alexa-tracking

Dibalik Catatan Tunggal Ir. Soekarno "Di Bawah Bendera Revolusi"

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5176b4db1cd719a077000009/dibalik-catatan-tunggal-ir-soekarno-quotdi-bawah-bendera-revolusiquot
Dibalik Catatan Tunggal Ir. Soekarno "Di Bawah Bendera Revolusi"
Dibalik Catatan Tunggal Ir. Soekarno "Di Bawah Bendera Revolusi"

Quote:
Spoiler for Bukunya:

Penulis : Ir. Soekarno
Penerbit : Panitia Penerbit Dibawah Bendera Revolusi
Tahun : 1964
Cetakan : 3


Quote:Catatan TS, Ketika menyebut judul di atas, perhatian kita sudah pasti langsung tertuju pada sosok salah satu Proklamator Indonesia, Ir. Soekarno. Di Bawah Bendera Revolusi adalah buku semi biografi beliau yang berisi tentang kisah hidup dari masa kecil, remaja sampai menjabat sebagai Presiden pertama RI. Buku tersebut juga berisi pemikiran-pemikiran Soekarno, menentang sisa-sisa Imperialisme barat yang masih begitu dekat dalam kehidupan bangsa setelah dijajah oleh asing selama lebih dari 300 tahun lamanya.

Khasanah ilmu yang sesungguhnya dan sebenarnya sarat oleh pelajaran yang sangat berguna untuk menumbuhkan kembali rasa nasionalisme bangsa Indonesia yang notabene, sangat dipertanyakan belakangan ini.

Pandangan dan pemikiran Soekarno sangat terpengaruh oleh paham Marxisme, terdorong rasa keprihatinannya akan nasib sebagian besar rakyat Indonesia yang adalah kaum proletar dan buruh jajahan asing dan kaum kapitalis. Dalam perjalanannya, banyak lagi pengaruh-pengaruh paham Sosialis dan Komunis (Komunis sebagaimana dikatakannya dalam buku DBR (Di Bawah Bendera Revolusi) merujuk pada Komunis Sosialis yang anti Borjuis), berbuah menjadi paham Marhaenisme yang memegang dua prinsip, yaitu sosio demokrasi dan sosio nasionalisme. Marhaenisme sendiri di ambil dari nama Marhaen, seorang petani yang dijumpainya saat berada di Bandung.

Buku ini, jika boleh diibaratkan adalah pegangan untuk rakyat Indonesia yang benar-benar ingin membangun sebuah Negara yang mempunyai jati diri, sebagai pengingat bahwa berjuang itu tidak hanya ketika perang saja.

Di Bawah Bendera Revolusi di terbitkan pertama kali pada tahun 1959, dan mengalami beberapa kali cetak di kisaran tahun 1963-1965. Dan saat ini karena kelangkaannya, keberadaan buku hasil buah pikir Presiden pertama RI ini barangkali mungkin anda juga belum sempat membacanya secara langsung. Dalam hal ini saya sedikit beruntung karena almarhum Mbah saya masih sempat menyimpan satu buku tersebut, jilid satu. Dengan sampul kulit warna biru tua dan tulisan tinta emas pada judul luarnya tebalnya sekitar hampir 700 halaman. Dan sekarang diwariskan ke saya yang gemar membaca buku. emoticon-Malu

Saya pertama kali membacanya saat masih SD tahun 1999-an lah, tidak mengerti sama sekali isinya karena semua tertulis dalam ejaan lama dan campur dengan Bahasa Belanda, Jerman, Rusia emoticon-Cape d... . Terlintas dalam benak saya, kenapa Bapak sangat gemar membaca buku setebal itu? Apakah gerangan isi buku yang demikian tebalnya?

Karena isi buku yang sempat dilarang beredar oleh pemerintahan Suharto di jaman Orde Baru ini jugalah yang membuat buku ini demikian sulitnya dicari di pasaran, kebanyakan sebatas jadi koleksi pribadi atau inventaris di perpustakaan-perpustakaan. Kelangkaan inilah yang membuat harga buku terbilang sangat mahal untuk ukuran sebuah buku saja, dari segi ini saya memang berani berkata bahwa harga menentukan kualitas.

Kualitas buku tsb, tentu saja, pertanyakan pada diri anda sendiri jika masih tersimpan sedikit saja keinginan untuk membacanya. Itung-itung untuk menambal nasionalisme yang mulai retak di sana-sini dan serasa musiman. Musim bola, musim kompetisi antar Negara dan musim-musim lainnya.

