alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5176b10ae374b49d3900000a/avanza-xenia-sebaiknya-dilarang-beredar
Avanza-Xenia Sebaiknya Dilarang Beredar
Avanza-Xenia Sebaiknya Dilarang Beredar
Oleh: Sutomo Paguci | 12 April 2013 | 08:32 WIB

Tak terbayangkan andai Toyota Avanza (atau kembarannya Daihatsu Xenia) mengalami tabrakan frontal, atau ditabrak dari samping, atau ditabrak dari belakang dengan keras. Kemungkinan ringsek atau robek atau copot bagian-bagiannya amat sangat besar. Ujungnya-ujungnya membahayakan penumpang.

Sudah banyak kejadian demikian. Sebut saja sekedar contoh kecelakaan yang melibatkan Syaiful Jamil dengan Avanza yang dikendarainya (3/9/2011) dan lakalantas Xenia kontra Nissan Juke di Tol Purbaleunyi, Bandung, Jawa Barat (7/4/2013), yang menewaskan lima orang penumpang Xenia.

Di Eropa standar keamanan kendaraan menjadi hal utama dan tak bisa ditawar-tawar seperti di Indonesia. Sebelum kendaraan boleh dijual ke masyarakat wajib diuji standar keselamatannya. Demikian pula di Amerika Serikat. Tak heran dalam film-film Hollywood mobil-mobil murah buatan Jepang jadi bahan ide untuk olok-olok; betapa rendah fitur keselamatannya.

Di Indonesia justru sebaliknya. Kendaraan seperti Avanza dan Xenia dengan fitur keamanan sangat minimal boleh-boleh saja beredar luas dipasarkan di mana-mana. Entah apa alasan dan logika para regulator perhubungan di negeri ini.

Coba saja pegang plat dinding Avanza dan Xenia. Contohnya pintu belakang ditekan dengan tangan sambil menutup pintu saja sudah penyok, saking tipis dan buruk kualitas platnya. Lah, bagaimana mau melindungi penumpang di dalamnya.

Pemerintah selaku regulator di bidang perhubungan tidak boleh main-main dengan fitur keselamatan kendaraan, hanya demi meraup rupiah (pajak), dan menyenangkan masyarakat ekonomi menengah agar dapat memiliki kendaraan murah. Di sinilah hakikat pemerintah, apakah melindungi warganya atau tidak. Kalau tidak melindungi atau abai dengan keselamatan warga maka bukan pemerintah namanya.

Lebih baik kendaraan dengan fitur keselamatan minim seperti Avanza, Xenia, Luxio, dll dilarang beredar di pasaran atau diminta meningkatkan kualitas kendaraan. Lebih baik sedikit kendaraan tapi aman dibandingkan banyak kendaraan tapi tidak aman dan menyebabkan macet di mana-mana. Warga pemakai jalan dengan ekonomi menengah ke bawah dapat memaksimalkan angkutan umum.

(SP)
Sumber
http://m.kompasiana.com/post/bisnis/2013/04/12/avanza-xenia-sebaiknya-dilarang-beredar/

Gmn pendapat agan2?
Ane setubuh bgt klo perlu dibuat regulasi utk safety jd atpm resmi gak cm ambil untungnya doank..
Wani piro? emoticon-Ngakak
Yapps.. Safety first gan, minimalisir buat beli mobil kaleng, apalagi grand max gan
setuju bgt gan. emoticon-Metal

klo ane sih, daripada beli avanza/xenia, mending beli subaru_ emoticon-Cool
rugi kalau mau menuntut sesuatu ke pemerintah... buang buang energi aja...
mental pemerintah saat ini sama plek denga mental makelar... pokonya komisi
Quote:Original Posted By fazriaja
Wani piro? emoticon-Ngakak


bener gan....
wani piroemoticon-Ngakak

sebenarnya bisa aja sih, tapi nanti harganya terjangkau untuk kalangan tertentu aja
kurang banget nih
mungkin yg jadi bencana itu mobil yg tidak berkah... hasil transaksi maksiat.. uang2 tidak halal pesugihan dsb... percaya ga peercaya brooo
Mobil mahal safety sgt tinggi, mobil yg sedengan sih safety agak diragukan gan emoticon-Cape d...
Menurut ane sah2 aja pemerintah klo buat peraturan untuk melindungi rakyatnya, ane apresiasi itu.. emoticon-thumbsup

Tapi mesti di inget juga gan, produk terbentuk karena ada pangsanya jg gan.. Masyarakat di indo lebih butuh kendaraan yg terjangkau, nah umumnya ada harga ada rupa gan.... Lagipula transportasi masal di Indonesia khususnya jakarta masih jauh dr harapan gan, busway aja sampe desek2an parah.. emoticon-Najis (S)
Terkesan pemerintah jg setengah2 mikirin transportasi masyarakat, bukannya yg ada di perbaiki dan diperbanyak, tp malah sibuk bikin ide transportasi lain.. *IMHO

Ya klo mau ngomongin tipis2 gtu menurut ane produk2 d atasnya jg masi banyak banget yg tipis bodinya, masi jauh tebel bodi kendaraan taun jebot.. emoticon-Smilie
CMIIW
di sini yg penting murah, roda 4, kinclong!
emoticon-Cool
Quote:Coba saja pegang plat dinding Avanza dan Xenia. Contohnya pintu belakang ditekan dengan tangan sambil menutup pintu saja sudah penyok, saking tipis dan buruk kualitas platnya. Lah, bagaimana mau melindungi penumpang di dalamnya.

kalo ntu setuju bahannya emang tipis lagian gimana lagi dong keitung mobil harga terjangkau ,muatan banyak ..............indonesia banget emoticon-Ngakak

dibanding mobil bekas taun 90an akhir beda banget bahan platnya
setuju, makin kesini makin mahal, tapi fitur keselamatan duo kaleng ini kurang lebih sama kaya versi awal, paling versi termahal doang ditambahin ABS tok

padahal versi luar negerinya cukup lengkap lho ada airbag, abs, ebd, coba aja cek toyota thailand sama malaysia kalu ngga percaya.

ngga tau nih yang lokal ko sepertinya mengedepankan penjualan, menyampingkan keselamatan penggunanya.

udahnya tipis body-nya, fitur safety-nya hampir ngga ada -__-
CKD sih CKD, tapi ngga gitu juga kalee
menurut ane ga ada salahnya gan mobil itu keluar kalo pemiliknya bs pakenya jg emoticon-Big Grin
mobil sejuta umat gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Watdepak?! Kalo banyak pembunuhan pake piso apa sebaiknya semua piso diganti piso plastik ? Ato knp ngga saranin bikin peraturan yang bole pake jalanan yang mobilnya >200 jt. TS sih brilian... emoticon-Jempol
org sini asal pny mobil aja sih.. ga mikir yg laennya..
hahahah...mobil yang ga bisa disalip itu gan..

agan nyalip avansa ehhh didepannya avansa lagi..nyalip lagi eeehhh avansa lagi...emoticon-Ngakak

di indonesia yang penting "MURAH,MERAKYAT,ONDERDIL MURAH,DAN IRITTTT BENSIN"emoticon-Ngakak

untuk safety ya nomer ke 1000000000000
Berarti standart keamanan mobil di indonesia masih rendah bgt ya gan emoticon-Matabelo
miris dengerna emoticon-Matabelo
yg kemaren ancur ditabrak juke y?emoticon-Bingung
×