alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / Music /
Strategi Promosi lagu-lagu ke Radio
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/517de9bf532acf5506000003/strategi-promosi-lagu-lagu-ke-radio

Strategi Promosi lagu-lagu ke Radio

STRATEGI PROMOSI
Point-point promosi :
MERILIS MATERI KE RADIO-RADIO
KOTA-KOTA BESAR PROMOSI RADIO
KERJASAMA CHART
REQUEST
KUIS INTRAKTIF
INTERVIEW

MERILIS MATERI KE RADIO-RADIO

Sebelum merilis materi, terlebih dahulu kita mengenal radio-radio yang akan menerima materi lagu artis kita. Beberapa hal yang harus diketauhi adalah diantaranya :

Segmen radio,
Segmen radio sangat berpengaruh untuk perilisan materi, dikarenakan radio-radio mempunya banyak segment diantaranya radio dengan segment dewasa, segment anak muda, segmen family, segment dangdut,dll.

Frekuensi pemutaran/hari
Adalah kesanggupan sebuah radio untuk meng-airplay lagu disetiap harinya, dan biasanya disetiap radio berfariasi bisa 1x hingga 4x

Sesi acara radio
Adalah nama acara-acara pemutaran materi lagu disetiap radionya.

Sebutan pendengar setiap radionya
Disemua daerah mempunya panggilan atau sebutan khusus untuk pendengarnya. Hal ini wajib diketahui karena hal ini berguna untuk pembuatan greeting dan phoner agar terlihat akrab bagi pendengar radio di masing-masing daerah.

Hal-hal awal yang harus kita lakukan sebelum merilis materi :

Pembuatan greeting
Pembuatan greeting sangat berpengaruh sekali selain pemutaran lagu. Greeting dibuat tujuannya untuk perkenal kepada pendengar. Tidak disarankan membuat greeting umum, karena akan terdengar kurang akrab oleh para pendengar, selain itu merupakan bentuk penghargaan bagi radio-radio yang menerima materi lagu kita.




Tim Request (10 orang atau lebih)

Tim ini bertugas meriquest lagu via twetter, fb, tlp dll. Tujuannya agar dikenal, dan eksistensi materi lagu yang dirilis, karena dari sini para pendengar yang bisa mengetahui bahwa artis juga dikenal, dan eksis dijejaring sosial yang bertujuan agar pendengar yang lain ikut dengan sendirinya meriquest meteri artis yang kita miliki.

Setelah point-point di atas telah terpenuhi barulah materi artis atau band siap untuk dirilis. Materi band yang telah aman dirilis dalam bentuk CD digital dan dikirim ke radio-radio yang ada didalam list yang dimiliki. Pengiriman bisa berbentuk materi fisik dan audio via email.

KOTA-KOTA TARGET PROMOSI RADIO

MEDAN
Menurut hasil survey RadioClinik terjadi peningkatan kebiasaan mendengarkan radio menggunakan telphon selular dari 9% di tahun 2011 menjadi 22% di tahun 2012 hingga tahun 2013 kebiasaan ini dilakukan oleh pendengar usia 30 tahun dan 30 % usia muda (15-24) untuk ruang lingkup republik indonesia. Medan merupak salah satu kota besar yang masih memiliki banyak pendengar radio, dan pruduk seluler keluaran cina yang dilengkapi fasilitas radio merajai pasar daerah di indonesia termasuk Medan.
Radio-Radio favorit daerah Medan :

Visi FM 89.6 Jl. Iskandar Muda No. 117 Medan (twett :@visi896medan)
Kardopa Fm 99.5 Jl. Iskandar Muda No. 117A Floor 1st (twett :@kordopafmmedan)
Star FM 104.6 Sei. Batang Serangan No. 35 Medan (twett : @starfmmedan)
City Radio 95.9 Fm Jl. Pembangunan I-20 No. 2386 Medan (twett : @cityradio959fm)
Most Fm 99.1 Jl. Hocky 21 Medan (twett : @mostfm991)
Radio-radio tersebut diatas adalah barometer musik diwilayah Sumatera utara menurut para musik direktor yang dalam jejaring milis musik dan twetter.
PALEMBANG
Dewasa ini dilakukan survey oleh sejumlah mahasiswa sebuah universitas jakarta tentang pendengar radio dan acara radio di sumatera selatan. Animo untuk wilayah Palembang presentase tertinggi dipegang oleh Elita FM sekirta 41,4%. Acara yang paling banyak menyedot perhatian pendengan radio adalah musik sekitar 82%. Menurut saya kota Palembang efektif untuk promosi artis baru.
Adapun radio-radio yang konfortabel yaitu :

