alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/518e34886012430931000001/3-cara-masuk-perguruan-tinggi-negeri-tahun-ini
3 Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun Ini
halo agan agan semua emoticon-Angkat Beer
emoticon-Rate 5 Star dulu gan emoticon-Malu (S)
udah pada siap ujian nasional yak
pada niat masuk PTN mana ni?
sebelum masuk PTN biasa kan ada seleksi tuh emoticon-Belo


kali ini ane mau kasih info seputar cara masuk PTN

sbelumnya cek dulu yang ini gan

Spoiler for cek:


Quote:VIVAnews - Pada seleksi mahasiswa baru tahun ini, terdapat tiga sistem seleksi untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri. Antara lain, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), serta Ujian Mandiri.

"Bedanya, ujian tertulis tahun lalu namanya SNMPTN jalur tulis, sekarang namanya SBMTN," Ujar Ketua Panitia SBMPTN, Akhmaloka, di Jakarta, Sabtu 11 Mei 2013.

Akhmaloka mengungkapkan, SNMPTN adalah cara menyeleksi calon mahasiswa dengan jalur undangan berdasarkan prestasi yang bersangkutan selama di SMA.

"SBMPTN, pada dasarnya adalah tes tertulis. Ini masih satu panitia dengan SMNPTN," ujarnya. Sedangkan, mengenai ujian mandiri, Akhmaloka menyebutkan, itu diatur oleh masing-masing perguruan tinggi.

Saintek, Soshum, dan Campuran

Perubahan juga terjadi pada penamaan program studi. Jika tahun lalu masih dikenal program studi IPA, IPS dan IPC, maka dalam SBMPTN tahun ini terdapat pilhan Saintek (sains dan teknologi), Soshum (sosial dan humaniora) dan Campuran.

Tidak hanya itu, biaya yang dikenakan pun menggalami kenaikan. Biaya seleksi, tahun lalu untuk IPA dan IPS adalah Rp150 ribu dengan dua pilihan, serta Rp175 ribu untuk IPC dengan tiga pilihan.

"Tahun ini, semua naik 25 ribu rupiah. Saintek atau Soshum jadi 175 ribu rupiah, sedangkan campuran 200 ribu rupiah. Kalau dulu, ketika memilih IPA atau IPS hanya boleh dua bidang studi, sekarang Saintek atau Soshum boleh tiga bidang studi," ungkap Akhmaloka.

Selain itu, peserta ujian SBMPTN yang diharuskan untuk mengikuti ujian keterampilan, maka akan dikenakan pula biaya tambahan. "Akan dikenai biaya 150 ribu rupiah per satu mata ujian," sambung Akhmaloka.

Pendaftaran SBMPTN dimulai dari tanggal 13 Mei 2013 di website resmi SBMPTN. Ditutup tanggal 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB.

Untuk pelaksanaannya ujian tertulisnya sendiri akan berlangsung pada 18-19 Juni 2013 dan untuk ujian keterampilannya pada tanggal 20 dan/atau 21 Juni 2013.

"Kalo ditanya persiapan sudah sejauh mana, kami sudah siapkan semuanya," ujar Akhmaloka. Pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak-pihak untuk kelancaran dari sejak hari pertama pendaftaran.

"Kami sudah koordinasi dengan bank mitra kami, kita sudah koordinasi dengan mitra IT kita dengan baik. Seluruh sistem IT nya juga sudah kami uji coba," sambungnya.

Mengenai soal ujian pun, Akhmaloka mengaku sudah mempersiapkannya sejak 3 bulan lalu dan sudah diuji coba. Dirinya tidak mau terjadi keterlambatan soal ujian seperti yang terjadi pada Ujian Nasional SMA beberapa waktu lalu.
"Kayak UN? Ndak, kami mestinya lebih baik. Itu semua sudah kami perhitungkan," sambungnya.



sumber

semoga dapat menambah info dari trit ane yang sederhana ini
kepada yang mau masuk PTN

jangan lupa emoticon-Cendol (S) tinggalin ya ga
n emoticon-Malu (S)
mengamankan dari tukang iklan emoticon-army
sepi uiik
pada malam minggu ya emoticon-Bingung
emoticon-Ngakak
makin ribet, makin banyak duit juga emoticon-Hammer untung ane udah masuk pas 2012 emoticon-Cool
Quote:Original Posted By nightmare57
makin ribet, untung ane udah masuk pas 2013 emoticon-Cool


emoticon-Ngakak iya ni gan
mudah2an gak ada pakai acara "kendala teknis" lagi emoticon-Ngakak
makin banyak aja cara masuknya, jdi makin ribet emoticon-Cape d...
ane masuk taun ini gan,doain ane ya gan biar dapet ptn emoticon-Malu
Quote:Original Posted By k0lw4lsk1
makin banyak aja cara masuknya, jdi makin ribet emoticon-Cape d...


