alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51711a138227cf6145000006/ask-urus-paspor-rusak
[ASK] urus paspor rusak
Gan, paspor coq rusak kena rayap, cara ngurusnya gimana ya?perlu surat keterangan apa aja? trus butuh surat rekomendasi kantor gak ya? kalo nantinya paspor itu bukan digunakan untuk perjalanan bisnis dan biasanya berapa lama prosesnya?. Mohon infonya ya. Thanks
ke kantor imigrasi gan tanya di sana saja untuk up to date nya.
jauh dr kantor imigrasi nie..jadi sebelum ke kota tanya2 dulu gitu sapa tau ada yg pernah mengalaminya. share ya agan2 smua
Quote:Original Posted By nadeline
Gan, paspor coq rusak kena rayap, cara ngurusnya gimana ya?perlu surat keterangan apa aja? trus butuh surat rekomendasi kantor gak ya? kalo nantinya paspor itu bukan digunakan untuk perjalanan bisnis dan biasanya berapa lama prosesnya?. Mohon infonya ya. Thanks


hai gan ane coba bantu yah ,
agan harus memeberikan surat laporan dari polisi, untuk proses pembuatan 14 hari keja gan .
Quote:Original Posted By travelaviatour


hai gan ane coba bantu yah ,
agan harus memeberikan surat laporan dari polisi, untuk proses pembuatan 14 hari keja gan .


oh gitu ya gan, trus butuh surat pengantar dari kantor gak?kan jadina kaya buat ulang gitu.tp pasportna bukan ntuk perjalanan bisnis, perlu gak ya gan?
Quote:Original Posted By nadeline


oh gitu ya gan, trus butuh surat pengantar dari kantor gak?kan jadina kaya buat ulang gitu.tp pasportna bukan ntuk perjalanan bisnis, perlu gak ya gan?


Newbie coba bantu saran. Kalo rusak, kayanya ga perlu surat keterangan polisi deh, kecuali kalo hilang.

Syarat-syarat berkasnya sama aja kaya pertama kali sis buat passport, kali ini ditambahin passport lama yg rusak itu. Dulu sis pertama kali buat passport pakai surat pengantar dari kantor ga?
Quote:Original Posted By fransx1983


Newbie coba bantu saran. Kalo rusak, kayanya ga perlu surat keterangan polisi deh, kecuali kalo hilang.

Syarat-syarat berkasnya sama aja kaya pertama kali sis buat passport, kali ini ditambahin passport lama yg rusak itu. Dulu sis pertama kali buat passport pakai surat pengantar dari kantor ga?

dlu kan masih kuliah..sekarang udah kerja..nah kok dtulis d webna pakai surat pengantar dr kantor..trus ad lagi yang bilang surat pengntar dari kantor itu kalau kita mau perjalanan dinas, jadi dari kantor menyatakan bahwa benar saya adalah pegawai sana yang akan melakukan perjalanan dinas ke mana dari tanggal segini sampai tgl sgini..gitu. jd pakai ato tidknya, sedangkan tujuannya jalan2 bukan kerjaan,gitu
Quote:Original Posted By nadeline


oh gitu ya gan, trus butuh surat pengantar dari kantor gak?kan jadina kaya buat ulang gitu.tp pasportna bukan ntuk perjalanan bisnis, perlu gak ya gan?



hi gan , butuh surat pengantor dari kantor juga gan ,
kalo ada yang masih mau di tanya monggo gan
Quote:Original Posted By travelaviatour



hi gan , butuh surat pengantor dari kantor juga gan ,
kalo ada yang masih mau di tanya monggo gan


contoh surat pengantarnya gimana ya?
yang biasanaya saya temui itu dari kantor menyatakan kalo ybs mrupakan karyawannya yang akan melakukan perjalanan dinas ke sini dr tgl ini smpe tgl ini. tapi kalau untuk jalan2 gimana? ada ide kah?
Quote:Original Posted By nadeline

contoh surat pengantarnya gimana ya?
yang biasanaya saya temui itu dari kantor menyatakan kalo ybs mrupakan karyawannya yang akan melakukan perjalanan dinas ke sini dr tgl ini smpe tgl ini. tapi kalau untuk jalan2 gimana? ada ide kah?

surat dari kantor ini cuma surat pernyataan klo agan kerja di situ. kayak bikin surat buat ajuin kredit ato kartu kredit pertama kali gitu.
ngga bakal dicek kok. klo ga mau pake surat bisa ngaku kerja freelance. tp buat ane klo ga dipersulit minta surat keterangan ya minta aja dari kantor.

ga usah ngomongin mo pergi bla2 toh bikin paspor jg ga selalu langsung dipake.
Quote:Original Posted By nadeline

dlu kan masih kuliah..sekarang udah kerja..nah kok dtulis d webna pakai surat pengantar dr kantor..trus ad lagi yang bilang surat pengntar dari kantor itu kalau kita mau perjalanan dinas, jadi dari kantor menyatakan bahwa benar saya adalah pegawai sana yang akan melakukan perjalanan dinas ke mana dari tanggal segini sampai tgl sgini..gitu. jd pakai ato tidknya, sedangkan tujuannya jalan2 bukan kerjaan,gitu


ini sis ane copas dari websitenya imigrasi, maap kalo berantakan, soalnya dari hp:

Persyaratan buat passport:
1. Bagi warga negara Indonesia yang berdomisili atau berada di Wilayah Indonesia, mengisi formulir dan melampirkan persyaratan:
a. Kartu tanda penduduk yang sah dan masih berlaku atau resi permohonan kartu tanda penduduk;
b. Kartu keluarga;
c. Akta kelahiran, akta perkimpoian atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis;
d. Surat izin dari instansi yang berwenang bagi yang akan bekerja di luar negeri;
e. Surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
f. Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang
berwenang bagi yang telah mengganti nama.

