alexa-tracking

Manfaat Ajaib Kopi untuk Melindungi Hati

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/515788ee8227cf0a0b000000/manfaat-ajaib-kopi-untuk-melindungi-hati
Manfaat Ajaib Kopi untuk Melindungi Hati

Manfaat Ajaib Kopi untuk Melindungi Hati

Jakarta, Ketika merasakan kantuk yang luar biasa, banyak orang yang kemudian lari ke kopi. Selain bisa mengusir kantuk, kopi juga memiliki fungsi istimewa lainnya yaitu dapat melindungi kerusakan hati, khususnya pada mereka yang sering mengonsumsi minuman beralkohol.

Kesimpulan itu didapat dari studi baru yang belum lama dilakukan. Dalam penelitian, peneliti bertanya tentang konsumsi kopi kepada hampir 19.000 pria Finlandia dan perempuan yang berusia 25 hingga 74 tahun yang mengonsumsi alkohol.

"Temuan kami menunjukkan kemungkinan efek perlindungan dari asupan kopi pada konsumen minuman beralkohol," ujar seorang peneliti, Dr Onni Niemela, dari Seinajoki Central Hospital dan University of Tampere di Finlandia, seperti dikutip dari ibnlive, Minggu (24/3/2013).

Dalam penelitian, Dr Onni mengukur darah peserta spesifik pada kadar enzim hati gamma-glutamil transferase (GGT). Sebab minum minuman beralkohol dapat meningkatkan kadar GGT dalam darah. Bahkan minuman keras dapat menyebabkan penyakit hati pada para alkoholik.

Salah satu pria yang menjalani tes ini mengaku mengkonsumsi lebih dari 24 minuman beralkohol per minggu, atau sekitar 3,5 minuman dalam sehari. Hasil tes menunjukkan bahwa ia memiliki tingkat tertinggi dari enzim hati, yakni sekitar tiga kali lebih tinggi dibanding pria yang tidak minum alkohol.

Di antara mereka yang alkoholik, ternyata ada yang merupakan penikmat kopi. Mereka mengonsumsi kopi sebanyak lima cangkir atau lebih setiap harinya. Ternyata dari tes menunjukkan penurunan 50 persen dalam GGT dibandingkan dengan pria yang tidak minum kopi.

Walaupun tidak ada perbedaan dalam variabel antara peminum berat, peminum moderat, atau mantan peminum dan non-peminum dalam penelitian ini, para peneliti masih tidak dapat menentukan dengan pasti apakah interaksi antara alkohol dan salah satu dari faktor-faktor tersebut mempengaruhi hasil.

Para peneliti menemukan bahwa cara penyajian kopi yakni siap saji, disaring, direbus atau dalam bentuk espresso tidak membuat perbedaan dalam temuan ini. Penelitian sebelumnya mengatakan terdapat kemungkinan bahwa kafein memainkan peran dalam hal ini.

Untuk diketahui, para peneliti tidak menemukan hubungan yang signifikan antara mengonsumsi kopi dan tingkat GGT pada peminum perempuan. Dan juga, selain minuman beralkohol hal ini juga dapat dipicu oleh rokok, usia yang lebih tua dan kelebihan berat badan.

Dengan adanya penelitian ini bukan berarti Anda bebas mengonsumsi alkohol karena bisa 'diselamatkan' oleh kopi. Minum kopi pun tidak boleh berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan khususnya untuk tekanan darah Anda.

Sumber: [url]http://health.detik..com/read/2013/03/25/193004/2203388/763/manfaat-ajaib-kopi-untuk-melindungi-hati[/url]



Silakan tinggalkan komentar karena komentar terbaik akan mendapatkan CENDOL SEGAR dari ane emoticon-Wowcantik

Thread lainnya:
PERHATIAN ! Hindari 5 Hal Berikut Demi Kesehatan GINJAL andaPE

Makanan ORGANIK vs PANJANG UMUR

Panjang UMUR dengan KOPI YUNANI

Ternyata Kopi Dapat Melindungi Hati Kita

7 Manfaat Kopi Untuk KECANTIKAN & KETAMPANAN

Ingin Dompet Tebal Tanpa Modal? Praktekin Teknik Berikut

[Jangan Cari Tahu] Kenapa Harga Kopi Ini MAHAL? Hingga Rp 30.000/sachet

pertamak kah ????

ane hobi minum kopi tiap pagi...
image-url-apps
pertamax gan......
nice info
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:

gagal deh emoticon-Sorry
wah kopi kan arang gan,,, karbon,, lo minum kpoi berarti minum karbon,, emoticon-Big Grin
baik sih gan, yang penting juga jangan keseringan aja ngopinya emoticon-Malu (S)
emoticon-Matabelo nice info

Thumbs up 

kebetulan juga nich ane juga penikmat kopi... emoticon-Cendol (S)
ane bantu sundul gan :sunduls
ane tiap pagi minum kopi gan emoticon-Malu
wah bagus jg ya ternyata
tp kan kalo kelebihan mengkonsumsi kopi jg gak baik gan emoticon-Big Grin
semua ada sisi positif dan negatifnya emoticon-Embarrassment
tapi klo yang biasa ane sarangin jangan gan
pengalaman gw pribadi
waktu mau ujian
h-1 gw belajar mati2an biar ga ngantuk minum kopi
eng ing eng
benerean mata melek fit
tp 1 efek sampingnya
jantung gw makin lama detak nya makin cepet padahal kgk lari2.. ampe wktu ujian jantung gw masih kayak gitu baru slesai ujian gw pulang tidur.. bangun2 normal lagi
sempet takut gan ga tenang emoticon-Cape d... (S)
Emang kopi manfaatnya bagus gan.. Yg pnting d takar aja dalam sehari brapa gelas minum kopinya.. emoticon-Smilie

Ane bantu emoticon-Sundul yak.. emoticon-Big Grin
Nice sharing nih, Ane bantu emoticon-Sundul Upemoticon-Rate 5 Star
info yang menarik gan... emoticon-Malu (S)
wah serba salah dong gan....kopi jgn kebanyakan....alkohol pun ga boleh emoticon-Ngakak
emoticon-Sundul
Ninggalin jejak gan....ane suka kopi jga nie emoticon-Big Grinemoticon-Ngakak
image-url-apps
Walah.ane jarang minum kopi
nais inpo gan
ane jarang minum kopi, paling pagi minum susu emoticon-Malu (S)