alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5176da21e374b4f812000008/seputar-sejarah-mafia-di-dunia
Seputar Sejarah Mafia di Dunia
Mafia berasal dari bahasa Sisilia kuno, Mafiusu, yang diduga mengambil kata Arab mahyusu yang artinya tempat perlindungan atau pertapaan. Setelah revolusi pada 1848, keadaan pulau Sisilia morat-marit sehingga mereka perlu membentuk ikatan suci yang melindungi mereka dari serangan bangsa lain dalam hal ini bangsa Spanyol. Nama mafia mulai terkenal setelah sebuah sandiwara dimainkan pada 1863 dengan judul I mafiusi di la Vicaria (Cantiknya rakyat Vicaria), yang menceritakan tentang kehidupan pada gang penjahat di penjara Palermo.

Sekalipun tidak jelas siapa yang mendirikannya, namun pendirian organisasi ini mula-mula berdasarkan ikatan persaudaraan diantara sesama warga keturunan pulau Sisilia. Dalam perjalanan sejarah, kelompok yang semula kecil menjadi besar dan membutuhkan dukungan keuangan yang lebih banyak sehingga misi pendirian organisasi mulai bergeser menjadi mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan tidak mengindahkan tata aturan masyarakat yang lain. Yang mengherankan para anggotanya merasa tidak melakukan tindakan kriminal sebab di mata mereka, apa yang dilakukannya adalah sekedar memberikan proteksi atau perlindungan terhadap kelompok lain yang mengalami tekanan atau pemerasan. Sehingga pelaku merasa bangga dan terhormat dapat “menolong” seseorang dari kesusahan. Sejak itulah kata Mafiusu berubah arti menjadi orang atau organisasi “terhormat.”

Nama lain dari Mafia adalah Cosa Nostra, anggotanya selalu menulis kata ini dengan penuh hormat yaitu ditulis dengan awal huruf besar. Pengertian Cosa Nostra sendiri adalah “our thing” atau sama-sama satu bangsa, satu pemikiran atau “orang kita.” Namun dalam buku terjemahan Mafia Manager oleh Bern Hidayat disebut bahwa terjemahan Cosa Nostra adalah “urusan kita.”



Ketika beberapa pentolan Mafia seperti Johnny “si rubah” Torrio berimigrasi ke lahan yang lebih menjanjikan yaitu Amerika sekitar 1930, maka dunia kejahatan Amerika mulai diwarnai darah yang dihasilkan oleh orang berdarah Italia. Apalagi Johnny merasa perlu membawa seorang tangan kanannya yang dikenal licin dan kejam terhadap musuh-musuhnya yang kelak akan merepotkan pemerintah Amerika, Al Capone.

Mafia berubah jadi organisasi criminal lantaran meluasnya kekuatan mereka. Ini berkat lobi yang sukses ke para birokrat di Sisilia, Italia, demi lancarnya kegiatan perdagangan narkoba organisasi ini. Meski organisasi ini sempet dilarang pada masa kekuasaan rezim fasis, kegiatan criminal mereka nggak lantas berhenti. Para gembong mafia yang di tahan tetap menjalankan roda bisnisnya dari balik terali penjara.

Kekuatan mafia lantas mencuat lagi seiring jatuhnya rezim fasis akibat kekalahan italia sebagai sekutu jerman pada perang dunia 2. Hanya saja kekuatannya terbagi- bagi dengan munculnya sejumlah klan nyaris di seluruh Italia. Yang pasti pamornya sebagai organisasi criminal tetap bertahan.

Sebagai organisasi Kriminal tentu aja tiap kelompok mafia yang di buru oleh pihak penegak hukum italia. Sejumlah gembong mafia top pun berhasil di bekuk sejak tahun 1950-an. Mereka antara lain Calogero Vizzini, Giuseppe Genco Russo, Tommaso Buscetta, Salvatore Riina. Yang terakhir berhasil di tangkap adalah Bernardo Provenzano pada 11 april 2006 lalu. Meski begitu organisasi ini nggak lantas mati. Masih ada pewaris- pewaris yang melanjutkan bisnis haramnya. Saat ini yang di curigai sebagai gembong mafia baru adalah Matteo Messina Denaro serta Salvatore Lo Piccolo.

Penyaringan menjadi anggota Mafia.

