alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/517694b11b7608e95f000005/ini-cara-pemerintah-mengatur-bbm-di-indonesia-adil-kah
Ini Cara Pemerintah Mengatur BBM di Indonesia! adil kah ?
Ini Cara Pemerintah Mengatur BBM di Indonesia! adil kah ?
Quote:Pemerintah mulai khawatir besaran anggaran subsidi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang terus membengkak setiap saat. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tengah bergairah membuat tingkat konsumsi masyarakat terus merangkak naik tanpa bisa direm Anggaran subsidi yang membengkak membuat negara harus mencari jalan keluar.
Spoiler for FOTO:

Quote:Dua Harga Premium
Spoiler for FOTO:

Pemerintah sadar harga jual BBM bersubsidi tidak tepat sasaran di mana kebanyakan justru dinikmati golongan mampu. Maka dari itu pemerintah berencana membedakan harga jual premium untuk mobil pribadi dengan motor dan angkutan umum.

Senior Vice President Fuel Marketing & Distribution Pertamina Suhartoko mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan jika diberlakukan dua harga. Kabar yang beredar, harga jual Premium untuk mobil pribadi sebesar Rp 6.500 per liter.

Pemerintah sendiri menegaskan akan melakukan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk mobil pribadi orang kaya. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswo Utomo, mengatakan kenaikan harga BBM subsidi tersebut antara Rp 4.500 sampai Rp 9.500 per liter.

"Tidak ada kenaikan (untuk seluruh masyarakat). Pokoknya, subsidi untuk kendaraan mobil pribadi (orang kaya) itu dikurangi tetapi belum diputuskan berapanya," ujarnya. Saat ini, lanjutnya, pemerintah masih mengkaji berapa harga yang cocok untuk BBM subsidi golongan orang kaya.

"Jadi nanti ada SPBU yang punya dua dispenser premium.
Yang satu premium subsidi, yang satu premium yang harganya naik," tegas dia.

Quote:Pemakaian Radio Frequency Identification (RFID)
Spoiler for FOTO:

Sistem RFID adalah salah satu cara penghematan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM). VP Corporate Communication PT Pertamina, Ali Mundakir, mengatakan saat ini Pertamina telah menggandeng PT INTI sebagai pemenang tender pengadaan sistim RFID.
Pemasangan sistim ini di beberapa SPBU akan dilakukan bertahap.
"Karena jumlah SPBU itu 5.000 dan jumlah pompa ada 98.000 dan semua akan dipasang alat ini," ujarnya. Sistem RFID ini, lanjutnya, dinilai cukup efektif mencegah pembengkakan konsumsi BBM. Pasalnya, kendaraan akan dilakukan penjatahan pengisian per hari dan tidak dapat melakukan pengisian ulang.

"Misalnya per kendaraan akan dibatasi sekian liter, maka masing-masing pompa bisa di program begitu mencapai jumlah yang sudah ditetapkan, maka otomatis (pompa) akan mati," jelasnya.

Adanya sistem teknologi informasi seperti RFID dapat mencatat setiap pengeluaran volume dari masing-masing pompa di setiap SPBU. Begitu mengisi di SPBU, data kendaraan tersebut sudah tercatat secara online dan terakses ke semua SPBU Jadi kalau dalam waktu dekat mobil anda mau mengisi di SPBU lain akan bisa diketahui dan tidak bisa dilayani," ungkapnya.

Quote:Pembatasan Kuota Konsumsi BBM Bersubsidi
Spoiler for FOTO:

Setelah menjelaskan mengenai pengendalian konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) melalui proses pengisian di SPBU, Pertamina juga menjelaskan sistem monitoring yang akan digunakan. Sistem pemantauan atau monitoring berpatokan pada kuota atau jatah BBM untuk setiap kendaraan.

