alexa-tracking

"Amin", Perpustakaan Keren dari 7 Kontainer Bekas di Malang!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5158f4501cd719c429000000/quotaminquot-perpustakaan-keren-dari-7-kontainer-bekas-di-malang
"Amin", Perpustakaan Keren dari 7 Kontainer Bekas di Malang!
Selamat Pagi Agan-Agan/wati...

Semoga masih semangat di senin awal bulan ini....emoticon-Cendol (S)

Berikut saya ingin membagikan berita baik, semoga berkenan...emoticon-Cendol (S)

Spoiler for no REPOST:


"Amin", Perpustakaan Keren dari 7 Kontainer Bekas di Malang!
Sebuah perpustakaan unik dibangun secara kreatif dari tujuh kontainer bekas di kawasan Batu, Malang, Jawa Timur. Setelah sebelumnya "berlayar" ke berbagai dunia sebagai wadah pengiriman lewat lautan dan samudera, kontainer-kontainer yang masih tampak kokoh itu kini tengah mengalami "reinkarnasi". Hanya saja, nasib kontainer itu saat ini lebih statis di sebuah kawasan berpenduduk.

Dinamai dengan perpustakaan Amin, "perpustakaan kontainer" penuh warna tersebut memiliki 6.000 koleksi buku yang bisa dibaca oleh masyarakat setempat secara gratis. Menghadap ke arah pucuk-pucuk pepohonan dan rumah penduduk, ketujuh kontainer berbeda ukuran dan warna itu masing-masing memiliki fungsi tersendiri.

Kontainer biru misalnya, disediakan untuk ruang membawa buku-buku populer dan hiburan. Sementara kontainer berkelir kuning khusus ruang baca perempuan, sedangkan ruang kontainer berwarna merah untuk buku-buku sains dan teknologi.

Adapun bangunan utama perpustakaan ini dibuat tersusun ke atas menyerupai bentuk permainan tradisional egrang. Kontainer ketiga gedung ini menawarkan pemandangan Kota Batu yang dikelilingi pepohonan.

Gratis

Perpustakaan umum ini didirikan oleh dpavilion, sebuah firma desain arsitektur asli Indonesia. Perusahaan tersebut memang memiliki spesialisasi untuk selalu tertantang "menyulap" sebuah perkakas atau peralatan untuk kepentingan lain yang lebih berguna.

Tak heran, ketujuh kontainer bekas tersebut kini terlihat canggih sebagai sebuah fasilitas umum yang menyediakan kualitas hidup lebih baik bagi masyarakat petani di Batu yang umumnya sederhana. Jurang pemisah antara si kaya dan miskin di Indonesia menjadi sebuah dorongan untuk mewujudkan proyek perpustakaan ini, yang memang benar-benar diperuntukkan untuk publik tanpa dipungut biaya.

Untuk itu, Amin dibangun tidak hanya difasilitasi buku-buku dan ruang baca. Di dalam gedung ini juga tersedia sebuah klinik kesehatan untuk masyarakat setemat, lengkap dengan tenaga perawatnya.

Melihat ini, rasanya, pemanfaatan kontainer-kontainer bekas di Indonesia bukan lagi satu hal yang tak mungkin atau sulit dilakukan karena mudah didapatkan. Apalagi, bentuk umum kontainer memberi banyak kemungkinan untuk berimprovisasi membentuknya bagi banyak kegunaan yang lebih canggih, yaitu bangunan multifungsi dengan anggaran relatif lebih sedikit.

Spoiler for Foto1:

Spoiler for Foto2:

Spoiler for Foto3:

Spoiler for FOto4:


keren ya gan...emoticon-Ngakak

Sumbernya Gan...

Update ::>>
"Amin", Perpustakaan Keren dari 7 Kontainer Bekas di Malang!
Contertainer ini telah dirancang oleh Arsitek dpavilion dan terletak di Batu, Jakarta Timur, Indonesia.
Contertainer merupakan campuran antara dua kata: kontainer dan penghibur. Struktur arsitektur adalah ditandai dengan beberapa wadah yang dicat cerah (merah, kuning, hijau biru dan cahaya) sempurna diposisikan dalam rangka untuk membentuk sebuah wadah. Contertainer adalah fasilitas umum, terdiri dari poliklinik dan perpustakaan, di mana orang biasa bisa datang dan menggunakan fasilitas secara gratis.

