alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/517728240d75b4240c000003/apakah-ikan-tidur-nih-jawabannya
Apakah ikan tidur? Nih Jawabannya!
Ane piara ikan di rumah cuma ikan hias aja sih, waktu itu ane lagi insom ane iseng merhatiin ikan ikan ane yang ada di akuarium, dan anehnya setelah ane perhatiin lama lama kenapa ikan itu ga tidur tidur emoticon-Bingung setelah ane googling ane nemu jawabannya!

emoticon-cystg
emoticon-cystg
emoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-cystg
emoticon-cystgemoticon-cystg
emoticon-cystg


Quote:Quote:Apakah ikan tidur? Nih Jawabannya!


Pada dasarnya, setiap makhluk hidup harus beristirahat dan tidur. Demikian juga dengan ikan. Jika tidak, ikan bisa menjadi lemah dan bahkan mati. Meski demikian, terdapat perbedaan antara tidur ikan dan manusia, termasuk cara, kapan, dan berapa lama ikan-ikan harus tidur. Saat tidur, ikan juga tidak bisa menutup matanya karena memang tidak punya kelopak mata. Kesamaannya hanya pada kebutuhan akan tempat yang aman dan nyaman. Biasanya, ikan tidak tidur di tempat tertentu, misalnya di sarang. Ikan bisa tidur di sebarang tempat, asalkan cocok.
Jika kebetulan di rumah punya akuarium dengan ikan mas atau minow di dalamnya, perhatikanlah saat ikan-ikan tersebut diam tak bergerak di dasar akurium pada malam hari. Itulah cara ikan mas dan minow tidur. Mereka beristirahat di malam hari, berbeda dengan serowot yang tidur pada siang hari dan aktif pada malam hari.
Beberapa jenis ikan juga punya perilaku yang unik saat mereka tidur. Ikan baronang misalnya, tidur pada malam hari dengan cara miring di celah bebatuan. Ikan karper eropa tidur malam hari di dalam “taman karang” idamannya, sedangkan ikan sidat gusi tidur di pasir pada siang hari dengan kepala menyembul. Pada malam hari sidat gusi justru berkeliaran mencari pakan.
Hasil riset terbaru yang dilakukan Emmanuel Mignot, profesor psikiatri dan ilmu tingkah laku di Universitas Stanford, AS, memperlihatkan bahwa ikan zebra butuh tidur meski hanya sebentar. Yang menarik, hasil riset yang laporannya dimuat dalam jurnal PloS Biology edisi 16 Oktober 2007 itu juga memperlihatkan adanya gejala unik, ikan bisa mengalami kesulitan tidur atau insomnia pada malam hari, khususnya ketika kehidupan biologinya dikacaukan.
Mignot dan koleganya yang memonitor ikan zebra di akurium menemukan, ketika ikan-ikan itu tertidur, ekor mereka lunglai dan menghabiskan sebagian besar malam dengan berada di dasar akuarium. Lalu, mereka memonitor pola tidur sekejap pada ikan zebra normal dan ikan zebra mutan yang fungsi reseptor hypocretin-nya dikurangi. Secara keseluruhan, tidur sebentar dari ikan zebra mutan menurun sekitar 30 persen jika dibandingkan dengan ikan zebra normal. Ketika ikan-ikan mutan itu akhirnya ditidurkan, mereka hanya mampu tidur setengah waktu tidur ikan normal


Quote:Jadi Intinya, Ikan itu juga bisa tidur gan cuma cara doi aja yang berbeda. Doi tidurnya ga merem tapi demgan cara mata terbuka soalnya doi ga pinya kelopak mata, ane juga sering liat tuh temen ane yang tidur dengan mata terbuka emoticon-Ngakak

Spoiler for Jangan lupa!:


Spoiler for Spesial Buat Yang ISO:


SUMBER!

Salam
Saaakarepmuemoticon-Cool
Apakah ane pertamaxxxx...

Agan ts coba donk.
Tdur dengan mata terbuka.

Hå.=D. нå. =D. нå. =D нå.
«». «». «»
^. ^. ^.
sepi amat broo emoticon-Cape d...
kalo tanda tidur itu apa gan?
ngambang yah ikan nya? emoticon-Bingung (S)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
kalau ikan ngambang di permukaan dengan perut di atas, itu tidur juga ya gan ? emoticon-Big Grin
Apakah Itu Tandanya Ikan Kejam.. Ayo siapa Yang Tau Maksud Ane.. emoticon-Big Grin
Udah malem...
Ikan bobo.. emoticon-baby




Original Posted by Kiba99
KASKUSQR
wow ane gak pernah ngeliat ikan tidur... duluan ane yang tidur gan... emoticon-Ngakak
kalo ngambang ikanya ane pikir uda mati tuh ikan wkwkw
kox matanya gak terpejam y gan,lho tidor emoticon-Embarrassment
oh ternyata ikan juga tidur yaa emoticon-Big Grin
baru tau ane gan emoticon-Malu (S)
Oooh..
Sudaah maleeem ikaaan bobooo
emoticon-Ngakak
hahaha
kaya mermaidman wkowkowkwo
kalo lagi tidur, ambil aja gan, terus goreng emoticon-Hammer2
nice info gan..
ternyata kalau ikan diem doang itu baru tidur ya gan emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By navi094
kalau ikan ngambang di permukaan dengan perut di atas, itu tidur juga ya gan ? emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak
ini sih mati gans...
sama aja..
tidur ga tidur kadang" suka gerak habis diem sebentar..
Quote:Original Posted By yesaroos
nice info gan..


hahahahahah ngakak ama komen yg ini, enek edan e... emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By qoruchan
Apakah ane pertamaxxxx...

Agan ts coba donk.
Tdur dengan mata terbuka.

Hå.=D. нå. =D. нå. =D нå.
«». «». «»
^. ^. ^.


klo tidur dengan mata terbuka klo manusia ya perih gan
×