alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/518e3ecb0975b46e19000009/negara-tanpa-kekuatan-militer-di-dunia
Negara Tanpa Kekuatan Militer di Dunia
Asslamu'alaikum Wr Wb

emoticon-Maaf Agan Sebelumnya ini adalah thread ane yang pertama emoticon-Maaf Aganwati

Spoiler for No Repsol:


okedeh daripada banyak omong mending simak nih gan


Negara Tanpa Kekuatan Militer di Dunia

Quote:Kekuatan militer bagi sebuah negara mungkin adalah sesuatu hal yang mutlak. Karena selain untuk pertahanan keamanan dan stabilitas suatu negara, kekuatan militer juga sebagai identitas suatu negara. Namun ada beberapa negara di dunia ini tidak memiliki kekuatan militer, tetapi negara-negara tersebut bisa tetap eksis. Dan harapan kita bersama adalah, dunia ini tetap aman dan tidak terjadi peperangan sehingga kita tidak perlu menggunakan kekuatan militer. Karena perang hanya akan merugikan banyak pihak.

Quote:
Solomon Islands (Kepulaun Solomon)
Spoiler for solomon islands:


Spoiler for solomon islands:


Solomon Islands terletak di Samudra Pasifik, disebut negara kepulauan karena memiliki 992 pulau. Solomon Islands merdeka dari penjajahan tahun 1976, hingga tahun 1998 negara ini mampu membentuk pemerintahan yang stabil. Namun mulai tahun 1998-2006 mereka tidak memiliki angkatan bersenjata. Hal ini terjadi karena sering terjadi konflik, kejahatan dan kekerasan, sehingga Australia dan Selandia Baru melucuti angkatan bersenjata mereka. Apabila terjadi perang, Solomon Islands membayar angkatan bersenjata Australia untuk melindungi negaranya.


Quote:
Costa Rica
Spoiler for costa rica:


Spoiler for costa rica:


Costa Rica terletak di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Nikaragua, Panama, Laut Karibia dan Samudra Pasifik. Sejak tahun 1948 presiden Costa Rica, Jose F.Ferrer menghapus militer dari negaranya. Diantara negara-negara Amerika Latin lainnya Costa Rica memiliki stabilitas politik yang stabil dan aman. Untuk penegakan hukum, keamanan dan lain-lain dibebankan kepada institusi kepolisian. Kekuatan militer Costa Rica bergantung pada 21 negara, apabila ada negara yang menyatakan perang maka ke 21 negara ini termasuk Amerika Serikat, Kuba, Chile bersedia membelanya berdasarkan perjanjian yang telah disepakati.


Quote:
Samoa
Spoiler for samoa:


Spoiler for samoa:


Samoa adalah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik dan mempunyai 11 distrik. Samoa diakui oleh PBB pada tanggal 15 Desember 1976. Hingga hari ini Samoa tidak memiliki kekuatan militer, walaupun ada institusi kepolisian namun jelas tidak dapat dianggap sebagai kekuatan militer. Samoa menjalin kerjasama baik dengan beberapa negara dan khususnya Selandia Baru yang dikukuhkan dengan perjanjian pada tahun 1962 untuk meminta bantuan pertahanan militer apabila ada invansi dari negara lain.


Quote:
Palau
Spoiler for palau:


Spoiler for palau:


Palau adalah negara kepulauan yang merdeka pada tahun 1994, terletak di Samudra pasifik berbatasan dengan Papua Barat, Maluku Utara, Sulawesi Utara dan Filipina. Negara ini mempunyai kekurangan dalam kekuatan militer. Kekuatan kepolisian hanya bertugas untuk melindungi warga sipil. Apabila negara ini diserang maka kekuatan Amerika Serikat akan memberikan perlindungan, karena Palau termasuk Wilayah Perwakilan Kepulauan Pasifik yang diperintah oleh Amerika Serikat.


