alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51779ae60d75b4304f00000a/keren-konsep-quotrumah-kulkasquot-di-iran-pict
Keren... Konsep "Rumah Kulkas" di Iran! PICT
Jauh sebelum ditemukannya kulkas, bangsa Persia atau Iran telah menciptakan rumah yang menggunakan prinsip kulkas. Ya, rumah es atau ice house dibangun sebagai tempat cadangan es di musim panas.

Memang, sebelum ditemukannya kulkas yang disebut-sebut sebagai penemuan zaman modern, es merupakan komoditi berharga yang tidak mudah dibuat, terutama di sepanjang musim panas. Untuk mengawetkan daging atau makanan lainnya, balok-balok es harus diimpor dari negeri-negeri Skandinavia di Kutub Utara atau dari puncak-puncak gunung yang dibawa secara hati-hati dengan diselimuti jerami.

Di Amerika, Inggris dan negara-negara Eropa lainnya, es didatangkan dari Norwegia. Sementara orang-orang Rusia mengumpulkan es dari Sungai Neva, dan masyarakat India memperolehnya dari Pegunungan Himalaya.

Balok-balok es itu secara khusus disimpan dalam bangunan yang dikenal dengan ice house atau rumah es atau rumah kulkas, dan berlangsung selama bertahun-tahun lamanya. Rumah es itu dibuat dengan cara menggali tanah untuk menempatkan es di dalamnya. Selama musim dingin, es dan salju diambil dan dimasukkan ke dalam rumah es tersebut, lalu diselimuti dengan jerami atau serbuk gergaji.

Ternyata, cara ini sangat jitu sebab mampu membekukan es hingga berbulan-bulan lamanya, bahkan seringkali sampai menjelang musim dingin berikutnya. Alhasil, es tetap bisa digunakan sebagai cadangan selama musim panas.

Pada prinsipnya, masyarakat Iran telah membuat rumah es pada awal abad ke-17 sebelum masehi. Mereka membuat saluran es di belakang rumah es mereka. Selama musim dingin, saluran tersebut bermanfaat untuk mengalirkan air ke dalam rumah es itu.

Adapun rumah-rumah es itu dibangun menggunakan lumpur yang disusun membentuk susunan batu bata. Bentuknya ada yang seperti kubah atau rumah semut.

Ada lebih dari 100 rumah es bisa dijumpai di seluruh Iran. Namun, saat ini hanya sedikit yang masih bertahan dalam bentuk aslinya. Banyak rumah es rusak dan beberapa hanya dijadikan tempat pembuangan sampah.

Sumber

Keren... Konsep "Rumah Kulkas" di Iran! PICT
Salah satu rumah es atau rumah kulkas yang ditemukan di Kashan, Iran

Keren... Konsep "Rumah Kulkas" di Iran! PICT
Bagian dalam rumah es di Meybod. umah es itu dibuat dengan cara menggali tanah untuk menempatkan es di dalamnya. Selama musim dingin, es dan salju diambil dan dimasukkan ke dalam rumah es tersebut, lalu diselimuti dengan jerami atau serbuk gergaji

Keren... Konsep "Rumah Kulkas" di Iran! PICT
Bentuk lain dari rumah es di Yazd, Iran

Keren... Konsep "Rumah Kulkas" di Iran! PICT
Bagian fasad rumah kulkas di Meybod, Iran
manteb gan rumahnya.....

kaya dibuat dari tanah ya gan
wuuihh hebat orang" jaman dulu emoticon-Matabelo
wah emg bener2 hebat yaemoticon-Matabelo
biasa aja gan emoticon-Cool
bentuknya dari luar ga ada hawa dingin-dinginnya ya emoticon-Ngakak
unik gan bangunannya emoticon-Matabelo

cocok gak yah klo di INDONESIA
Unika gan bentuk nya..
cek kulkas deh gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
nice share gan
Quote:Original Posted By bson666
nice share gan


orang jaman dulu teknologinya boleh juga ya gan emoticon-I Love Kaskus (S)
keren...
kulkas zaman purba emoticon-Matabelo.