alexa-tracking

Cingkrang.......?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5158f6cd48ba54250d00000b/cingkrang
Inspiratif 
Cingkrang.......?
Assalamu'alaikum warrphmatulloh wabarokatuh.

pagiiii menjelang siang bagi agan2 dan aganwati semuanya...... emoticon-Kiss

insyaalloh dalam keadaan aman fiamanillah dan barokah fibarokatillah. emoticon-Kiss

sebelumnya mohon agan2 meninggalkan jejak untuk membangun/memberikan masukan ane biar membuat thread yang lebih manfaat kedepannya... emoticon-Malu (S)

dan jangan lupa timpukin ane nyg ijo2 y gaaaannn... emoticon-Blue Guy Cendol (L)

lansung aja gan... biar g kelamaaan jadi lepek kayak bakwan ummi ane yg daah dimasak kemaren... emoticon-Ngakak

Cingkrang.......?

Semakin hari, rasanya semakin banyak orang yang bercelana cingkrang atau ngatung. Maksudnya memakai celana panjang tetapi di atas mata kaki, tidak melewati ke dua mata kaki. Di bilangan Kebayoran Lama misalnya, banyak remaja – remaja berseragam dengan celana cingkrang. Demikian juga di seputar Blok M. Atau juga yang sering saya lihat di sekitar BSD - Muncul. Mereka memang rata – rata anak – anak sekolahan, baik SMP maupun SMA. Di tempat – tempat umum juga sama. Rupanya kesadaran berbusana yang benar sudah mulai dimengerti. Dugaan saya kalau di sekolahan memang akan lebih gampang, jika itu diterapkan sebagai aturan sekolah. Di luar institusi tentu akan berbeda, kecuali memang mempunyai pemahaman yang benar tentangnya.

Beberapa minggu yang lalu saya sibuk memendekkan celana. Ada dua potong celana saya yang saya kirim ke penjahit untuk dipendekkan. Bukan celana baru sih, tetapi celana yang sempat membuat saya risih. Sampai – sampai seorang teman berseloroh, “Sudah tua kok masih nambah terus tingginya ya Mas? Bukannya biasanya tumbuhnya ke samping? Tapi kok celananya dipendekin lagi.” Saya hanya mesem menanggapinya.

Ceritanya, itu celana memang sudah di atas mata kaki. Berhubung lingkar pinggang menyusut, setiap kali pakai selalu mlorot. Daripada repot – repot terus ngurusi celana (mengangkat dan menyingsingkan celana), maka keluarlah inisiatif dipendekkan saja. Sebenarnya waktu bikin dulu sudah dibuat di atas mata kaki, tetapi kenapa penjahitnya ketakutan kalau salah, hasilnya ngepress banget. Pas di atas mata kaki. Baru sekarang setelah dipotong lagi, nyaman pakainya. Meminjam istilah quran: hanii’an marii’a. Nggak segitunya…kali! Yah saking bahagianya, bercelana cingkrang.

Walau sudah bertambah banyak peminatnya, sejatinya masih banyak yang belum tahu atau keberatan dengan model cingkrang ini. Untuk itu, kali ini saya mencoba untuk menyajikan kembali dasar hukumnya. Dan sepanjang hemat saya inilah yang menjadi kendala khalayak.

Dari Ibnu Umar ra, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Barangsiapa memanjangkan pakaiannya karena sombong, maka Allah tidak akan melihatnya kelak di hari kiamat.” Kemudian Abu Bakar ra bertanya, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya sarungku melebihi mata kaki, kecuali aku menyingsingkannya.” Lalu Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menjawab, “Kamu bukan termasuk orang yang melakukan hal itu karena sombong.” (HR. Al-Bukhari dan sebagiannya diriwayatkan Muslim)