Di sini juga letak kekecewaan saya terhadap beberapa orang yang dengan sengaja mengkapitalisir kelangkaannya dengan menjual buku-buku ini dengan harga yang gila-gilaan. Memperjuangkan simbol perjuangan seorang pemikir rakyat hanya demi rupiah.

Coba sesekali anda searching atau googling dan ketikkan keywords ‘buku di bawah bendera revolusi’. Percayalah, 80% dari hasil pencarian adalah link ke situs-situs jual beli buku, dan anda akan temukan ratusan orang yang menawarkan buku tersebut dengan harga yang tinggi. Buat saya, ini berlebihan? emoticon-Marah

Ironis sekali, ketika buku yang di dalamnya berisi pemikiran seorang tokoh yang meneriakkan anti kapitalisme malah dimanfaatkan oleh individu-individu kapitalis yang bersaing mencari keuntungan dari keadaan. Betapa kecewanya Soekarno andaikan beliau masih bisa bicara saat ini, melihat DBR diperdagangkan seperti itu. emoticon-Mewek

Banyak orang yang ingin membaca buku ini, namun mungkin melihat harga-harga yang begitu tinggi mereka mengurungkan niatnya.

Yah, inilah ironi. Sekian buku yang diperdagangkan di media online itu begitu enggan dibagi dengan ikhlas tanpa mempermasalahkan uang sebagai imbalannya. Dan begitulah jika individu sudah mulai jadi kapitalis, semulia apa pun ilmu yang diperolehnya enggan dibagi apalagi diamalkan, tidak mungkin pula berguna untuk mengangkat derajatnya juga orang-orang di sekitarnya.


Quote:Sedikit kabar gembira untuk anda yang mungkin belum sempat membaca DBR, TS akan mencantumkan link untuk membaca ebook-nya secara online atau mendownloadnya. Mungkin saja beliau ini orang yang prihatin dan berinisiatif untuk men-scan menjadi ebook hanya saja jaman dulu belum ada Scanner. emoticon-Ngakak

Sekian informasi dari TS.
emoticon-I Love Kaskus emoticon-Shakehand2 emoticon-I Love Kaskus



Akhir kata terima kasih kepada agan-agan yang berkenan memberi TS
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
atau hanya sekedar emoticon-Rate 5 Star


Thread ini akan TS Update sesuai masukan, tambahan, kritik, dan Reputasi dari masyarakat Republik KASKUS

emoticon-Shakehand2


UPDATE !

Quote:*pada masa Orde Baru kampanye de-Soekarnoisasi berdampak pembakaran buku tsb, dan pembunuhan bagi yang memiliki buku tsb.
*di jaman sekarang buku ini dicetak ulang pada tahun 2005 dengan ejaan yang sudah baku
*pada tahun 2005 buku ini dirilis lagi oleh Yayasan Bung Karno.


Quote:Dan inilah E-Book nya yang TS ambil dari koleksi saudari Ulmaisah member 4*shared, dan e-book ini dibuat oleh Komunitas Marhaen.
Code:
[CENTER][SIZE="5"]http://www.4*shared.com/office/rHm74ouD/DI_BAWAH_BENDERA_REVOLUSI_-_1.html[/SIZE][/CENTER]

agan pasti tahu cara cara donlodnya kan


Menanggapi banyaknya pendapat mengenai buku ini sudah TS jelaskan di atas sebenarnya, namun TS masih perlu menanggapi dari komentar dan keinginan agan-agan mengenai buku ini;
  • Jika Agan seorang Kolektor, maka buku ini memang dibanderol sangat tinggi. Yang perlu agan ingat adalah Buku ini terdapat Hologram warna Emas dibagian samping buku.
  • Jika agan bukan kolektor, namu agan ingin sekali membaca buku ini, datanglah ke Perpustakaan Nasional Bung Karno di Blitar, pinjam ke teman yang punya,atau beli saja versi DBR 2005 yang bisa agan dapatkan di Gramedia dan toko buku yang sejenis.
  • Buat agan yang tidak mau capek2 Pinjam buku apalagi membeli, agan sudah ane siapkan Link donlod E-Book nya. Tapi maaf karena tampilan Pdf-nya hitam putih dan gak keren sama sekali.
  • TS membuat Thread ini untuk menambah semangat agan-agan membaca buku ini, bukan untuk berdiskusi mengenai Harga.
  • Buku ini berbeda dengan Buku karya Cindy Adams, karena buku ini murni ditulis oleh buah pemikiran Ir.Soekarno