emoticon-Ngakak iya sih gan
tapi mungkin aja ada rencana yang baik
disebalik semua itu emoticon-Smilie
postif thingking aja

Quote:Original Posted By syarahahaha
ane masuk taun ini gan,doain ane ya gan biar dapet ptn emoticon-Malu


semoga sis lulus di PTN yang diimpikan emoticon-Malu (S)
jangan lupa usaha dan berdoa sis emoticon-Smilie
doain ane juga yaa biar bisa lolos lewat jalur SNMPTN tahun ini di fak.hukum undip amin
nama aja diganti

akan tetapi isinya sama aja......

Senior ane dapet UMPTN

Ane dapet SPMB

Junior ane dapet SNMPTN

Quote:Original Posted By 1433150
doain ane juga yaa biar bisa lolos lewat jalur SNMPTN tahun ini di fak.hukum undip amin


yap semoga ente lulus di PTN yang ente fav kan gan emoticon-Angkat Beer

Quote:Original Posted By twhie
nama aja diganti

akan tetapi isinya sama aja......

Senior ane dapet UMPTN

Ane dapet SPMB

Junior ane dapet SNMPTN



yap gan
kira2 begitu kronologis nya emoticon-Smilie

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By R353G


emoticon-Ngakak iya sih gan
tapi mungkin aja ada rencana yang baik
disebalik semua itu emoticon-Smilie
postif thingking aja



semoga sis lulus di PTN yang diimpikan emoticon-Malu (S)
jangan lupa usaha dan berdoa sis emoticon-Smilie


amin amin,tengkiu gan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By syarahahaha


amin amin,tengkiu gan emoticon-Smilie


sama sama neng emoticon-Wowcantik
Moga aja ane nyangkut di SNMPTN kalo gak SBMPTN deh. Takut kalo harus sampe ujian mandiri kayak SIMAK gitu emoticon-Takutemoticon-Takut soal-soalnya mengerikan
ane juga doain gan mudah mudahan bisa tembus gadjah mada emoticon-Embarrassment
Ane ikut BidikMisi gan.. Doain aja diterima emoticon-Big Grin





3 Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun Ini · 3 Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun Ini Suka · 3 Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun Ini Ikuti @DimasRinaldi
hahhaah ane bru tahun depan lagi emoticon-Matabelo
gan kalo komunikasi sama psikologi ada ujian keterampilannya gak gan..
soalnya rencana kalo kaga lolos snmptn ane mau coba sbmptn unpad..
doa-in ya gan emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By AganCebu
Moga aja ane nyangkut di SNMPTN kalo gak SBMPTN deh. Takut kalo harus sampe ujian mandiri kayak SIMAK gitu emoticon-Takutemoticon-Takut soal-soalnya mengerikan



somga ente lulus di PTN yg ente mau gan emoticon-Big Grin
jangan lupa berusaha dan berdoa

Quote:Original Posted By khs07
ane juga doain gan mudah mudahan bisa tembus gadjah mada emoticon-Embarrassment


somga ente lulus di PTN yg ente mau gan emoticon-Big Grin
jangan lupa berusaha dan berdoa

Quote:Original Posted By DimasRinaldi19
Ane ikut BidikMisi gan.. Doain aja diterima emoticon-Big Grin





3 Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun Ini · 3 Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun Ini Suka · 3 Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun Ini Ikuti @DimasRinaldi



smoga bidik misi ente jebol gan
adek ane juga ikut tuh emoticon-Belo


Quote:Original Posted By cyclops005
hahhaah ane bru tahun depan lagi emoticon-Matabelo


Kenpa tahun depan gan?


Quote:Original Posted By smarhuman
gan kalo komunikasi sama psikologi ada ujian keterampilannya gak gan..
soalnya rencana kalo kaga lolos snmptn ane mau coba sbmptn unpad..
doa-in ya gan emoticon-Shakehand2


somga ente lulus di PTN yg ente mau gan emoticon-Big Grin
jangan lupa berusaha dan berdoa
sepi uiik emoticon-Ngacir