alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51772606e474b45676000001/pertama-di-indonesia-pengusaha-dipenjara-karena-bayar-buruh-di-bawah-umr
Thumbs down 
Pertama di Indonesia, Pengusaha Dipenjara karena Bayar Buruh di Bawah UMR
Alhamdulillah, akhirnya keadilan ditegakkan juga..

Quote: Jakarta - Peringatan serius bagi para pengusaha yang membayar upah buruh di bawah Upah Minimum Regional (UMR). Sebab, Mahkamah Agung (MA) menghukum pengusaha yang melakukan hal tersebut dengan hukuman penjara.

"Menghukum terdakwa Tjioe Christina Chandra dengan pidana 1
tahun penjara," kata pejabat resmi MA yang tak mau disebut namanya kepada detikcom, Rabu (24/4/2013).

Chandra merupakan pengusaha Surabaya yang memiliki 53 karyawan namun mengupah buruhnya tersebut di bawah UMR. Oleh Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Chandra divonis bebas. Jaksa Penuntut Umum (JPU) pun mengajukan kasasi dan dikabulkan. "Dan menjatuhkan pidana denda Rp 100 juta," lanjutnya.

Vonis ini diadili oleh ketua majelis hakim Zaharuddin Utama dengan anggota majelis Prof Dr Surya Jaya dan Prof Dr Gayus Lumbuun dalam perkara nomor 687 K/Pid/2012.

"Terdakwa terbukti melanggar Pasal 90 ayat 1 jo Pasal 185 ayat 1 UU No 13/2003 tentang Ketenagakerjaan," pungkasnya.

Berdasarkan catatan detikcom, putusan ini merupakan putusan pertama MA yang menghukum pengusaha karena membayar
buruhnya di bawah UMR.


[URL="m.detik..com/news/read/2013/04/24/064908/2228708/10/pertama-di-indonesia-pengusaha-dipenjara-karena-bayar-buruh-di-bawah-umr"]sumber[/URL]

semoga.. buruh2 dan pekerja lain jg mndapatkan haknya..
wah bggus niih,, soalnya daerah ku masi ada yg ngupah di bawah UMR,,
masih banyak kok perusahaan yg bayar gaji di bawah UMR bkn cuma satu kali gan...
wih lapornya kemana ni? di jakarta aja ada yang ga sesuai UMR emoticon-Ngakak
Lapornya kemana ya,and prosedur pelaporanya kayak gmn y gan?
Aneh juga hukumnya. Terlalu pro-buruh, padahal yang dibutuhkan Indonesia saat ini adalah pengusaha, bukan buruh yang udah banyak di mana-mana.

Selama pembayaran gaji sesuai perjanjian awal harusnya gak ada masalah. Toh bila buruh tidak suka dengan gajinya tidak ada yang memaksa dia untuk terus bekerja di situ.

Kasihan pengusaha. Oleh birokrasi diperas, oleh buruh ditekan.

Hukum kaya gini bikin pengusaha sulit berkembang dan memanjakan orang malas/skill rendah. Jadinya buruh bukannya meningkatkan kompetensinya tapi malah demo.
satu di antara seribu kasus yg kaya gini. emoticon-Mad
banyak nya buruh yg ga mau lapor karena mereka tau bahwa hukum di indonesia selalu membela yg berduit.
Bagus buat si"HAKIM"yg buat keputusan itu....semoga pengusaha yang lain lebih mngedepankan hak buruh dalam upah yg sudah diatur pemerintah.

ketentuan Pasal 90 ayat (1) UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (“UUK”), pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum.

Bunyi Pasal 90 ayat 1 dimaksud: "pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum sebagaimana di maksud Pasal 89"

Nah...bunyi Pasal 89 Ayat 1:
Upah minimum sebagaimana dimaksud pasal 88 ayat (3) huruf a dapat terdiri dari atas:
a. Upah minimum berdasarkan wilayah provinsi atau kabupaten/kota.
b. upah minimum berdasarkan sektor wilayah provinsi atau kabupaten/kota
infonya keren banget tuh biar pada sejahtera para buruh kaya ane
... ane emoticon-Rate 5 Star deh... biar kebaca sama para bos dan juragan..
baguslah klo memang UU di tegakkan, so buat buruh2 klo emng upah nya dibawah UMR mending lapor aja dah dri pd demo2 gt
bnyak kali pengusaha yg bayar buruh di bawah UMR
ada ya
Quote:Original Posted By jf00112
Aneh juga hukumnya. Terlalu pro-buruh, padahal yang dibutuhkan Indonesia saat ini adalah pengusaha, bukan buruh yang udah banyak di mana-mana.

Selama pembayaran gaji sesuai perjanjian awal harusnya gak ada masalah. Toh bila buruh tidak suka dengan gajinya tidak ada yang memaksa dia untuk terus bekerja di situ.

Kasihan pengusaha. Oleh birokrasi diperas, oleh buruh ditekan.

Hukum kaya gini bikin pengusaha sulit berkembang dan memanjakan orang malas/skill rendah. Jadinya buruh bukannya meningkatkan kompetensinya tapi malah demo.

ada juga pengusahan yang untungnya sudah berlipat-lipat tapi menggaji pegawainya di bawah UMR.. dan itu masih banyak sekali terjadi di Indonesia!!
Quote:Original Posted By nanangallail
satu di antara seribu kasus yg kaya gini. emoticon-Mad
banyak nya buruh yg ga mau lapor karena mereka tau bahwa hukum di indonesia selalu membela yg berduit.


mereka juga ga tau harus lapor kemana gan..andai mereka tau pasti mereka akan melapor..tapi kebanyakan oleh pengusaha yang bersangkutan DEPNAKER sudah di kasih makan duit agar perusahaannya tetep aman sentosa..
Sama kaya di kantor ane... kadang suka kasian freelance sangat jauh sekali di bawah rata2 gajiny.. terkadang cuma dapet satu juta setaun, padahal kerjanya udah hampir 3 taun..
Yang punya warnet, warteg atau usaha kecil menengah lainnya mendingan tutup aja usahanya, terus masukin duitnya ke deposito. Nikmatin bunga nya. Daripada dipenjara.

emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
emoticon-Matabelo
kalo lapor gaji dibawah umr dmn ya?
gile itu pro buruh banget,

pengen tau ane kinerja buruhnya kek gimane
emangnya dibayar berapa sih buruhnya gan? emoticon-Bingung (S)