*hargai TS yang udah capek ngetik dengan tidak nge-JUNK,dsb !
*sumbangin ane emoticon-Blue Guy Cendol (L) ya gan !

emoticon-Toast
tiada pertamax diantara kita emoticon-Cool
untuk sementara download versi yg e-booknya dulu deh emoticon-Big Grin
klo ada kesempatan ntar baru deh pengen minjem buku aslinya di perpus, klo gak minjem punya ts aja emoticon-Malu

klo untuk beli, kayaknya blm sanggup deh emoticon-Frown
keren tuh isinya.....
isinya pidato2 bung karno yang menggelora....

paling ane inget
JAS MERAH
"Jangan sekali kali melupakan sejarah" (kalo gak salah begitu kira2)
Nice info gan emoticon-Jempol
yang paling ane suka dari Soekarno tuh retorikanya emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By Nieyzar
untuk sementara download versi yg e-booknya dulu deh emoticon-Big Grin
klo ada kesempatan ntar baru deh pengen minjem buku aslinya di perpus, klo gak minjem punya ts aja emoticon-Malu

klo untuk beli, kayaknya blm sanggup deh emoticon-Frown


pinjem aja si gak papa......wani piro emoticon-Cool
emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By onteler
keren tuh isinya.....
isinya pidato2 bung karno yang menggelora....

paling ane inget
JAS MERAH
"Jangan sekali kali melupakan sejarah" (kalo gak salah begitu kira2)


betul sekali gan,
dah pernah baca ya gan emoticon-Shakehand2
Ir. Soekarno emang idolaku emoticon-I Love Indonesia (S)
Alhamdulillah ternyata Alm. bokap ane punya gan

Tapi sayang, ane belom pernah baca

Nanti ane baca dulu deh, baru ane update lagi komen ane dimarih

(‾⌣‾)♉
Quote:Original Posted By andyeaah
Ir. Soekarno emang idolaku emoticon-I Love Indonesia (S)


idolaku juga gan emoticon-Ngakak
semoga manfaat bro emoticon-NgakakQuote:Original Posted By claven
Alhamdulillah ternyata Alm. bokap ane punya gan

Tapi sayang, ane belom pernah baca

Nanti ane baca dulu deh, baru ane update lagi komen ane dimarih

(‾⌣‾)♉


katanya di jaman pak harto, buku ini dilarang, bener gak sih?
wah, bagus banget tuh buku yang isinya tentang pemikiran bung karno emoticon-Matabelo
ijin sedot e-book nya gan . kebetulan ane demen yang beginian emoticon-Big Grin
Up Up UP
Kayaknya enakan baca buku nya nih,mata ga siwer liatin layar terus..,
pasti bagus, gan. emoticon-Jempol
sayang ane kurang demen baca emoticon-Hammer
kisi" tentang isinya dunk, gan.
biar ikut terinspirasi buat baca.. emoticon-Malu (S)

baru baca sekilas

Quote:Original Posted By wsw36
pasti bagus, gan. emoticon-Jempol
sayang ane kurang demen baca emoticon-Hammer
kisi" tentang isinya dunk, gan.
biar ikut terinspirasi buat baca.. emoticon-Malu (S)


tentang nasionalisme, islamisme, marxisme, serta ramalan neokolonialisme yg akhirnya terjadi sekrang ini. bahkan pandangan sukarno tentang ahmadiyah juga dibahas.
itulah harta karun Ir.soekarno yg sesungguhnya.

emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By bayumasbayu
itulah harta karun Ir.soekarno yg sesungguhnya.

emoticon-I Love Indonesia


gw heran ya. buku sepenting ini justru sangat langka dan hampir tidak pernah diteliti/ minimal populer dirak rak buku sejarah. ni buku susah banget nyarinya.

apakah mungkin ada tekanan dari pihak lain yg sengaja untuk menghancurkan manuskrip sejarah penting ini. setau gw jaman pak harto kan sudah lengser, kenapa gak diterbitin ulang secara massive?

kenapa gw bilang penting? karena buku inilah yang menjelaskan siapa sesungguhnya seorang Sukarno.

Buku Wajib

Terimakasih gan buat inisiatifnya.
ane termasuk 1 dari beberapa orang yang belum sanggup membeli bukunya.
padahal buku ini menurt ane buku wajib agar cita2 kemerdekaan tidak lari dari jalurnya.

dibantu gan, ane buka linknya, tp kok filenya udah g bisa d download lagi y?
mohon pencerahanny.

Salam.