alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51650bb705346a7a45000003/ketegangan-di-semenanjung-korea-resistensi-terjadinya-tragedi-kemanusiaan
Ketegangan di Semenanjung Korea; Resistensi Terjadinya Tragedi Kemanusiaan
Ketegangan antara Korea Utara (Korut) dengan Korea Selatan (Korsel) terus berlanjut, setelah Korut mengeluarkan ancamananya akan mengerahkan militernya untuk menyerbu Korsel. Ancaman terus ditebar Korut sejak negeri itu terkena sanksi PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) terkait uji coba misil jarak jauh dan uji coba nuklirnya.

Ketegangan 2 negara Korea ini juga melibatkan Amerika Serikat (AS) yang merupakan sekutu utama Korsel, AS melibatkan diri dengan mengirimkan kapal perusak Angkatan Lautnya, Senin (1/4), yang sudah ditempatkan di posisi dekat perbatasan Korea Utara. Sebelumnya Korut juga mengancam akan menyerang AS. Ancaman Kim Jong Un menyusul kemarahannya atas manuver pesawat-pesawat AS, bomber B-2, yang ”unjuk gigi” akurasi bom di wilayah Korsel.

Kapal Perusak Angkatan laut AS itu bernama USS Fitzgerald, yang saat ini sudah berada di Korea Selatan sebagai bagian dari latihan militer gabungan, telah dikirim ke pesisir barat daya Semenanjung Korea. Dari posisinya saat ini, USS Fitzgerald mampu menangkis serangan udara Korea Utara yang ditujukan ke Korea Selatan. Latihan tersebut dalam upaya langkah antisipasi terjadinya penyerangan.

Apabila ketegangan ini terus berlanjut, dikhawatirkan terjadinya perang Korea yang kedua yang dapat menimbulkan korban jiwa dari kedua belah pihak. Seandainya perang terjadi maka efek yang ditimbulkan dari perang tersebut lebih besar dan mematikan, karena kedua negara memiliki senjata nuklir dan pemusnah masal lainnya yang sangat berbahaya, yang kwalitas pemusnahannya lebih dahsyat dan mengerikan.

Seperti Perang saudara di Suriah, Ketegangan di Semenanjung Korea juga tidak terlepas dari campur tangan 2 kubu negara adi daya. AS dan sekutunya yang mem back-up Korsel, dan Rusia dan sekutunya yang mem back-up Korut.

PBB merupakan organisasi perdamaian dunia yang ada selama ini, harus terus berperan aktif menengahi ketegangan 2 negara ini. Arogansi 2 pemimpin Korea dan para sekutunya dikhawatirkan dapat mengorbankan banyak jiwa rakyatnya dikedua belah pihak. Semoga Ketegangan segera mereda, dan rakyat pun terhindar dari perang saudara yang mengerikan, amien.

Sumber: http://www.act.or.id/ind/page/515a5ade6683f