alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5160fb887e1243451b00000d/oom-pasikom-kartun-kritik-kocak-dari-gm-sudarta
Oom Pasikom, kartun kritik kocak dari GM Sudarta
halo agan agan semua, ini trit pertama ane setelah lama ikut numpang baca banyak artikel disini, akhirnye ane nyoba nulis trit sendiri emoticon-Malu (S)
langsung aja ya, enjoy my first thread

Oom Pasikom, Kartun Kritik kocak dari GM Sudarta

"Dengan kartun kita berteriak dalam bisikkan, yang menyampaikan bahwa kita belum terlambat untuk memperbaiki" - Yasuo Yoshitomi

Oom Pasikom merupakan karakter kartun yang biasanya muncul di Kompas sejak tahun 1967 (Awet ya..). ciri-cirinya pakai jas tambalan, pakai topi, wajahnya bulat dan ekspresi matanya kocak. si Oom pasikom ini biasanya menyampaikan kritik dengan kocak dan menyampaikan isu-isu yang serius dengan cara yang menggelikan.
emoticon-Matabelo Ini nih penampakan si Oom Pasikom emoticon-Matabelo

Spoiler for Kartun Oom Pasikom 1:


Kartun ini dapat membawa kita memahami masalah-masalah dunia termasuk ke dalam areal yang dijaga ketat oleh penguasa dan daerah daerah yang miskin dengan penduduk yang tertindas. seperti yang pernah ditulis oleh Ninok Leksono di Pengantar buku 40 Tahun Oom Pasikom:
"Dengan apa yang digambarnya, Darta telah melanglang tidak saja ke negeri-negeri yang jauh, tetapi juga bahkan ke ranah-ranah rawan yang dijaga ketat oleh kekuasaan, ke daerah-daerah miskin dan yang penduduknya tertindas, dan juga ke hadapan orang-orang yang bersikap amat konyol dalam hidup ini"

Spoiler for Kartun Oom Pasikom 2:


Oom pasikom pernah dijadikan film dan dirilis pada tahun 1990, tapi terus terang aja, ane belum pernah nonton filmnya, masih baru lahir emoticon-Malu (S)
film ini dimainkan oleh Didi Petet dan Lenny Marlina. ceritanya tentang sopir taksi yang sangat sayang akan mobil pribadi tuannya, juga pelit karena penghasilannya yang pas-pasan. Sebaliknya, istrinya (Lenny Marlina) terlibat pergaulan atas dan konsumtif, karena usahanya menjadi makelar barang-barang perhiasan. Lewat kacamata Oom Pasikom ini, kisah-kisah "kecil" ibukota disampaikan: arisan nyonya-nyonya, istri yang kesepian, operasi kebersihan kota yang "tak adil" buat pengusaha kecil, mahasiswi yang sedang menulis skripsi dll

Oom Pasikom ini dibuat oleh GM Sudarta, beliau lahir pada tahun 1945 di Klaten, banyak prestasi yang sudah didapatnya. Kalo mau lebih jelas tentang GM Sudarta, tunggu Trit ane berikutnya ye emoticon-Kiss (S)

GM Sudarta
Spoiler for Foto GM Sudarta:


agan-agan yang baik pasti kasih komentar juga, ane tunggu yaa..

sumber trit ini ane ambil dari buku 40 Tahun Oom Pasikom, Peristiwa dalam Kartun Tahun 1957-2007. kalo sumber tentang filmnya ane ambil dari sini http://id.wikipedia.org/wiki/Oom_Pasikom_(film) emoticon-Blue Guy Smile (S)
pertamax wusshh..
Pernah liat waktu jaman dulu babe ane msh langganan KOMPAS.
Komik pendek yg isinya kritikan pedas buat pemerintah.
Quote:Original Posted By tampah
pertamax wusshh..


cepet banget gan, nggak sampe semenit
Walah.. Keren nih..
Hahaha
Quote:Original Posted By Vie2206
Pernah liat waktu jaman dulu babe ane msh langganan KOMPAS.
Komik pendek yg isinya kritikan pedas buat pemerintah.


iya, gan. kritik pedas kalo dari kartun lebih seger emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By Renzomme
Walah.. Keren nih..
Hahaha


bener gan, kartunnya keren. ane suka kartun-kartun model gini emoticon-Matabelo
kartunnya keren-keren gan, isinya bener-bener tentang masalah yang ada di Indonesia
emang musti kritis ya
kalo gak kritis gak akan buat karikatur kaya gitu emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By tokogemilang50
wah mantap tritnya gan


makasih gan emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By headsetku.com
kartunnya keren-keren gan, isinya bener-bener tentang masalah yang ada di Indonesia


yaap , gan.. pernah juga bahas masalah internasional, tentang kematian Dr. David Kelly tahun 2003 emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By briderburung
emang musti kritis ya
kalo gak kritis gak akan buat karikatur kaya gitu emoticon-Matabelo


iya gan, kritis. Berani juga, soalnya berani kasih kritik pas jaman orde baru emoticon-Matabelo
keren gan. nampar bgt tuh emoticon-Big Grin
jadul ya gan??? ane belum pernah baca...
Quote:Original Posted By nasmara
keren gan. nampar bgt tuh emoticon-Big Grin


bener gan, nampar banget. Tapi tau deh, yang ditampar ngerasa apa nggak, heheheeh emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By mbamble
jadul ya gan??? ane belum pernah baca...


kartunnya ada dari tahun 1967, tapi sampai sekarang masih ada kok, gan emoticon-Smilie
buset dah... lawas banget enteh... kelahiran 70an ya om emoticon-Malu
Quote:Original Posted By togedoy
buset dah... lawas banget enteh... kelahiran 70an ya om emoticon-Malu


duh, tuwir banget gan.. ane generasi '90an, btw ane bukan om-om gan, ane cewek emoticon-Malu (S)
ane jg sering liat d koran, emg bagus sih kritik nya walau dgn kartun
Quote:Original Posted By Gottingfiveyu
ane jg sering liat d koran, emg bagus sih kritik nya walau dgn kartun


yap, bener gan emoticon-Smilie