alexa-tracking

Asal Usul Sejarah Helm

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51608af95b2acfc67d000006/asal-usul-sejarah-helm
Thumbs up 
Asal Usul Sejarah Helm
emoticon-Salaman Asal Usul Sejarah Helm emoticon-Salaman


 Asal Usul Sejarah Helm




Jangan lupa emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star gan



Quote:



Spoiler for First Helmet Normal :


Spoiler for First Helmet Normal:



Asal Usul SEjarah helm/ kemunculan helm telah lahir sejak zaman Yunani kuno. Pada zaman ini helm merupakan bagian dari teknologi perang yaitu sebagai pelengkap dari baju zirah/baju besi. Melihat peranannya yang cukup penting untuk melindungi kepala penggunanya dari ancaman senjata-senjata musuh maka helm terus berkembang luas. Helm dianggap sebagai pelindung paling efektif bagi kepala dari tebasan senjata lawan, lesatan anak panah, atau bahkan bidikan peluru berkecepatan rendah (dari senapan awal seperti arquebus). Alhasil hingga zaman romawi klasik, abad pertengahan sampai akhir abad 17, keberadaan helm sebagai perlengkapan pakaian perang ini terus berkembang secara luas, baik di Eropa bahkan sampai ke Jepang.Sayangnya perkembangan senjata api sangatlah cepat. Dengan kemampuan ilmu pengetahuan manusia yang menakjubkan, maka kecepatan peluru pun semakin tinggi. Akibatnya sejak tahun 1670 penggunaan helm mulai menurun karena dianggap tidak efektif lagi untuk melindungi penggunanya. Sampai akhirnya pada abad 18, para infantri tidak ada lagi yang mengenakan helm sama sekali.



Namun ternyata riwayat helm tidak berakhir sampai di situ saja. Meski kecepatan peluru sudah tak terukur lagi, ternyata akhirnya banyak kalangan yang tetap memandang keberadaan helm sebagai pelindung yang efektif. Hal itu berdasarkan pemikiran bahwa semua tergantung dari teknologinya dan kualitas bahan yang digunakan. Akhirnya pada era Napoleon, penggunaan helm kembali dikukuhkan bagi prajurit kavaleri. Nah, pada maraknya penggunaan artileri berat pada perang dunia I, helm telah mampu menunjukkan fungsinya dalam mengurangi korban akibat serpihan bom atau schrapnel. Pembuktian ini menjadikan helm kembali marak digunakan oleh militer sepanjang waktu kemudian. Sejak pecahnya perang dunia kedua hingga sekarang ini pun helm masih diwajibkan sebagai peralatan standar bagi prajurit.



Sejalan dengan berkembangnya waktu dan teknologi manusia, helm terus berevolusi. Dari sisi aktivitas helm tak lagi hanya dibutuhkan untuk perang, tapi juga dikenakan untuk aktivitas-aktivitas sipil seperti olahraga, pertambangan, berkendara atau kegiatan beresiko lainnya. Dari sisi bahan, bentuk, teknologi dan modelnya, helm juga terus berubah.
Sekarang ini helm banyak dibuat dari bahan yang lebih bervariasi selain besi yaitu metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau bahkan plastik yang kuat.


Tapi sekarang hampir 70% orang pake helm bukan alasan akan keselamatan.....tapi banyak yang bilang karena takut polisi,takut di tilang bro.......jadi fungsi helm jadi berubahkan.....dari yang mengfungsikan keselamatan jadi fungsi biar ga ke tilang tok...... emoticon-Cape d... (S)emoticon-Hammer (S)


Kalo ini Contoh Helm Zaman sekarangnya gan, lebih gaya dan terlihat sportyemoticon-Ngakak


Spoiler for Helm Modern 1:

Spoiler for Helm Modern 2:

Spoiler for Helm Milik TS :


Spoiler for Bonus:




Akhir kata TS berterima kasih agan/aganwati sudah mau mampir ke thread sederhana ane ini. Semoga bisa menambah wawasan bagi yang membacanya emoticon-Malu (S)

*Kaskuser yang baik selalu meninggalkan komeng* emoticon-Salaman


yang udah ISO bolehlah timpuk ane pake cendol emoticon-Cendol (S)


 Asal Usul Sejarah Helm


emoticon-Peace
Pertamax TS yang amankan emoticon-army
First Helem kayak mau ke bulan aja emoticon-Ngakak








Quote:
KASKUS Ads
kalo masih dalem kota gue pake helm half face aja emoticon-Big Grin
gak nyangka ane helm pertama seaneh itu emoticon-Takut


ane baru tau gan biasanya ane cmn pake2 aja tuh helm emoticon-Hammer (S)
helm pertama aneh bgt gan emoticon-Big Grin
fungsi helm sekarang kebanyakan klo pas razia doang d pakai gan.. emoticon-Hammer (S)
emoticon-Sundul
ane bantu rate thread gan emoticon-Angkat Beer
nambah pengetahuan gan,nice share emoticon-Angkat Beer
emoticon-Sundul
nambah pengetahuan gan
bwt mampir ke trit ane ya 100 FAKTA TENTANG INDONESIA
Kalo Helm yang Di kepala bawah ada gan sejarah nya ? share dong ....
makin canggih gan emoticon-Matabelo
wah wah baru tau nh....klo sejarah asal muasal kondom gmn ya.....?
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
baru tau kalo helm pertama kaya gitu bentuknya
kalo sekarang helm dipake dengan alasan supaya ga ketilang emoticon-Cape d... (S)