alexa-tracking

Setujukah Anda Jika Chant JKT48 diimprovisasi dengan Bahasa Indonesia?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5188c5e34f6ea15540000007/setujukah-anda-jika-chant-jkt48-diimprovisasi-dengan-bahasa-indonesia
Poll: Setujukah Anda Jika Chant JKT48 diimprovisasi dengan Bahasa Indonesia?

This poll is closed - 46 Voters

View Poll
Setuju 39.13% (18 votes)
Tidak Setuju 60.87% (28 votes)
Setujukah Anda Jika Chant JKT48 diimprovisasi dengan Bahasa Indonesia?
Agan-agan fans JKT48 pasti tau kan, apa yang namanya chant, dan Bagaimana chant dari JKT48.

Berikut ini adalah langkah-langkah nge-chant:

Chant #1

Quote:


Chant #2

Quote:


Chant #3

Quote:


Setujukah Anda Jika Chant JKT48 diimprovisasi dengan Bahasa Indonesia?

Bagi para fans JKT48 chant adalah hal wajib yang harus di lakukan ketika mereka performance, selama ini chant JKT48 masih sama dengan chant induknya AKB48. Perlu kita ketahui, JKT48 selama ini telah menyanyikan lagu-lagu dari AKB48, yang liriknya telah diterjemahkan dengan bahasa Indonesia. Nah, TS mau sedikit memberi sedikit usulan. Setujukah anda, jika kita mengimprovisasi chant JKT48 dengan bahasa Indonesia. TS mendukung adanya improvisasi dikarena TS ingin JKT48 mempunyai cirikhas sendiri dari semua grup kesatuan 48. Tentunya kita tidak akan rugi karena kita akan mendorong JKT48 lebih kreatif bukan hanya dari Idolnya saja, tapi juga fansnya. Selain itu, bukan hal yang tidak mungkin JKT48 akan dibuatkan lagu tersendiri dari Aki P. Alangkah indahnya jika lirik dan chant sama-sama menggunakan bahasa Indonesia.
Sebenarnya bukan hanya TS saja yang mempunyai ide ini, tapi TS mendapat sentilan ketika komentar-komentar fans JKT48 yang menginginkan hal serupa yang selama ini cuma jadi wacana di forum-forum dunia maya.
Jika ada kaskuser yang juga menjabat sebagai staf official ataupun ketua-ketua regional komunitas fans JKT48, Saya minta tolong agar hal ini bisa disampaikan pada semua anggotanya. Jika memang mereka setuju, segera kita realisasikan dengan menerapkannya sebelum chant lama menjadi tradisi. Mungkin kebanyakan fans sudah hafal diluar kepala, dan akan sulit mengubah kebiasaan. Tapi selama ada niat dan usaha keras, itu pasti tak akan mengkhianati.
Maka dari itu, thread ini dibuat untuk menampung poling dari fans-fans JKT48 yang pro atau kontra dalam masalah chant ini. Silahkan utarakan pendapat anda disini, tentunya dengan santun dan cerdas. Jika anda setuju dengan penggantian chant, anda juga boleh memberi ide atau usulan lirik-lirik chant tersebut. TS sendiri akan memberi sedikit usulan dalam improvisasi.

Chant #1 TS masih tetap menggunakan lirik inggris dengan pronounced jepang.

Chant #1
Quote:


Nah pada chant# 2 ini TS mengharapkan adanya improvisasi dengan bahasa Indonesia. Dimana lirik pada chant ini menyesuaikan bahasa dari negara masing-masing. kalo AKB48 dan sister-sister yg di jepang, menggunakan chant asli (chant yang agan-agan hapal saat ini). Sedangkan kalo JKT48 chantnya indonesia dan SNH48 chantnya bahasa mandarin. berikut contohnya:

Sample Chant #2
Quote:


TS menerjemahkan dari chant asli bahasa jepang dengan google translate. Jika ada kaskuser yang memahami dengan detail bahasa jepang. TS mengharapkan koreksi dari anda. Chant diatas hanya contoh sederhana dari TS.
Menurut TS, Masalahnya terjemahan chant ini sangat ganjil. Ketika mendengar chant seperti tiger/tora/macan, fire/hi/api, fiber/seni/serat, saya rasa ini tidak memiliki arti yang mempunyai tujuan, bahkan kata-kata yang disebutkan terkesan jauh menyimpang, Saya menginterpretasikan chant tersebut hanya sekedar yel-yel penyemangat yang mempunyai keseragaman pelafalan.
Lirik chant tersebut itulah yang menurut TS perlu dilakukan pembenahan dan diganti dengan seruan-seruan bahasa Indonesia yang sesuai dengan arti dan tujuan melakukan chant. Chant indah yang disertai arti dan tujuan. Semisal kata-kata Ayo, Semangat, Berjuang dll.

Untuk chant #3 dan chant-chant yang lain, TS mengharapkan sumbangan ide dari para kaskuser yang lain.

Mari bermusyawarah, karena musyawarah adalah salah satu cermin budaya Indonesia.

Sekian pendapat sederhana dari TS. Saya ucapkan terimakasih atas bantuannya dan partisipasinya.

NB: mohon jangan dibata, TS tidak mengharapkan cendol, dengan memberi rate saja TS sudah merasa senang agar thread terus kesundul dihalaman depan.

komentar dan usulan dari beberapa kaskuser

Spoiler for komentar dan usul:

Maaf sebelumnya gan emoticon-Smilie, (siapalah saya ini, saya bukan siapa-saipa)
Lebih baik jangan dirubah dikarenakan bisa merubah makna, penyebutan, dan ketidak seragaman.
Chant sendiri dipopulerkan oleh Wota di Jepang sana untuk menyemangati membernya
Jika Chant dirubah jadi bahasa Indonesia maka akan ada saatnya Chant berubah arti
Arti disini ibarat God , Tuhan , dan dibeberapa pelosok negara lain memiliki panggilan Tuhan yang berbeda2
oleh karena itu kami Muslim tetap menggunakan Alloh (dalam bahasa Arab) (maaf no sara)
begitu juga dengan Chant yang sumbernya dari Jepang dan biarlah tetap menggunakan bahasa pengucapan dari Jepang
sekali lagi saya mohon maaf jika ada salah emoticon-Smilie (saya bukanlah siapa-siapa) hanya seorang yang pingin menyampaikan pendapat
=================================================================================================
Tapi ketika JKT48 sudah membawakan lagu baru yang murni khusus buat JKT dan bukan translatetan maka kayanya saat inilah Perlu dibuat chant asli bahasa Indonesia yang dimana bukan translatetan dari chant Di jepang sana. Dan kalo bisa pengucapannya dimiripkan dengan Pendengaran orang asing sehingga enak didengar. (Orang Asing mendengar bahas Indonesia mirip seperti bahasa Jepang) cek di Youtube emoticon-Smilie
Numpang emoticon-Ngakak gan

Malahh aneh kesannya gan
Quote:


Iya gan, maksud saya juga ingin merubah chant dengan disertai tujuan dan arti. Semisal kata-kata Ayo, Semangat, Berjuang dll. dijepang sendiri chant memang memiliki tujuan untuk memotivasi, seperti chouzetsu kawaii (member name). tapi ketika mendengar chant seperti tiger/tora/macan, fire/hi/api, fiber/seni/serat, saya rasa ini tidak memiliki arti yang mempunyai tujuan gan, saya menginterpretasikan chant tersbut hanya sekedar yel-yel penyemangat yang mempunyai keseragaman. Tapi kata-kata yang disebutkan kurang memiliki arti, bahkan terkesan menyimpang.
oleh karena itu TS berpendapat agar tak menghilangkan cirikhas dari kesatuan48 chant 1 tetep pada chant english dengan pronounced jepang, dan chant 2 menyesuaikan bahasa dari negara masing-masing. kalo AKB48 dan sister-sister yg di jepang, menggunakan chant asli. Sedangkan kalo JKT48 chantnya indonesia dan SNH48 chantnya bahasa mandarin.
Saya rasa chant lama bisa saja diganti dan diterapkan. jika saja peraturan itu dikeluarkan oleh tim official resmi.
Sedangkan fans tak akan bisa mengubah dan mengajak fans yg lain, karena pas mereka melakukan chant, pasti minoritas kalah banyak/keras suara.
toh saya rasa pasti sulit membiasakan fans menggunakan chant baru.
apalagi ada fans yang radikal gan, biasanya sih mereka garis keras. bisa-bisa yg ngechant pake bahasa indonesia bisa dibunuh di tempat emoticon-Big Grin