Hadits ini yang banyak dijadikan hujjah untuk boleh bercelana nglembreh; yang penting tidak sombong. Padahal kalau mau lebih cermat lagi, kunci hadits di atas adalah perkataan Abu Bakar menyingsingkan. Namun kalau masih bersikukuh asal tidak sombong bolehlah. Daripada bertengkar, coba kita tengok yang satu ini.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: "Suatu ketika ada seseorang shalat dengan memanjangkan kain sampai di bawah mata kaki. Maka Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda kepadanya, "Pergilah dan berwudhulah." Lalu ia pergi dan berwudhu. Kemudian ia datang dan Nabi bersabda, "Pergilah dan berwudhulah." Kemudian ada seorang laki-laki bertanya kepada beliau, "Ya Rasulallah, kenapa Anda menyuruhnya untuk berwudhu lalu Anda diamkan?" Beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam menjawab, "Karena ia shalat dengan memakai kain sampai di bawah mata kaki; Sesungguhnya Allah tidak akan menerima shalat seseorang yang memakai kain sampai di bawah mata kaki." (HR. Abu Dawud dengan isnad Shahih sesuai syarat Muslim)

Nah, kalau sholatnya tidak diterima karena celana nglembreh, terus bagaimana? Padahal semua tahukan, sholat adalah amalan paling pol dan pertama ditanya nanti di hari Qiyamat. Gara – gara kita memakai pakaian nglembreh terus sholat gak diterima, wassalam sudah. Bagi yang penasaran boleh juga membaca komentar Imam al-Buwaithi dari al-Syafi’i dalam Mukhtasharnya. Ia berkata, “Isbal dalam shalat maupun di luar shalat karena sombong dan karena sebab lainnya tidak diperbolehkan. Ini didasarkan pada perkataan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam kepada Abu Bakar Radhiyallahu 'Anhu.” Wuih teges banget imam ini. Di sudut sana ada yang berkilah, kan kalau sholat dilinting (dinaikkan) celananya? Baik, kita baca yang satu ini.

Dari Abu Sa'id al-Khudri Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,"Kain (sarung/pakaian) seorang muslim adalah sampai pertengahan betis. Dan tidaklah berdosa jika ada di antara betis dan dua mata kaki. Adapun yang sampai di bawah kedua mata kaki, maka ia berada di neraka. Siapa yang menjulurkan kainnya di bawah mata kaki dengan sombong, maka Allah tidak akan melihatnya." (HR. Abu Dawud dengan isnad shahih)
Berhubung hadits ini masih ada kata – kata sombong, maka terkesan kurang afdhol. Karena akan mirip dengan yang atas. Sekarang kita simak yang singkat ini.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, beliau bersabda,"Apa-apa yang berada di bawah mati kaki itu berada dalam neraka." (HR. Al-Bukhari).

Nah, kalau tiga hadits ini belum menyentuh hati, ya sudah. Gak apa – apa. Hidup adalah pilihan, dalam arti semua nanti akan dipertanggungjawabkan masing – masing. Tidak perlu kita geger masalah cingkrang ini, cukup tahu sama tahu. Kalau mau mengikuti ya syukur, kalau tidak ya diri sendirilah yang menentukan. Bahkan Imam Muslim dalah Shahihnya menerangkan dengan tegas larangan/haramnya isbal (menjulurkan kain di bawah mati kaki) ini.
"Bab: Keterangan beratnya keharaman menjulurkan kain (di bawah mata kaki;- disebut Isbal-), mengungkit-ungkit pemberian, menjual barang dagangan dengan sumpah palsu adalah tiga golongan yang mereka tidak akan diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat, Allah tidak akan melihat mereka dan menyucikan mereka, dan bagi mereka siksa yang pedih."

Dari Abu Dzar Radhiyallahu 'Anhu, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, beliau bersabda: "Tiga orang yang bakal tidak akan diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat, Allah tidak akan melihat dan menyucikan mereka, dan bagi mereka adzab yang pedih." Abu Dzar berkata, "Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam membacanya sebanyak tiga kali". Abu Dzar berkata, "Kecewa benar mereka dan sangat merugi. Siapakah mereka itu ya Rasulallah?" Beliau menjawab, "Yaitu orang yang menurunkan kain di bawah mata kaki (musbil), orang yang suka menyebut-nyebut pemberiannya (al-Mannan), dan orang yang menjual barang dagangannya dengan sumpah palsu." (HR Muslim)

Yang jelas kini saya tambah gembira sebab semakin banyak orang yang bercelana cingkrang. Artinya semakin banyak orang yang tahu ilmu dan kebenarannya bahwa itu adalah aturan dan hukum islam. Bukan punyanya para ekstrimis atau teroris yang memang ketahuan pada cingkrang celananya. Tapi itu adalah sunnah untuk para pria. Dan lebih senang lagi ketika dapat menyebarkan kebenaran ini kepada yang lainnya.