Untuk menjadi anggota Mafia secara turun temurun dibutuhkan seseorang yang memang berdarah Sicilia. Bila syarat ini dipenuhi, maka ujian lainnya adalah apakah masih merupakan pimpinan kelompok gang tangguh diwilayah orang tersebut. Proses selanjutnya adalah melampirkan daftar referensi dari gembong Mafia yang menyatakan mereka mengenal calon anggota tersebut dan lampu hijau baginya untuk diterima.

Bila seseorang telah resmi diterima, maka para plonco ini akan berada dibawah pengawasan seorang mentor yang mereka sebut “capo”– pelajaran pertama tentunya selain taat pada perintah sang Capo, para plonco harus menjaga mulut rapat-rapat, namun membuka mata dan otak lebar-lebar. Kalau para Capo tertawa, maka anak didikannya harus tertawa. Kalau Capo membentak, maka diwajibkan bagi anak didiknya untuk terbungkuk-bungkuk seakan baru dilanda angin puting beliung. Tidak ada perintah yang bersifat kelewat bengis atau tidak manusiawi, semua harus diterima sebagai perintah yang masuk akal. Perintah Capo adalah perintah Dewa dalam arti tidak boleh ditolak, dan harus dikerjakan serta diselesaikan dengan sempurna, rapi dan jangan meninggalkan jejak.

Namun jangan coba menjilat mentor ini secara berlebihan sebab bukan tidak mungkin para penjilat diberi ciuman kematian oleh sang Capo. Bilamana Capo memberi tugas, maka anggota wajib melakukan dengan benar sehingga diperlukan seni bertanya kepada para Capo yang tentunya tidak mudah. Beberapa anggota baru sering mengalami kesulitan akan “seni bertanya” kepada mentor mereka, namun hal ini sangat penting dilakukan. Sebab apa jadinya kalau gara-gara tidak paham perintah, seseorang menyikat anggota mafia lain yang memang ditanam dalam organisasi lain, atau menaruh bom di tempat yang salah.

Resep lain jangan pernah bermain cinta dengan kenalannya, atau orang-orang yang berada di bawah perlindungan sang Capo. Jangan cepat tergoda jika gundik-gundiknya, sekretarisnya, isterinya, keponakan, anak, bahkan pembantunya sekalipun menggoda dengan lirikannya. Pendeknya apapun miliknya jangan sekali-sekali disentuh. Kalaupun kelak ada yang dijadikan menantu oleh sang Capo, tentu saja atas ijinnya, maka sebutlah ini sebagai “karunia Tuhan atas manusia pilihan.” Mereka menyebut larangan ini dengan “jangan ambil daging ditempat Capo mengambil roti.” Hukuman bagi pelanggar komitmen hanya satu yaitu mati.

Kalau ada yang memiliki bakat wartawan, para Capo akan tidak mengendurkan pengawasan terhadap mahluk aneh satu ini. Pasalnya mereka tidak suka pada kegiatan menulis termasuk menulis nama pelanggan, alamat-alamat, jumlah hutang, persetujuan rahasia. Dokumen ini nantinya akan menjadi kendaraan yang cepat menjebloskan penulisnya kedalam penjara.[/QUOTE]

]Sejarah Mafia di Amerika

Saat organisasi mafia di Italia dilarang oleh rezim fasis, sejumlah pemimpinnya lari keluar negeri buat menghindar dari hukuman. Negara yang jadi tujuan utama mereka adalah Amerika. Selain menghindar dari tangkapan rezim fasis, mereka berniat melanjutkan bisnis pula. Makanya kemudian muncullah klan- klan mafia di amerika.

Mafia amerika pertama muncul di kota New York. Waktu itu nama yang di pakai adalah The Black Hand. Mereka mengintimidasi para imigran asal Italia dan Negara lain untuk membayar perlindungan. Kelompok ini kemudian berkembang pesat dan mulai menguasai jaringan dunia hitam. Akhirnya pada satu masa jumlah kelompok mafia di amerika secara total mencapai 26 klan mafia.

