alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/515a97480975b4d01f00000d/jerawat
JERAWAT
Warnanya yang merah kehitam-hitaman memang mengganggu keindahan wajah. Apalagi jika ada warna putih di tengahnya, jerawat jadi jelas terlihat. Belum lagi bekasnya yang sulit dibersihkan.
Jerawat biasanya muncul saat pubertas, usia 15-19 tahun (90%). Biasanya muncul pada muka ataupun di punggung & kadang di kuping. Jerawat merupakan kondisi umum pada kulit yang timbul karena perpaduan minyak berlebih, kotoran & sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit. Bakteri penyebab jerawat akan tumbuh dalam perpaduan ini & berkembang biak. Jika tetap dibiarkan, pori-pori yang tersumbat akan membengkak & mengeluarkan nanah.
Jerawat sebenarnya akan menghilang dengan sendirinya, namun bila terjadi luka (karena pecah) akan meninggalkan bekas. Pemicu jerawat antara lain adalah stress, perubahan iklim, menstruasi (diperkirakan sekitar 70% wanita berjerawat 2-7 hari sebelum menstruasi) & efek kosmetik tertentu.
¤TINDAKAN PENANGANAN¤
1. Cuci daerah yang berjerawat dengan air hangat 2 X sehari. Gunakan sabun yang memiliki pH netral.
2. Hindari kosmetik. Menggunakan make-up akan menyumbat pori-pori wajah.
3. Perhatikan gizi agar seimbang, konsumsi cukup vitamin C & E makanan sehat tanpa lemak & sayur mayur dapat mengurangi jerawat.
4. Jangan memencet jerawat, karena infeksi akan menyebar.
5. Kurangi penyebab stres.
6. Bersihkan & rawat kulit wajah dengan tuntas.
¤OBAT HERBAL UNTUK JERAWAT¤
☑minyak zaitun, pijat dengan lembut wajah dengan minyak zaitun terutama di bagian yang terdapat noda jerawat.
☑madu, oleskan madu murni pada wajah. Biarkan selama k.l 15 menit, sampai kering. Setelah itu basuh wajah dengan air hangat.
☑ambil jeruk nipis & peras airnya sebanyak 1 sendok teh. Campur dengan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah & diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air dingin.
☑oleskan 3 sendok makan madu & 1 sendok teh bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Basuh & bersihkan keesokan harinya dengan air hangat. Lakukan rutin setiap hari selama 2 minggu, maka akan menyembuhkan jerawat sampai ke akar-akarnya.
☑bisa dibilang air adalah metode perawatan wajah yang paling baik yang bisa kita peroleh dari alam. Minum air yang cukup untuk membuang racun-racun dari dalam tubuh (8 gelas perhari). Air juga bisa membantu meluruhkan sel-sel kulit mati.
☑raihan/selasih, tumbuk daun selasih/raihan hingga halus kemudian taburkan di atas kulit yang berjerawat. Daun selasih akan menyerap air & kotoran yang ada di kulit.
Semoga bermanfaat
Sangat bermanfaat gan emoticon-Big Grin