu, dalam dongengnya Dongengya Nek Esah bercerita tentang perilaku para binatang pada waktu itu, para binatang dikumpulkan guna membahas masalah apa yang sebenarnya terjadi Raja segala binatang mengadakan pertemuan di Udara rajanya burung Bunia atau Rembewang (Raja Wali) lajim disebut Burung Garuda, di hutan dikuasai Remaong (Singa) dan di Air dikuasai Ikan Pesut (Lumba-Lumba) entah bagaimana Cuma cerita ini dikisahkan akhirnya banyak para binatang yang mendapat hukuman seperti, Bebek di hukum tidak bias terbang jauh gagal mengerami telur Sakan dan Burung Coek dihukum mencari makan hanya di malam hari karma dalam mencari Silu dialakukan hanya malam hari,serta Tikus menggali tanah pada waktu disuruh Sayus membuat tiga pulau maka seumur hidupnya dihukum menggali tanah, sedangkan Burung ketinjau (Kutilang), dianugerahi sumpah apabila manusia memakan daginya akan terjangkit penyakit kodong (Kudisan), dan diberi suara yang merdu karena dilah yang menijau dan memberitahukan bahwa sebab terjadinya kemarau oleh perbuatan Sayus ingin bersahu kemudian telur manok sakan (ayam hutan) kesayangan saniang jangkat dierami lembu sampai jadi batu, cerita ini kemudian menjadikan mistik batin Lembu Ngeram menjadi Lambang Kerajaan Kutai Martapura di Muara Kaman.

Pertemuan Putri silu dengan utusan dari Kutai, siapa gerangan yang menemui silu, Nek Esah menjawab alkisah seekor Kupu-kupu meminta persetujuan Saniang apabila dirinya berhasil menemui si Putri Silu maka dia meminta apabila kemarau sudah berhenti dan pohon serta tanaman lain berbunga maka bangsanyalah yang harus mencicipi terlebih dahulu sari-sari madu dari bunga-bunga tersebut, dan permintaanya dikabulkan oleh Saniang, dan berangkatlah kupu-kupu menuju pusat air, sesampainya di tepi laut kupu-kupu menaiki buyah air (Gelembung Air), hingga berbulan bulan kupu-kupu mencari Putri Silu dan akhirnya pertemuan itulah kupu-kupu menerima pesan Putri Silu agar disampaikan kepada makluk hidup di kutai, bahwasanya dirinya tidak dapat kembali lagi dan dia memberikan alamat bahwa apabila manusia ingin mendapatkan tuah maka buatlah Saniang Ayu sebagai perlambang batinku dan aku akan datang tanpa dilihat mata dan akan memberikan padah bagi ganjaran hubungan antara alam gaib dan kehidupan nyata manusia di kutai.

Kajian Mistik Ilmiahnya yang kita dapat dari cerita ini antara lain. Bahwa tiang ayu adalah penghubung alam gaib dan kehidupan nyata inilah yang terjadi disetiap upacara Erau yang dimulai dengan mendirikan ayu dan diakhiri dengan merebahkan ayu, agar dapat mendatangkan tuah bagi negeri kutai. Berdirinya ayu dan rebahnya ayu mengandung arti dan makna bahwa upacara tersebut memiliki awal dan akhir, serta upacara besawai menjamu, merangin, berarti upacara ini mempunyai wawasan luas menghormati semua kemumulan, kejuntaian, serta pengalasan yang ada ditanah Kutai pada zaman dahulu.

Spoiler for Tentang Upacara Adat Erau:


Quote:Jangan Lupa emoticon-Rate 5 Star dan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Senang bisa berbagi.
gan bahasanya susah banget dicerna
dtunggu editannya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bobideol
gan bahasanya susah banget dicerna
dtunggu editannya emoticon-Big Grin


bahasa campuran daerah itu gan, hehehe
Wah keeren ni ada postingan sejarah kehidupan di aliran sungai mahakam, ane support agan daahhh. Tapi ane ada beberapa pertanyaan ni untuk agan yang bikin thread sejarah ini, pertanyaannya sebagai berikut :

1. Di paragraf 2 disebutkan ada (ayam jantan) kesayangan SANIANG JANGKAT, SANIANG JANGKAT itu siapa?? Apakah nama ayam itu apa seseorang pemilik si ayam itu??

2. Terus 7 orang bersaudara itu ceritanya tinggal di daerah mana?? Karena di paragraf 2 juga disebutkan SEMPAT LEPAS PERSIS DI MUARA KAMAN, berarti 7 orang bersaudara itu logikanya dari kata2 SEMPAT LEPAS PERSIS DI MUARA KAMAN tempat tinggalnya ke 7 bersaudara itu bukan di Muara kaman dong?
3. Oooh gara-gara ayamnya lepas si pemilik mungkin SANIANG JANGKAT mungkin marah pada si putri silu yang mungkin lalai sampai ayam yang dibawanya itu lepas dan hebatnya sempat lepas berapa lama ya? Kok sempat2nya itu ayam meninggalkan telur di dalam bukit Berubus? Bukannya si putri silu SEPERTI YANG AGAN TULIS itu orangnya sakti seperti yang agan tulis di paragraf 3, kalo sakti masa cari telur ayam aja nggak nemu-nemu atau gak bisa??