Banyaknya jumlah klan mafia ini pun memicu pertempuran sengit antar mereka. Pembantaian demi pembantaian para anggota klan mafia oleh anggota klan mafia lainnya pun jadi pemandangan biasa di jalanan kota- kota amerika. Hingga akhirnya ada 5 klan mafia besar berkuasa yang berpusat di kota New York. Mereka adalah klan Bonnano, Colombo, Gambino, Genovese, dan Lucchese. Klan ini jadi besar lantaran kerja sama dengan gembong mafia legendaris yaitu Al Capone dan Joe Porello. Hingga saat ini mafia amerika masih tetap eksis.

Anggota Mafia disebut "mafioso", yang berarti "pria terhormat".

Mafioso Amerika yang Terkenal

[LIST]
[*]Al Capone.

Alphonse Gabriel Capone (lahir 17 Januari 1899 – meninggal 25 Januari 1947 pada umur 48 tahun), secara populer dikenal sebagai Al Capone atau Scarface, adalah seorang Gangster Amerika Serikat yang memimpin sindikat kriminal memiliki dedikasi terhadap penyeludupan dan menjual secara gelap minuman keras dan aktivitas ilegal lainnya selama Era Pelarangan minuman keras tahun 1920-an dan 1930-an.

Al Capone Sendiri lahir pada tanggal 17 Januari dengan nama asli Alphonse Gabriel Capone, yang merupakan anak keempat dari pasangan Gabriele dan Teresina Capone, imigran asal Italia Selatan yang berimigrasi ke Amerika Serikat tahun 1893. Di Amerika keluarga Capone pertama tinggal di 95 Navy Street. Saat Al berusia 11 tahun, keluarga Capone pindah ke 21 Garfield Place di Park Slope, Brooklyn.

Al Capone putus dari sekolah umum di Brooklyn, ia kemudian bekerja serabutan di Brooklyn termasuk di sebuah toko permen dan bowling. Selama masa itu Al Capone dipengaruhi oleh Giovanni Torrio Alias John "Papa Johnny" Torrio atau disebut juga “The Fox” yang kelak menjadi mentornya. Setelah pekejaannya sebagai pencuri kelas teri, Al Capone bergabung dengan komplotan yang terkenal buruknya yaitu Five Points Gang. kemudian dia dipekerjakan sebagai tukang pukul di Coney Island Dance Hall and Saloon oleh Frankie Yale Si Tukang Palak. Disinilah Al Capone menerima bekas luka yang membuat ia mendapat panggilan "Scarface".

Pada 30 Desember 1918, Al Capone menikah dengan Mae Josephine Coughlin seorang perempuan Irlandia dan dikaruniai seorang anak yang diberi nama Albert Francis "Sonny" Capone. Kemudian sekitar tahun 1921, Al Capone dan keluarga kecilnya memutuskan pindah ke Chicago dan menempati rumah di 7244 South Prairi Ave, selatan kota Chicago. Capone datang atas undangan Torrio yang sedang mencari peluang usaha berdagang barang2 gelap. Masa itu Torrio memperoleh kekayaan dari hasil kejahatan James "Big Jim" Colosimo yang terbunuh (dugaan dibunuh oleh Frankie Yale, walaupun tuduhan itu tidak terbukti karena kekurangan bukti) setelah menolak memasuki bidang bisnis baru dan Al Capone pada masa itu juga telah didakwa melakukan pembunuhan.



Bersambung[/QUOTE]


BAGIAN 2

Setelah pemilihan walikota 1923, walikota Chicago Terpilih William Emmet Dever melakukan reformasi, pemerintah kota Chicago mulai menaruh tekanan terhadap gangster dan penjahat di kota Chicago. Hal ini membuat para gangster dan penjahat gerah. Untuk menaruh markas besarnya di luar jangkauan hukum kota Chicago, organisasi Capone (Chicago Outfit) masuk dengan cara kekerasan ke kota Cicero, Illinois. Mereka bertarung dengan penjahat Cicero, Myles O'Donnell dan William "Klondike" O'Donnell untuk memperbutkan kekuasaan di Pusat Kota Cicero. Kemenangan ada ditangan Capone, dan itu merupakan kemenangan Capone yang paling luar biasa; pengambil alihan pemerintah kota Cicero pada 1924. Perang tersebut mengakibatkan lebih dari 200 orang tewas.

Saat organisasi mafia di Italia dilarang oleh rezim fasis, sejumlah pemimpinnya lari keluar negeri buat menghindar dari hukuman. Negara yang jadi tujuan utama mereka adalah Amerika. Selain menghindar dari tangkapan rezim fasis, mereka berniat melanjutkan bisnis pula. Makanya kemudian muncullah klan- klan mafia di amerika.

