alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5176b816621243b803000000/obat-kumur-jangan-dipakai-setiap-hari
Obat kumur jangan dipakai setiap hari
Obat kumur jangan dipakai setiap hari
Spoiler for no repsol:

Obat kumur jangan dipakai setiap hariObat kumur jangan dipakai setiap hari
Quote:Menyikat gigi dilanjutkan berkumur dengan obat kumur antiseptik, dipercaya membuat rongga mulut dalam kondisi bersih. Padahal kebiasaan menggunakan obat kumur antiseptik setiap hari justru tidak dibenarkan.

drg. Wasis Sumartono, SpKG menjelaskan, obat kumur ada beragam jenis. Namun umumnya obat kumur tersebut mengandung antiseptik yang berfungsi membunuh kuman. “Obar kumur yang mengandung antiseptik seharusnya digunakan ketika ada infeksi, perdarahan, atau peradangan gusi,” katanya.

Sedangkan dalam kondisi normal, tidak ada karang gigi, tak ada infeksi maupun peradangan gusi, obat kumur antiseptik tidak boleh digunakan setiap hari. Perawatan gigi cukup dilakukan dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi.

Antiseptik bersifat membunuh kuman. Jika digunakan setiap hari, antiseptik tersebut akan membuat flora normal (kuman yang baik) dalam rongga mulut ikut mati. Padahal, keberadaan flora normal dibutuhkan. Sama halnya dengan usus yang memiliki flora normal untuk melembekkan makanan yang dikonsumsi. Jika flora normal mati akibat antiseptik, seseorang akan sulit buang air besar karena kotoran keras.

“Saya tidak tahu produk apa yang dimaksud. Tetapi kalau isinya antiseptik, jangan digunakan setiap hari. Terlebih bila rongga mulut dalam kondisi normal, tidak ada karang gigi, dan tidak ada peradangan gusi,” jelasnya.

Pasien dengan keluhan karang gigi, gusi berdarah, dan timbul peradangan gusi, biasanya disarankan berkumur menggunakan obat kumur antiseptik setiap pagi dan sore. Akan tetapi jumlahnya dibatasi hanya satu botol sampai habis. Selanjutnya berkumur menggunakan air biasa.

drg. Wasis juga biasanya menggunakan obat kumur antiseptik untuk gelas pertama pasien, sebelum dilakukan tindakan di ruang periksa dokter gigi. Ini sebagai bentuk tindakan mencegah penularan penyakit.

“Kita tidak tahu bagaimana kondisi kesehatan rongga mulut pasien. Untuk mencegah penularan penyakit antarpasien, saya menggunakan gelas steril dan obat kumur antiseptik pada gelas pertama,” jelasnya. Untuk kumur selanjutnya pasien menggunakan air bersih biasa.

Gigi pasien dengan keluhan karang gigi dihinggapi banyak kuman. Saat karang gigi dibersihkan biasanya gusi akan berdarah, terutama pada pasien yang karang giginya banyak. “Nah untuk mempercepat proses kesembuhan, pasien menggunakan obat kumur antiseptik,” tandasnya.

Sebagai gantinya, saran drg. Wasis, masyarakat bisa menggunakan antiseptik alami. Antiseptik alami ini berupa air garam yang hangat untuk berkumur. Cara tersebut jauh lebih aman.

“Pasien diminta berkumur menggunakan air garam hangat. Garam itu sifatnya antiseptik juga, sebagai pembunuh kuman. Malah lebih bagus,” katanya.

Sekian dulu thread dari ane moga bermanfaat emoticon-Cendol (S)
By.
Boznia
emoticon-army Reserved emoticon-army
Quote:Mampir Ketrit Ane Yang Lain Gan
Quote:#Hot Thread
emoticon-rainbow Karnaval Karya emoticon-rainbow
Quote:
Moga Aja Jadi Calon #HT juga emoticon-Cool

Quote:
set dah.... ane tiap pagi pake li*terine mulu tuh emoticon-Hammer

Quote:Original Posted By iyemtur
emang kenapa gann>


makanya bacaaaaaaaaaa! emoticon-Mad (S)
Quote:Original Posted By iyemtur
emang kenapa gann>>>



apa peduli ente gan emoticon-Mad (S)

Quote:Original Posted By bakayaki
set dah.... ane tiap pagi pake li*terine mulu tuh emoticon-Hammer



makanya bacaaaaaaaaaa! emoticon-Mad (S)


pake cara yang alami aja gan lebih aman emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By boznia8


apa peduli ente gan emoticon-Mad (S)



pake cara yang alami aja gan lebih aman emoticon-Malu (S)


aer anget pakek garam ya gan... ah, ane selang seling deh ya sama li*terine nye.. emoticon-shakehand
klo pake garam asin gan
Quote:Original Posted By bakayaki


aer anget pakek garam ya gan... ah, ane selang seling deh ya sama li*terine nye.. emoticon-shakehand


ya terserah agan aja emoticon-shakehand
emoticon-Sundul sepi ya emoticon-Sundul
oh gitu ya gan nice share gan emoticon-Rate 5 Star
bisa di terapin nih
Quote:Original Posted By constantinevil
oh gitu ya gan nice share gan emoticon-Rate 5 Star
bisa di terapin nih


makasih gan udah mampir
jangan lupa emoticon-Rate 5 Star nya
sekarang ane pake obat kumur bet*dine (baunya sama kaya obat lukanya emoticon-Hammer (S)). lebih ringan dr pda "yg biru". emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Isoya
sekarang ane pake obat kumur bet*dine (baunya sama kaya obat lukanya emoticon-Hammer (S)). lebih ringan dr pda "yg biru". emoticon-Big Grin


pake yang alami" aja gan lebih aman tuh
Obat kumur itu klo menurut referensi ane waktu perio ada 2 gan, obat kumur biasa (listerin) sm yg luar binasa (chlorhexidine) emoticon-Malu
Nice inpo gan....
ane ga pake obat kumur gan, gadibolehin sama mama emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Anarq17
Obat kumur itu klo menurut referensi ane waktu perio ada 2 gan, obat kumur biasa (listerin) sm yg luar binasa (chlorhexidine) emoticon-Malu


chlorhexidine obat kumur yg harus dengan anjuran dokter gan , gk boleh di pake setiap hari tuh Cmiiw emoticon-raining
Sepi gan emoticon-Bingung (S)

emoticon-Sundul
ya gan emank
ga bagus gan klo tiap hari
air garam bisa y ternyata, baru tau ane.nice info gan
ane mah siwakan aje gan emoticon-Malu (S)
×