alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
5 Dosa Soeharto pada Soekarno
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5157bb817b12434f35000006/5-dosa-soeharto-pada-soekarno

5 Dosa Soeharto pada Soekarno

 5 Dosa Soeharto pada Soekarno

iden Soeharto diiringi kematian ratusan ribu orang. Sejumlah kalangan menyebut peralihan kekuasaan itu sebagai kudeta merangkak. Setahap demi setahap, Soeharto mulai menggembosi kekuasaan Soeharto.

Berangkat dari surat perintah 11 Maret 1966, Soeharto mulai bergerak cepat. Keesokan harinya dia membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan didukung MPRS, PKI dinyatakan sebagai partai terlarang.

Lalu Soeharto mulai menangkap anggota kabinet Dwikora yang diduga terlibat PKI. 16 Menteri ditangkap walau tak jelas apa peran mereka dalam gerakan 30 September. Saat itu Soeharto bergerak didukung mahasiswa dan rakyat yang anti-PKI.

Puncaknya, 7 Maret 1967 MPRS bersidang untuk mencabut mandat Presiden Soekarno kemudian melantik Soeharto sebagai pejabat presiden.

Proses pengambilalihan kekuasaan antar rezim biasa terjadi. Tapi yang menyakitkan, Soeharto kemudian memperlakukan Soekarno sebagai pesakitan. Rasanya tak adil seorang proklamator berjasa besar diperlakukan demikian.

Berikut dosa-dosa Soeharto pada Soekarno


 5 Dosa Soeharto pada Soekarno

1. Menjadikan Soekarno tahanan rumah

Soeharto menahan Soekarno di Wisma Yasoo, Jl Gatot Soebroto, Jakarta. Rumah ini dulunya adalah kediaman salah satu istri Soekarno, Ratna Sari Dewi.

Di tahanan itu, Soeharto melarang Soekarno menemui tamu. Dia diasingkan dari dunia luar. Belakangan pemerintah Orde Baru juga melarang Soekarno membaca koran , mendengarkan radio dan menonton televisi.

Akibat pengasingan ini, Soekarno mulai pikun. Sejumlah saksi menyebutkan Soekarno kerap bicara sendiri. Dia kemudian sakit dan akhirnya meninggal.


 5 Dosa Soeharto pada Soekarno

2. Tolak lokasi makam Soekarno

Soekarno pernah berpesan ingin dimakamkan di kawasan batu Tulis Bogor. Di tengah hamparan sawah, pegunungan dan gemericik air sungai.

Tapi Soeharto merasa terlalu berbahaya jika makam Soekarno terlalu dekat dengan Jakarta. Dia memindahkan lokasi penguburan ke Blitar, Jawa Timur. Alasan Soeharto, Soekarno sangat dekat dengan ibunya dulu di Blitar.

Protes sejumlah keluarga Soekarno tak didengar Soeharto. Rupanya Orde Baru masih khawatir dengan kharisma pemimpin besar revolusi ini.


 5 Dosa Soeharto pada Soekarno

3. Biarkan penyakit Soekarno

Selama menjadi tahanan politik, kondisi Soekarno semakin memburuk. Dia menderita penyakit ginjal dan rematik.

Pemerintah Orde Baru tak pernah memperlakukan Soekarno sebagai mantan pemimpin besar. Mereka memperlakukan Soekarno seperti penjahat politik yang berseberangan dengan penguasa.

Tahun 1969, saat Soekarno menghadiri pernikahan Rachmawati, itulah kala pertama dia bisa keluar dari tahanan rumah. Dengan pengawalan ketat Soekarno hadir.

Saat itu hampir semua hadirin menangis melihat Soekarno yang tampak lemah, wajahnya bengkak-bengkak dan kondisi fisiknya sangat menurun.


 5 Dosa Soeharto pada Soekarno

4. Habisi para Soekarnois

Orde Baru memandang Soekarnois atau pengagum ajaran Bung Karno sama berbahayanya dengan Partai Komunis Indonesia. Maka saat pembunuhan itu, seringkali para algojo tak ambil pusing apakah target mereka Soekarnois atau komunis.

