alexa-tracking

Menjadi Sebaik-baiknya Manusia Menurut Sabda Rasulullah SAW

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51584a008227cff66100000c/menjadi-sebaik-baiknya-manusia-menurut-sabda-rasulullah-saw
Menjadi Sebaik-baiknya Manusia Menurut Sabda Rasulullah SAW (Muslim masuk..!!)
Dalam Islam, Rasulullah SAW bersabda, "Khairunnas anfa’uhum linnas", yang artinya, "Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain." (HR. Bukhari dan Muslim)

Namun dalm prakteknya, kebanyakan manusia tidak mau jika dirinya dimanfaatkan oleh orang lain. Lalu bagaimana cara kita menelaah sabda Rasulullah SAW tersebut jika kita tidak mau dimanfaatkan oleh orang lain..??

Menurut agan/sist, bagaimana cara kita menjadi sebaik-baiknya manusia tanpa harus bertentangan dengan sabda Rasulullah SAW ataupun bertentangan dengan naluri kita sebagai manusia...???
masya Allah gan, trit dakwah harus jadi HT


Quote:
Yg jelas semua dlm hal kebaikan gan
Quote:

Bukan dakwah gan, ane cuma mau minta pendapat agan/sist...
Quote:

baik menurut kita belum tentu baik menurut orang lain gan..
Bantu emoticon-Rate 5 Starsama emoticon-Sundul Gan (S) yah gan
bermanfaat itu bukan berarti dimanfaatkan gan, tetep harus pny prinsip dong...
Quote:

sip gan...
Quote:

makasih gan. . .
Quote:

prinsip kayak apa yg agan maksud..?
Nah disitu lah gan sesuatu yang namanya keikhlasan anda diuji. Gimana caranya berbuat baik ke orang lain, tanpa pikir2 negatifnya, melainkan pikir positifnya, berbaik sangka...
Quote:


Hehehee, bener gan...
Ikhlas itu mudah diucapkan, tapi sangat sulit dijalankan. . .
Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan: Bahwa Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik dalam membayar hutang.” (Muttafaqun ‘alaih)

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahawa Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam berdiri di hadapan beberapa orang, lalu bersabda: “Mahukah kalian aku beritahukan sebaik-baik dan seburuk-buruk orang dari kalian?”

Mereka terdiam, dan Nabi bertanya seperti itu tiga kali, lalu ada seorang yang berkata: “Ya, kami mahu wahai Rasulullah, beritahukanlah kepada kami sebaik-baik dan buruk-buruk kami,”

Baginda bersabda: “Sebaik-sebaik kalian adalah orang yang diharapkan kebaikannya dan sedangkan keburukannya terjaga…” (Hadis riwayat Tirmidzi dan disahihkan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’. no. 2603)

Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: Rasulullah Sallallau ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.” (Hadis riwayat Tirmidzi dan disahihkan oleh al-Albani di dalam Ash Shahihah (no. 285)

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian Islamnya adalah yang paling baik akhlak jika mereka menuntut ilmu.” (Hadis riwayat Ahmad dan disahihkan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ .no. 3312)

Hamzah bin Shuhaib meriwayatkan dari bapanya radhiyallahu ‘anhu yang berkata: Sesungguhnya Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang memberikan makanan.” (Hadis Riwayat Ahmad dan dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ . no. 3318)

Abdullah bin Busr radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahawa ada seorang Arab Badui berkata kepada Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam: “Wahai Rasulullah, siapakah sebaik-baik manusia?” Baginda menjawab: “Siapa yang paling panjang umurnya dan baik amalannya.” (Hadis riwayat Tirmidzi dan disahihkan oleh al-Albani di dalam Shahihut Targhib wat Tarhib . no. 3363)

Jabir radhiyallau ‘anhuma bercerita bahwa Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” (Hadis dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ . no. 3289)