alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5180b0074f6ea1d129000010/diskusiampshare-cara-sukses-di-youtube---all-about-yt
[Diskusi&Share] Cara Sukses di Youtube - All About YT
[Diskusi&Share] Cara Sukses di Youtube - All About YT

Kita tahu Youtube sekarang jadi situs terdepan untuk video streaming. Bahkan jadi tempat orang nyari sesuatu (searching) nomor 2 setelah big brothernya sendiri yaitu Google.

Potensinya besar. Di tengah riuhnya internet gara-gara sosial media, platform berbentuk visual jadi alternatif terbaik dibanding media yang hanya berbentuk tulisan. (text)

Di thread biodata ini sebagian besar indie filmmakers memakai Youtube sebagai media memajang hasil karyanya. Termasuk saya.

[Diskusi&Share] Cara Sukses di Youtube - All About YT

Ayo gan kita diskusi dan sharing segala hal tentang Youtube di thread ini. Semoga dari sini, solidaritas sesama Youtuber asal kaskus terjalin.

=====

Saya mulai dari yang saya tahu dan masih terus belajar menguasainya.

1. Non Teknis

- Tentukan topik dan niche yang akan dieksplorasi.

[Diskusi&Share] Cara Sukses di Youtube - All About YT

Hampir semua channel sukses di youtube, punya garis besar sama. Mereka punya 1 topik untuk dieksplorasi. Entah how to something, music, videography, photography, komedi, visual effect, romantisme, dll. Topiknya tak terbatas jika bicara niche.

Semakin sempit niche-nya semakin baik karena bisa fokus. Semakin 'jarang' orang lain yang membahas hal itu juga tambah bagus. Anda harus tahu bahkan ada orang yang -hanya- merokok dengan baju dan musik berbeda punya subscriber ribuan (!).

"It's better to be a big fish in small pond, than to be big fish in a big pond.."

- Pilih niche yang bisa agan kontrol.

[Diskusi&Share] Cara Sukses di Youtube - All About YT

Kalo bukan fotografer, akan sulit bahas segala hal tentang fotografi. Kalo anda orangnya serius, akan riskan jika bikin channel tentang komedi. Sesuaikan dengan minat.

Semua orang punya minatnya sendiri. Orang bule menyebutnya passion. Cara paling sederhana mengetahui passion agan adalah: pikirkan apa yang gak bisa agan -gak lakuin- seharian.

Ada orang yang 'menderita' kalo gak main game tertentu seharian. Ada orang yang gak bisa kalo gak ngutak-atik motornya seharian. Ada orang yang 'gak bisa' pakai baju yang gak fashionable. Itu passion.

Banyaaaak mah, yang namanya jenis minat itu. Pikirkan itu. Hajar yang itu untuk dibikinin videonya di youtube.

Ini juga berguna biar gak bosen. Kalo orang sudah minatnya mancing, meskipun gak dapet ikan berjam-jam masih lanjuut aja dia mancingnya.

Bahan bakar semangatnya jadi 'mengerikan' kalo orang sudah minat ke hal tertentu. Ini bagus untuk terus bikin video. Gak peduli ditonton apa nggak, toh bikinnya aja seneng. Ini bedanya.

- Goal itu kita yang punya.

[Diskusi&Share] Cara Sukses di Youtube - All About YT

Mau bikin channel di youtube buat personal branding biar terkenal, silahkan. Tujuannya untuk bisnis, bagus. Atau hanya buat panen traffic ke blog, gak ada yang ngelarang.

Yang penting sebelum melangkah, kita sudah tahu tujuan.

Saya lihat banyak orang kita bikin channel di Youtube gak ada tujuannya. Akhirnya video-videonya juga ngikut buntut orang. Gangnam style populer, nyoba bikin gangnam. Harlem shake dimana-mana, sok harlem shake juga. Bahkan video cover sok lucu-lucuan ala pinoy boy juga banyak yang ngikut dulu.

'Goal' bikin videonya jadi terlihat 'disetir' orang lain. Not good buat jangka panjang.

2. Teknis

- Pemilihan Kamera/Camcorder.

