alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5160bc7d8327cf6d1000000d/just-share-menurut-agan-mending-libur-hari-jumat-ato-minggu
(Just Share) Menurut Agan, mending libur hari JUM'AT ato MINGGU. . .??
sesuai judul gan, ane cuma mau share aja sama agan semua. . .
dan ini trit pertama ane . . .

Quote:Original Posted By cekidot

Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) ditanya oleh peserta konferensi Gereja, di hadapan 700an Pendeta, “mengapa kantor-kantor mesti ada masjid?”.

Dengan tegas JK menjawab, “Justru ini dalam rangka menghormati anda. Jum’at kan tidak libur, Anda libur hari Minggu untuk kebaktian. Anda bisa kebaktian dengan 5 kali shift.(Sedangkan) ibadah Jum’at cuma sekali. Kalau Anda tidak suka ada masjid di kantor.
Apa Anda mau liburnya ditukar, Jum’at libur, Minggu kerja. Pahami ini sebagai penghormatan umat Islam terhadap umat Kristen, ..”


inilah pemimpin yang tegas menurut ane.

"Petikan jawaban dari Bapak JK ini, beberapa hari yang lalu sempat ramai di beberapa situs berita Islam Nusantara. Hal pertama yang muncul di benak kita adalah “tegas dan toleran” terhadap non Muslim. Kita patut apresiasi atas ketegasan itu. Tapi bukan itu yang akan saya kupas pada tulisan ini."



Quote:Original Posted By cekidot

Jawaban Atas Tantangan

Hal yang ingin saya bahas disini adalah, bagaimana jadinya jika libur Nasional benar diganti hari Jum’at?

Bapak JK menantang, “Apa mau liburnya ditukar, Jum’at libur, Minggu kerja?”. Wah, bagi saya, tak ada masalah libur mau ditaruh hari Jum’at atau minggu. Saya sendiri sudah 6 tahun merasakan libur hari Jum’at, kala sekolah Menengah pertama dan atas. Tapi jika liburnya benar-benar secara Nasional dipindah hari Jum’at, tentu hal itu tidak menguntungkan bagi umat kristen. Karena kebaktian tidak bisa lagi 5 shift sehari.


Nah, , , kalo menurut agan-agan gimana??

yang umat islam bolehlah share masalah fiqih'nya. . . thanks.
yang non muslim juga boleh share pendapatnya. .


maap klo trit ane masih berantakan. by nubi emoticon-Malu (S)
Spoiler for Buka Aja:
jumat lah gan secara ane muslim
ane jg mencoba make tanggalan islam emoticon-2 Jempol
Jumat liburin aja ya, biar sholat jumatnya ga pada ngantuk
mendingan libur minggu, kalo jumat mesjid deket rumah jadi penuh buat solat jumat ga kebagian deh emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By ipangest
mendingan libur minggu, kalo jumat mesjid deket rumah jadi penuh buat solat jumat ga kebagian deh emoticon-Cape d... (S)


makanya dateng sebelom adzan gan emoticon-Hammer2
enakan hari minggu gan , jumat kan kepotong jadi ga enak kalo liburnya mah
libur dari hari jumat sampai minggu..
Quote:Original Posted By dwinat10
jumat lah gan secara ane muslim
ane jg mencoba make tanggalan islam emoticon-2 Jempol


kalo pilih jum'at libur:
secara orang2 indo berlibur dan jalan2 ketempat wisata pada hari libur, terus jum'atannya kapan gan..?? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By mpmail
Jumat liburin aja ya, biar sholat jumatnya ga pada ngantuk


kaga ngaruh kali gan, , , kalo waktu khotib naik mimbar dijamin semua langsung teller,, tapi setelah khotib turun mimbar semua mata terbuka lebar. . . haha
uda bawaan orok kali gan ngantuknya. . .emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By TASK
enakan hari minggu gan , jumat kan kepotong jadi ga enak kalo liburnya mah

setuju gan emoticon-No Sara Please

Quote:Original Posted By ipangest
mendingan libur minggu, kalo jumat mesjid deket rumah jadi penuh buat solat jumat ga kebagian deh emoticon-Cape d... (S)


ketahuan nih si agan, ke mesjidnya kalo uda iqomah. . . emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By TASK
enakan hari minggu gan , jumat kan kepotong jadi ga enak kalo liburnya mah


ane setubuh ama ente gan emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By anakbagong
libur dari hari jumat sampai minggu..


kantor2 gak bakal nutup target gan,,
kerjaan gak pada selese emoticon-Malu (S)
Minggu gan..

Alesannya, shalat Jum'at pan waktunya cukup pendek. Dan shalat Jum'at juga.. buat cowo doang kan?? Cewe ngga ikutan.
Di kantor2 pan udah ada mushala maupun mesjid. Mudah lah motong jam kantor/sekolah pada siang hari buat beribadah shalat jum'at cukup sejam-an aja. Sekalian makan2 istirahat juga.. Trus habis shalat jum'at beraktivitas lagi deh..