Semoga Allah paring manfaat dan barokah...


Quote:Original Posted By PimPam99
Pelajaran siple yang bisa di ambil
Jika kalian Sholat Usahakan Pakaian bawah yaitu celana ataupun sarung Di atas mata kaki ...

Watu Ane di PONDOK Pesantren Modern Assalam Sukabumi semua pengurus Atau Ustadzny juga menyuruh begitu alias Diatas mata kaki ...

Sekali keliatan saru agan di bawah mata kaki Tu sarung juga bakal langsung di Gunting mau kain semahal apa juga ...

TARO Pejwan Gan ...


tapi perhatikan thread/pembahasan ane di atas gan, celana 'cingkrang' bukan hanya diWAJIBKAN dlm keadaan saat sholat saja, namun juga di dalam keadaan sehari2, insyaalloh manfaat lan barokah. emoticon-Malu (S)
lagi musim celana cingkrang gan emoticon-Big Grin
jadi kalau cingkrang = Masuk surga
kalau nggak cingkrang = masuk neraka...
begitu kah..??

whew... surga dan neraka bukan milik siapa siapa bung.. Allah yang menentukan siapa yang masuk surga dan siapa yang masuk neraka... bukan ente bukan orang lain dan bukan siapapun...

Imam Hasan Bashri seorang ulama besar jaman Kalifah Harun Al Rasyid pernah berujar : Penghuni surga adalah mereka yang berpakaian bagus dan berhati tawadu, sedangkan penghuni neraka adalah mereka yang berpakaian buruk dan hatinya sombong...

dan salah satu bentuk kesombongan adalah membangga banggakan diri merasa lebih layak masuk surga ketimbang orang lain....

Mau bermain menjadi Tuhan rupanya....???
Quote:Original Posted By gantengmampuz
jadi kalau cingkrang = Masuk surga
kalau nggak cingkrang = masuk neraka...
begitu kah..??

whew... surga dan neraka bukan milik siapa siapa bung.. Allah yang menentukan siapa yang masuk surga dan siapa yang masuk neraka... bukan ente bukan orang lain dan bukan siapapun...

Imam Hasan Bashri seorang ulama besar jaman Kalifah Harun Al Rasyid pernah berujar : Penghuni surga adalah mereka yang berpakaian bagus dan berhati tawadu, sedangkan penghuni neraka adalah mereka yang berpakaian buruk dan hatinya sombong...

dan salah satu bentuk kesombongan adalah membangga banggakan diri merasa lebih layak masuk surga ketimbang orang lain....

Mau bermain menjadi Tuhan rupanya....???


maaf gan, ane g ngerti dengan alur logika agan...emoticon-Bingung (S)
kalo agan konsekuensi dengan pernyataan agan "Allah yang menentukan siapa yang masuk surga dan siapa yang masuk neraka" seharusnya agan mentho'ati seluruh perintah Alloh Ta'ala tanpa bagaimana dan bagaimana, inilah substansi iman di dalam Islam, mentho'ati perintah Alloh Ta'ala, Rosululloh dan ijtihad Amir secara mastatho'na...

demi menghindari perdebatan, dan ane bukan manusia yang suka berdebat, maaf gan ane tidak melayani perdebatan...
terimakasih banyak gan atas masukannya... emoticon-Malu (S)
berarti lagi musim JCC (jama'ah celana cingkrang).
wahabi dakwah di KASKUS itu Bidah, Krn Nabi Muhammad dan sahabat berdakwah di dunia nyata emoticon-Ngakak

masalah cingkrang bukan cingkrang itu g masalah, yg jadi masalah ketika memakai salah satu celana tersebut diliputi kesombongan dan unsur kepatutan/kesopanan saja.

