alexa-tracking

YANG PERNAH DITILANG MASUP!! (kritik kinerja polantas)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5157dff5db9248624f000005/yang-pernah-ditilang-masup-kritik-kinerja-polantas
YANG PERNAH DITILANG MASUP!! (kritik kinerja polantas)
sebelumnya ane terima kasih dah mau mampir di thread ane. ane hanya ingin berbagi pengalaman tanpa berniat personal insult atau menggeneralisir lembaga tertentu emoticon-shakehand


razia atas surat-surat berkendaraan memang salah satu tugas polisi lalu lintas. Hal ini dilakukan untuk menjaga tata tertib berkendaraan, meminimalisir kecelakaan (karena yang memiliki SIM diasumsikan bisa mengendarai), dan sekelumit alasan lainnya..

ane mau cerita tadi siang pengalaman ane ditilang polisi di daerah sekitar Rancaekek (jalan Cileunyi kalo ga salah, ane ga begitu hapal)

jadi gini. ane ceritanya naek motor bareng temen ane. temen ane ga punya SIM, ane punya SIM. Cuman ane gantian aja sama dia soalnya ane lagi cape, takutnya ntar malah kecelakaan emoticon-Hammer

ketika ane sedang jalan enak-enak, menuju puteran untuk balik arah, tiba-tiba polisi megat ane. Otomatis ane kaget, tiba-tiba ada polisi begini. Ternyata eh ternyata, ane aja yang ga liat bahwa di situ sedang ada razia dan banyak banget polantas serta motor-motor diparkir di pinggir puteran emoticon-Hammer

ane kemudian diminta ke pinggir lalu dimintain surat-surat. otomatis yang dimintain temen ane karena dia yang bonceng. stnk sih ada, tapi sim ga ada. Akhirnya, ane dan temen ane dikasi pilihan:
1. mau disidang di pengadilan (kalo ga salah nama daerah persidangannya baleendah untuk kabupaten bandung, cmiiw)
2. titip sidang (bayar di tempat)

menurut pengakuan polisi sendiri, titip sidang itu bukanlah nyogok. Yaudah, karena ane percaya aja sama tuh polisi, jadi ane 'titip sidang' aja. Yang anehnya, untuk titip sidang itu kita disuruh milih di antara pilihan denda yang ada. pilihannya itu 100 rebu, 250 rebu, 500 rebu, dan sejuta. tuh pak polisi bilang
"silakan pilih mana yang paling murah"
ya dah jelas ane pilih 100 rebu dong, anak kecil juga tahu dah itu yang paling murah

sialnya, begitu ane keluarin dompet, ga ada duit. Temen ane juga ga punya duit emoticon-Hammer. jadi temen ane pulang dulu dah ngambil duit (rumahnya deket situ) sementara ane diem di tempat menjadi jaminan emoticon-Hammer

berikut foto-foto ane bwat iseng aja
ane resize secara bwk emoticon-Cool (bagi modem lemot ane) emoticon-Hammer

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


selama ane nungguin di tempat itu, ane merhatiin juga kali-kali tuh polisi ada yang berbuat aneh-aneh.. secara, ane selama ini cuma dengerin gosip doang kalo ada yang namanya 'pajak jalanan' atau 'pungutan liar' atau beribu istilah lainnya untuk memperhalus 'penyuapan'.. ternyata eh ternyata.. ane liat sendiri di depan mata ane..

ada salah seorang yang kedapetan razia, dia langsung tanpa ba bi bu salam tempel dengan duit Rp.10.000. Ane mata duitan gan, jadi ane ga mungkin ngebedain duit emoticon-Ngakak (S). Jelas-jelas tu pengguna motor ngelakuin salam tempel duit Rp.10.000. Ente tentu tahu gimana kalo orang ngelakuin salam tempel. Salamannya itu ditutup-tutupin, sambil celingak-celinguk. Begitu transaksi selesai, langsung dah si polisi itu ngeleos dan si pengendara pergi seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

temen ane dateng bawa duit 100.000, bayar sesuai 'prosedur', lalu pergi.

ane sih ga terlalu masalahin besar duitnya emoticon-Cool (boong deng emoticon-Hammer). Yang ane permasalahin itu, program razia ini justru bukannya membuat pengguna jalan nyaman, justru malah was-was, ada polisi atau ngga, dan sebagainya.

lalu tentang peletakkan tanda 'ada razia'. setahu ane musti diletakkan 200 meter sebelum tempat razia. Lah inih, 20 cm emoticon-Hammer (liat di foto)

terakhir tentang penyuapan. Ane bisa aja moto diem-diem tadi, cuman ane gak enak aja, ntar bisa personal insult. ini mungkin perasaan ane doang, tapi ane merasa, program razia ini justru membuka celah-celah untuk penyuapan tadi. Orang secara emosional pasti ga mau dong, kalo mesti disidang (yang biasanya berlangsung 2 minggu setelah penilangan), stnk ditahan, dan hal merepotkan lainnya. orang lebih milih dikenakan pasal 10.000, pasal 20.000, pasal 17.500 (kalo sisa duitnya tinggal segitu emoticon-Hammer) biar cepat dan mudah..

segitu aja dari ane. monggo dikomentari trit ane oleh kaskuser sekalian, dan bisa juga agan share pengalamannya di sini emoticon-shakehand:

pesan sponsor
Spoiler for :
reserved untuk komentar bermutu emoticon-shakehand:
monggo dikomentar gan
KASKUS Ads
jangan kaget sama polisi kita gan.
ya emang gak semua polisi buruk. tapi kayanya banyak juga yang buruk. emoticon-Blue Guy Peace

emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
Cari cari tembelan setoran ke atasan tuh gan, wkwkwk, sisanya buat makan.

Biasanya tu razia resmi ada surat tugasnya yang berisi : Nama operasi, hari,tanggal, jam, tempat, jumlah dan nama personel yang tugas, dll (lupa)

Kalo yang resmi tuh "jarang" suap, langsung surat slip merah, sidang, bayar di persidangan.
wkwk itu jalan deket banget sama rumah gw gan emoticon-Ngakak kira" 300 m dari tuh tempat emoticon-Ngakak
Melayani dan Melindungi SIAPAAAAA ????? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
polisi indonesia.. jgn heran emoticon-Ngakak
image-url-apps
alhamdulillah, gapernah kena gan
image-url-apps
ane mau share juga gan.

Ane juga pernah kena di daerah buah batu, ada razia.
ane dibawa ama pak Pol kepinggiran sambil bilang mau sidang, apa mau tindak ditempat.

terus kata pak Pol "kalo mau sidang, ayo kita tindak di depan kamera" , pas ane liat ke arah jalan raya eh beneran ada kamera.

yaudah berhubung ane emng salah juga karena ga ada SIM dan ane ga punya waktu bnyak, ane pilih tindak ditempat. hehehe
×