Mafia amerika pertama muncul di kota New York. Waktu itu nama yang di pakai adalah The Black Hand. Mereka mengintimidasi para imigran asal Italia dan Negara lain untuk membayar perlindungan. Kelompok ini kemudian berkembang pesat dan mulai menguasai jaringan dunia hitam. Akhirnya pada satu masa jumlah kelompok mafia di amerika secara total mencapai 26 klan mafia.

Banyaknya jumlah klan mafia ini pun memicu pertempuran sengit antar mereka. Pembantaian demi pembantaian para anggota klan mafia oleh anggota klan mafia lainnya pun jadi pemandangan biasa di jalanan kota- kota amerika. Hingga akhirnya ada 5 klan mafia besar berkuasa yang berpusat di kota New York. Mereka adalah klan Bonnano, Colombo, Gambino, Genovese, dan Lucchese. Klan ini jadi besar lantaran kerja sama dengan gembong mafia legendaris yaitu Al Capone dan Joe Porello. Hingga saat ini mafia amerika masih tetap eksis.

Anggota Mafia disebut "mafioso", yang berarti "pria terhormat".

Mafioso Amerika yang Terkenal

  • Al Capone.

    Alphonse Gabriel Capone (lahir 17 Januari 1899 – meninggal 25 Januari 1947 pada umur 48 tahun), secara populer dikenal sebagai Al Capone atau Scarface, adalah seorang Gangster Amerika Serikat yang memimpin sindikat kriminal memiliki dedikasi terhadap penyeludupan dan menjual secara gelap minuman keras dan aktivitas ilegal lainnya selama Era Pelarangan minuman keras tahun 1920-an dan 1930-an.

    Al Capone Sendiri lahir pada tanggal 17 Januari dengan nama asli Alphonse Gabriel Capone, yang merupakan anak keempat dari pasangan Gabriele dan Teresina Capone, imigran asal Italia Selatan yang berimigrasi ke Amerika Serikat tahun 1893. Di Amerika keluarga Capone pertama tinggal di 95 Navy Street. Saat Al berusia 11 tahun, keluarga Capone pindah ke 21 Garfield Place di Park Slope, Brooklyn.

    Al Capone putus dari sekolah umum di Brooklyn, ia kemudian bekerja serabutan di Brooklyn termasuk di sebuah toko permen dan bowling. Selama masa itu Al Capone dipengaruhi oleh Giovanni Torrio Alias John "Papa Johnny" Torrio atau disebut juga “The Fox” yang kelak menjadi mentornya. Setelah pekejaannya sebagai pencuri kelas teri, Al Capone bergabung dengan komplotan yang terkenal buruknya yaitu Five Points Gang. kemudian dia dipekerjakan sebagai tukang pukul di Coney Island Dance Hall and Saloon oleh Frankie Yale Si Tukang Palak. Disinilah Al Capone menerima bekas luka yang membuat ia mendapat panggilan "Scarface".

    Pada 30 Desember 1918, Al Capone menikah dengan Mae Josephine Coughlin seorang perempuan Irlandia dan dikaruniai seorang anak yang diberi nama Albert Francis "Sonny" Capone. Kemudian sekitar tahun 1921, Al Capone dan keluarga kecilnya memutuskan pindah ke Chicago dan menempati rumah di 7244 South Prairi Ave, selatan kota Chicago. Capone datang atas undangan Torrio yang sedang mencari peluang usaha berdagang barang2 gelap. Masa itu Torrio memperoleh kekayaan dari hasil kejahatan James "Big Jim" Colosimo yang terbunuh (dugaan dibunuh oleh Frankie Yale, walaupun tuduhan itu tidak terbukti karena kekurangan bukti) setelah menolak memasuki bidang bisnis baru dan Al Capone pada masa itu juga telah didakwa melakukan pembunuhan.