Kalo minggu??

Ibadah ke Gereja itu kan pagi2. Dan ibadahnya juga sekeluarga: cewe dan cowo. Kalo hari Minggu jadi hari kerja, kasihan yang kristen, yang harus beribadah pagi-pagi. Nanti berangkat kerjanya telat karena mereka harus beribadah dulu.

Ane muslim.

Kalo Jum'at jadi libur nasional/libur mingguan, ga enak banget. Hari libur mingguan kan biasanya dipake buat jalan2 tuh, nah, kalo kita jalan2 mingguannya pada hari jum'at, nanti repot karena bakal kepotong sama Shalat Jum'at pada siang hari..
Lebih baik, shalat jum'atnya motong jam kerja deh..
trus juga kalo liburnya minggu kan enak, soalnya hari minggu itu ada di ujung pekan..

Mending Libur hari Minggu aja gan emoticon-Malu (S)
Lagian sekalian toleransi beragama..
Libur hari Jum'at juga ga disuruh di al-qur'an

Islam tuh fleksibel lagi, berlaku di setiap negara apapun bentuk negaranya. Indonesia bukan negara Islam kok, meski mayoritasnya Islam..
Selama ini kita ttp bisa beribadah dengan damai dan tentram kan? emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By azna.mulatsam


kalo pilih jum'at libur:
secara orang2 indo berlibur dan jalan2 ketempat wisata pada hari libur, terus jum'atannya kapan gan..?? emoticon-Big Grin


betul bangte nih emoticon-Big Grin orang Indonesia suka nambah libut sendiri emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By hollywooddess
Minggu gan..

Alesannya, shalat Jum'at pan waktunya cukup pendek. Dan shalat Jum'at juga.. buat cowo doang kan?? Cewe ngga ikutan.
Di kantor2 pan udah ada mushala maupun mesjid. Mudah lah motong jam kantor/sekolah pada siang hari buat beribadah shalat jum'at cukup sejam-an aja. Sekalian makan2 istirahat juga.. Trus habis shalat jum'at beraktivitas lagi deh..

Kalo minggu??

Ibadah ke Gereja itu kan pagi2. Dan ibadahnya juga sekeluarga: cewe dan cowo. Kalo hari Minggu jadi hari kerja, kasihan yang kristen, yang harus beribadah pagi-pagi. Nanti berangkat kerjanya telat karena mereka harus beribadah dulu.

Ane muslim.

Kalo Jum'at jadi libur nasional/libur mingguan, ga enak banget. Hari libur mingguan kan biasanya dipake buat jalan2 tuh, nah, kalo kita jalan2 mingguannya pada hari jum'at, nanti repot karena bakal kepotong sama Shalat Jum'at pada siang hari..
Lebih baik, shalat jum'atnya motong jam kerja deh..
trus juga kalo liburnya minggu kan enak, soalnya hari minggu itu ada di ujung pekan..

Mending Libur hari Minggu aja gan emoticon-Malu (S)
Lagian sekalian toleransi beragama..
Libur hari Jum'at juga ga disuruh di al-qur'an

Islam tuh fleksibel lagi, berlaku di setiap negara apapun bentuk negaranya. Indonesia bukan negara Islam kok, meski mayoritasnya Islam..
Selama ini kita ttp bisa beribadah dengan damai dan tentram kan? emoticon-I Love Indonesia (S)


Super sekali mas gan...

Mari kita share disini,
melirik dari segi agam sdikit. . (secara ane muslim)
Quote:Original Posted By Azna.Mulatsam

Bepergian Pada Hari Libur

Masyarakat Indonesia pada umumnya melakukan perjalanan wisata pada hari libur. Tempat-tempat rekreasi akan penuh di akhir pekan.

Mengenai boleh tidakkah seseorang melakukan perjalanan di hari Jum’at, setelah matahari terbit sebelum melaksanakan shalat Jum’at, para Ulama’ berbeda pendapat:

1. Boleh secara muthlak, ini adalah pendapat Hanafiyyah (Ibnu Abdin al-Hanafi w. 1252 H, Radd al-Muhtar, 2:162)

2. Makruh, Ini adalah pendapat yang Masyhur dari Malikiyyah dan Hanabilah. (Al-Bahuti w. 1051 H, Syarh Muntaha al-Iradat, 1: 131)

3. Haram secara muthlak, ini adalah pendapat Syafi’iyyah. (Imam Nawawi w. 676 H, al-Majmu’, 4: 499)

Meskipun ada perbedaan pendapat diantara para Ulama’ tentang hukum mengadakan perjalanan di hari Jum’at, tapi sepertinya kurang enak juga jika bepergian di hari Jum’at.

