alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5161a83b5a2acf4912000000/mengganti-nama-indonesia-menjadi-nusantara
Mengganti Nama Indonesia Menjadi Nusantara
Spoiler for bukti no repost dulu:

Malam Agan dan Aganwati yg masih melek emoticon-Big Grin Ane iseng aja ngambil Judul ini, karena udh lama naik turun dibicarakan di negara kita. tp ane pgn nyampein aja unek2 ane tentang masalah ini. mohon maaf sebelumnya kalo ada kesalahan emoticon-Big Grin emoticon-Kiss

Ini Tulisan dari seseorang yg di upload ke kompas taun 2010 lalu
Quote:
Kampanye dari Ray Sahetapi (artis/pemain film).

Indonesia vs Nusantara ; Merdeka vs Sejahtera ; Sabang-Merauke vs NAD-Papua dst… dst…

Sayang banget, saya hanya menyimak sepintas di salah satu stasiun TV diskusi tentang ini, yang semua bahasannya tidak mampu saya rekam. Namun, sedikit terbuka mata saya, jiwa saya, bahwa nukilan Ray Sahetapi adalah sebuah reinkarnasi, kembalikan NUSANTARA-KU oleh pati Gadjah Mada.

Apa arti semua itu?
Nusantara adalah jejeran PULAU-PULAU dari NAD hingga Papua yang bercita-cita mencapai KESEJAHTERAAN. Indonesia adalah jejeran KOTA-KOTA dari Sabang sampai Merauke yang bercita-cita mencapai KEMERDEKAAN. Sampaipun bumi berhenti berputar, sesungguhnya kemerdekaan adalah
hakiki yang tidak bisa tergapai siapapun. Karena bumi/dunia sesungguhnya adalah penjara, terpasung dengan terali berupa hukum dan syari’at, hanya bocah bayi-lah, sesungguhnya manusia yang memiliki
kemerdakaan absolut dibumi ini.

Kata “Indonesia” diambil dari sebuah Perusahaan Asuransi yang dibawah oleh Dr. Sam Ratulangi. Kata “Indonesia” berasal dari bahasa Minahasa yaitu kata “Endo” = “Ambil” dan “Nesia” = “Penjajah”. Konon katanya, saat itu Bung Karno sedang bersepeda melewati Perusahaan Asuransi Indonesia, dan langsung terpikat dengan nama “Indonesia” dan diberilah nama negeri ini : “Indonesia”, yang artinya “diambil dari penjajah”. Lalu Nusantara adalah semboyan pemersatuan oleh pati Gadjah Mada.

Semangat Nusantara jauh lebih hidup daripada semangat Indonesia. Ruh Nusantara jauh lebih berfilosofi daripada Indonesia. Apakah tidak perlu kita bermain di kata-kata? Apakah tidak perlu kita bermain di
nama? Nama itu penting : nama itu motivasi, nama itu do’a, nama itu asa, nama itu cita-cita, nama itu harus hidup, sehingga nama itu pun berjiwa.

Kenapa kita harus bertengkar, ribut, berkelahi dengan saudara sendiri hanya karena jabatan, duit, dan makanan? Mungkinkah karena kita tidak memahami makna “Persatuan Indonesia”? Atau makna “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”? Dimana ruh kedua sila Pancasila itu? Bagaimana kalau diganti menjadi: “Persatuan Nusantara” dan “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Nusantara”?

Negeri kita adalah kepulauan, bukan desa-desa or kota-kota. Dimana tanah dipijak disitu langit di junjung. Dimana kamu berada, disitu kamu harus bisa beradaptasi dengan warga setempat. Nusantara lebih layak melekat untuk negeri ini ketimbang Indonesia. Kita membutuhkan Bahasa Nusantara, bahasa pemersatu NAD - Papua. Lalu apa itu Bahasa Indonesia? Ah, saya tidak punya defenisi. Sesungguhnya saya sendiri sekarang sudah terjangkit virus bingung untuk memahami apa itu ”Indonesia”.

Jadi, perlukah kita ganti nama “INDONESIA” ini menjadi “NUSANTARA”? Perlukah pekik perjuangan sekarang kita ganti dari “MERDEKA” menjadi ”SEJAHTERA”? Bukankah kita berjuang sekarang untuk kesejahteraan? Dari dulu sebenaranya cita-cita negeri ini haruslah kesejahteraan, karena
kemerdekaan sendiri mempunyai defenisi unlimited.

