alexa-tracking

penyebab, tindakan & cara pencegahannya Kram pada kaki / betis

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51590d298227cf3429000003/penyebab-tindakan-amp-cara-pencegahannya-kram-pada-kaki---betis
penyebab, tindakan & cara pencegahannya Kram pada kaki / betis
Quote:Share gan. Secara kejadiannya baru ane alamin hari ini pas lagi enak-enak tidur kebangun gara-gara kram.
Yasudah ane buat Thread aja di kaskus siapa tau penting buat semuanya yang belom tau


penyebab, tindakan & cara pencegahannya Kram pada kaki / betis


Pernahkah Anda mengalami kaki kram, ketika Anda sedang pulas-pulasnya tidur? Rasanya sangat menjengkelkan sekaligus menyakitkan. Tanpa basa-basi, tiba-tiba betis atau jempol kaki kram dan Anda pun terbangun. Setelah itu, jelas akan sulit untuk tidur lagi. Kram tidak hilang begitu saja, butuh waktu.

Ini dia ringkasannya :

Kram kaki adalah nyeri akibat spasme otot di kaki yang timbul karena otot berkontraksi terlalu keras. Daerah yang paling sering mengalami kram adalah otot betis di bawah & di belakang lutut.

Faktor Penyebab Kram pada kaki :

Otot yang kelelahan
Penggunaan otot kaki yang berlebihan
Kurangnya cairan elektrolit tubuh yang keluar melalui keringat
Penumpukan asam laktat ( hasil metabolisme di otot )
Terganggunya oksigenasi jaringan otot
Terganggunya sirkulasi darah ke jaringan otot

Apa yang harus dilakukan bila tiba-tiba mengalami kram pada kaki :

1. Cari tempat duduk / tempat bersandar
2. Lepaskan alas kaki / sepatu
3. Angkat telapak kaki yg sakit ke atas pangkuan
4. Jangan membungkuk, karena posisi membungkuk bisa menekan daerah perut
5. Perhatikan arah tekanan otot ketika terjadi serangan kram : bila kram menyebabkan jemari kaki dalam keadaan menguncup, gunakan tangan anda untuk secara perlahan menekan jemari kaki kearah atas hingga membuka kembali.
6. Bila kram telah reda, pijat telapak kaki agar aliran darah kembali lancar.
Serangan kram akan menyebabkan kontraksi yang membuat otot memendek, terapi ke arah berlawanan dengan serangan kram akan membantu membuat otot kembali memanjang, namun harus dilakukan dengan perlahan karena gerakan secara paksa / tiba-tiba dapat berisiko merobek serabut otot itu.

Apa yg sebaiknya dilakukan bila kram betis :

1. Segera duduk atau bersandar pada dinding
2. Secara perlahan, luruskan kembali lutut dengan bantuan tangan
3. Jika lutut telah kembali lurus, pijat betis untuk melancarkan peredaran darah
4. Lakukan peregangan kaki termasuk telapak kaki
5. Meski kram sudah mereda, istirahat dulu beberapa menit sebelum kembali beraktifitas

Cara pencegahan kram :

1. Menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan cara banyak minum. Minum setidaknya 6-8 gelas sehari, termasuk 1 gelas sebelum tidur. Juga perbanyak minum sebelum, selama dan sesudah olah raga.
2. Konsumsi makanan yang kaya kalsium, potasium dan magnesium. Oya, 1-2 pisang sehari dapat mencukupi kebutuhan potasium kita.
3. Bila sering mengalami kram betis saat tidur, maka perlu melakukan pelemasan otot betis sebelum tidur, tidur dengan posisi yang mencegah otot betis tertekan, usahakan agar jari-jari & telapak kaki tidak menghadap ke bawah saat tidur
4. Hindari menggunakan alas kaki dengan hak tinggi, jika terpaksa menggunakan hak tinggi dalam waktu lama, sesekali lepaskan agar jari kaki mempunyai kesempatan untuk beristirahat
5. Pilih sepatu yang tak terlalu ketat di bagian ujungnya, agar jari-jari kaki tidak terlalu tertekan saat melangkah & mengakibatkan kurang lancarnya peredaran darah
6. Lakukan olah raga jari kaki yaitu dengan menggerak-gerakkan jari kaki sambil berdiri / duduk santai
7. Sering merendam kaki / jari-jari kaki di air hangat dan memijatnya agar aliran darah lancar.
***


sumber
nice info gan, brguna nh infonya. ane sering keram. haduh

btw pertamax ga ya emoticon-Malu
Quote:Original Posted By Creepdrum
nice info gan, brguna nh infonya. ane sering keram. haduh

btw pertamax ga ya emoticon-Malu


wew iya ente pertamax gan
Paling ngeselin apalagi pas renang gan ... emoticon-No Hope
wah makasih gan , bermanfaat bgt
boro-boro deh gan.. ane kalo udah keram langsung panik.. cuman nahan sakit doang.. hehe
Quote:Original Posted By jigjig39

3. Bila sering mengalami kram betis saat tidur, maka perlu melakukan pelemasan otot betis sebelum tidur, tidur dengan posisi yang mencegah otot betis tertekan, usahakan agar jari-jari & telapak kaki tidak menghadap ke bawah saat tidur


nyang ini gan
dulu pas bini ane hamil
sering banget kebangun malem2 karena betisnye kram
emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By Nuku


nyang ini gan
dulu pas bini ane hamil
sering banget kebangun malem2 karena betisnye kram
emoticon-Hammer2


kalo lagi hamil emang gitu gan suka kram
ane sering keram pada waktu bangun tidur
nais sahre nih gan
nice info gan,,ane sering bgt kena kram betis
Nais Inpoh Gan...emoticon-shakehand

ane bantu Rate..emoticon-Big Grin
ane juga suka kram gan pas lagi tidur. sampe dari betis paha malah
Wah, bagus nih trit .. sayang kalo tenggelam emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By LOrdEzy
Wah, bagus nih trit .. sayang kalo tenggelam emoticon-Matabelo


iya gan sayang2 emoticon-Matabelo
nice share gan, biasanya kram terjadi disaat sedang kelelahan
nice info gan
Quote:Original Posted By dsyhd
nice info gan


yuk marii emoticon-Ngakak
I hate kram, serasa masuk neraka selama 20 detik.
nays impoh gan