Pangeran Arab ( Pusatnya WAHABI/ Yg ngaku2 salafi emoticon-Najis) aja celana nya g cingkrang emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By gantengmampuz
jadi kalau cingkrang = Masuk surga
kalau nggak cingkrang = masuk neraka...
begitu kah..??

whew... surga dan neraka bukan milik siapa siapa bung.. Allah yang menentukan siapa yang masuk surga dan siapa yang masuk neraka... bukan ente bukan orang lain dan bukan siapapun...

Imam Hasan Bashri seorang ulama besar jaman Kalifah Harun Al Rasyid pernah berujar : Penghuni surga adalah mereka yang berpakaian bagus dan berhati tawadu, sedangkan penghuni neraka adalah mereka yang berpakaian buruk dan hatinya sombong...

dan salah satu bentuk kesombongan adalah membangga banggakan diri merasa lebih layak masuk surga ketimbang orang lain....

Mau bermain menjadi Tuhan rupanya....???


Ane setuju sama agan ini dari pada TS nya, TS tau ga arti kata sombong???
Contoh tmn ane jga pake clana cingkrang pake jengot tapi sombongnya bukan main, taat beribadah tapi sesama manusia sombong nya bukan main Kya yg paling bner n pasti masuk syurga, klo bicara ga jaga perasaan dll, hanya Allah SWT yg tau...
Yg penting Hati n tingkah laku ga sombong bukan dari pakaian
Ane mau tau TS tau ga arti kata sombong???
Klo sholat celana di gulung smpai di atas mata kaki or pake sarung biar clana yg kita pakai ga kena najis (biar di gulung sampe paha klo clana or sarung ente kotor apalagi ente pake sempak bkas kna kncing dll tetep aje ga afdol sholat ente
Ya ampun masih ada aja yg gak suka sm trit kyk gini
Yg merasa dirinya Tuhan lah yg menolak dalil2 tersebut bukan TS ataupun org2 yg mengingatkan emoticon-Cape deeehh
Quote:Original Posted By eat-til


Ane setuju sama agan ini dari pada TS nya, TS tau ga arti kata sombong???
Contoh tmn ane jga pake clana cingkrang pake jengot tapi sombongnya bukan main, taat beribadah tapi sesama manusia sombong nya bukan main Kya yg paling bner n pasti masuk syurga, klo bicara ga jaga perasaan dll, hanya Allah swt yg tau..n ksombongan itu bukan krna panjang pendeknya Contoh tmn ane jga pake clana cingkrang pake jengot tapi sombongnya bukan main, taat beribadah tapi sesama manusia sombong nya bukan main Kya yg paling bner n pasti masuk syurga, klo bicara ga jaga perasaan dll, hanya Allah SWT yg tau...
Yg penting Hati n tingkah laku ga sombong bukan dari pakaian
Ane mau tau TS tau ga arti kata sombong???
Klo sholat celana di gulung smpai di atas mata kaki or pake sarung biar clana yg kita pakai ga kena najis (biar di gulung sampe paha klo clana or sarung ente kotor apalagi ente pake sempak bkas kna kncing dll tetep aje ga afdol sholat ente


sabar yaach gan, ane jg insyaalloh memahami perasaan agan... tp logika ane mengatakan inti dari cerita agan ini yg salah ada pada orangnya, bukan ada pada pernyataan Nabi Muhammad di dalam hadits2 yg menyatakan bahwa wajibnya 'cingkrang', sebab nabi adlh hamda Alloh Ta'ala yang ma'sum.

sekali lagi Islam adalah ajaran yg sempurna dari A-Z, sedangkan ummat muslim bukanlah 'malaikat' yang terbebas dari kesalahan, mereka juga adlh manusia biasa, sebagaimana yg disampaikan olh Nabi:
"Kuluu bani adam khotho'un..." (setiap anak adam adalah ahli salah)

maaf gan, syah2 j kita berbeda pendapat di dalam menyikapi sesuatu, asalkan saling toleransi agar tidak ada pihak yg dirugikan... di dalam islam tidak ada paksaan kok gan. emoticon-Matabelo

maaf kalo ane ada pernyataan yg menyinggung, ane semata menyampaikan, semoga bermanfaat. emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By yoyoming
Ya ampun masih ada aja yg gak suka sm trit kyk gini
Yg merasa dirinya Tuhan lah yg menolak dalil2 tersebut bukan TS ataupun org2 yg mengingatkan emoticon-Cape deeehh


emoticon-Shakehand2
sepakat gan, tp kita jg WAJIB menghargai pemahaman seseorang... emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-thumbsup ane mah udah lama pake celana cingkrang.ane jg tau alesannya ,bodo amat orang mau bilang apa.yg penting ane nyaman aja..
Quote:Original Posted By lexeizc
emoticon-thumbsup ane mah udah lama pake celana cingkrang.ane jg tau alesannya ,bodo amat orang mau bilang apa.yg penting ane nyaman aja..