[Diskusi&Share] Cara Sukses di Youtube - All About YT

1. Kalo sudah punya - tapi belum HD (High Definition), segera lepas (kasar: jual) secepatnya. Kalo belum punya - tapi duit nge-pas, kumpulin dulu buat beli yang HD.

Ngomongin kualitas memang relatif, tapi di tengah semua upload-an video yang 'bening' untuk ditonton, yang gak HD jadi terlihat 'cupu'. Maaf kalo kesannya 'langsungan', saya jelasin lebih lanjut di bawah tentang kualitas.

2. Sejatinya tools adalah yang bisa kita pakai, dan kita enjoy memakainya. Gak perlu musingin harus nunggu punya kamera DSLR, kalo anda bahkan belum pernah pegang kamera sama sekali. Punya camcorder harga 1 juta'an juga sudah sangat bermanfaat kalo tahu cara memakainya.

Gak punya apa-apa, adanya cuma kamera smartphone atau webcam-nya laptop tapi sudah HD 720p, kenapa nggak.

Jenna Marbles dulu memulainya juga dari webcam-nya laptop. Sukses datang bukan karena tools-nya. Tapi yang memakainya = Manusianya.

- Software video editing.

[Diskusi&Share] Cara Sukses di Youtube - All About YT

Ini juga hampir sama dengan diatas. Ada banyak video editing program selain vegas, adobe premiere, dll. Dengan segala hormat bagi brother yang pro soal urusan editing ataupun film, saya jelasin yang simple disini biar jadi semangat buat yang masih ragu untuk terjun langsung.

Anda seorang kaskuserwati tapi gak mau ribet -dan gak mau belajar- soal editing karena gak bisa? pakai Windows movie maker. Simple, banyak tutorialnya kalo mau menyempatkan baca-baca atau nonton di youtube. Gak bisa install program yang berat karena adanya cuma laptop tahun 2005? pakai ini.

Banyak orang kadang tanya ini-itu tentang software editing padahal belum mencobanya. Coba dulu, nikmati proses belajarnya. Ntar ketemu sendiri mana yang cocok buat agan pakai.

Sedikit cerita, dari awal bikin video saya juga pakai Videopad. Alasannya sederhana: karena saya enjoy memakainya, dan yang terpenting, bisa cepet bikin videonya. Saya pengusaha, gak mungkin bawa PC di tengah jadwal bepergian 3 kota dalam 1 minggu, adanya cuma laptop yang kalo ngerender di vegas lamanya minta ampun. Kadang crash juga di tengah prosesnya! emoticon-Hammer

Akhirnya ya tadi, saya putuskan pakai yang bisa cepet jadi.

Garis besar urusan teknis:

"Done is better than perfect."

3. Yang juga perlu diketahui.

- Belajar, belajar lagi, belajar terus.

Kita dari awal tugasnya cuma itu: belajar. Berjalan, berteman, bahkan (maaf) buang air-pun kita dulu kecilnya juga belajar. Enaknya punya mindset seperti ini, meski nanti di awal tanggapan penonton ke video kita 'garing', kita gak patah semangat.

Karena: Namanya juga belajar..gak apa-apa kacau sekarang. Keep going..

- Video di Youtube juga hasil karya seni.

Ngomongin 'seni' juga relatif, tapi kuncinya adalah: create and share. Bikin tapi gak dibagi, percuma. Gak ada yang dibikin juga gak ada yang bisa dibagi.

Ok saya tahu banyak uploader diluar sana yang terang-terangan ngopy hasil karya orang lain, terus di-upload pakai namanya sendiri. Sekali lagi cuma masalah goal. Kalo anda mau dapet goal-nya dengan cara seperti itu, sudah gak perlu dibahas lagi urusan integritas atau kepercayaan.

Kalo tujuan videonya untuk bisnis, wah hancur sudah masa depan kalo sudah gak ada integritas seperti itu.

- Anda dapet ijin untuk membuat video yang hasilnya kacau.

Banyak yang saya lihat, uploader di youtube begitu bikin 1-2 video yang 'kacau', mundur teratur. Padahal gak ada yang ngelarangnya untuk lanjut terus.