Thanks partisipasinya gan.. komentar yg berkualitas emoticon-Toast

Quote:


iya gan, karena itu saya minta saran aja.. emoticon-Blue Guy Smile (S)
ane nyobain yang bahasa indonesia nya gan , jadi emoticon-Ngakak sendiri "Alat penghilang serat yang terbang" emoticon-Bingung (S)
ane ijin nimbrung gan, nunggu pendapat2 agan2 lain emoticon-Malu (S)
Quote:


pertama ane artiin bikin ngakak juga sih gan emoticon-Ngakak

ane dulu sih gak begitu peduli, tapi pas saling diskusi ama temen-temen ane tentang chant. Semuanya pada nyadar, kalo kata-katanya gak ada hubungannya ama motivasi dan penyemangat emoticon-Ngakak
ga usah harus samalah gan ama bahasa sononya.. isi chantnya yang penting menyemangati emoticon-Blue Guy Cendol (L)

"oshikuuu"
cantik
cakep
sexy
lucu
jya jya
Quote:


iya itu masalahnya gan. Ketika mendengar chant seperti tiger/tora/macan, fire/hi/api, fiber/seni/serat, ane rasa ini tidak memiliki arti yang mempunyai tujuan, bahkan kata-kata yang disebutkan terkesan jauh menyimpang, ane sendiri menginterpretasikan chant tersebut hanya sekedar yel-yel penyemangat yang mempunyai keseragaman pelafalan.
Lirik chant tersebut itulah yang menurut TS perlu dilakukan pembenahan dan diganti dengan seruan-seruan bahasa Indonesia yang sesuai dengan arti dan tujuan melakukan chant. Chant indah yang disertai arti dan tujuan. Semisal kata-kata Ayo, Semangat, Berjuang dll

chant agan bagus juga, tapi kata-kata sexy jangan dipake lah gan. jkt48 kan untuk semua umur emoticon-Malu (S)

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
numpang lewat gan
kalo ane sih setuju2 aja klo chant ada yang versi bahasa Indonesianya
jadi orang2 awan bisa ngikutin juga
lebih gampang di inget sama orang lokal
ane ga bisa kasih saran konkrit
tapi klo dari yang ane bayangin :
the rhymes are created base on the last syllable
short and easy to shout
cari kata yang akhirannya huruf vokal

sekian dari ane
terima kasih
Quote:


pendapat yang cerdas gan, ane dulu juga ribet pertama ngapalin..
menurut ane juga gitu gan, chantnya singkat, berima AAAA bukan ABAB (kayak pelajaran bhs Indonesia anak SD). emoticon-Ngakak
yang sulit itu gimana buat semua fans kompak, banyak fans garis keras yang gak setuju kalo chant diubah.
menurut saya nih yah, chant dan lagu itu udah 1 kesatuan. jadi selama JKT membawakan lagu hasil transletan, ya chantnya tetep sama ga usah diubah. kecuali mau ditambah-tambahin, seperti chant "eeaaaa di kissu shitte" "loyo-loyo oi di futari" yang walaupun berkali-kali saya denger ga berenti bikini ketawaemoticon-Ngakak

