alexa-tracking

Sejarah Musik Indie di Indonesia (Indienesia)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/515fb888552acfe56e00000d/sejarah-musik-indie-di-indonesia-indienesia
Thumbs up 
Sejarah Musik Indie di Indonesia (Indienesia)
Sejarah Perkembangan Musik Indie
Kali ini kita akan ngebahas soal sejarah musik indie, siapa yang tak kenal indie yang identik dengan kata "Do It Your Self " atau jadi diri sendiri. Sebelum lebih jauh ngebahas soal perkembangan musik indie tanah air, ada baiknya kalau kita flash back sedikit soal perkembangan musik indie secara menyeluruh karena dari sana jugalah cikal bakal musik indie tanah air lahir.

Pergerakan indie sebenarnya bukan sesuatu yang baru, mereka dimulai pada era punk tahun 70-an. Pada era itu sistem seolah dijungkirbalikan (do it yourself ) termasuk dalam cara merilis rekaman. Momen-momen itulah cikal bakal dari musik indie yang kita kenal sekarang. Ledakan punk ini menyebar di seluruh dunia sampai muncul istilah-istilah seperti new wave dan post-punk saat ini. Tapi memang, di Indonesia sendiri etos dan juga band-band punk ini tidak sampai, hanya gaya fashionnya saja yang diambil oleh masyarakat indonesia.

Sampai tiba pada tahun 90an kita terheboh dan terpukau dengan Nirvana band yang bergendre Underground ini hadir album Nevermind' dan menjagokan single 'Smells Like Teen Spirit' pada tahun 1991. Nirvana terasa lain karena berani hadir dengan perbedaan, mungkin dengan lirik yang nihil namun ekspresi yang benar-benar mengena di jiwa anak muda. Semacam pencerahan dan kesadaran baru dalam bermain musik, termasuk untuk band-band di Indonesia, yang sukse dengan dikontrak sebuah leber besar.

Dengan begitu meledaknya Nirvana sampai juga distribusi lagu mereka ketelinga musik tanah air karena mereka bernaung pada sebuah leber besar dan distribusinya sampai ke indonesia, Tentunya hal ini punya pengaruh dan meski pada masa itu melakukan rekaman sendiri memang tidak semudah sekarang, tapi kesadaran untuk melakukan hal itu ada. Lalu mulailah muncul band-band dari punk rock, grunge, indie pop dan lain sebagainya yang mengusung semangat yang sama. Awalnya mereka memainkan lagu milik orang lain namun kelamaan mulai berani maju dengan lagu ciptaan sendiri. Awalnya hanya main di lingkungan setempat sampai akhirnya punya massa sendiri.

PAS Band bisa dikatakan indie band Indonesia yang meraih sukses. PAS merilis EP secara indie sampai akhirnya label-label besar menawarkan kerja sama. Mereka punya fan base yang kuat karena mereka mulai dari bawah dan punya struktur yang kuat. Selain itu ada juga band-band lain misalnya Pure Saturday dan masih banyak lagi. Tahun 90-an ini pergerakan indie bergerak secara sporadis .

Dari masa itu hingga sekarang, perkembangan musik indie tanah air terus meningkat. Bukan hanya di sisi band indie saja, tapi juga elemen-elemen yang mendukungnya seperti majalah indie, trend internet seperti MySpace dan friendster , panggung-panggung reguler, label indie bahkan juga fashion (distro) . Memang semuanya berakar pada semangat anak muda yang selalu mencari yang beda, mencari ekspresi yang bisa merepresentasikan eksistensi mereka. Sekarang band indie bisa ditemui di mana saja, bukan cuma Jakarta atau Bandung, tapi juga Jogjakarta, Surabaya, Bali, Malang dan kota-kota lainnya.

Jaman dulu di Indonesia pun juga ada artis2 musik yg merilis rekamannya sendiri ataupun melalui private labels. Tahun 1971, Benny Soebardja merilis rekaman bandnya saat itu, Shark Move, secara sendiri. Juga yg lebih terkenal, Guruh Gipsy , yg juga merilis rekamannya sendiri. Bahkan cara penjualannya pun tidak lazim, terkadang di pinggir jalan, toko kosmetik, PRJ (Pekan Raya Jakarta). Kedua band tersebut memang merilis rekaman yg materinya bertolak belakang dengan tren pasar saat itu, nyaris tidak komersil.

Hingga akhirnya sekarang pergerakan indie sudah semakin berjaya, banyak lahirnya band - band indie seperti, Efek rumah kaca, Bangku Taman, Sore, Zack and The popo dll

Udah paham sejarahnya kan gan?
Ini musik , musik tanpa harapkan imbalan dan materi , dan ini MUSIK INDONESIA (INDIENESIA)!!!!emoticon-I Love Indonesia (S)

ni apaan maksud tritnya gan??
Quote:


sejarah musik indie gan
tau?
Nice inpo gan!

Tapi koreksi sedikit gan, music indie awalnya bukan dari era 70an, tapi dari jaman 60an juga udah ada, waktu itu band Velvet Underground sama Captain Beefheart tokohnya. Waktu itu tujuannya buat nyaingin label2 besar yang udah ada yang waktu itu terkesan dismkriminatif dan monoton.

Di indonesia, selain guruh gypsy, Iwan Fals juga pernah pake cara indie, waktu dia jualan kasetnya di parkir timur senayan pas konser akhir 80an.

Di jakarta, musik indie dan scene2 indie langsung rame setelah kompilasi JKT:SKRG yang ngenalin upstairs, the adams, sore, sajama cut, dll sukses di pasaran. Sebelumnya, Mocca juga sempat bikin geger label besar gara2 angka penjualannya sama kayak label2 besar.

Sekian gan.. support terus musik indonesia.yah!
Quote:

ok siap gan :-D
ane suka dengerin lagu lagu dari.musisi indie, enak, jujur dan apa adanya. Semoga musisi musisi yang ada di jalur Indie bisa makin berkarya
gan newbi numpang promo nih band INDIE ane namanya FAIR judul lagunya THE POEM baru buat video clipnya mohon kritik dan sarannya kalo bisa sih agan agan like dan komen hehhehe jangan lupa subscribe gan makasih nih link youtubenya



alirannya british gitu gan coba didengerin aja hehehe
×