Elita FM 98.3 Jl. Veteran No. 757 D Palembang (twett : @elitafm983)
Lanugraha Fm 105.0 Jl. Segaran No.38/15 Ilir Palembang (twett : @lanugrahafm)
Rri pro 2 fm 88.4 Jl. Radio 4 No. 2 Palembang (twett : ----------)
Radio Tri Jaya Fm 87.6 Jl. Hang Jebat No. 12 Palembang (twett : @trijayafmplg)
Eljhon Fm 95.9 Jl. Jend. Sudirman No. 75 Palembang (twett : @eljohnfm959)

MAKASAR
Masih dari data survey yang sama untuk wilayah makasar top rate pendengar dipegang oleh gamasi fm dengan persentase 44,9 % ditahun 2013. pendengar di wilyah ini didominasi oleh usia 15 – 27 tahun. Mayoritas pendengar menggunakan telphon seluler dan sebagian kecil dengan radio tape dan tv kabel berbayar.
Radio-radio target untuk wilayah Makasar adalah :
Gamasi Fm
Venus Fm
RRI Makassar - FM 94.4 MHz, FM 96.8 MHz
Savana FM Makassar - FM 106.5 MHz
Prambors Makassar - 105.1 FM

KERJASAMA AIRPLAY DAN CHART
Kerjasama Airplay maksudnya adalah kerjasama antara promotor artis dan pihak radio (Music Director/Marketing Radio). Perbedaan kerjasama dengan music direktor dan pihak marketing tidak terlalu jauh, biasanya pada nominal biaya promosi, frekuesnsi airplay dan pendekatan materi. Kerjasama dengan marketing sangat flat yaitu, materi lagu masuk ke playlist, new entri dan naik chart sesuai dengan waktu kesepekatan kerjasama. Sedangkan music direktor kelebihannya adalah materi langsung dipegang oleh music director. Music direktor akan mengontrol anouncer untuk memperkenalkan materi, membuat chit-chat dengan pendengar agar langkah untuk ke chart bisa dipermudah, selain itu biaya promosi lebih miring ketimbang marketing.

REQUEST

Materi yang masuk ke Radio tidak serta merta otomatis dan bertahan di playlist dan chart. Sangat dibutuhkan sekali dari pihak promotor artis untuk mendukung pemutaran dan pengenalan materi di radio dengan cara request. Request di awal tujuannya adalah pengenalan, karena pertama kali materi di airplay sangat tidak mungkin pendengar langsung mengenali makna lagu yang sedang di Airplay. Disini dibutuhkan provokator sebagai pemancing pendengar radio yang lain untuk mendengarkan materi lagu yang diputar, agar pendengar mengerti, lalu menyukai lagu dan lagu dengan sendirinya direquest oleh pendengar-pendengar yang lain.
Request sangatlah penting, apabila tidak ada request maka materi lagu dianggap asing, meskipun lagu tersebut sangat layak dan bagus.

KUIS INTERAKTIF
Untuk meningkatkan animo request para pendengar radio, maka kuis interaktiv sangat baik diadakan. Kuis interaktiv yang didukung sponsor pasti sangat digemari. Tujuannya adalah mangangkat materi artis dan meningkatkan penjualan product yang menjadi sponsor apabila memang artis mempunyai sponsor atau partner promosi. Apabila artis tidak mempunyai sponsor, kuis interaktif juga bisa diadakan dengan memberikan hadiah-hadiah menarik dari artis itu sendiri, bisa berbentuk kaos, CD artis, souvenir, dll.

INTERVIEW

Interview adalah poin berikutnya yang dijalanain artis. Setelah materi masuk ke radio, kemudian adanya request, lalu diikuti dengan kuis maka akan ada keinginan para pendengar radio untuk mengenali artis secara langsung. Untuk menjawab keinginan pendengar ini maka Interview artis dilakukan. Langkah-langkah promosi harus dilakukan secara berurutan karena sangat berpengaruh terhadap artisnya. Apabila interview dilakukan pada langkah II tanpa ada request atau perkenalan lain sebelum itu, maka artis akan dianggap asing, interview belum tentu bisa memikat hati pendengar. Langkah demi langkah promosi sangatlah berpengaruh dan harus diperhatikan.
Intervew artis diantaranya bisa dilakukan dengan datang dan live ke studio radionya atau via telephon live dan streaming, tergantung jarak demi efisiensi waktu dan biaya dari pihak promotor atau lebel.

Langkah-langkah atau strategi promosi seperti ini sangat baik untuk memperkenalkan artis baru. Selain lebih efisien dan juga dibutuhkan kerja tim yang ekstra demi menghemat biaya dan waktu yang ditargetkan.


Sumber :
Sharing md hot fm medan&penulis;
Radioclinik.com
Artikel mahasiswa mercubuana(sahabat penulis)
Sharing lokermedia promotor.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Muantep bener ini, terima kasih gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di