Sumbernyaa..
Spoiler for Foto-foto luar:

Spoiler for Foto-foto daleman:

Suasananya adem banget kayaknya..... emoticon-Ngakak

Update lagi....di post #18.. ::>>

Minta koment yang baik aja ya gan...emoticon-Rate 5 Star + emoticon-Toast
no PERTAMAXemoticon-Ngakak

semoga menjadi berita yang baik untuk Negeri Ini.
dari luar kaya diskotik emoticon-Wowcantik

bagus konsepnya, mempopulerkan gemar baca... gratis lagi emoticon-Recommended Seller

Quote:

bener gan memanfaatkan kontainer-kontainer bekas. ada nilai seninya juga.emoticon-Ngakak
imgaenya gak nongol d ane, emoticon-Hammer

liat disumber aja dah, ..............emoticon-Ngacir
kirain dari luar negeri ternyata ada di malang yah emoticon-Matabelo
kerennn
makasih infonya gan
keren yahemoticon-Matabelo semoga bermanfaat gan emoticon-Jempol
Quote:

masak sih gan.... udah nongol tuh kalo dilihat dari PC.

Quote:

iya gan ada di Batu - Malang

Quote:

sama-samaemoticon-Malu (S)
Klo liat interiornya mirip kyk perpus kota malang. Beda ada gazebo luar + klinik aja. Batu sebelah mananya nih gan? Wah bisa jadi alternatif pas liburan nih emoticon-Malu
Kaya ex ya gan hahaha
besok kalo ke malang mampir kesana ah
kagak nongol...jelek kali sinyal ane ya
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
mantep cooooooooooooy, daur ulang
gila keren emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
abis ngliat dalemnya ane malah kepikiran bikin rumah emoticon-Hammer (S)

tapi jamin pusing masukin kontainer bekas ke perkampungan emoticon-Hammer (S)
kereeeennnnnnnnnnnnnnn

mantabbb

Update ke 2

ini Gan... tadi pagi ane browsing lagi dan nemu artikel lagi...emoticon-Ngakakemoticon-Blue Guy Cendol (L)

Taman Baca “AMIN”; Tempat yang Pas Untuk Mengisi Waktu Luang

Anda punya hobby membaca tetapi kebetulan saat ini sedang berada di Kota Batu? Tidak usah khawatir, karena di Kota Wisata yang tidak terlalu luas ini terdapat sebuah Taman Baca dengan nama “Amin”. Di taman baca ini pengunjung bebas memilih sendiri buku atau majalah yang ingin dibacanya tanpa dipungut biaya alias gratis. Selain Taman Baca gratis, di tempat ini juga disediakan layanan poligigi gratis.

Pengawas Sementara Poligigi dan Taman Baca “Amin”, menjelaskan, layanan poligigi serba gratis itu diperuntukkan bagi seluruh masyarakat kurang mampu yang mendapat masalah pada gigi sehingga mereka bisa mendapat sejumlah layanan gratis seperti tambal gigi, cabut gigi, sampai pada perawatan karang gigi dengan peralatan kedokteran gigi yang terbaru. Layanan poligigi dibuka setiap Jumat dan Minggu pukul 11. 00 WIB sampai 16.00 WIB. Poligigi terdapat di lantai satu. Di lantai satu ini terdapat dua ruang dokter gigi dan satu dokter umum.

Bangunan Taman Baca dan Poligigi ini tergolong sangat unik karena seluruh bangunan fisiknya tidak berupa tembok-tembok seperti bangunan gedung pada umumnya, tetapi menggunakan 7 container dengan ukuran berbeda-beda (3 container berukuran 20 feet dan 4 container berukuran 40 feet). Dengan menggunakan “bahan” yang tidak umum ini, maka bentuk fisik dari Taman Baca ini jadi begitu unik, terdiri dari container yang ditata sedemikian rupa sehingga jika dilihat dari wujud luarnya pasti membuat siapa saja yang melihatnya menjadi penasaran ingin tahu lebih lanjut seperti apa desain interiornya.