Jika perjalanan wisatanya jauh, mungkin kita masih bisa menqashar dan Jama’ shalat Dzuhur dengan Ashar, dan tidak wajib melaksanakan shalat Jum’at. Tapi jika penduduk Jakarta, wisatanya hanya ke Ancol maka shalat Jum’at masih tetap wajib. Padahal biasanya tempat shalat di tempat rekreasi sangatlah kecil, mungil dan mojok.

Jika libur jadi diganti hari Jum’at, sepertinya tempat-tempat rekreasi harus mendirikan Masjid yang cukup besar.

begitulah kira-kira :CMIIW

itu yang nanya pendeta gan? haduhh malu 700 turunan tuh 700 pendeta, jleb jawabannya,

sebenernya dalam AL-Quran sih kita hanya disuruh untuk meninggalkan jual beli pada saat waktu mau solat jumat saja bila solat selesai malah kita disuruh kerja lagi gan emoticon-Smilie ini ayatnya

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.( QS Al-Jumuah ayat 9)

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. QS Al-Jumuah ayat 10)


jadi malah Allah SWT gak nyuruh kita libur di hari Jumat, so menurut ane sih g masalah mau liburnya di hari apa saja, tapi bila hari Jumat libur ini bisa menjadi Ajang silaturahmi bagi tetangga-tetangga kita gan emoticon-Smilie kan orang kota jarang tuh silaturahmi sama tetangga emoticon-Smilie

so menurut ane Minggu aja gpp libur ngehormati kaum lain gan, yaa walau di negara lain malah idul fitri g libur lho gan padahal muslimnya 10% contoh prancis ato negara lain mungkin ada lagi

kalau boleh nanya ke yang kristen apakah emang perintah ibadahnya di hari minggu atau di hari libur, boleh lihat dalilnya gak buat yg kristen tentang ibadahnya?

dalil=pernyataan, bisa dari Tuhan atau Nabi atau Orang biasa


Page One Gan

oh ya ternyata beritanya bener ya gan ini berita lengkapnya

Quote:Jumat 01 Maret 2013 sore kemarin, Jusuf Kalla memimpin rapat DMI (Dewan Masjid Indonesia). Selepas melaksanakan shalat maghrib beliau bercerita bahwa beliau baru saja memberi sambutan dalam Konferensi Gereja di Makasar di hadapan 700 pendeta. Dalam sesi tanya jawab ada yang tanya tentang kasus gereja Yasmin Bogor.
Beliau jawab,“Anda ini sudah punya 56.000 gereja seluruh Indonesia tidak ada masalah, seharusnya berterima kasih. Pertumbuhan jumlah gereja lebih besar daripada masjid. Kenapa urusan 1 gereja ini Anda sampai bicara ke seluruh dunia?”
“Toleransi itu kedua belah pihak. Anda juga harus toleran. Apa salahnya pembangunan dipindah lokasi sedikit saja? Tuhan tidak masalah kamu mau doa dimana. Izin membangun gereja bukan urusan Tuhan, tapi urusan walikota.”
Begitu khasnya JK menjawab dengan nada yang tinggi, seperti dikutip fimadani.
Jusuf Kalla kemudian juga ditanya,“Mengapa di kantor-kantor mesti ada masjid?”
Dengan tegas, mantan Wakil Presiden itu menjawab,“Justru ini dalam rangka menghormati Anda. Jumat kan tidak libur, Anda libur hari minggu untuk kebaktian. Anda bisa kebaktian dengan 5 kali shift, ibadah Jumat cuma sekali. Kalau Anda tidak suka ada masjid di kantor, apa Anda mau hari liburnya ditukar, Jumat libur, Minggu kerja. Pahami ini sebagai penghormatan umat Islam terhadap umat Kristen.“




ternyata pertama nanyain gereja yg dibogor ya yang g mau dipindah..... ane liat beritanya ampe kebaktian di trotoar klo g salah apa maksud coba padahal pembangunananya cuma dipindah aja.

mungkin klo liburnya dipindah Jumat nanti yg koar koar bukan bisa sampe internasional lagi gan mungkin bisa sampe interantariksa nanti paling heboh ngexpose Metro TV sama Kompas TV gan emoticon-Ngakak

if you know what i mean

mending jumat sabtu minggu gan
Quote:Original Posted By TASK


betul bangte nih emoticon-Big Grin orang Indonesia suka nambah libut sendiri emoticon-Big Grin


kalo berkenan lempar ane emoticon-Blue Guy Cendol (L) di trit pertama ane gakpapa gan, , , ane ikhlas. . emoticon-Malu (S)
wah jangan deh gan, ane sih mending hari minggu aja liburnya, toh yg noni kan banyak ibadahnya hari minggu
lagian kalo jumatnya libur ga enak hari jumat ga libur aja org masih lupa jumatan, gimana kalo libur, bablas