Pertamina masih mengkaji batas maksimal atau kuota konsumsi BBM bersubsidi untuk satu unit kendaraan. Sempat diwacanakan, kendaraan pribadi maksimal mengisi 30 liter BBM bersubsidi dalam sehari.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya menuturkan, setiap kendaraan mendapat semacam smart card yang berisi volume kuota konsumsi BBM bersubsidi bulanan. Top up kuota akan dilakukan secara otomatis oleh sistem setiap bulan.

Dalam satu bulan, Pertamina dan petugas SPBU akan mengetahui jumlah kuota yang sudah terpakai. Dari mana mengetahuinya?

Hanung menjelaskan, data setiap transaksi pengisian BBM terekam melalui RFID yang ada di setiap kendaraan, dan masuk ke dalam sistem pengawasan melalui IT. "Setiap transaksi tercatat," katanya.

Konsumen pun dapat mengetahui sisa kuota atau jatah yang masih dimiliki untuk sebulan. Konsumen mengetahui dari struk yang diberikan petugas SPBU usai transaksi.

Sistem ini pernah diterapkan di beberapa perusahaan migas dunia. RFID dan smart card terintegrasi dengan pompa dispenser sehingga dapat dilakukan pengontrolan terhadap volume BBM yang di keluarkan melalui nozzle (locking system sesuai lokasi).

Lalu, bagaimana jika kuota yang dimiliki sudah habis? "Jika kuota sudah habis sebelum masanya, konsumen tidak bisa mengisi BBM bersubsidi, tapi, konsumen masih dapat mengonsumsi BBM non subsidi."

Quote:Dibuat SPBU Khusus Masyarakat Mampuhemoticon-Cape d... (S)
Spoiler for FOTO:

Senior Vice President Fuel Marketing & Distribution Pertamina Suhartoko mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan jika diberlakukan dua harga.

Untuk mekanismenya, akan dibedakan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang khusus menjual premium bagi angkutan umum dan sepeda motor. Sementara ada juga SPBU yang khusus menjual Premium bagi mobil pribadi, yang harganya berbeda dengan yang dijual untuk angkutan umum dan sepeda motor.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, menyatakan nantinya mobil mewah akan diwajibkan masuk ke SPBU khusus. Di SPBU tersebut, harga jual BBM subsidi jenis premium dan solar akan berbeda.

Namun Jero belum menyebutkan berapa tepatnya harga jual BBM subsidi ini nantinya. Jero memastikan, khusus untuk kelompok masyarakat kelas bawah dengan kendaraan sepeda motor, angkutan umum dan mobil angkutan barang masih mendapat subsidi penuh. Saat ini pihaknya masih akan membahas secara detail aturan pelaksanaannya.

Quote:Pemotongan Anggaran Belanja Pemerintahemoticon-Cendol (S)
Spoiler for FOTO:

Kementerian Keuangan menyatakan, meski telah dilakukan pembatasan, pemerintah tetap akan melakukan pemotongan belanja negara. Ini dimaksudkan sebagai antisipasi anggaran subsidi yang akan membengkak Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, merasa program pembatasan saja tidak cukup untuk menjaga keuangan negara dalam kondisi sehat.

Saya khawatir sistem itu tidak cukup mengendalikan kuota BBM yang kita harapkan," ujarnya.
Agus melanjutkan program pembatasan tanpa disertai pemotongan belanja akan membebani anggaran negara pada saat kuartal III nanti.

Memang pemerintah akan ada pencanangan satu pembahasan yang pengendalian konsumsi BBM, saya yakin itu akan dikeluarkan dalam waktu dekat," tuturnya Mungkinkah pemotongan anggaran belanja ini akan berakibat berkurangnya pelayanan pemerintah kepada masyarakat?