Di counter pintu masuk anda akan diminta untuk mengisi buku tamu dan harus menitipkan tas atau jaket di locker yang sudah disediakan. Kunci locker diserahkan pada anda, yang artinya hanya anda yang bisa membuka locker tersebut. Di counter pintu masuk ini juga disediakan makanan dan minuman siap saji yang bisa anda beli untuk menemani keasyikan anda membaca buku. Secara garis besar taman baca ini terdiri dari 3 container utama, Ruang Biru atau container berwarna biru untuk bacaan populer, bacaan umum dan bacaan hiburan, Ruang Kuning untuk ruang baca kewanitaan dan Ruang Merah untuk bacaan iptek.

Di lantai dua merupakan loby, ruang baca out door, teras kaca bundar dan ruang bundar untuk anak-anak. Setelah melewati pintu masuk, anda langsung bisa memilih ruang atau container di mana setiap ruang atau container berisi buku-buku bacaan menurut klasifikasinya. Ada taman baca untuk anak-anak yang tentu saja berisi buku-buku pembelajaran dan hiburan bagi anak-anak, lalu ada container yang berisi buku-buku dan majalah-majalah Iptek seperti “National Geographic”, buku-buku biografi tokoh-tokoh dunia dan Indonesia, dan banyak lagi ragam buku menurut golongannya masing-masing. Ada satu container berukuran agak kecil yang terletak di atas berisi majalah-majalah wanita yang cukup populer, dan container yang berisi buku-buku politik dan umum. Secara keseluruhan jumlah buku yang ada di Taman Baca ini sekitar 6000 buku. Jika anda memiliki kesempatan untuk singgah, silakan anda jelajahi tiap container yang ada di sini karena semuanya memang diperuntukkan bagi anda yang gemar membaca.

Tempat duduk untuk membaca juga bertebaran di tiap-tiap container, jika anda beruntung, anda bisa duduk di sofa empuk dan nyaman yang juga disediakan bagi pengunjung, tetapi jika sofa itu sudah ditempati, anda harus rela duduk di kursi-kursi yang berada di kiri kanan rak buku yang berjajar rapi. Pencahayaan di tiap container juga sangat bagus sehingga meskipun malam hari tidak akan mengganggu kenyamanan kita dalam membaca. Lantai di tiap container ini dilapisi dengan karpet tebal dan tulisan di pintu masuk container mengharuskan anda untuk melepas alas kaki dan menyimpan sepatu atau sandal di rak-rak terdekat. Di setiap container tidak disediakan asbak, yang artinya, bagi anda yang perokok, harus rela duduk di luar container untuk membaca buku-buku pilihan anda sambil menikmati tiap hisapan rokok kesayangan anda.

Pembukaan Poligigi dan Taman Baca yang berlokasi di Jalan Raya Sultan Agung (di sebelah selatan Stadion Gelora Brantas Batu) atau di ujung jalan masuk Jawa Timur Park I itu ditandai dengan peresmian oleh Wali Kota Batu, Bapak Eddy Rumpoko, pada hari Minggu Tgl. 30 November 2008.

Taman Baca dan Poligigi ini merupakan sumbangan Bapak Sastro Sendjojo dan Ibu, Rio Imam Sendjojo, Ronny Sendjojo, serta Jawa Timur Park dalam rangka memperingati ulang tahun ke-7 Kota Batu dan sumbangan bagi masyarakat Kota Batu.

Taman baca ini, tiap hari dibuka untuk umum tanpa pungutan biaya dengan jam kunjungan setiap hari mulai pukul 14.00 WIB sampai 21.00 WIB. Jadi bagi anda yang gemar membaca dan punya banyak waktu luang, tidak ada salahnya anda menghabiskan waktu anda yang begitu berharga tersebut di tempat ini.

Sumber : WisataMalang
Quote:

jujur, saya bukan orang malang, tetapi menurut artikel yang saya baca tempatnya di Jalan Raya Sultan Agung (di sebelah selatan Stadion Gelora Brantas Batu) atau di ujung jalan masuk Jawa Timur Park Iemoticon-Bingung (S)

Quote:

"ex" apa itu??emoticon-Bingung (S)

Quote:

iya silahkan... mampir ke jogja tempat ane juga boleh kok...emoticon-Ngakak

Quote:

turut berduka ya gan....emoticon-Turut Berduka

Quote:
emoticon-Baby Boy 1

Quote:
emoticon-Baby Boy 1

Quote:

kan bisa sewa baling-baling bambu tho gan...emoticon-Ngakak