alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51622fbb5a2acf382b000009/pengertian-quotccquot-pada-kendaraan-bermotoryg-belum-tau-masup
Pengertian "cc" pada kendaraan bermotor...[yg belum tau masup..]
Hai agan/aganwati KASKUSER se-Indonesia..
Quote:emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
kali ini ane mo bikin trit yg mungkin bisa menambahn sedikit pengetahuan m agan/aganwati semua, mudah²an kg emoticon-Blue Repost

Apa itu "CC"
Quote:Mungkin kita semua sering mendengar sebuah merek motor dengan diikuti sebuah kata cc.misalnya yamaha jupiter 110cc,honda supra x 100cc,kawasaki ninja 250cc dan banyak lagi.
Tapi tahukah anda apa yang dimaksud dengan istilah cc pada bagian belakang nama merek motor diatas??
Oke kita bedah yuk arti cc tersebut…
Cc adalah satuan volume singkatan dari centimeter cubic.pada mesin motor sendiri cc adalah satuan volume silinder pada sebuah masin.
Kemudian bagaimana kita bisa tau kalau sebuah motor punya besaran cc misal 125cc,110cc,100cc dan lain sebagainya???
Untuk mengetahuinya ada sebuah rumus yang kita gunakan.
Vs=(3,14xD2xS)/4
Vs=volume silinder
D=diameter silinder
S=langkah piston dari titik mati atas ke titik mati bawah(panjang strok)
Pengertian "cc" pada kendaraan bermotor...[yg belum tau masup..]
Contoh:
Suzuki smash 110cc
Spesifikasi
Diameter x langkah: 53,5×48,8mm
Yuk terapin rumusnya
Vs=(3,14xD2xS)/4
Vs=(3,14×5,35×5,35×4,88)/4=
109.647073
Kemudian di bulatkan menjadilah 110cc
Kesimpulan dari cc mesin adalah besaran ruang volume silinder dari sebuah mesin yang fungsi dari silinder dan piston adalah sebagai sumber tenaga dan pusatnya pergerakan dari sebuah mesin motor.
Dah paham kan yang dimaksud dengan cc,kemudian apakah mesin ber cc besar memiliki kecepatan lebih dari mesin ber cc kecil????


Demikian trit dari ane,,,
trit nya ane buat singkat saja, biar mudah ditangkep and kg bikin ngantuk saat bacanya...emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
jika bermanfaat tolong
Quote:emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
ato jk ada agan yg ud ISO boleh donk nyicipin
Quote:emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

jika ada agan² yg mo nambahin monggo ditunggu komen² nya...

Jawaban untuk yg menanyakan
Quote:Quote:Original Posted By b.rack
oh gitu tho maksudnya, sering denger tapi ngga pernah pengen tahu artinya
"kemudian apakah mesin ber cc besar memiliki kecepatan lebih dari mesin ber cc kecil????"
nah klo pertanyaan ente di atas itu jawabannya apa dong gan?


Ini dia jwbnnya..
Quote: Mulai era tahun 70 an motor bervolume silinder kecil mulai banyak dikenal dan banyak bertebaran dimana mana,apalagi dengan hadirnya motor berjenis bebek yang diindonesia sendiri yang dipelopori oleh Honda dengan mengeluarkan sang bebek mungil Super Cub semakin membuat pasar motor ber cc kecil bersinar.
Namun sebelum kelahiran motor berjenis bebek dikenal luas dikhalayak umum,motor –motor sport atau yang kita kenal dengan motor Laki ( lelaki ) sudah terlebih dahulu nongol bahkan sudah bertarung adu cepat disirkuit-sirkuit.Pada waktu itu motor – motor balap bukan seperti sekarang ini yang memiliki volume silinder yang besar – besar tapi kecil – kecil.Sebut saja kejuaraan GP zaman dahulu yang dimulai pada tahun 1949 dimana class yang ada berkisar mulai 50cc, 80cc, 125cc, 250cc, 350cc, dan 500cc solo machines.

Khusus untuk motor yang bervolume silinder kecil seperti 50 cc sendiri,kejuaraan ini tampil begitu menarik dan sangat sengit.Ini dikarenakan meski hanya bervolume 50 cc namun rata – rata motor tersebut memiliki speed yang luar biasa.Salah satu motor bervolume silinder 50 cc yang sempat mencuri parhatian dunia hingga saat ini adalah Suzuki RK 67 .Berkonfigurasi mesin 50 cc dengan 2 silinder dan berpendingin air,motor ini mampu memuntahkan power SEBESAR 17,5 Dk dan mampu berkitir hingga lebih dari 17.300 RPM,bandingkan saja dengan motor sekarang yang memiliki volume silinder 200 seperti Tiger 2000 yang hanya memiliki power kisaran 16 Hp atau Suzuki Satria FU 150 yang memiliki power sekitar 16.7 Hp.Sungguh motor yang luar biasa
Spoiler for SUZUKI RK 67 14 SPEED 50 CC:

Nah yang luar biasanya lagi adalah meski hanya bervolume silinder 50 cc ,namun kecepatan motor ini mampu menembus angka 176 KM/JAM,yang kalau dimotor modern konvensional,motor yang mampu melakukan hal tersebut adalah Suzuki RGR namun dengan volume silinder 150 cc atau Suzuki Shogun 125 cc yang bertarung di IndoPrix. Kemudian disamping memiliki speed yang mencengangkan untuk ukuran 50 cc , motor ini memiliki 14 percepatan atau biasa kita katakan memiliki 14 gigi .Apa ga edan tuh ? Berbekal kedahsyatan motor inilah pembalap asal jerman Hans Georg Ansheidt mampu meraih gelar juara dunia GP kelas 50 cc pada tahun 1967,serta membawa nama suzuki menjadi juara Konstruktor ditahun yang sama begitu juga dengan kelas 125 nya.Namun sayangnya,diakhir tahun1967,FIM selaku pemegang dan penyelenggara GP mengumumkan untuk membatasi spek 50 cc menjadi silinder tunggal dan bertransmisi hanya 6 percepatan. So…, dengan diberlakukannya regulasi baru tersebut , pihak Suzukipun kemudian menarik diri dari ajang bergengsi tersebut.
Kemudian,selain Suzuki RK 67 yang phenomenal tersebut ada pula motor lain yang bervolume silinder kecil namun mampu menembus speed yang tinggi seperti yang terjadi ditahun 1996 dimana rekor top speed tertinggi untuk kelas 125 cc di GP adalah 249.76 km/h yang diraih oleh Valentino Rossi bersama Aprilia.
Selain dari motor –motor yang memiliki volume silinder 125 dengan speck balap seperti diatas,ada juga motor konfensional yang hanya ber cc kecil namun memiliki speed yang mumpuni,salah satunya masih dalam bendera Aprilia yaitu Aprilia RS 125.
Spoiler for 800px-Aprilia_rs125:

Motor ini meski hanya 125 cc namun tak kalah dengan motor-motor konvensional yang memiliki volume silinder yang jauh lebih besar darinya.Sebut saja seperti Ninja RR yang hanya mampu menembus angka 140 KM / Jam ( http://kawasakininja-250r.blogspot.c...ng-of-top.html )
atau Ninja 250 yang hanya mampu menembus angka kisaran 150 – 168 KM / jam (http://2008ninja250r.blogspot.com/20...new-ninja.html ),
sedang Aprilia RS 125 mampu menembus angka 160.03 – 177.03 KM / Jam (http://125hq.com/Aprilia-RS125.html )
Selain Aprilia RS 125 ada pula Cagiva Mito yang masih bervolume silinder 125 namun juga memiliki speed yang cukup mumpuni meski tidak secepat Aprilia RS 125 .
Spoiler for CAGIVA MITO RS 125:

Motor buatan Italia yang diproduksi dari tahun 1989 hingga sekarang ini meski memiliki bobot sekitar 129 kg dengan kapasitas tangki bahan bakar 14 liter serta hanya dengan kapasitas volume silinder 125 cc,namun dapat melaju antara 159,33 – 175,42 KM /Jam dan bertenaga hingga 30 HP (http://125hq.com/Cagiva-Mito-125.html ).
So…, dengan melihat apa yang ada diatas dapat kita katakan bahwa untuk menilai sesuatu apalagi kendaraan tidak cukup hanya dengan melihat besaran CC semata,tapi juga harus melihat dari banyak sisi hingga kita tidak terjebak dalam suatu alur pikir yang dangkal apalagi tidak berdasar.Setuju ???

SUMBER-nye
Nah, gimana gan??? ud terjawab???
ane juga sering liat kalau pass main ke bengkel temen emoticon-Ngakak cuman ane gak tau apa tuh maksudnya emoticon-Ngakak
nice share gan emoticon-Recommended Seller
yupzz keren bnget trit ny
bener2 br tau soal "cc"
dulu taunya semakin besar ukurn cc semakin bagus emoticon-Big Grin

Like page
www.facebook.com/spreimotiflucu
Www.spreizhop.blogspot.com
pin:26177A7E
Quote:Original Posted By andhikasukma
ane juga sering liat kalau pass main ke bengkel temen emoticon-Ngakak cuman ane gak tau apa tuh maksudnya emoticon-Ngakak
nice share gan emoticon-Recommended Seller


sama gan, ane taunya cm bisa make doank...emoticon-Sorry
sama CC :cingcau emoticon-Blue Guy Cendol (L)...emoticon-Malu (S)
nyimak dulu gan emoticon-Big Grin
makasih gann...
bener gan...mangstab info nya... emoticon-2 Jempol
makasih gan jdi tmbah ilmu nih
cc itukan ukuran air kanemoticon-Hammer2
wah ternyata begitu ya gan , berarti semakin besar cc nya semakin besar ruangan volumenya ya? emoticon-Matabelo
nais inpoh! emoticon-Big Grin
wew contoh penghitungannya motor ane, sm*sh emoticon-Ngakak
bangga ane gan emoticon-Ngakak
seperti rumus matematika biasa ya gan (pi x diameter^2 x tinggi ) /4
ane kira cc itu maximal lari nya gan emoticon-Big Grin
nice info gan.. cc kepanjangan dari centimeter cubic emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By sweetsin03781
sama gan, ane taunya cm bisa make doank...
sama CC :cingcau ...

kalo ane celana color gan emoticon-Ngakak
ane baru tau rumusnya gan..
nice info gan .. ane taunya make motor doang emoticon-Hammer2
Ane cuma tau singkatan cc..
Tapi kalo soal itungannya ane baru tau..
emoticon-2 Jempol
×