Jangan minder kalo anda bikin video yang gambarnya bergetar (shaky). Jangan dihapus, kalo anda bikin video tapi gak ada yang nonton.

Sekali lagi, namanya juga belajar..google bukan guru kita di sekolah dulu. Dia gak mengukur kemampuan kita dengan nilai dan rapor. Hanya karena video yang anda buat gak se-pro hasil karya orang lain, peduli amat. Wajar-lah, mereka dulunya sekolah film sedangkan anda baru ini pegang kamera.

Ditertawain teman? anda harus bangga punya hasil karya sendiri. Mereka belum tentu bisa dan punya KEBERANIAN untuk melakukannya.

Keep going. Belajar terus biar bisa lebih baik.

- Cara termudah untuk belajar adalah: belajar dari kesuksesan orang lain.

Mau bikin video untuk keperluan bisnis? belajarlah dari orang ini. Anda mahasiswa yang pengen terkenal sekaligus punya banyak cewek? amatilah cara dia meraih sukses. Suka visual effect? nih orangnya.

Banyak mah, yang sudah sukses gara-gara youtube diluar sana. Ini listnya. Anda hanya perlu ngetik kata di google sesuai tujuan anda bikin video.

Gak memalukan, belajar dari jalan yang telah orang lain lalui. Toh nantinya, kita akan menemukan gaya kita sendiri.

------

Walah masih banyak yang perlu dibahas:

- Youtube SEO.
- Teknik memegang kamera paling amatir.
- Tools sederhana penunjang bikin video.
- Pentingnya konsistensi..
- List camcorder yang ada di indo rekomended buat bikin video.
- List video editing program
Wadooo..Banyaaaak...

Maaf, saya sambung ntar malem. Lanjut aktivitas dulu emoticon-Big Grin



.....
Tentang Peralatan Tempur

Sebelumnya, isi dari tulisan ini subyektif. Berdasar pengamatan 'naif' saya sendiri dan harus saya tegaskan: Saya belum pernah mencoba satu-persatu kecuali camcorder yang saya pakai.

List camcorder yang beredar di Indonesia yang bisa anda pakai untuk membuat video di Youtube.

Di bawah harga Rp.1.000.000

*Mini Pocket Camcorder*

1. Kodak Zi8

[Diskusi&Share] Cara Sukses di Youtube - All About YT

Ini 'rajanya' waktu 2009-2010'an. Tapi tetap worthed buat diburu bahkan sampai sekarang. Ketik aja di google tentang review Kodak Zi8, semuanya tinggi.

- full 1080p HD
- SD card slot.
- Dan yang paling keren: Ada external mic jack-nya. Cocok buat Youtuber yang bikin webseries tentang petualangan, ngomong sambil jalan, mau dipasangi Zoom H4N, dll.

Spoiler for kodak zi8:


Sayangnya:

- Sudah discontinued alias gak diproduksi lagi. Adanya yang second, tapi di luar negeri sana.
- Di Indonesia pasti masih ada yang second. 2012 lalu di FJB ada yang jual, anak Jogja, batangan 750.000, gak laku-laku akhirnya dijualnya ke pasar loak emoticon-Big Grin (trace link-nya sudah ilang). Saya bacanya telat beberapa bulan, sayang beneerrr..
- Kemungkinan bisa belinya kalo ada teman/saudara yang di luar negeri. Kalo di Indo ada yang jual tapi ente gak minat, umpan lambung ke saya ya gan emoticon-Big Grinemoticon-Hammer

Spoiler for kodak zi8 full rig:


Ini contoh video yang dibuat dengan Kodak Zi8: Short Film: Morning Routine

2. Kodak Playsport ZX3

[Diskusi&Share] Cara Sukses di Youtube - All About YT

Pocket camcorder Outdoor-nya kodak. Harga second di FJB = 500.000. cek thread - http://www.kaskus.co.id/thread/50fb3...76086b4e000008

Review komparasi antara ZX3 vs ZX5 di youtube

3. Kodak Playsport ZX5

[Diskusi&Share] Cara Sukses di Youtube - All About YT

Versi upgrade-an dari ZX3. Harga second di FJB sekitar 550.000-750.000.