    Setelah pemilihan walikota 1923, walikota Chicago Terpilih William Emmet Dever melakukan reformasi, pemerintah kota Chicago mulai menaruh tekanan terhadap gangster dan penjahat di kota Chicago. Hal ini membuat para gangster dan penjahat gerah. Untuk menaruh markas besarnya di luar jangkauan hukum kota Chicago, organisasi Capone (Chicago Outfit) masuk dengan cara kekerasan ke kota Cicero, Illinois. Mereka bertarung dengan penjahat Cicero, Myles O'Donnell dan William "Klondike" O'Donnell untuk memperbutkan kekuasaan di Pusat Kota Cicero. Kemenangan ada ditangan Capone, dan itu merupakan kemenangan Capone yang paling luar biasa; pengambil alihan pemerintah kota Cicero pada 1924. Perang tersebut mengakibatkan lebih dari 200 orang tewas.

    Capone (lewat pengikutnya Murray The Hump), mendalangi pembunuhan yang paling terkenal dalam dunia gang abad 19, Saint Valentine's Day Massacre 1929. Di chicago, pada 14 Februari 1929, terjadi peristiwa penembakan tujuh anggota gangster Mafia Bugs Moran secara kejam. Meskipun rincian dari pembunuhan disebutkan hanya tujuh korban yang dtemukan disebuah garasi 2212 North Clark Street tapi diperkirakan sesunguhnya korban tewas lebih dari itu. Dari kejadian itu langsung dihubungkan dengan Capone dan para pengikutnya terutama Murray The Hump dan Jack "Machine Gun" McGurn tapi tidak seorang pun pernah didakwa atas peristiwa tersebut.

    Akhir dari sepak terjang Al Capone sendiri bukan karena pembunuhan, penganiayaan, perampokan, pencurian ataupun penyuapan, namun karena kasus penyelundupan. Al Capone ditangkap saat menyelundupkan minuman keras oleh agen FBI yang bernama Eliot Ness, yang sudah mengincar Al Capone sejak lama. Kasus itulah yang akhirnya menjadi pintu bagi para penegak hukum di AS untuk mengadilinya secara berlapis di meja hijau.

    Al Capone akhirnya meninggal pada 25 Januari 1947 karena sakit setelah melewati hari-harinya selama 11 tahun di penjara dan di rumah sakit.


Capone (lewat pengikutnya Murray The Hump), mendalangi pembunuhan yang paling terkenal dalam dunia gang abad 19, Saint Valentine's Day Massacre 1929. Di chicago, pada 14 Februari 1929, terjadi peristiwa penembakan tujuh anggota gangster Mafia Bugs Moran secara kejam. Meskipun rincian dari pembunuhan disebutkan hanya tujuh korban yang dtemukan disebuah garasi 2212 North Clark Street tapi diperkirakan sesunguhnya korban tewas lebih dari itu. Dari kejadian itu langsung dihubungkan dengan Capone dan para pengikutnya terutama Murray The Hump dan Jack "Machine Gun" McGurn tapi tidak seorang pun pernah didakwa atas peristiwa tersebut.

Akhir dari sepak terjang Al Capone sendiri bukan karena pembunuhan, penganiayaan, perampokan, pencurian ataupun penyuapan, namun karena kasus penyelundupan. Al Capone ditangkap saat menyelundupkan minuman keras oleh agen FBI yang bernama Eliot Ness, yang sudah mengincar Al Capone sejak lama. Kasus itulah yang akhirnya menjadi pintu bagi para penegak hukum di AS untuk mengadilinya secara berlapis di meja hijau.

Al Capone akhirnya meninggal pada 25 Januari 1947 karena sakit setelah melewati hari-harinya selama 11 tahun di penjara dan di rumah sakit.
[/LIST]



Spoiler for Buka:




Jika berkenan ane minta emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Jika ada kesalahan tolong jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)

Tolong di :
Spoiler for Buka:










[/SPOILER]*Semoga yang memberikan cendol atau abu di mudahkan rezeki nya gan emoticon-Cendol (S)[/QUOTE]
ohh asal mula mafia dari italia yak emoticon-Matabelo
izin nyimak gan, pjg bener dah emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By Teboz
ohh asal mula mafia dari italia yak emoticon-Matabelo


ga tau gan emoticon-Hammer2
nice share gan emoticon-Angkat Beer


















Dhevi2008
emoticon-Rate 5 Star
Mantap emoticon-Big Grin

jadi motivator emoticon-Hammer (S)

keren

emoticon-KissQuote:Original Posted By Dhevi2008
nice share gan emoticon-Angkat Beer


















Dhevi2008


panjang banget ini gan
Di kampung ane ada mak pia......