4. Di ceritakan di postingan agan di thread ini pas itu ayam lepas si pemilik menungkin SANIANG JANGKAT mendatangkan bala berupa KEMARAU PANJANG kenegeri mana sih itu yang dimaksud? Apakah ke Muara Kaman atau ke kamppungnya si 7 bersaudara?? (saran ane gan yang jelas kalo bikin cerita sejarah aliran sungai mahakam, terlebih lagi ente dapet ceritanya dari seorang tetua disana, harus benar2 dicermati jangan ngasal posting kasihan itu tetua disana udah capek2 informasiin sejarah tapi yang nangkep ceritanya nggak paham alias nggak MUDENG jadi nggak jelas)
5. Terus Saniang di cerita yang agan tulis tersebut dia BERSUMPAH akan menghilangkan sumpahnya kalau ada binatang atau hewan yang bisa/sanggup menetaskan telur ayam yang ditinggalkan itu. (dalam pandangan saya oh berarti kalau ada hewan yang bisa menetaskan terlur tersebut bencana seperti kemarau panjang tersebut akan hilang dong).

6. Tapi di cerita yang agan tulis ga jelas ini telur itu akhirnya di eramkan oleh LEMBU/SAPI, tapikan bukannya menetas tapi malahan jadi batu, berarti itu daerah yang kena bencana Kemarau akibat kemarahan SANIANG JANGKAT nggak hilang-hilang dong bencananya, kan telurnya bukannya MENETAS MALAH JADI BATU? Dan daerah mana sih yang kena bencana yang agan tulis juga nggak jelas di daerah mana apakah itu di Muara Kaman atau dimana??

7. Dan hebatnya lagi LEMBU yang mengerami telur yang menjadi batu bukannya menetas, malahan dijadiin LAMBANG KERAJAAN KUTAI MARTADIPURA MUARA KAMAN, eamangnya apa filosofi positif dari Lembu itu?? KECUALI itu lembu bisa menetasin telur ayam tersebut yang dimana sesuai sumpah si saniang jangkat akan menghilangkan bencana kemarau di Daerah mana juga nggak jelas deh?? LEMBU yang aneh nggak ada tuahnya gitu di jadiin lambang, padahal daerahnya masih kena bencana kemarau panjang. Ckckkckckck aneh ceritanya NGGAK JELAS.

sayang banget ceerita sejarahnya ditulis kembali sama sejarah muda dengan nggak jelas. sayang banget ni cerita legendanya kckckckckck sedih banget.

agan asli Muara Kaman apa asli mana??

tolong gan di jawab beberapa pertanyaan ane itu gan, Terima Kasih.

dan satu lagi disana itu sebenarnya nama kerajaannya itu Kutai Martadipura bukannya Kutai Martapura, kalo Martapura itu di Banjarmasin tempat pengrajin batu cincin. nggak jelas lagi dah kalo gitu. hmmmm ckckckckck
sangat senang baca legenda daerah di indonesia, hanya satu yang masih agak kurang yakin daria saya yaitu pulau kalimantan letaknya disebelah utara jawa,tapi kenapa putri silu harus lewat pantai selatan yang artinya harus melompati pulau jawa itu sendiri.terima kasihLEGENDA PUTRI SILU (SILUQ) yang ke JAWA menjadi RATU SEGORO KIDUL, (LEGENDA KUTAI)
legend gan emoticon-Big Grin

tapi beneran kah?
ane ngebet buka trit ni ternyata pakai bahasa gaul...
Quote:Original Posted By Marjukentang
Spoiler for :



itu saya copas dari sumber yang menceritakan gan, belum tentu juga kebenarannya, tp klo tentang 7saudara itu legenda lama yg org daerah sini pasti pernah dengar gan.

Quote:Original Posted By pendekartakeran
sangat senang baca legenda daerah di indonesia, hanya satu yang masih agak kurang yakin daria saya yaitu pulau kalimantan letaknya disebelah utara jawa,tapi kenapa putri silu harus lewat pantai selatan yang artinya harus melompati pulau jawa itu sendiri.terima kasihLEGENDA PUTRI SILU (SILUQ) yang ke JAWA menjadi RATU SEGORO KIDUL, (LEGENDA KUTAI)


namanya orang gaib gan. kan beda alam

Quote:Original Posted By Mickey2888
legend gan emoticon-Big Grin

tapi beneran kah?


legenda itu masih dipertanyakan tp klo 7 saudara itu emang legenda asli dari sini

Quote:Original Posted By vaginasari
ane ngebet buka trit ni ternyata pakai bahasa gaul...


gaul banget gan...
wahhh baru tau ane gan itu legenda emoticon-Big Grin
wowww gan keren gan
baru tw ane
Quote:Original Posted By KetuanyaKaskus
wahhh baru tau ane gan itu legenda emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By rajawatches
wowww gan keren gan
baru tw ane


dari cerita itu juga kenapa kodrat binatang demikian gan... emoticon-Malu (S)
CMIIW, Teori Sundaland, 25000 SM Pulau Kalimantan, Sumatera, dan Jawa menyatu sebelum akhirnya terjadi banjir bandang yang membuat pulau pulau tersebut dipisahkan oleh laut. Apakah ada hubungannya ?
Legenda apalagi nih bous!
Nyimak deh emoticon-Cool