- Waterproof.
- 1080p HD
- SD card slot.
- Ketersediaannya banyak. Bahkan kadang ada yang jual masih new gress di FJB. (buat ngabisin stock)

Sayangnya:

- No external mic jack. (Sepertinya karena outdoor use, takut kemasukan air)
- Banyak keluhan tentang audionya yang masih mono. Coba agan ketik di google aja yang ini.

Ini contoh video pakai ZX5

4. Flip Ultra HD

[Diskusi&Share] Cara Sukses di Youtube - All About YT

Ada 2 versi, 1 jam & 2 Jam (pemakaian).

- Murmer.
- Banyak dijual di FJB.

Sayangnya:

- No Card Slot. Pakai memori internal saja.
- No mic
- No Macro focus.

Perkiraan harga second sekarang: 500 - 600.000 untuk yang 1 jam. 1 juta untuk yang 2 jam (malah bisa ke bawah kalo di FJB kaskus) emoticon-Big Grin

Ini contoh video pakai Flip Ultra HD

5. Flip Mino HD

[Diskusi&Share] Cara Sukses di Youtube - All About YT

Harga Second-an sekitar 850 ribu-an - cek thread: http://www.kaskus.co.id/thread/50b9b...er-2nd-jogja/1

Contoh video pakai Mino HD

Mengenai perbedaan antara Flip Ultra dan Mino bisa dicek disini. - http://answers.yahoo.com/question/in...2214129AAsrJmf

--------

Lanjutan di bawah..
6. Sony Bloggie

[Diskusi&Share] Cara Sukses di Youtube - All About YT

Type-nya banyak, saya belum bisa nge-review penuh. Yang terbaru TS20. Silahkan baca-baca di google/review youtube saja.

Harga second Sony Bloggie MHS-PM5k = 500 ribuan, cek FJB. Yang TS20 belum tau beredar di Indo apa nggak.

Ada yang jual di FJB second TS10, harga awal di 1.100.000. Sampai post ini dibuat masih ada di - http://www.kaskus.co.id/post/5108af0...74b44f4c00000c

- Saya gak ada hubungan sama sekali dengan TS diatas, cuma harus diakui dia benar. Sony Bloggie type TS10 emang yang dijual di Amrik. Kurang ngeh juga kok sampai sekarang belum laku tuh barang (lumayan keren). Moga dengan postingan ini ada yang tertarik (itung-itung bantu). Yang dijual di Indo kebanyakan type CM5 dan PM5K.

Contoh video komparasi antara Flip Ultra HD vs Playsport ZX5 vs Sony Bloggie TS20 (note yang bloggie: TS20)

------

Mau pake Handphone buat bikin video? moga review dibawah bisa bermanfaat.

Spoiler for 8 Handphone dengan kamera video terbaik untuk membuat video youtube:


-----

Lanjutan review camera/camcorder untuk membuat video youtube:

Camcorder untuk youtube part 2

-----

Tips Dasar Memilih Camcorder:

1. Bacalah review dari end user/pengguna di Video Youtube tentang camcorder tersebut, dll. Hindari cuma membaca (dan percaya) review dari situs-situs, apalagi cuma membaca dari manual spec-nya saja.
2. Amati pemakaian baterai-nya sampai berapa lama. Jangan hanya melihat besar kapasitas penyimpanannya. Meski ngangkat 32GB tapi baterai cuma bisa satu jam jadinya percuma gan.
3. Sampai detik ini tempat hunting camcorder terbaik masih di FJB kaskus. Banyak seliweran camcorder keren harganya miring. Tapi ingatlah, lihatlah dari banyak sisi dulu. Tau sendiri-lah aturan mainnya kalo mau beli barang di kaskus.