setujaaaaaa sama agan satu ini daah emoticon-Shakehand2


kewajiban kita yg telah diberikan ni'mat hidayah dalalah (ilmu) dan hidayah taufiq (amal) adalah sebatas nasihat bilma'ruf, tanpa bagaimana dan bagaimana...

yang penting tidak sampai nyerempert emoticon-No Sara Please
Quote:Original Posted By kaptennusantara


setujaaaaaa sama agan satu ini daah emoticon-Shakehand2


kewajiban kita yg telah diberikan ni'mat hidayah dalalah (ilmu) dan hidayah taufiq (amal) adalah sebatas nasihat bilma'ruf, tanpa bagaimana dan bagaimana...

yang penting tidak sampai nyerempert emoticon-No Sara Please


Jadi siapa yang mamulai nyerempet SARA...??
mengangkat tema agama di Subforum Lounge saja sudah SARA.
kalau mau mempelajari sunnah tengok juga kenapa sunnah itu muncul. Jangan main comot saja kayak orang gak bisa berlogika. ujung ujungnya mengkafirkan orang lain.
kemana mana masih naik mobil/motor ? dosa Gan, sunnah rasul nggak ada tuh naik motor/mobil. naik onta saja kemana nama.
masih megang handphone, jangan, bisa masuk neraka tuh, sunnah rasul nggak ada handphone.
masih main internet? dosa .. Sunnah rasul nggak ada internet, apalagi kaskus...
masih make kaus..?? masih make kemeja..?? sepatu..?? topi..?? masih make duit rupiah..?? Dosa Gan. Kagak ada di sunnah rasul itu semua. Pake gamis dan surban aja, bayar makan minum dan belanja pake dinar..
kalau mau ngikut, sekalian saja. jangan tanggung tanggung...
Islam memang agama sempurna, hanya orang seperti TS nya yang demen ngangkat ajaran sepotong sepotong..

Kesel 

Bilang aje lu LDII tong emoticon-Najis
Quote:Original Posted By gantengmampuz


Jadi siapa yang mamulai nyerempet SARA...??
mengangkat tema agama di Subforum Lounge saja sudah SARA.
kalau mau mempelajari sunnah tengok juga kenapa sunnah itu muncul. Jangan main comot saja kayak orang gak bisa berlogika. ujung ujungnya mengkafirkan orang lain.
kemana mana masih naik mobil/motor ? dosa Gan, sunnah rasul nggak ada tuh naik motor/mobil. naik onta saja kemana nama.
masih megang handphone, jangan, bisa masuk neraka tuh, sunnah rasul nggak ada handphone.
masih main internet? dosa .. Sunnah rasul nggak ada internet, apalagi kaskus...
masih make kaus..?? masih make kemeja..?? sepatu..?? topi..?? masih make duit rupiah..?? Dosa Gan. Kagak ada di sunnah rasul itu semua. Pake gamis dan surban aja, bayar makan minum dan belanja pake dinar..
kalau mau ngikut, sekalian saja. jangan tanggung tanggung...
Islam memang agama sempurna, hanya orang seperti TS nya yang demen ngangkat ajaran sepotong sepotong..


terimakasih agan atas masukannya... ane suka berdiskusi mengenai berbagai hal, dapat menambah banyak wawasan, sebagaimana pesan almarhum babe ane, dengan mengetahui banyak hal kita akan kuat berdiri dan jelas arah perjalanan. emoticon-Malu (S)

namun sepertinya ane stop berdiskusi dengan agan, karena sebab tertentu, dan dari komen agan di atas sepertinya agan masih buta/belum memahami pengertian dan batasan2 dari sunnah dan bid'ah, saran ane sebaiknya agan buka, pelajari, dan hayati Kitab Al-I'tishom karya imam Asy-Syathibi, di dalamnya membahas secara detail mengenai perkara2 sunnah dan bid'ah.

