alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
7 misteri unik otak manusia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5157955848ba548e31000006/7-misteri-unik-otak-manusia

7 misteri unik otak manusia

7 Misteri Unik Otak Manusia

Kadang otak kita bekerja di dalam alam bawah sadar kita. Memimpikan sesuatu yang belum pernah terjadi, menggambarkannya pada suatu dimensi yang melibatkan panca indera dapat juga merancangnya atau membayangkannya atau tanpa sengaja membuatnya, ya semua di dalam alam bawah sadar karena mekanisme kerja otak. Setelah sadar baru kita menyadari semua peristiwa ini pernah kita bayangkan dan terjadi di dalam dunia nyata, sekali lagi tanpa sengaja. Nah kira-kira misteri apa lagi ya yang dapat kita kuak dari mekanisme unik otak manusia, berikut ini akan dipaparkan 7 misteri otak manusia :

1. Déjà Vu
Déjà Vu adalah perasaan ketika kita yakin pernah mengalami atau menyaksikan suatu kejadian sebelumnya, kamu merasa peristiwa itu sudah pernah terjadi dan berulang lagi. Hal ini diikuti dengan perasaan familiar yang kuat, takut dan merasa aneh. Kadang “kejadian sebelumnya” itu dikaitkan dengan mimpi, tapi kadang juga timbul perasaan yang mantap kalau kejadian tersebut benar-benar terjadi di masa lalu.

2. Déjà Vécu
Déjà Vécu adalah perasaan yang lebih kuat dari Déjà Vu. Kalau Déjà Vu kita merasa sudah pernah melihat kejadian sebelumnya, tapi dalam Déjà Vécu kita akan mengetahui peristiwa tersebut jauh lebih detail, seperti mengingat bau dan suara-suara pada kejadian tersebut.

3. Déjà Visité
Déjà Visité adalah perasaan yang tidak biasa dimana kita merasa mengenal suatu tempat padahal sebelumnya kita tidak pernah mengunjugi tempat tersebut. Kalau Déjà vu berhubungan dengan peristiwa, sedangkan Déjà Visité berkaitan dengan tempat atau geografi. Nathaniel Hawthorne dalam bukunya yang berjudul “Our Old Home” bercerita saat dia mengunjungi reruntuhan sebuah kastil, tiba-tiba merasa kalau dia sudah sangat mengenal layout dari kastil yang baru pertama kali dia datangi itu. Belakangan dia sadar kalau bertahun-tahun sebelumnya dia pernah membaca puisi karangan Alexander Pope yang menggambarkan dengan detail kastil tersebut.

4. Déjà Senti
Déjà Senti adalah fenomena “pernah merasakan” sesuatu. Kejadiannya contohnya seperti ini : “Kamu merasa pernah mengatakan sesuatu, dipikiran kamu mengatakan, “Oh iya aku ngerti!” atau “Oh iya aku ingat!” tapi 1 atau 2 menit kemudian kamu akan sadar kalau kamu sebenarnya tidak pernah mengatakan apa-apa”.

5. Jamais Vu
Jamais Vu (tidak pernah melihat/mengalami) adalah kebalikan dari déjà vu. Jadi kamu tidak mengenal sebuah situasi padahal kamu yakin sekali kalau sebelumnya kamu pernah ada di situ. Bingung? Begini gampangnya: kamu mendadak tidak mengenal orang, kata-kata, atau tempat yang sebelumnya kamu tahu. Pada percobaan yang dilakukan Chris Moulin pada 92 orang yang disuruh menulis kata “pintu” 30 kali dalam waktu 60 detik ternyata 68 orang mengalami gejala Jamais Vu, yaitu merasa kalau “pintu” itu bahkan bukan merupakan sebuah kata. Ya Jamais Vu didiagnosis karena “kelelahan otak”.

6. Presque Vu
Presque Vu adalah perasaan yang kuat kalau kamu akan mengalami epiphany. Epiphany sangat jarang terjadi. Presque Vu artinya “hampir melihat” dan sensasinya bisa sangat membingungkan dan aneh.

7. L’esprit de l’Escalier
L’esprit de l’Escalier adalah saat kita merasa bisa melakukan sesuatu yang lebih baik pada sebuah situasi setelah peristiwa itu terjadi. Contohnya begini : Kamu seorang pemain sepak bola, saat tendangan penalti kamu menendang bola ke samping kiri dan ternyata berhasil di blok kiper. Tiba-tiba pikiran kamu mengatakan, “Ahh, aku sebenernya tadi sudah yakin kalau nendang ke kanan pasti gol !!!” Jadi L’esprit de l’Escalier adalah rasa penyesalan tidak melakukan tindakan yang berlawanan dari suatu peristiwa sebelumnya.

SUMBER TERPERCAYA
http://www.iniunik.web.id/2012/08/7-...nusia.html?m=1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2

mantap gan!! pertamax

Quote:



Spoiler for jangan dibuka:
Diubah oleh letababykids
beda ya namanya ternyata, ane kira sama dejavu smua namanya emoticon-Ngakak (S)
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
jadi banyak gituh emoticon-Belo
ane seringnya dejavu gan
Pernah baca sih tapi abis baca ini jadi teringat lagi
Lah ini trit mbak moya jamuran gini emoticon-Ngakak gag serame d DP emoticon-Ngakak
mejeng di pejwan ahhh emoticon-Traveller
Post ini telah dihapus oleh hansip
Ane kadang merasa dejavu gan
Quote:


wooh ini trit jaman jebot malah dinaekin lagi emoticon-Blue Guy Bata (L)
pulang sanah kekamar mayat emoticon-Mad
kirain misteri apaan?

ini mah ane gak tahu apa-apa emoticon-Hammer2
ane belum pernah ngalamin itu semua gan emoticon-Matabelo
di rapiin dikit bisa kali+kasih foto siape tau ht
Hmmmmm emoticon-Cool

emoticon-Blue Repost perasaan ketika kita yakin pernah membaca atau menyaksikan berita ini sebelumnya emoticon-Ngakak

becanda kakak, makasih npohnya ya, jdi ngerti sekarang g cuma deja vu aj
tandain dulu gan.. emoticon-Big Grin
misterinya seunik nama2nya gan
Quote:


Ampun emoticon-Mewek
dejavu emang sring gan
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di