alexa-tracking

[ask] cara mengatasi Scabies (Gudik) pada manusia. yang pernah ngalamin mauk dong...

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/517f6aab1dd7193035000005/ask-cara-mengatasi-scabies-gudik-pada-manusia-yang-pernah-ngalamin-mauk-dong
[ask] cara mengatasi Scabies (Gudik) pada manusia. yang pernah ngalamin mauk dong...
ane udah sebulan ini diserang ama ini kutu emoticon-Mad (S)
udah ane obatin macem2 belom sembuh juga emoticon-Berduka (S)

udah berkali2 ke dokter spesialis kulit, tapi kurang efektif...
setiap habis dikasih salep (scabicid), gatel ama bentol2nya jadi agak ilang...
tapi 3hari setelahnya dah gatel lagi emoticon-Hammer (S)
terus ane kasih dah itu salep scabicid setiap 3hari sekali tapi masih belom sembuh2 juga...

padahal ane dah ngikutin petunjuk dokternya, yaitu:
mandinya 3kali sehari. dan setiap mandi disabun ama dibilasnya 3kali.

pakaian sekali pakai doang (termasuk handuk)...
seminggu sekali ganti sprei tempat tidur, pakaian ane juga dicucinya pake air panas...
tapi ini kutu (scabies) kok betah banget di tubuh ane emoticon-Berduka (S)

udah ngikutin cara tradisional (pake belerang + kanji) dipake buat bedakin seluruh tubuh.
masih belom sembuh juga emoticon-Berduka (S)

sampe2 ini belerang ane makan emoticon-Ngakak (S)

agan2 disini ane minta sarannya dong, gimana ya biar ane bisa sembuh dari penyakit yang memalukan dan sangat mengganggu ini... emoticon-Bingung (S)
masalahnya kalo malam hari itu gatelnya gak nahan mas gan emoticon-Ngakak (S)

walau pun gatelnya enak kalo digaruk (sampe jadi nge Fly gitu) emoticon-Ngakak (S), tapi tetep aja nyiksa banget dah, tiap malem ane gak bisa tidur.
bekas garukan ane tadi itu jadi lecet dan sakit emoticon-Berduka (S)

mohon solusinya mas gan emoticon-Frown
image-url-apps
kok sampe dobel gt ceritanya? emoticon-Bingung (S)

wah gw ga pernah gan, mungkin bwah gw pernah dan bs kase solusi emoticon-Malu
coba kamar mu dibersihkan sebersih~bersihnya.emoticon-Smilie
kutu itu kan mahkluk hidup dan kamu mesti mencari tahu mengapa si kutu itu masih berada deket~deket kamu.emoticon-Smilie
soalnya percuma kamu pake salep klo masalah utamanya gak diatasi.emoticon-Smilie
KASKUS Ads
image-url-apps
coba banyakin makan yang pahit pahit

sapa tau darah ,keringet dan kulit elo jadi pahit
ntar kutu nya ga doyan deh
pergi sendiri emoticon-Smilie




just my asumsi emoticon-Cool
image-url-apps
ente yakin itu scabies?... udah tanya second opinion ke dokter kulit lain?... terus itu lokasinya seluruh badan bukan?... apa lokal doang?.. ane.pernah kena, ane kira scabies. ngga taunya bukan...
Gudik di selangkangan ya...? emoticon-Ngakak (S)

Udah coba berendem di aer laut gan ..? emoticon-Big Grin

mengandung air garam, biasanya sih efektif buat ngilangin gatel tapi yang relatif kecil emoticon-Big Grin

keluarga gw pernah kena itu emoticon-Najis (S)
Amit2 nih penyakit bikin cape lahir-batin nanganinnya emoticon-Busa
serumah 7 orang kena semua, gw doang yg engga emoticon-Hammer

udah gw jawab di tritnya yg di lounge emoticon-Big Grin
Quote:

maaf mas gan, udah ane edit emoticon-Smilie

Quote:

gimana caranya ya?
sprei dah ganti setiap kali abis pake salep, bantal ama kasur juga ane setrika...
kutunya kok gak mati2 emoticon-EEK!

ada yang nyaranin di vacum cleaner, tapi ane gak punya vacum cleaner emoticon-Frown

Quote:

yang pahit2 contohnya apa mas gan?

ane tiap hari minum rebusan sambiroto / sambiloto juga...

Quote:

yakin mas gan, dari gejalanya cocok banget kalo itu scabies...
soalnya gatelnya paling parah di malam hari, dan paling gatel dibagian kelamin emoticon-Berduka (S)
dilihat dari ciri2 lain juga cocok...

tapi ntar ane coba periksa lagi...



=========
thanks buat yang udah bantu, agan2 yang lain kasih masukan dong... emoticon-Frown
biar ane bisa cepet sembuh dari penyakit ini emoticon-Berduka (S)

@ agan pho3nix.cz, thanks udah bantu ane juga emoticon-shakehand
image-url-apps
Gw sih belum pernah (amit2 jangan pernah) kena. Cuma tau ilmunya aja dikit. Kalo bener scabies, bisa pake salep Scabimite, diolesin ke kulit mulai dari leher sampe kaki. Sprei direndem pake air panas, kasur dijemur bolak balik. Seluruh penghuni rumah harus diobati, kalo nggak ya bisa saling menularkan...
Quote:

yup, lebih tepatnya di kelamin. tapi seluruh tubuh juga gatel mas gan...
sampe ngefly kalo digaruk emoticon-Ngakak (S)

tapi gak enak banget, lecet2, perih dan sakit... emoticon-Berduka (S)

di air laut an belom coba, soalnya rumah ane jauh dari laut...
kalo berendam di pemandian air panas sih ane udah nyoba, setiap habis berendam bentol2nya ilang...
tapi beberapa hari setelahnya kambuh lagi... emoticon-EEK!