Quote:
Andorra
Spoiler for andorra:


Spoiler for andorra:


Andorra terletak di benua Eropa. Andorra sangat unik karena walaupun tidak memiliki kekuatan militer yang terorganisir tetapi berani menyatakan perang dengan Jerman. Dengan mengandalkan 10 orang warga negaranya sebagai kekuatan militer, tentunya tindakan ini tidak ditanggapi secara serius oleh negara-negara lain dan Andorra juga tidak diundang dalam Perjanjian Versailles. Namun kepolisian Andorra tetap difungsikan untuk membantu menjaga perdamaian. Negara yang memberi perlindungan apabila Andorra di serang negara lain adalah Perancis dan Spanyol karena kedua negara ini berbatasan dengan Andorra. NATO juga ambil bagian dalam memberi perlindungan kepada Andorra.


Quote:
Grenada
Spoiler for grenada:


Spoiler for grenada:


Grenada termasuk negara kepulauan dan terletak di sebelah utara Venezuela serta berbatasan dengan Trinidad and Tobago. Grenada sempat mencuri perhatian dunia karena intervensi Amerika Serikat pada tahun 1983. Pada saat itu terjadi pemberontakan rezim pro Kuba dan setelah itu Grenada tidak mempunyai kekuatan militer yang memadai. Dukungan militer Grenada diperoleh dari Amerika Serikat, dikarenakan negara-negara tetangganya tidak memiliki sistem kekuatan militer yang cukup kuat.


Quote:
Marshall Islands
Spoiler for marshall islands:


Spoiler for marshall island:


Marshall Islands adalah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik serta berbatasan dengan Nauru, Kiribati, Mikronesia dan Pulau Wake. Marshall Islands termasuk negara Mikronesia dan pada tahun 1944 Amerika Serikat memasukannya ke dalam Wilayah Perwakilan Negara Pasifik. Amerika Serikat sangat protektif kepada Marshall Islands, sehingga bersedia dan bertanggung jawab penuh kepada keamanan dan pertahanan negara ini. Marshall Islands juga menjadi tempat pelaksanaan uji coba nuklir oleh Amerika dan kompensasi warga akibat radiasi masih berlangsung hingga kini.


Quote:
Liechtenstein
Spoiler for liechtenstein:


Spoiler for liechtenstein:


Liechtenstein adalah negara kecil yang kaya, terletak diantara Austria dan Swiss. Walaupun negara ini terletak di Eropa, namun bahasa yang digunakan adalah bahasa Jerman. Liechtenstein pernah mengalami krisis moneter akibat perang dan ada tahun 1868 pemerintah menghapus sistem pertahanan militernya, alasannya karena masalah keuangan. Swiss adalah Negara yang bersedia membela negara ini apabila di invasi oleh negara lain. Tetapi rumor ini belum tentu benar dan Swiss juga tidak membantah issu ini.


Quote:
Nauru
Spoiler for nauru:


Spoiler for nauru:


Nauru adalah negara republik terkecil di dunia yang terletak di Samudra Pasifik dan merdeka pada tahun 1968. Negara ini pernah terisolir dari dunia luar karena maskapai penerbangan nasionalnya, Air Nauru pernah berhenti beroperasi. Namun tidak berlangsung lama karena China memberikan bantuan untuk mengoperasikan kembali maskapainya. Karena populasi penduduknya yang kecil, Nauru tidak mempunyai kekuatan militer tetapi lembaga kepolisian tetap difungsikan untuk menjaga kestabilan. Berdasarkan perjanjian, Australia ditunjuk Nauru sebagai pemasok kekuatan militer. Pada saat Jerman menyerang Nauru, Australia membela negara kecil ini.


Quote:
Vatican City
Spoiler for vatican city:


Spoiler for vatican city:


Vatican City tidak memiliki pertahanan keamanan, keadaan ini tidak mengejutkan karena kepala negaranya dipimpin oleh seorang Paus yang dipilih oleh dewan Kardinal. Institusi kepolisian difungsikan untuk menjaga keamanan publik, lalu lintas, pengendalian massa, penegakan hukum dan lain-lain. Tentu saja kepolisian Vatikan tidak bisa dianggap sebagai kekuatan militer negara tersebut dan untuk kebutuhan pertahanan keamanannya, Italy bertanggung jawab atas kebutuhan pertahanan keamanan Vatikan karena Vatican City terletak di Roma. Walaupun pemerintah Vatikan pernah membayar Swiss untuk kekuatan militernya.