semoga Alloh Ta'ala paring manfaat dan barokah kepada kita semua gan...
ane hanya seorang Mutholib dan akan terus seperti demikian. emoticon-Malu (S)

AllohuA'lam.
Quote:Original Posted By yufal
Bilang aje lu LDII tong emoticon-Najis


ane salah satu warganya, dari pernyataan agan sepertinya agan belum tahu mengenai kami, dan hanya sebatas mengikuti gosip2 jalanan, ingat pesan Baginda Rosululloh, seburuk2nya perkataan adalah 'qila waqola' (katanya-katanya)... maaf gan ane menghindari perdebatan, ane memposting tulisan di atas semata niat agar bermanfaat, karena sebaik2nya manusia adlh yang paling bermanfaat. emoticon-Malu (S)
setuju gan, mengikuti ajaran nabi dari yang terkecil....tapi banyak stament negatif kepada pemakai celana cingkrangemoticon-Belomatabelo, sedangkan yang memakai celana sobek2 tidak dipermasalahkan
Quote:Original Posted By qudamah
setuju gan, mengikuti ajaran nabi dari yang terkecil....tapi banyak stament negatif kepada pemakai celana cingkrangemoticon-Belomatabelo, sedangkan yang memakai celana sobek2 tidak dipermasalahkan


Rosululloh pernah berpesan kepada shohabat2 beliau, bahwasannya islam datang dalam keadaan asing, dan akan kembali menjadi asing, maka berbahagialah orang2 yg asing tsbt...

dan nasihat Waroqoh bin Naufat, bahwasannya tidak datang seseorang dengan membawa apa2 yang semisal dibawa oleh nabi (ajaran islam) maka pasti akan mendapatkan pertentangan dan pengusiran...

tapi kita harus ingat, tetap menghargai perbedaan pendapat sekecil apapun, dan menghindari perdebatan, kewajiban sesama muslim hanyalah sebatas nasihat bilma'ruf. emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By gantengmampuz
jadi kalau cingkrang
dan salah satu bentuk kesombongan adalah membangga banggakan diri merasa lebih layak masuk surga ketimbang orang lain....

salah Total
Sombong itu meremehkan manusia dan menolak kebenaran
klo udh disampaikan hadits yg shahih tapi msh menolak itu namanya SOMBONG
Quote:Original Posted By kaptennusantara


maaf gan, ane g ngerti dengan alur logika agan...emoticon-Bingung (S)
kalo agan konsekuensi dengan pernyataan agan "Allah yang menentukan siapa yang masuk surga dan siapa yang masuk neraka" seharusnya agan mentho'ati seluruh perintah Alloh Ta'ala tanpa bagaimana dan bagaimana, inilah substansi iman di dalam Islam, mentho'ati perintah Alloh Ta'ala, Rosululloh dan ijtihad Amir secara mastatho'na...

demi menghindari perdebatan, dan ane bukan manusia yang suka berdebat, maaf gan ane tidak melayani perdebatan...
terimakasih banyak gan atas masukannya... emoticon-Malu (S)


Quote:Original Posted By kaptennusantara


ane salah satu warganya, dari pernyataan agan sepertinya agan belum tahu mengenai kami, dan hanya sebatas mengikuti gosip2 jalanan, ingat pesan Baginda Rosululloh, seburuk2nya perkataan adalah 'qila waqola' (katanya-katanya)... maaf gan ane menghindari perdebatan, ane memposting tulisan di atas semata niat agar bermanfaat, karena sebaik2nya manusia adlh yang paling bermanfaat. emoticon-Malu (S)


yang sabar buat ts nya ngadepin komeng yang kontra .. sharingnya bagus gan .. dulu ane pernah di ceritaiin kalo solat itu mesti di gulung celananya .. ternyata alesannya kaya gitu ya gan .. keep posting gaan emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-I Love Indonesia (S)