2. Bagi warga negara Indonesia yang berdomisili di luar Wilayah Indonesia, mengisi formulir dan melampirkan persyaratan:
a. Kartu penduduk negara setempat, bukti, petunjuk, atau keterangan yang menunjukkan bahwa pemohon bertempat tinggal di negara tersebut; dan
b. Paspor lama.

3. Persyaratan Penggantian Paspor Biasa Karena Hilang atau Rusak :
a. Melampirkan surat keterangan kehilangan paspor dari Kepolisian setempat bagi yang paspornya hilang;
b. Melapor ke Seksi Pengawasan dan Penindakan
Keimigrasian untuk memberikan keterangan tentang kerusakan atau kehilangan paspor yang dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP);
c. Berkas yang bersangkutan diteruskan ke Kepala
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM untuk mendapatkan keputusan;
d. Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian
Hukum dan HAM dapat berupa persetujuan atau
penolakan atau penundaan;
e. Apabila permohonan penggantian disetujui,
persyaratan dan proses penyelesaian dapat
dilaksanakan seperti permohonan paspor baru.

4. Persyaratan Penggantian Paspor Biasa Karena Habis Masa Berlaku atau Karena Halaman Paspor Penuh, bagi Paspor Biasa yang diterbitkan sejak bulan September 2008, melampirkan:
a. Paspor Biasa;
b. Kartu tanda penduduk yang sah dan masih berlaku
atau resi permohonan kartu tanda penduduk; dan
c. kartu keluarga.

jadi sis ke imigrasi bikin BAP, tunggu keputusan penggantian disetujui keluar, baru proses ulang kaya bikin baru lagi.

surat keterangan kantor ga wajib kayanya, tapi kalo emang bisa dapet, dilampirin lebih bagus.
Quote:Original Posted By gege-chan

surat dari kantor ini cuma surat pernyataan klo agan kerja di situ. kayak bikin surat buat ajuin kredit ato kartu kredit pertama kali gitu.
ngga bakal dicek kok. klo ga mau pake surat bisa ngaku kerja freelance. tp buat ane klo ga dipersulit minta surat keterangan ya minta aja dari kantor.

ga usah ngomongin mo pergi bla2 toh bikin paspor jg ga selalu langsung dipake.


Quote:Original Posted By fransx1983


ini sis ane copas dari websitenya imigrasi, maap kalo berantakan, soalnya dari hp:

Persyaratan buat passport:
1. Bagi warga negara Indonesia yang berdomisili atau berada di Wilayah Indonesia, mengisi formulir dan melampirkan persyaratan:
a. Kartu tanda penduduk yang sah dan masih berlaku atau resi permohonan kartu tanda penduduk;
b. Kartu keluarga;
c. Akta kelahiran, akta perkimpoian atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis;
d. Surat izin dari instansi yang berwenang bagi yang akan bekerja di luar negeri;
e. Surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
f. Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang
berwenang bagi yang telah mengganti nama.

2. Bagi warga negara Indonesia yang berdomisili di luar Wilayah Indonesia, mengisi formulir dan melampirkan persyaratan:
a. Kartu penduduk negara setempat, bukti, petunjuk, atau keterangan yang menunjukkan bahwa pemohon bertempat tinggal di negara tersebut; dan
b. Paspor lama.

3. Persyaratan Penggantian Paspor Biasa Karena Hilang atau Rusak :
a. Melampirkan surat keterangan kehilangan paspor dari Kepolisian setempat bagi yang paspornya hilang;
b. Melapor ke Seksi Pengawasan dan Penindakan
Keimigrasian untuk memberikan keterangan tentang kerusakan atau kehilangan paspor yang dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP);
c. Berkas yang bersangkutan diteruskan ke Kepala
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM untuk mendapatkan keputusan;
d. Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian
Hukum dan HAM dapat berupa persetujuan atau
penolakan atau penundaan;
e. Apabila permohonan penggantian disetujui,
persyaratan dan proses penyelesaian dapat
dilaksanakan seperti permohonan paspor baru.

4. Persyaratan Penggantian Paspor Biasa Karena Habis Masa Berlaku atau Karena Halaman Paspor Penuh, bagi Paspor Biasa yang diterbitkan sejak bulan September 2008, melampirkan:
a. Paspor Biasa;
b. Kartu tanda penduduk yang sah dan masih berlaku
atau resi permohonan kartu tanda penduduk; dan
c. kartu keluarga.

jadi sis ke imigrasi bikin BAP, tunggu keputusan penggantian disetujui keluar, baru proses ulang kaya bikin baru lagi.

surat keterangan kantor ga wajib kayanya, tapi kalo emang bisa dapet, dilampirin lebih bagus.

wah TQ yah infonya emoticon-Kiss