Ya, saya berharap kesejahteraan bagi seluruh rakyat nusantara. Amin. Kampanye Nusantara ala Ray Sahetapi, boleh juga kita pikirkan kembali. Sebuah terobosan, sebuah wacana, sebuah inisiasi yang berani, dan sebuah reinkarnasi. Nukilan yang membawa kita untuk kembali mau menoleh peradaban negeri ini.

sumber : kompasiana.com


Menurut Pemikiran ane yg sangat dangkal, ane pgn juga tuh kayanya namanya berubah, soalnya Buannnyyak bgt yg Bilang "Indonesia" jadi "Endonesia" bahkan ane sering denger dr org kaya pejabat atau iklan di tv2.
walopun mungkin buat agan2 lain itu sepele tp bagi ane sendiri aneh bgt, masa bangsa sendiri salah nyebut nama negaranya sendiri emoticon-Cape d...

Sekian dri Ane Mohon maaf sekali lagi klo ada salah

Spoiler for Ane sangat mengharap:

Spoiler for ane takut banget sama:
sejak kapan nama indonesia di ambil dari perusahaan asuransi emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) ? aneh bgt emoticon-No Hope emoticon-No Hope
tulisan yg luar biasa emoticon-thumbsup
sayang Indonesia tercoreng n tenggelam oleh bangsa sendiri, sampai cita" itu kandas n berganti haluan emoticon-norose
bukannya nama indonesia yag matenin bung hatta ya??? emoticon-Bingung
ada juga yg bilang terinsprasi dari kata indesche/ hindia dlm bahasa belanda
KH dewantara n douwes dekker membentuk partai oposisi kolonial yg namanya indesche partij..
sorry kalo misalnye salah
hadeh,.. sayang jg kalo diganti gan,.. ada kata one di indonesia semoga gak sebuah ketidak sengajaan emoticon-thumbsup
mau indonesia berubah nama menjadi indonesia ane kagak mau ambil urusan gan emoticon-Big Grin
yang penting Bhinneka tunggal ika emoticon-Big Grin
dan bangsa ini tidak terpecah-pecah akibat prilaku rakyatnya sendiri emoticon-Big Grin
ane pernah semobil pas shooting bareng ray gan.. selama perjalanan jkt-bandung cuman nusantara aja yang diocehin.. emoticon-Ngakak bikin pening pala ane

Tapi emang masuk akal juga sih. Indonesia itu kalo menurut ane ya cuman JAWA.
ga usah ganti nama
ganti dpr aj yg tukang tidur doank
IMO n CMIIW... keliatannya bakal sama aja gan, selama perilaku, akhlak, iman, budi pekerti, kesadaran diri para pengurus Indonesia a.k.a pemerintahan sekarang ini belum bener ya tetep aja seperti sekarang ini... sekali lagi IMO n Cendol Me If Im Wrong emoticon-Big Grin

btw nice share gan
Ntar lirik lagu kebangsaan ganti dong gan emoticon-Malu
semua nama di indo juga ikut ganti dong gan hahaha
mulai saat ini....
jangan salah lagi menyebut nama negara sendiri....
ingat....
INDONESIA bukan eNDONESIA
kesan nusantara sepertinya lebih baik,...

kalo manusia sering ganti nama untuk pembersihan (biar ga sial ; katanya)

mungkin indonesia harus ganti nama juga emoticon-Matabelo

yang terpenting ganti seluruh pejabat dan pemimpinnya...
kalau di ganti semua nya diganti dong

indomie > nusamie
indomaret > nusamaret
indosat > nusasat emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By .celanaman
tulisan yg luar biasa emoticon-thumbsup
sayang Indonesia tercoreng n tenggelam oleh bangsa sendiri, sampai cita" itu kandas n berganti haluan emoticon-norose

emang parah,
bisa dicoreng ama bangsa sendiriemoticon-norose
sulit terwujud gan
Quote:Original Posted By rokudomukuro
sejak kapan nama indonesia di ambil dari perusahaan asuransi emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) ? aneh bgt emoticon-No Hope emoticon-No Hope


maaf gan utk asal nama indonesia ane blm dpt sumber yg pasti emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By dhietsaad
sulit terwujud gan


iyya gan ane juga ngerasa bgtu. soalnya bakal bnyk bgt yg harus dirubah nntinya. dan drpd ngurusin nama mnding benahin yg pasti2 aja.
ane cuma sharing aja emoticon-Smilie
setuju gan sama pendapat juragan
tinggalin jejak dulu deh gan masih bingung sama yang dibahas hehe emoticon-Malu (S)
×