alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5177aaf72575b43f2b000003/premium-mau-naik-ini-10-tips-agar-jarang-ke-spbu
Premium Mau Naik, Ini 10 Tips Agar Jarang ke SPBU
Harga bensin Pertamina Premium sebentar lagi akan naik. Pastinya kita harus menerima jika telah ditetapkan harga BBM harus naik, sekarang bagaimana harus menyikapinya agar yang namanya anggaran biaya rumah tangga tidak carut marut akibat. Nah ini ada tips berkendara yang hemat BBM.

Praktisi & Pemerhati Road Safety dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu memaparkan kalau ada beberapa hal yang bisa dilakukan baik oleh pengendara motor maupun mobil untuk mensiasati harga BBM yang akan naik menjadi Rp 6.500 khususnya untuk mobil pelat hitam.

Salah satu caranya adalah dengan menerapkan perilaku Eco Driving atau Eco Riding yang harus menjadi bagian kehidupan sehari-harinya.

Konsep ini merupakan kombinasi perilaku pra-perjalanan dan tekhnik mengemudi ekonomis yang sering disebut dengan Eco Driving/Riding yakni sebuah cara mengemudi yang menghasilkan penghematan konsumsi BBM, pengurangan emisi gas buang, pengurangan polusi suara, menambah umur pakai komponen hingga mengurangi potensi risiko kecelakaan.

Pengendara yang dapat memaksimalkan fitur-fitur technologi yang tersedia pada kendaraannya agar bisa mengemudi dengan halus juga dapat menghemat konsumsi BBM antara 5-10%.

Berikut teknik mengemudi yang mampu menghemat bahan bakar.

1. Memindahkan Gigi Transmisi Sesegera Mungkin

Premium Mau Naik, Ini 10 Tips Agar Jarang ke SPBU

Pindahkan gigi sesegera mungkin! Pindahkan gigi sebelum jarum RPM mencapai angka 2,500 untuk kendaraan berbahan Bensin, RPM 2,000 pada kendaraan diesel.

Sebab, umur komponen-komponen kendaraan pada bagian yang menghasilkan tenaga akan mengalami penurunan akibat gesekan atau friksi.

Menurut perhitungan penurunan umur komponen yang bergesek semakin bertambah seiring setiap kenaikan putaran mesin.

Dengan menggunakan putaran mesin yang rendah penurunan umur ini akan menjadi terbatas dan dampaknya adalah konsumsi bahan bakarpun akan berkurang.

Beban kerja yang berat pada mesin untuk menghasilkan tenaga, akan menjadi pemborosan ketika seorang pengemudi tidak dapat menyesuaikannya dengan penggunaan gigi transmisi yang tepat, tenaga yang besar tidak menjadi maksimal ketika tersalurkan kepada roda-roda penggerak (drive wheels), seharusnya putaran mesin yang dihasilkan tidak terlalu banyak terhambat oleh gigi transmisi dan inter koneksi ini harus bersambung mulus ke roda-roda penggerak.

2. Menggunakan kecepatan konstan

Premium Mau Naik, Ini 10 Tips Agar Jarang ke SPBU

Jaga agar kendaraan selalu berada pada kecepatan konstan dengan cara menggunakan gigi transmisi tinggi.

Ketika berakselerasi energi dari BBM akan menggerakan kendaraan, ini akan terbuang ketika kita melakukan perlambatan apakah dengan mengangkat pedal gas ataupun dengan pedal rem.

Fenomena ini akan terasa setelah anda melakukan pengereman tajam, mau tidak mau anda harus mengembalikan kecepatan pergerakan dengan menginjak pedal gas atau memutar tuas throttle kembali. Saat–saat pedal gas diinjak sederhananya valve injection atau valve di karburator akan menyemprot BBM ke ruang bakar.

Analoginya begini, kendaraan rata-rata akan memerlukan 5 PK pada kecepatan konstan di 50 km/jam, lebih kurang 25 PK pada kecepatan 120 km/jam (tenaga yang diperlukan semakin meningkat seiring dengan kecepatan kendaraan).

Nah, sisa tenaga yang ada pada mesin akan terpakai untuk akselerasi–akselerasi yang dilakukan si pengemudi. Oleh karena itu menjaga agar kecepatan tetap konstan akan membuat pemakaian tenaga dan BBM menjadi terbatas.

Jika memungkinkan pada kondisi jalan di tol, gunakan cruise control, ini sangat membatu mendapatkan kecepatan konstan. Keuntungan dengan menerapkan kecepatan konstan tidak saja terbatas pada peningkatan ekonomis atas konsumsi BBM, tetapi juga banyak hal positif lain yang dapat diperoleh seperti emisi gas buang, keamanan, umur pakai komponen, kelancaran lalu lintas dan kenyamanan.

3. Gigi Tinggi dan RPM Rendah

Premium Mau Naik, Ini 10 Tips Agar Jarang ke SPBU

Opini yang berpendapat pedal gas berhubungan dengan konsumsi BBM tidak keseluruhannya benar pada mesin-mesin bensin.

Pedal akselerator hanya mengopersikan katup throttle/kupu-kupu yang mempengaruhi kuantitas udara.

Dengan begitu, pedal pada dasarnya hanya mengakibatkan momen putar pada mesin, jumlah pemakaian BBM dipengaruhi dari beban kerja mesin itu sendiri, semakin kecil reduksi dari moment tenaga yang dihasilkan oleh mesin semakin kecil pemakaian BBM.

Oleh karena itu tenaga yang dibutuhkan untuk mendapatkan kecepatan konstan jelas lebih kecil dibandingkan adanya akselerasi-akselerasi.

Dengan demikian gigi tinggi dapat saja digunakan pada kecepatan rendah tanpa khawatir adanya kerusakan (ingat: range 2.500–2.800 RPM pada mesin bensin) dengan cara ini akan menghemat konsumsi BB tanpa merusak mesin, pasti dan selama perawatan terhadap mesin dilakukan sebagaimana mestinya.

4. Antisipasi Arus Lalu Lintas

[url]http://images.detik..com/content/2013/04/24/1213/162116_macet.jpg[/url]

Melihatlah sejauh mata memandang (lihat dan mengerti sesuatu di depan), antisipasi dan mengerti situasi sekeliling kendaraan anda.

Dengan tekhnik mengemudi Crash Free Habits JDDC, seorang pengemudi akan mudah mengantisipasi arus lalu lintas di sekelilingnya.

Untuk untuk mendapatkan kecepatan konstan sangatlah penting untuk mengantisipasi situasi traffic di muka dengan demikian pengemudi dapat memilih lajur-lajur yang harus dilewati dan mengurangi pengereman-pengereman ataupun akselerasi yang tidak perlu.

5. Lakukan Perlambatan dengan Halus

Premium Mau Naik, Ini 10 Tips Agar Jarang ke SPBU

Saat melakukan perlambatan, lakukanlah dengan halus dan bertahap dengan gigi transmisi tetap masuk (tidak dengan netral).

Mobil-mobil yang dibuat di atas tahun 2000 umumnya dilengkapi dengan sistem injeksi elektronik yang memiliki fuel cut-off, yaitu kemampuan memutuskan supply BBM keruang mesin saat melakukan perlambatan mesin (Engine Brake).

Keuntungannya, seorang pengemudi dapat mengangkat pedal gas setiap saat perlambatan tanpa terlalu banyak dibantu dengan pengereman pada roda-roda.

Pada kendaraan yang menggunakan karburator tanpa eletronik fuel cut-off, membiasakan mengangkat pedal gal atau menutup tuas throttle secara halus dan menghindari pengereman tajam juga dapat membuat kendaraan menjadi lebih ekonomis.
6. Mengemudi di Lintasan Berbukit

Premium Mau Naik, Ini 10 Tips Agar Jarang ke SPBU

Ingat: Pabrikan kendaraan membuat kendaraan dapat bergerak konstan dengan muatan penuh pada RPM 1,000.

Melakukan manajemen kecepatan di daerah perbukitan sangatlah penting.

Biasakan untuk melakukan pergerakan kendaraan dengan menggunakan tenaga yang kecil.

Ini dapat dimungkinkan jika putaran RPM diawali dengan rendah, pertahankan agar kendaraan bergulir sedemikian rupa tanpa menggunakan RPM tinggi dan gigi rendah.

RPM tinggi pada permukaan licin (off road) sering membuat traksi pada roda penggerak terlepas yang akhirnya kendaraan tidak mencapai permukaan yang lebih tinggi.

Sering prinsip menggunakan RPM tinggi dan rendah menjadi suatu perdebatan pada topik ini, yang paling tepat coba lakukan.

7. Matikan Mesin Saat Berhenti Sesaat

Premium Mau Naik, Ini 10 Tips Agar Jarang ke SPBU

Ketika memanaskan mesin pastikan tidak lebih dari 2 menit, pada mesin-mesin modern sistem pelumasan telah memberikan hasil maksimal pada masa tersebut.

Hal yang sama saat mematikan mesin, hindari cara–cara yang tidak benar dengan menekan-nekan pedal gas sebelum mematikan mesin cara ini jelas akan meningkatkan pemborosan BBM kendaraan anda.

Matikan mesin jika memungkinkan, semisal saat berhenti menunggu palang pintu di lintasan KA, di traffic light atau menunggu seseorang di minimarket. Ketika mencoba menghidupkan jangan tekan pedal gas.

Pada mobil keluaran baru:

Pada saat menghidupkan kembali, pengemudi diharapkan tidak menginjak pedal gas, mesin yang dilengkapi dengan injeksi (injection) memiliki manajemen tersendiri untuk menyikapi situasi re-start tersebut.

Menekan pedal gas akan membingungkan sistem yang mana akan membuat kesulitan pada re-start selain akan meningkatkan konsumsi BBM dan emisi gas buang.

Pada mobil keluaran lama:

Umumnya pada mobil-mobil buatan sebelum tahun 2000 pada kondisi mesin panas pengemudi kadang kala harus menginjak pedal gas sedikit saat re-start. Ini akan mengonsumsi BBM, disarankan akan bijaksana pengemudi mematikan mesin ketika berhenti lebih dari 1-2 menit.

8. Menikung

Premium Mau Naik, Ini 10 Tips Agar Jarang ke SPBU

Menikung dengan eco-driving dapat dicapai melalui beberapa faktor: kecepatan, arah lintasan, latihan.

Pandangan jauh ke depan lakukan perlambatan sehalus mungkin, jika aman tanpa menggunakan pedal rem gunakan TITO (melebar-mengecil-melebar) dengan demikian faktor reduksi rotasi roda kecil.

Secara umum ini dapat dikatakan pengemudi harus dapat mengantisipasi kondisi area tikungan tersebut dengan pasti dan aman.

Cara mengemudi dengan kecepatan tinggi, mengerem tajam dan meningkung tajam selanjutnya berakselarasi dengan cepat (gaya racing) tidak saja akan meningkatkan pemakaian BBM tetapi juga memperpendek umur komponen kendaraan. Ban dan beban kerja pada axle salah-salah mobil bisa terbalik?

9. Bobot

Premium Mau Naik, Ini 10 Tips Agar Jarang ke SPBU

Salah satu faktor eco-driving adalah berusaha menjaga muatan kendaraan agar tidak overweight.

Semakin ringan muatan semakin ringan beban kerja dari mesin, mengeluarkan peralatan golf, barang-barang yang tidak penting, tidak menambah muatan bagasi dengan alat-alat audio (extra sound system), peralatan ekstra kunci mobil atau melepas trunk tambahan (box di atas roof rack) adalah cara-cara yang harus dilakukan.

10.Faktor Aerodinamika

Premium Mau Naik, Ini 10 Tips Agar Jarang ke SPBU

Proses manufaktur sebuah mobil salah satunya adalah test aerodinamik yang dilakukan melalui sebuah terowongan angin, semakin kecil hambatan angin yg diperoleh oleh sebuah mobil salah satunya akan mempengaruhi konsumsi BBM kendaraan tersebut.

Pemakaian ban dengan permukaan lebar, penempatan rak di atas kendaraan/atau membawa barang di luar kendaraan, membuka kaca pintu pada saat kecepatan tinggi akan mempengaruhi konsumsi BBM.
Thanks for tips emoticon-Big Grin
Haha emoticon-thumbsup
Makasiih gan ..... Tipsnya...
Quote:Original Posted By merakbalente
Thanks for tips emoticon-Big Grin
Haha emoticon-thumbsup


sama2 gan
Quote:Original Posted By io.corps22
Makasiih gan ..... Tipsnya...


sama2 gan
wahhh tips jituuu nihh !!!
thanks gann emoticon-Smilie
coba ah tipsnya...emoticon-I Love Indonesia (S)
nice tips gan emoticon-thumbsup


















Dhevi2008
sip,dicoba tipsnya
tetep aja harganya naik dari tahun ke tahun,,,alasan klise dengan mengkambing hitamkan "perekonomian"....