Quote:


this. saat JKT sudah punya single sendiri, butuh chant sendiri juga. jadi ga ada salahnya kalau dipersiapkan dari sekarang.

chant asli Indonesia --> eeeaaaaa...eeeeaaaa.......emoticon-I Love Indonesia (S)
malah jadi aneh gan klo ditranslate ke bahasa indonesia
Quote:


ok gan, saran diterima. selama masih membawakan lagu akb48, chant tetap mengikuti induknya. dan kalau Aki P memang berencana membuatkan jkt48 single sendiri tanpa hasil daur ulang, fans diharapkan bisa berkreasi membuat chant baru. Nah, yang ane pertanyakan sekarang gimana caranya bisa bikin kompak fans yg pro dan kontra. Apakah mereka setuju atau tidak?
sebenarnya ane sendiri sih pesimis gan.. emoticon-Ngakak

Quote:


itu mah chantnya Tukul Arwana gan.. emoticon-Cape d... (S)

Quote:


iya gan,mangkannya ane bikin thread ini siapa tau agan-agan bisa bantu. emoticon-Cendol (S)
ane nyobaik pake chant yg indonesia emoticon-Ngakak sendirian gan.
gimana ya gan. ane juga bingung. ga bisa ngvasih saran. semoga ada jalan keluarnya deh emoticon-Malu (S)
Setuju gasetuju sih..
Aneh kayaknya gan..
Kan udah ciri khasnya..
emoticon-Peace

Gan, ane punya usul!

Gan, ane punya usul nih emoticon-Malu (S)

Gimana kalau di lagu River yang dibawain JKT48 kita tambahin chant di bagian lagu yang mirip tap dance itu ( bagian lagu setelah "48!" sampai sebelum "Majulah ke depan! Got it!"), chantnya pake kalimat bahasa Indonesia gitu gan.

Ane sih juga belum tau kalimatnya harus gimana, tapi yang pasti kalimat buat chantnya itu harus seirama dengan beat di bagian lagunya itu. Ane udah punya usul sih gan buat yang di bagian clap/tepuk tangan yang pas sebelum "Majulah ke depan!", jadi pas di bagian clapnya itu kalimat chantnya ntar "Majulah JKT48!" atau "Jayalah JKT48!" gitu gan emoticon-Malu (S)

Jadi ntar contohnya kayak gini gan:

----------------------------------------------------------------------------
........
[Barengan dengan 9x Clapping Sound] (Majulah/Jayalah JKT48!)
Majulah ke depan! Got It! (Got It!)
........
-----------------------------------------------------------------------------

Untuk kalimat di part sebelumnya sih ane belum punya ide kalimatnya harus gimana hehehe emoticon-Malu (S)

Itu usul ane sih gan, menurut ane sih disitu kayaknya cocok kalau ditambahin chant, soalnya masih kosong dan bagian itu bener bener bikin naikin tensi semangat, tapi ya siapalah saya ini hehehe....

Tapi dipertimbangkan juga ya gan, namanya juga musyawarah hehehe emoticon-Malu

Terimakasih emoticon-Peace
Tambahan Chant indonesianya berarti " Cemangat kk ea ea ea "
Quote:


udah gak usah dicoba terus-terusan gan.. lama-lama kering gigi ente emoticon-Ngakak

Quote:

Selama kata-katanya indah sih gak aneh gan... emang aneh sih gan, tapi kalo kita selalu terpaut dengan yang di jepang, selamanya kita akan jadi bayang-bayang mereka.. nothing special emoticon-Cendol (S)

Quote:


Usulan yang bagus gan, slama ini lagu dark akb48 emang minim chant, bolehlah kita tampung usulan agan, siapa tau rekan-rekan lain ada yang setuju.. Tapi kayaknya kata-kata majulah/jayalah masih terdengar kaku gan.. kata anak alay mah gak gaol emoticon-Ngakak

Quote:


Usul ditolak gan emoticon-Malu (S)
×