alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/518dc62d0975b45619000002/facebook-scam-alert---what-really-happens-when-you-quotlikequot
Peringatan! 
Facebook Scam Alert - What Really Happens When You "Like"
Facebook Scam Alert - What Really Happens When You "Like"

What really happens when you ‘like’

Pernahkah agan-agan semua melihat gambar yang di post di Facebook dan menyatakan "ketik 'move' pada comment dan lihat apa yang terjadi" atau "Jika saya mendapatkan satu juta 'Like' ayahku akan membelikanku mobil". Mereka terlihat 'innocent' dan terkadang membuat kita iba dan penasaran tentang apa yang akan terjadi selanjutnya, namun ternyata ini adalah salah satu modus 'bisnis' baru dan anda tak mendapat apa-apa dari mereka.

Contoh klasiknya adalah sebuah gambar prisma berwarna-warni yang di ambil dari cover album Pink Floyd's 'Dark Side of the Moon' yang selalu menyertakan kutpan: “OMG it really works ? Step 1: Click on the Picture. Step 2: Hit Like. Step 3: Comment “MOVE” Then see the Magic!!”

Anda lihat di news feed Facebook anda bahwa teman anda telah me 'Like" dan berkomentar tentang gambar itu, begitu jelas sesuatu yang menakjubkan harus terjadi ketika anda berinteraksi seperti diarahkan. Jadi anda tinggal mengklik, anda memberi komentar dan tidak ada yang terjadi. Atau setidaknya anda pikir tidak ada yang terjadi. Tapi kegiatan anda sekarang sudah ikut membantu menyebarkan gambar dan halaman ke feed berita dari semua teman anda.

Like Farming

Metode ini disebut farming, beginilah cara kerjanya. Seseorang membuat Fan Page di Facebook dan mulai posting foto-foto, quote inspirasional, atau konten lainnya. Anda menyukai halaman itu dan sekarang halaman itu akan mulai sering muncul di news feed anda, setiap kali anda berinteraksi dengan postingan tersebut maka semakin sering postingan tersebut muncul di news feed teman-teman anda. Semakin banyak orang yang me 'Like' page tersebut, semakin seringlah page tersebut muncul. Semakin banyak suatu gambar mendapat comment, maka semakin membuka kesempatan gambar itu muncul di Facebook news feed algorithm dan membuatnya semakin sering muncul di news feed anda dan teman-teman anda.

The most famous of these revolved around a girl called Mallory.

Contoh yang paling populer adalah: “This is my sister Mallory. She has Down syndrome and doesn’t think she’s beautiful. Please like this photo so I can show her later that she truly is beautiful.” Tapi sebenarnya bukanlah si Mallory yang ada di foto tersebut, melainkan seorang gadis bernama Katie, yang bahkan ibunya sendiripun khawatir jika foto anaknya itu akan di salah gunakan untuk scam.

Scammers Are Making Money Off Your Likes

Jadi untuk apa sebenarnya para pemilik fan page ini melakukan berbagai daya dan upaya untuk mendapatkan comment atau 'Like' kita pada fan page tersebut? Jawabannya sederhana, karena mereka mendapatkan uang dari sana.

Ketika halaman mendapat cukup fans ( seratus ribu atau lebih ) pemilik mungkin mulai menempatkan iklan di halaman tersebut. Iklan tersebut muncul di news feed anda. Mereka bisa dalam bentuk aplikasi, permainan, atau layanan yang mereka ingin anda membeli hal tersebut. Itu bisa menjadi alat rekomendasi untuk produk di amaz*n di mana halaman pemilik mendapat komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan melalui link. Atau yang lebih mengerikan lagi, pemilik halaman dapat dibayar untuk menyebarkan malware dengan menghubungkan keluar ke tempat lain yang memasang virus pada komputer anda untuk tujuan pencurian identitas. Intinya: akses ke news feed anda sangatlah menguntungkan mereka.

