alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tips Mencegah Kebakaran Akibat Korsleting Listrik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/516f6c914f6ea1fb3800000f/tips-mencegah-kebakaran-akibat-korsleting-listrik

Tips Mencegah Kebakaran Akibat Korsleting Listrik

Tips Mencegah Kebakaran Akibat Korsleting ListrikSUMBER : TRIDInews http://bit.ly/12oleJr

Hubungan pendek arus listrik atau korsleting sering dituduh sebagai penyebab terjadinya kebakaran bangunan atau wilayah pemukiman. Korsleting listrik tidak pandang bulu menyerang korbannya, dari rakyat kecil tinggal di pemukiman hingga gedung Setneg (Sekretariat Negara) kebakaran pun juga diakibatkan oleh korsleting. Untuk itu ada beberapa tips mencegah kebakaran akibat korsleting listrik

Berikut beberapa tips untuk mencegah kebakaran akibat korsleting listrik pada :
Percayakan pemasangan instalasi rumah atau bangunan pada instalatir yang bersertifikasi SLO (Sertifikasi Layak Operasi) atau minimum terdaftar sebagai anggota AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia).
Jangan menumpuk colokan listrik terlalu banyak pada satu tempat, karena dapat menumpuk panas, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan korsleting listrik.
Biasakan menggunakan material listrik, seperti kabel, saklar, stop kontak, steker (kontak tusuk) yang berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia) / LMK (Lembaga Masalah Kelistrikan) / SPLN (Standar PLN). Jangan menggunakan material listrik sembarangan yang tidak standar.
Gunakan jenis dan ukuran kabel sesuai peruntukan dan kapasitas hantar arusnya.
Jika sekring putus, jangan menyambungnya dengan serabut kawat, karena setiap sekring telah diukur kemampuannya menerima beban tertentu.
Lakukan pemeriksaan secara berkala terhadap instalasi listrik anda seperti mengecek kondisi pembungkus kabel, panel listrik, sambungan kabel, dll. Gantilah instalasi rumah atau bangunan anda secara menyeluruh minimal lima tahun sekali.
Bila terjadi kebakaran akibat korsleting listrik akibat MCB (Mini Circuit Breaker) tidak berfungsi dengan baik, matikan segera listrik dari kWh meter. Jangan menyiram sumber kebakaran dengan air apabila masih ada arus listrik.
Kualitas listrik yang buruk juga menyebabkan listrik tidak stabil sehingga menyebabkan korsleting. Lakukan pengukuran kualitas listrik (Power Quality) secara rutin yang dilakukan oleh orang yang berpengalaman.
Hindari pemakaian listrik secara illegal, karena disamping membahayakan keselamatan jiwa, tindakan tersebut juga tergolong tindakan kejahatan yang dapat dipidanakan.
Tindakan pencegahan pastinya lebih baik daripada mengatasi setelah terjadi. Kurangnya wawasan akan hal seperti ini yang biasanya menyebabkan kebakaran sering terjadi. Diharapkan dengan ini mudah-mudahan dapat mengurangi kebakaran yang terjadi di Indonesia. (red)
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di