alexa-tracking

Pemulung Ini Kembalikan Emas Rp 300 Juta kepada Pemiliknya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/516103605b2acf2d6d000006/pemulung-ini-kembalikan-emas-rp-300-juta-kepada-pemiliknya
Thumbs up 
Pemulung Ini Kembalikan Emas Rp 300 Juta kepada Pemiliknya
Keterbatasan ekonomi tak membuat Ahmad (17), seorang pemulung di Denpasar, Bali, tergiur dengan barang yang bukan miliknya. Remaja asal Desa Kesambi Rampak, Kapongan, Situbondo, Jawa Timur, ini beberapa hari lalu mengembalikan tiga kotak berisi perhiasan emas senilai Rp 300 juta yang ditemukan di bak truk sampah kepada pemiliknya.

Saat Kompas.com bertandang ke tempat kerja sekaligus tempat tinggalnya di Bank Sampah Arta Ayu, Jalan Kendedes, Denpasar, Sabtu (6/3/2013) siang, Ahmad dengan senang hati berbagi cerita tentang pengalamannya tersebut.

"Kalau enggak salah hari Selasa. Di atas (bak truk) sampah ada tiga kotak seperti kotak yoyo isinya emas. Karena takut salah, saya tunggu (simpan) dulu," ujarnya.

Putra ketiga dari tujuh bersaudara pasangan Sali dan Akmauwiyah ini kemudian melaporkan penemuan ini kepada bosnya, pemilik Bank Sampah, Made Raka.

Tak lama setelah kembali ke tempat kerjanya, ada seorang perempuan bernama Desak Putu menanyakan tiga kotak perhiasan emas tersebut. Awalnya, Ahmad dan Made Raka tak langsung memberikan karena belum ada bukti Desak adalah pemiliknya.

"Terus dia sebutin ciri-cirinya satu per satu, benar semua. Akhirnya dikembalikan," ujar remaja lulusan MTs Nurul Hikam, Kesambi Rampak, Situbondo, ini.

Kotak perhiasan itu berisi cincin, kalung, gelang, dan sebuah keris yang nilainya mencapai Rp 300 juta. Atas kejujurannya, sang pemilik perhiasan memberikan sejumlah uang tunai dan bahan pokok kepada Ahmad.

Ketika ditanya, mengapa ia mengembalikan emas bernilai ratusan juta itu, Ahmad mengatakan, "Kita orang sampah, tapi hatinya harus lebih besar."

Remaja yang baru sebulan tinggal di Bali ini mengaku lebih senang mendapatkan kepercayaan dari orang dan saudara baru di tanah rantau daripada harta melimpah yang tidak halal.

Ahmad (17), seorang pemulung di Denpasar, Bali, mendadak jadi buah bibir setelah ia mengembalikan perhiasan emas senilai Rp 300 juta kepada pemiliknya. Ahmad menemukan emas-emas itu dalam tiga kotak yang berada di tumpukan sampah yang diangkutnya (Baca: Pemulung Ini Kembalikan Emas Rp 300 Juta ke Pemiliknya)

Ahmad, yang baru satu bulan mengadu nasib di "Pulau Dewata" ini, berasal dari keluarga petani di Desa Kesambi Rampak, Kapongan, Situbondo, Jawa Timur. Ia putra ketiga pasangan Sali dan Akmauwiyah. Sejak kecil, ia terbiasa hidup prihatin. Orangtuanya yang hanya bekerja sebagai petani harus membiayai tujuh anak.

Keterbatasan ekonomi dan kemampuan finansial pun membuat Ahmad tak bisa melanjutkan pendidikan ke SMA. Ia menamatkan pendidikan terakhirnya di MTs Nurul Hikam, Situbondo.

"SMA berhenti enggak ada biayanya," ujar Ahmad saat ditemui di tempat kerja sekaligus tempat tinggalnya, Bank Sampah Arta Ayu, Denpasar, Sabtu (6/4/2013) siang.

Setelah menamatkan pendidikan menengah pertamanya, Ahmad bekerja serabutan dengan menjadi buruh bangunan. "Apa saja dilakonin yang penting halal," ujar Ahmad.

Sekitar sebulan lalu, ia mendapatkan tawaran pekerjaan sebagai pemulung di Bali oleh teman sekampungnya. Tanpa pikir panjang, Ahmad langsung menyambut tawaran itu. Gaji yang diterimanya sebesar Rp 700.000 per bulan. Ia cukup bersyukur karena dengan penghasilannya, Ahmad dapat menyisihkan untuk dikirimkan kepada orangtua di Situbondo.

Ia masih berharap dapat meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Saat ditanya cita-citanya, Ahmad dengan semangat menjawab, "Kepengen jadi wartawan. Dari SD ditanyain guru cita-citanya apa, pengen jadi wartawan, soalnya suka lihat berita," ungkapnya.

Pemulung Ini Kembalikan Emas Rp 300 Juta kepada Pemiliknya

SUMBER TERPERCAYA

KLO berkenan silahkan di emoticon-Rate 5 Starato bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:

pertamax
nice thread
Quote:


Walaupun cuma pemulung tapi kejujurannya patut di emoticon-2 Jempol
subahanallah
patut dicontoh nih gan sama pejabat indonesia emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Susah cari orang yg berhari mulia kaya gini di indonesia nih gan emoticon-I Love Indonesia
masih banyak orang jujur dan tidak gila harta di dunia ini emoticon-Jempol
Salut..
tetap mengembalikan hak orang lain
salut sama tuh anak.....ternyata masih banyak orang baik2
klo ane mah gak bakalan dibalikin ah... emoticon-Ngakak
sama banget
http://www.kaskus.co.id/post/516023a...12437046000009
berita ini pernah jadi HT kemaren emoticon-Blue Repost
nice share gan
orang sampah, hati berlian..

Thumbs up 

Quote:


Luar boleh kotor, bau tapi hatinya bersih
klo ane dapet emas Rp 300 juta bakal gak balek balek sama yg punya emoticon-Embarrassment
beener2 terpuji sekali gan .. ane terharu
ane bantu rate thread gan emoticon-Angkat Beer
nice story gan
masih ada juga orang jujur jaman sekarang emoticon-Berduka (S)
Diamerika juga ada pengemis yg balikin cincin berlian seharga $1juta

Tapi yang ini berasal dr bali, mulia banget hatinya.. Dont judge a book by its cover emoticon-Matabelo

Quote:



Para koruptor harusnya malu emoticon-Berduka (S)
salut banget atas ke jujurannya gan emoticon-Matabelo
×