Jika mau melawan, sebenarnya massa pendukung Soekarno masih banyak. Begitu pula tentara loyalis Soekarno.

Setidaknya ada angkatan udara, KKO (sekarang marinir), Divisi Siliwangi dan Brawijaya yang loyal padanya. Tapi Soekarno memilih mengalah, walau diperlakukan seperti tawanan. Dia tak ingin ada banjir darah lagi di Indonesia.


 5 Dosa Soeharto pada Soekarno

5. Jauhkan Soekarno dari orang-orang dekatnya

Soeharto melarang semua orang menjenguk Soekarno. Termasuk keluarga dekatnya. Ada pengawal kesayangan Soekarno yang juga akhirnya dipenjara oleh Soeharto.

AKBP Mangil Martowidjojo mungkin adalah perwira polisi yang paling disayang Soekarno. Perwira polisi ini adalah Komandan Detasemen Kawal Pribadi (DKP) Bung Karno.

Mangil mendampingi Soekarno mulai dari detik proklamasi, hijrah ke Yogyakarta hingga melindungi Soekarno dari ancaman granat dan penembakan.

Tahun 1967, Mangil tak membiarkan konvoi Soekarno dihadang tentara RPKAD. Dia adu gertak dengan perwira RPKAD, sementara anak buahnya kokang senjata melindungi Soekarno.

Setelah peristiwa itu, Soeharto kemudian membubarkan DKP. Mangil pun terpaksa meninggalkan Soekarno.
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
y sudahlah gan lagian 2-2 nya juga sudah mangkatemoticon-Embarrassment
ga baik membicarakan orang yang sudah mangkat,biarkan mereka tenang di alam sana.
lagian Soekarno juga belum tentu bersih dari dosa......seperti pernah memandori Romusha jepang..
no body is perfect emoticon-Stick Out Tongueeace:
itulah namanya politik....politik tidak mengenal saudara.....selagi bertentangan Libas hehehe daripada menjadi duri dalam daging dan gw juga yakin TS kalo terjun ke dunia politik juga pasti begitu....tidak memandang teman berjasa atau tidak , kalo bersebrangan lebih baik libas
hayoo ngaku emoticon-Peace
mana isinya gan?

oh ternyata inet lola,,
dua pemimpin yg berseteru itymah gan,,

tapi mendinglah daripada susilo
Diubah oleh madeinrakus
ane pengagum bapak Soekarno gan. sedih bacanya emoticon-Mewek
dirapiin lagi gan threadnya

bisa jadi HT nih

emoticon-Ngakak
Semoga Pak Soekarno dtrima di sisi-Nya gan dan Pak Soeharto diampuni dosa"nya..Aamiin emoticon-Smilie
wah ternyata ada ya pemimpin kaya gitu di tanah air kita. parah itu suharto emoticon-Mad (S)
coba kalo soekarno masi ada, udah maju negara kita
namanya juga kepengen jadi penguasa negara
pas udah jadi penguasa malah jadi dictatoremoticon-Cape d... (S)
memang kurang ajar sekali tu orang
soeharto dengan bantuan amerika.. mengkudeta soekarno dengan cara yg licik emoticon-Angkat Beer


emoticon-Sorry...
Kasian bgt proklamator qta....
Di.masa tuanya justru dperlakukan tidak adil....
kasian pak Soekarno emoticon-Matabelo
kasihan pa karno , astagfirullah sampai segitunya ke pa soekarno emoticon-Sorry
Namanya juga orang lagi pengin ngerebut kursi kekuasaaan, apa aja di lakukan.
Kasian yah pak Soekarno. emoticon-Berduka (S)
Quote:


Quote:


ane stuju sama agan ini emoticon-Matabelo
Ada kah yang bisa jelaskan Dosa Soekarno pada Tan Malaka???
sedih sih, orang yang sangat berjasaa membuat RI merdeka digituin emoticon-Mewek
semua yang dibangun soekarno diruntuhkan oleh soeharto
emoticon-Cape d... (S) emoticon-Berduka (S)
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di