Sumber
Spoiler for No Repsol:

[SPOILER=Komeng Terbaik nih]Quote:Original Posted By sicapuk
Kalo menurut ane pemerintah saat ini bener² ndak lihat realita ke bawah,udah 2 mggu ini liat antrian solar (notabene ane jg pemakai solar yg sempet setengah hari di SPBU gara² kiriman solar blm datang)....slh satu contoh ane kasihan liat truk² jalur pantura yg smpe nginap di SPBU buat isi solar yg kadang dibatasi pembeliannya....dr slh satu keluhan sopir truk yg angkut cabe dr jatim ke jkt yg cm dpt solar 200 rbu,mana cukup smpe jkt?....ntar antre lagi di jateng....bisa² busuk tuh cabe..pemerintah skrng ini takut bikin kebijakan yg tidak populer di masyarakat....blm lg kl jd mei bbm dinaikkan,ane jamin akhir april ini bbm khususnya solar jd langka gila²an (di eceran bisa smpe 2-3 kali lipat harganya).kl menurut ane seh naik ya naik aja (asal jgn terlalu tinggi) g usah bikin masyarakat bawah jd resah dgn tetek bengek jebolnya subsidi.....emoticon-I Love Indonesia (S)

Pertamax !

Keren gan , Threat rapi emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
ane setuju nih klo bbm naik jadi 6500.

ane rate yah gan
semakin gila aja emoticon-Sorry
kayaknya bbm nsik, tunjangan ama gaji angota dpr naik ya......mungkin mereka takut anak bini gak dapet makan.
iya gan kebijakan pemerintah yg salah. kurangilah subsidi bbm, alihkan ke pembangunan.
biarlah yg punya kendaraan beli bbm non subsidi. kalo dirasa gak kuat beli bensin ya jangan beli kendaraan. heran gw dulu penjual tempe naik sepeda skrg udah naik motor. susah ngejarnya woy!
Nice gan..... ijin share gan... emoticon-Matabelo
Sekalian naikan aja harganya gan, ga usah dualisme harga. Ada yg subsidi, ada yang non subsidi. Ini yg bikin masyarakat bingung. Dan tentu saja menguntungkan para penimbun BBM.
Quote:Original Posted By deoedo
Keren gan , Threat rapi emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


bantu rate dong gan emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By bluetingtong
semakin gila aja emoticon-Sorry


ya begitulah gan indonesia emoticon-Cape d... (S)
gpp deh ane dukung2 aja
Quote:Original Posted By azymut
iya gan kebijakan pemerintah yg salah. kurangilah subsidi bbm, alihkan ke pembangunan.
biarlah yg punya kendaraan beli bbm non subsidi. kalo dirasa gak kuat beli bensin ya jangan beli kendaraan. heran gw dulu penjual tempe naik sepeda skrg udah naik motor. susah ngejarnya woy!


mangstab gan komengnya emoticon-Cendol (S)
Jadi ribet gtu pake cara harga dualisme, mnding di sama rata kan, dari dulu mank rakyat indo terlalu di manjakan dengan bbm subsidi, coba liad negara lain kaga ada nama nya bbm subsidi..
Quote:Original Posted By heinousgoon
Sekalian naikan aja harganya gan, ga usah dualisme harga. Ada yg subsidi, ada yang non subsidi. Ini yg bikin masyarakat bingung. Dan tentu saja menguntungkan para penimbun BBM.


ini nih komeng yang ngebaca trit ts dulu emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By ryuaozora
Jadi ribet gtu pake cara harga dualisme, mnding di sama rata kan, dari dulu mank rakyat indo terlalu di manjakan dengan bbm subsidi, coba liad negara lain kaga ada nama nya bbm subsidi..


cakep bgt dah ini komeng emoticon-Sundul Gan (S)
wih boleh juga tuh buat dua harga ditunggu aja nie emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By jlekzzz
wih boleh juga tuh buat dua harga ditunggu aja nie emoticon-Big Grin


Jangan sampe 2 harga gan emoticon-Cape d... (S) mending jadiin satu aja, yang 1 liter 4.500
masih ada celah bagi angkutan umum, ga jadi angkut penumpang malah jualan bbm ntar yg ada gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By shakeela.shop
masih ada celah bagi angkutan umum, ga jadi angkut penumpang malah jualan bbm ntar yg ada gan emoticon-Big Grin


jiaah bisa aja gan emoticon-Ngakak
nice trit gan

terus berkarya yah

semoga berguna tritnya