emoticon-Blue Guy Cendol (L) bagi bagi ya agan agan yang baik hati emoticon-Blue Guy Cendol (L)

emoticon-Blue Guy Bata (L) jangan dikasih yah agan agan yang baik emoticon-Blue Guy Bata (L)

emoticon-Rate 5 Star jangan lupa ya agan agan emoticon-Rate 5 Star

emoticon-Paw dan tentu agan yang baik hati ninggalin emoticon-Paw

Quote:SUMBER



Wew ada negara segede pulau... emoticon-Matabelo
Kalo ane jadi warga negarany, ane bakal kenal seluruh warga negara itu donk...? emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By klamono
Wew ada negara segede pulau... emoticon-Matabelo
Kalo ane jadi warga negarany, ane bakal kenal seluruh warga negara itu donk...? emoticon-Hammer2


wah agan paling paling ganteng disana emoticon-Big Grin
gagal pertamax emoticon-Hammer2

itu kalo diserang gimana itu yaemoticon-Ngacir
negara tanpa kekuatan militer ??
aman gax thu negara ya ???
kok malah kayaknya aman dari perang negara" thu emoticon-Bingung (S)
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

thaxq gan .... baru tau ane ada negara tanpa kekuatan militer .... emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By hirito.kun
gagal pertamax emoticon-Hammer2

itu kalo diserang gimana itu yaemoticon-Ngacir

kan ada negara yang bisa ngebantu gan emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By rizqon721
negara tanpa kekuatan militer ??
aman gax thu negara ya ???
kok malah kayaknya aman dari perang negara" thu emoticon-Bingung (S)

aman dah emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By mokous
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

thaxq gan .... baru tau ane ada negara tanpa kekuatan militer .... emoticon-Matabelo


iye gan sama sama jangan lupa ijo" yha gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kreepsparne

kan ada negara yang bisa ngebantu gan emoticon-Ngakak (S)
aman dah emoticon-Big Grin

iye gan sama sama jangan lupa ijo" yha gan emoticon-Big Grin

iya juga sih..tapi kalo terlambat kan gawatemoticon-Ngacir
lumayan nambahin post.. ngejunk sini boleh yak ? emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By hirito.kun

iya juga sih..tapi kalo terlambat kan gawatemoticon-Ngacir
lumayan nambahin post.. ngejunk sini boleh yak ? emoticon-Ngakak (S)


ati ati loh gan ada yang bata emoticon-Big Grin
siapa gan yang bata emoticon-Ngacir
ane takutnya dilaporin hansipemoticon-Ngacir
btw gak ada update kah ? (biar gak OOT nih :v)
Indonesia gak termasuk gan?
kan tentaranya pada tidur gan emoticon-Hammer2
ane emoticon-Rate 5 Star aja gan
gw baru tau tuh nama negara kaya begono
Yang penting aman damai sejahtera,,
edan tenan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By hirito.kun
siapa gan yang bata emoticon-Ngacir
ane takutnya dilaporin hansipemoticon-Ngacir
btw gak ada update kah ? (biar gak OOT nih :v)

update apaan puh emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By vaxter
Indonesia gak termasuk gan?
kan tentaranya pada tidur gan emoticon-Hammer2

wah tentaranya gantiin polisi tidur ya gan emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By ErikBronckhorst
ane emoticon-Rate 5 Star aja gan

makasih banget gan emoticon-Cendol (S)

Quote:Original Posted By 13132013
gw baru tau tuh nama negara kaya begono

emang sih semuanya negara kecil emoticon-Frown
Quote:Original Posted By wakyan
Yang penting aman damai sejahtera,,

betul gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By johankk
edan tenan emoticon-Ngakak

apa yang edan emoticon-Bingung (S)
negara mini semua yaak
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
mereka hidup dalam damai paling gan... emoticon-Malu (S)
kalo Indonesia ngk punya tentara, bisa hemat ribu trilyun ya