Index Youtuber Asal Kaskus

Index Penghuni Thread

1. Far_away

Nama: Faris Montis
Channel: Malang Kota Keripik Tempe
Facebook: Faris Montis

2. ArizerXion

Nama: Arman Firmansyah
Channel: ArizerXion (Videomaker & Musician)
Facebook: Arman Firmansyah

3. est3v4n

Nama: Evan
Channel: Evan Vibration
Facebook: Evan Vibration

4. XevenFreakazoid

Nama: Thomas F. Davis
Channel: thomasfrdavis
Facebook: Thomas Frederick Davis

5. Calengklik

Nama: Galih Pratama
Channel: Calengkik
Facebook: Calengkik

6. tjipto_tjupu

Nama: Fathurohman Arif
Channel: tjiptotjupu
Facebook: N/A

7. udehnans

Nama: Udeh Nans
Channel: udehnans
Facebook: N/A

8. jlopy

Nama: Rian Hari Suharto
Channel: RianHariSuharto
Twitter : @RianHS

9. omekimai

Nama: Halim Gani
Channel: omekimai
Twitter : @omekimai

10. McdyStudio

Nama: Danu Kurnia
Channel: McdyGaming
Twitter : @danukrnia

11. Mahesapoem

Nama: Mahesa Nugraha
Channel: AyoMainIndonesia
Twitter : @NugrahaMahesa


======

* Yang mau di-index di thread ini silahkan bergabung dengan menyertakan nama + Link ke channel agan. Tolong jangan asal pasang terus gak nongol lagi (hit n run). Hormatilah thread ini sebagai tempat sharing dan mendapatkan ilmu, bukan 'iseng posting'.

** Thread ini masih dalam tahap perbaikan, harap maklum kalo belum rapi. Sharing dari agan-agan semua masih ditunggu. Monggo, berbagi itu menyenangkan.


...
wah ini menarik nih, bagaimana cara kaya lewat youtube.

3 kata buat TS:

Monetization....Monetization...Monetization


Sharing is Love.

ditunggu tips berikutnya dari TS.

Ane kangen juga sama Malang, ane banyak teman di Malang gan.

dingin disana....mantab buat berkarya.


emoticon-Shakehand2
Asik nih... butuh tips tips menarik jg. Dr para sesepuh , gmn cara buat web series... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By amaetyz
Asik nih... butuh tips tips menarik jg. Dr para sesepuh , gmn cara buat web series... emoticon-Big Grin



Dan bisa kaya dari web series...itu yang paling mantab emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By BADMOTION



Dan bisa kaya dari web series...itu yang paling mantab emoticon-Ngakak


Pantesan gathering besok pengen bahas kaya dr yutub .. abis baca ini toh? emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By amaetyz


Pantesan gathering besok pengen bahas kaya dr yutub .. abis baca ini toh? emoticon-Ngakak


Gak lah. Kebetulan ane ada teman lama nun jauh disana. Dia dapat penghasilan dari youtube.

Cuma tetap aja begitu banyak hitsnya.....dibajak sama youtuber lainya.



wih ada juga yg bahas webseries...

kita juga ada grup fbnya nih kalo mau ngobrol2 sama mereka yg fokus cari duit via youtube:

http://www.facebook.com/groups/webseriesindo/ emoticon-Kiss
wah ane juga pengen bikin ginian,

sebenernya udah mau bikin, buat pengalaman, ya tentang malang juga emoticon-Big Grin
ternyata udah ada yang bikin,

ntar ane coba yang beda deh, tetep tentang malang juga, hehe
Quote:Original Posted By dmaul91
wah ane juga pengen bikin ginian,

sebenernya udah mau bikin, buat pengalaman, ya tentang malang juga emoticon-Big Grin
ternyata udah ada yang bikin,

ntar ane coba yang beda deh, tetep tentang malang juga, hehe

emoticon-Big Grin

Monggo gan, atau kalo mau kolaborasi malah keren emoticon-I Love Kaskus (S)


-----

*btw, baru update tentang peralatan 'tempur', juragan yang lain jika ada yang mau ditambahi, silahkan.
Mantabs gan.

Hehe saya juga masih belajar kali gan, aktif rilis setiap seminggu 1 video, meski sempat berhenti, pernah karena masalah UN kemarin (berhenti kalo gk salah dari bulan Januari 2013). Tapi saat/sekarang ini aktif lagi kok. emoticon-Smilie

Mungkin masih sepi penontonnya emoticon-Frown

Saya pernah pakai handycam - Spectra Camera Vertex DX2+, bisa 720p, tapi tampaknya rada pecah gambarnya. Bisa 60 fps juga tapi kualitas gambar diset yang tidak HD. Masalah fokus mungkin kurang berasa jauh-dekatnya, mungkin karena bukaan yang kecil.