Fan Pages For Sale

Sama halnya seperti sebuah majalah yang menjual iklan, fan pages ini dapat diperjual belikan. Pada situs pengiklan online warriorfor*m.com misalnya, terdaftar beberapa situs untuk dijual seperti halaman ini dengan hampir 500,0000 fans dari hamburger. Harga untuk page ini sebesar: $ 5.000. Jumlah yang tidak sedikit bukan dibandingkan usaha mereka yang hanya mengandalkan 'Like' dan comment anda.

Juru bicara facebook mengatakan menjual halaman seperti ini secara khusus telah melanggar syarat dan ketentuan penggunaan Facebook dan setiap halaman yang dijual atau terlibat dalam perilaku penipuan bisa dihapus. Tapi yang jelas ini sebuah permainan kucing dan tikus, dengan seperti peternakan yang bermunculan secara teratur.

How To Unlike

Jika anda telah me 'Like' sesuatu dan sekarang menyesalinya, anda dapat meng 'Unlike' nya. Caranya, buka profile page anda, pilih “more” dan pilih “likes” dari drop down menu – lalu “Unlike”.

Jika agan memiliki teman yang over-liking pada scammy posting, sebarkan ini di halaman facebook anda sehingga mereka akan lebih berhati-hati.

Spoiler for Sumber::


Spoiler for Jangan di Buka:
Terima kasih gan infonya, ijin share.
Quote:Original Posted By Stoitckov
Terima kasih gan infonya, ijin share.


Yo gan silahkeun, semakin banyak yang tau kan semakin bermanfaat ni informasi emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By kolkota
ada juga pake cara yg bikin penasaran facebooker. emoticon-Matabelo


hmmm.. ada cara seperti itu juga toh, emang masih banyak banget sih modus para scammer itu yang masih belum terdeteksi kayanya gan.

kalo kata bang napi sih, waspadalah.. waspadalah.. emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By Mr.ghohan
wahh pengetahuan baru bro


iya nih gan ane juga baru tau, ternyata ada yang kaya beginian emoticon-Smilie



baru tahu ane yg kyk beginian emoticon-Matabelo
nice info gan emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)




Best Regards,
WSSChanger
Quote:Original Posted By wsschanger


baru tahu ane yg kyk beginian emoticon-Matabelo
nice info gan emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)




Best Regards,
WSSChanger


teimakasih sudah mau membaca, jika dirasa bermanfaat silahkan di share emoticon-Smilie

haha paling males ane kalau udah liat ,like yang menyelamatkan anak-anak dari kelaparan dll emoticon-Cape d... (S)
wooaa ternyata begitu ya gan.
SABI SABI SABI.
GILE GILE GOKIL.
nais inpo gan.
Quote:Original Posted By crimewar
haha paling males ane kalau udah liat ,like yang menyelamatkan anak-anak dari kelaparan dll emoticon-Cape d... (S)


iya sama gan ane juga, awal2 si sebelum tau ane nge-like juga tuh nyang kaya begituan karena katanya kalo dia dapet sekian jumlah like bakal dapet duit dan mau di sumbangin ke anak2 itu tapi ternyata.. emoticon-Najis

Quote:Original Posted By alyankovic
wooaa ternyata begitu ya gan.
SABI SABI SABI.
GILE GILE GOKIL.
nais inpo gan.


yoi gan, ada2 aja orang sekarang zaman. gile gile gokil juga dah ente emoticon-Ngakak
kalo bermanfaat silahkan di share gan biar ga ada yang terjerumus lagi emoticon-Angel.
makanya ane gak pernah klik atau komen di page gak jelas gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Madarasenju
makanya ane gak pernah klik atau komen di page gak jelas gan emoticon-Big Grin


iya gan emang musti lebih hati2 zaman sekarang emoticon-Smilie

ane ambil simpel nya
pokoknya jangan asal ngelike kan? takut kena malware. gitu kan? emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By alkantos.
ane ambil simpel nya
pokoknya jangan asal ngelike kan? takut kena malware. gitu kan? emoticon-Bingung


kurang lebihnya begitu gan emoticon-Smilie
Facebook ya emoticon-Hammer
Punya akunya aja kagak emoticon-Ngacir