alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/518dad240b75b4102f00000a/makna-filosofi-dari-lagu-gundul-gundul-pacul
MAKNA FILOSOFI DARI LAGU GUNDUL-GUNDUL PACUL
MAKNA FILOSOFI DARI LAGU GUNDUL-GUNDUL PACUL

Ternyata lagu gundul-gundul pacul mempunyai filosofi yang cukup mendalam, Lagu Gundul Gundul Pacul ini konon diciptakan tahun 1400-an oleh Sunan Kalijaga dan teman-temannya yang masih remaja dan mempunyai arti filosofis yg dalam dan sangat mulia.

'Gundul' adalah kepala plonthos tanpa rambut. Kepala adalah lambang kehormatan, kemuliaan seseorang. Rambut adalah mahkota lambang keindahan kepala. jadi 'gundul' adalah kehormatan tanpa mahkota.

'Pacul' adalah cangkul (red, jawa) yaitu alat petani yang terbuat dari lempeng besi segi empat. jadi pacul adalah lambang kawula rendah, kebanyakan petani.

'Gundul pacul' artinya adalah bahwa seorang pemimpin sesungguhnya bukan orang yang diberi mahkota tetapi dia adalah pembawa pacul utk mencangkul, mengupayakan kesejahteraan bagi rakyatnya/orang banyak.

Orang Jawa mengatakan pacul adalah 'Papat Kang Ucul' (4 yg lepas). Kemuliaan seseorang tergantung 4 hal, yaitu bagaimana menggunakan mata, hidung, telinga dan mulutnya, dengan makna sbb:
1. Mata digunakan untuk melihat kesulitan rakyat/masyarakat.
2. Telinga digunakan untuk mendengar nasehat.
3. Hidung digunakan untuk mencium wewangian kebaikan.
4. Mulut digunakan untuk berkata adil.

Jika empat hal itu lepas, maka lepaslah kehormatannya. 'Gembelengan' artinya besar kepala, sombong dan bermain-main dalam menggunakan kehormatannya.

Arti harafiahnya jika orang yg kepalanya sudah kehilangan 4 indera itu mengakibatkan hal-hal sbb:
1. GEMBELENGAN (congkak/sombong).
2. NYUNGGI-NYUNGGI WAKUL (menjunjung amanah rakyat/orang banyak).
3. GEMBELENGAN ( sombong hati).
4. WAKUL NGGLIMPANG (amanah jatuh gak bisa dipertahankan).
5. SEGANE DADI SAK LATAR (berantakan sia sia, tidak bermanfaat bagi kesejahteraan orang banyak)

Cukup dalam makna dan penjabaran dari lagu ini, patut untuk kita jaga dan lestarikan ke anak cucu sebagai warisan budaya lagu jawa. Semoga mengingatkan dan menyadarkan diri kita sebagai pemimpin... Minimal pemimpin Keluarga....


SEMOGA BERMANFAAT BUAT PARA AGAN!!

emoticon-Cool
kasih videonya gan,, emoticon-Big Grin
biar yang bukan orang jawa gak roaming
emoticon-Hammer
bangga dong jadi orang jawa.. hhaha
gundul gundul pacul cul gembelengan..
nyunggi nyunggi wakul kul gembelengan..
wakul ngglimpang segane dadi sak latar (2x)
baru tau ane artinya lagu gundul selama ini.... padahal dulu sering nyanyi ne lagu
widiiihhhh....agan puitis bgt gan....
baru tau ane gan...
Mantep rek, lagian ngerti aku emoticon-Big Grin
oh bgtu toh yaa
wow..
ternyata gitu yak..
baru tau ane gan..
emoticon-2 Jempol
baru tau ane gan, kirain ga ada makna khusus emoticon-Malu (S)
bener gak sih yg nyiptain nih lagu sunan kalijogo emoticon-Bingung (S)
Mantap gan baru tau ane

jaman sd sruh nyanyi'in gituemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
nice share gan, ijin nyimak dulu sama emoticon-Rate 5 Star
Hehehe...bisa aja nih TS...ane pikir ga ada artinya gan emoticon-Big Grin
Walau repost gpp, menyadarkan anak muda emoticon-army
Quote:Original Posted By onfriday
widiiihhhh....agan puitis bgt gan....

hahaha bisa gann
yang penting jangan di nyanyiin di depan dedy corbuzer gan.. emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By 007***
Walau repost gpp, menyadarkan anak muda emoticon-army

makasih bang d maklum aja deh yee emoticon-Cape deeehh

wew

wew gan bener banget. emang orang jaman dahulu selalu mempunyai "Arti" dalam membuat sesuatu
oh ada maknanya juga toh gan? keren ya lagu gundul gundul pacul itu gan emoticon-Big Grin
×