Saya juga pernah pakai iPad 3 (Alhamdullilah dapet dari lomba emoticon-Smilie ), bisa 1080p, kualitas videonya tampaknya sudah baik, tapi mungkin bukaannya kecil jadi kurang ada efek fokus jauh-dekat, ini gak bisa zoom, atau tidak ada lensa zoom.

kedua kamera itu mungkin masih saya pakai sampai sekarang ini. Saya tidak memiliki DSLR, rekan saya punya, tapi kebanyakan hasil karya2 dalam channel ini kebanyakan bukan pakai DSLR.

Video terkumpul lebih dari 35 video emoticon-Smilie, Rata2 filmnya mungkin bisa dibilang film singkat/pendek. Menggambarkan diri untuk channel ini mungkin rada gak terarah, ada yang Visual Effect, Motion Graphic, Musik, Comedy, Action, dll.
Misalnya, wihh keren musisi, loh kok dia maen di action juga yang biasanya di musisi?. Mungkin seperti itu.

Mencari ide dan inspirasi mungkin ini adalah tantangan terbesar kami, ya mungkin nyari bisa bengong mulu, stress... yah mudah2an nantinya dapet deh emoticon-Smilie

Nama channel saya/kami adalah ArizerXion: http://www.youtube.com/arizerxion , sempat membentuk sebuah partners atau tim, jadi punya 7 rekan (termasuk saya) untuk angkatan pertama (2012), tapi mungkin beberapa bulan lagi ada yang mau vakum emoticon-Frown

Ini trailernya, trailer pertama, semoga menarik emoticon-Smilie Mungkin trailer yang kedua bisa lebih menarik:
Spoiler for TRAILER:

Spoiler for TEASER (Video yang akan datang):


Lebih lanjut bisa ke trit saya: http://www.kaskus.co.id/post/508ca78...d719f31400000b emoticon-Smilie

Mungkin itu saja, maaf bila ada kesalahan yang tidak berkenan, tolong dibukakannya pintu maaf seluas-luasnya. Terima kasih emoticon-Smilie

Edit: Ganti embed jadi link, gara2 diomelin ama TSnya emoticon-Ngacir
ijin baca baca dulu y gan emoticon-Big Grin
udah bosen jadi penonton emoticon-Hammer (S)
saatnya belajar emoticon-linux2
ijin baca gan ..
sukses buat channel youtubenya emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By ArizerXion
Mantabs gan.

Hehe saya juga masih belajar kali gan, aktif rilis setiap seminggu 1 video, meski sempat berhenti, pernah karena masalah UN kemarin (berhenti kalo gk salah dari bulan Januari 2013). Tapi saat/sekarang ini aktif lagi kok. emoticon-Smilie

Mungkin masih sepi penontonnya emoticon-Frown

Saya pernah pakai handycam - Spectra Camera Vertex DX2+, bisa 720p, tapi tampaknya rada pecah gambarnya. Bisa 60 fps juga tapi kualitas gambar diset yang tidak HD. Masalah fokus mungkin kurang berasa jauh-dekatnya, mungkin karena bukaan yang kecil.

.......

Thx sharingnya juga, bro. Trailer + opening videonya keren tuh emoticon-Big Grin

Sering-sering berbagi disini, yes. emoticon-Angkat Beer


Quote:Original Posted By 6425csy
ijin baca baca dulu y gan emoticon-Big Grin
udah bosen jadi penonton emoticon-Hammer (S)
saatnya belajar emoticon-linux2

Sepp, toreh pon emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By est3v4n
ijin baca gan ..
sukses buat channel youtubenya emoticon-I Love Indonesia (S)

Jangan cuma baca gan emoticon-Hammer

Kalo punya ilmu tentang youtube/webseries juga, monggo dibagi.