Quote:

ane cek dulu di jawaban agan emoticon-Ngacir
image-url-apps
Quote:


brotowali, pare , dan sejenisnya


tapi jangan ngemut arang ya gan emoticon-Cool
Quote:

jangan sampe gan, gak enak banget ini gatel2 emoticon-Berduka (S)

scabimite udah pake mas gan...
ane pake seminggu sekali...
1 tube sekali pakai

btw thanks sarannya emoticon-shakehand

Quote:

thanks mas gan emoticon-Shakehand2

kalo ngemut arang ntar email gigi ane mengelupas mas gan emoticon-Takut (S)
Quote:


emoticon-Nohope
gini aja dechemoticon-Smilie
semua perabotan di kamar mu ,kamu semprot pake baygon.emoticon-Smilie
klo perlu kamu mandi pake baygon jugaemoticon-Nohope
Quote:

serius pake baygon mas gan?

kalo serius / beneran, ntar ane coba... semprot baygon merata ke kamar ane...
plus ane mandi pake itu baygon juga.

tapi apa ane gak keracunan ya kalo mandi pake itu baygon?
soalnya orang2 bunuh diri kan minumnya baygon emoticon-Thinking
Quote:

serius donk.emoticon-Smilie
dulu saat saya nge~kos, tangan saya itu bendol~bendol digigit hewan.emoticon-Smilie
padahal di kamar saya gak ada nyamuk dan bendolnya bukan digigit nyamuk.emoticon-Smilie
akhirnya daipada saya menderita, saya buka seprai lalu semprot baygon ke kasur.emoticon-Smilie
dan di kasur itu,saya temukan hewan mirip tungau/kutu.emoticon-Smilie
itu yg kasat mata kutu/tungau nya klo yg kecil dan tak kasat mata susah kecuali kamu semprot rata pake baygon.emoticon-Smilie
tapi abis kamar kamu disemprot baygon, usahakan pintu+jendelaa ditutup lalu kamu keluar kamar.emoticon-Smilie
yach pada akhirnya kulit saya gak bendol~bendol kayak kamu.emoticon-Smilie
saya gak kepikiran malah ke dokter.emoticon-Smilie
intinya kan dicari penyebabnya apaemoticon-Smilie
klopun kamu obatin pake salep jga percuma aja karena kutunya mash idup dan beranak pinakemoticon-Hammer (S)
terserah kamu mau percaya ato enggak pengalaman saya ini.emoticon-Smilie

Quote:


bisa jadi gan...emak gw juga bilang gitu biar kulit bersih katanya dan alasan lain juga kata emak gw biar terbiasa menghadapi pahitnya hidupemoticon-Nohope apa hubungannya emoticon-Cape d... (S) tapi walau gimanapun i love my emakemoticon-Kiss
Quote:

thanks banget sarannya... emoticon-Smilie
ntar ane beli baygon di minimarket terdekat emoticon-Ngacir

Quote:

emak is everything mas gan emoticon-Kiss (S)
image-url-apps
Quote:

Setubuh ama agan ini. Kali aja dokternya bloon. Kan banyak kejadian malpraktek sbgai contoh..
emoticon-Ngakak
ane mau berusaha memberi pencerahan..

kalo agan semua masih ragu ini scabies apa bukan, kan ada kriteria nya..
1. gatal pada malam hari
2. ditemukan pada manusia berkelompok.
biasanya sering di barak tentara, atau kos kosan, atau tinggal asrama
3. adanya terowongan di kulit kulit yg tipis, kayak di sela jari, lipat paha. ini khas banget.
jadi biasanya kalo ngeliat ada yg dateng gatel di sela jari, hampir sbagian besar pasti skabies.
4. ditemukan kutunya.

nah , 3 dari 4 tanda itu kita bilang scabies.

obatnya, macem macem.
bisa kasih belerang, mandi aja ke ciater gitu yg ada air panasnya.
bisa pake scabimite (permetrin). makenya sminggu sekali. ini kan kerjanya bisa ngebunuhin smua stadium kutu kecuali telur.
bisa di kasih krotamiton, tp susah dapetinnya.
nah,yg paling sering, aman, dan ga mahal emang scabimite ini gan..

kalo habis pengobatan berhasil, emang wajar kalo ada sisa gatal ga ilang ilang kurang lebih 6 minggu. itu reaksi eksematousnya. kan soalnya skabies termasuk reaksi hipersensitivitas tipe lambat, jadi butuh waktu buat kembalinya.
so, itu bukan kesalahan malpraktek, tapi emang ada teorinya.

bisa minum obat gatel, ato obat oles steroid.

semoga membantuemoticon-Kiss (S)
Quote:

tapi dokternya udah tua an dikit kok mas gan... emoticon-Big Grin

Quote:

thanks udah bantu emoticon-shakehand

---
yang crotamiton harganya sekitar berapa mas gan?

yang paling murah sih scabicid cuman 11ribu aja. kalo yang scabimite 30ribuan...
×