alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5177768f8127cfbe5f000006/menghindari-aksi-tipu-tipu-toko-online-fiktif
Menghindari Aksi Tipu-Tipu Toko Online Fiktif
Menurut data dari internetworldstarts, pengguna internet di Indonesia telah mecapai lebih dari 55 juta pada tahun 2012 dan jumlah pemakai facebook juga tidak kurang dari 51 juta. Latar belakang pengguna pun bermacam-macam mulai hanya sekedar browsing, pembaca berita, chatter, pebisnis. Pertumbuhan ini juga diikuti dengan belanja online yang turut melonjak. Wajar saja jika ditawarkan kemudahan dan harga murah yang banyak ditawarkan oleh toko online.

Namun ada saja sisi hitam dunia onlne, karena tidak sedikit orang yang bergelar penipu turut serta meramaikan dunia online di Indonesia. Hal yang sangat disayangkan jumlah penipuan di dunia online turut meningkat grafiknya dari tahun ke tahun. Kecenderungan penipuan mengikuti trend yang sedang digemari seperti toko online, sehingga sulit menentukan situs yang benar maupun perangkap jebakan penipuan.

Salahsatu bentuk modus penipuan yang kerap terjadi adalah toko online fiktif, karena memang mudah dimanipulasi penipu untuk menjalankan operasinya. Tentu saja, modus ini sangat mencoreng bisnis toko online yang sedang tumbuh subur di Indonesia.

Berikut trik para penipu online melakukan aksi tipu-tipu toko online fiktif:

1. Memancing minat pengunjung dengan mencantumkan harga murah maupun diskon terlalu besar terutama untuk produk elektronik.
2. Mendompleng brand toko online yang sudah terkenal menjadi plesetan atau nama mirip-mirip seperti tokobagus.com disamarkan menjadi tokobagusphone.com
3. Desain situs yang cukup menarik dengan menawarkan katalog produk yang lengkap dengan foto-foto yang kebanyakan diambli dari internet, sehingga seolah-olah sebuah toko besar serba ada.
4. Memajang akun-akun sosial networking seperti Yahoo Messenger, Facebook, Twitter. Semuanya bertujuan menarik pengunjung.
5. Hanya mencantum nomor handphone bukan nomor telepon kabel. Toko online yang serius seharusnya mencantumkan juga alamat toko ataupun alamat rumah yang bisa dilacak.
6. Terlalu banyak memasang testimoni-testimoni palsu yang berisi kepuasan pelanggan.
7. Cara transaksi yang ditutupi misalnya mereka hanya memajang logo bank tetapi tidak mencantumkan nomor rekening untuk transaksi dan hanya akan memberikan nomor rekening melalui sms.

Masih banyaknya lagi trik-trik yang dilakukan oleh penipu untuk menjebak para pembeli online. Anda harus jeli dengan melakukan pemeriksaan sebelum terjebak dengan cross check ke situs-situs lain.

SUMBER

buat refrensi aja..emoticon-Cool
wah tips yang sangat berguna nih juragan