Hepi 

Quote:Original Posted By Far_away

Thx sharingnya juga, bro. Trailer + opening videonya keren tuh emoticon-Big Grin

Sering-sering berbagi disini, yes. emoticon-Angkat Beer



Sepp, toreh pon emoticon-Stick Out Tongue

Jangan cuma baca gan emoticon-Hammer

Kalo punya ilmu tentang youtube/webseries juga, monggo dibagi.


ane masih belajar gan.. jadi skrng blm bisa share apa2..
klo udah jago soal youtube udah ane tambahin di atas emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
emoticon-Malu (S)
ngomong2 ini channel gan : https://www.youtube.com/evanvibration

Hepi 
Share Pengalaman Main yutup :D

mumpung masih dapat Page One jadi mau nulis sedikit pengalaman.
mudah mudahan bermanfaat,. klo gk bermanfaat biarkan saja lewat seperti angin yang menghembuskan nafas cinta wakakakakak emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Sebelumnya ini channel youtube ane : Evan Vibration Youtube
ini beberapa tips dari ane kalau mau jadi terkenal / buanyak subscribe mksd ane emoticon-Big Grin.

1. Cailah informasi atau sesuatu yang terjadi di masyarat seperti acara TV ( kalau channel agan mau fokus ke acara TV ) .

ane contohin X Pektor emoticon-Big Grin. sebernya ane gk pernah kepikiran untuk mengupload video x factor, karna dengan 1 alasan sudah banyak yang mengupload video ke youtube. Jujur ane orang yang paling gk suka ikut2an soal content youtube. Misalnya kalau ada yang udah upload X factor maka ane gk bakal ngapload,,. bukan karna takut bersaing siapa yang paling banyak di view .. tapi karna gk ngeh aja gitu..
saat X Factor tayang,ane sempat search videonya di youtube. saaat itu ane gk nemuin 1pun yang upload x factor,kecuali video promo RCTI .
maka dari situ ane mulai mengupload video X Factor.. hingga sampai sekarang. karena dengan rutinnya ane mengupload content x Factor ( Fokus mksdnya ) maka channel ane menjadi Trending dan di rekomendasikan youtube sebagai salah satu channel populer di Indonesia ( Kibas Poniii emoticon-Ngakak )

2. Jangan Putus Asa atau kecewa

saat x factor menjadi Trend baru di youtube Indonesia maka para uploader mengincar video2 X factor,.tidak sedikit malah ngambil dari channel ane emoticon-Ngakak.. lalu di reupload dan ganasnya punya mereka yang paling banyak di view. kalau di tanya awal2nya ane kesel .tapi setelah ane pikir. kenapa ane harus sakit hati , harusnya ane bangga yang ane lakukan diyoutube di jadikan contoh oleh uploader lain ( kibas poni lagi emoticon-Ngakak (S) ) . intinya tetapnya FOKUS walaupun bnyak channel saingan emoticon-Big Grin .

3. Jangan terlalu berharap banyak subcribers / Pelanggan
ini pengalaman ane lagi. kalau di youtube jangan terlalu fokus sama jumlah subscribe,,tapi fokuslah pada content. bales komentar jika ada yg bertanya.,walaupun ada yang marah2 misalnya di katain kualitas video gk bagus lah,soundnya kekecilan, gk usah di bales pake emosi juga. karna biasanya yg berkoar- koar gitu orang yang cuma tau nonton aja emoticon-Ngakak

4. Gunakan FItur Anotasi .

Ini juga penting banget, dari hasil analistik youtube ane menunjukan bahwa 30% yg menonton video ane adalah dari hasil klik anotasi video,.
sekedar tambahan banyak2lah baca2 di youtube creator. disitu penjelasan bagaimana menjadi sukses di youtube >> http://www.youtube.com/yt/playbook/index.html

ok gan.nanti kita lanjut2 lagi ya. ,.
mau jemput baju di laundry dulu emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
byee
nais inpoh gan...
tapi ane ga hobi bikin video gan hehehehe, ane seneng nulis ama nyerucus alias ngomong walau suara cempreng biariiiiinnn hahahaha cocok nih jadi model video agan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak