alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5151bdbd1ed7190264000000/kedelai-bantu-wanita-hadapi-kanker-paru-paru
Kedelai bantu wanita hadapi kanker paru-paru
Spoiler for :



Quote:Kedelai bantu wanita hadapi kanker paru-paru
Reporter : Kun Sila Ananda
Selasa, 26 Maret 2013 22:07:00
Kedelai bantu wanita hadapi kanker paru-paru
Kategori Sehat Nutrisi
Berita tag terkait Arang tingkatkan risiko kanker paru-paru 6 Makanan yang cegah sembelit setelah melahirkan

Ilustrasi makanan kedelai. ©Shutterstock.com/marilyn barbone
0



Makanan yang terbuat dari kedelai diketahui mampu menurunkan risiko wanita terkena kanker, serta membantu seseorang untuk bisa bertahan melawan kanker tertentu, ungkap penelitian.

Peneliti menemukan bahwa wanita China yang mengonsumsi lebih banyak makanan kedelai memiliki kemungkinan lebih kecil untuk meninggal akibat kanker paru-paru, yang merupakan kanker pembunuh nomor satu di dunia. Penemuan yang diterbitkan di Journal of Clinical Oncology mendukung ide untuk menambahkan lebih banyak makanan yang terbuat dari kedelai untuk membantu menjaga seseorang dari kanker.

"Tampaknya kita butuh mengubah dan menambahkan lebih banyak kedelai pada diet yang kita jalani. Manfaat yang diberikan oleh kedelai tak berhenti pada penyakit jantung," ungkap Dr Jyoti Patel, spesialis kanker paru-paru di Nortwestern University, Chicago, seperti dilansir oleh Vitals (25/03).

Dalam penelitian ini, Gong Yang dan koleganya di Vanderbilt University Medical Center, Shanghai Center Institute serta National Cancer Institute mengamati data dari penelitian besar yang disebut Shanghai Women's Health Study. Mereka mengamati 444 wanita yang terkena kanker paru-paru.

Wanita yang mengonsumsi sedikit kedelai diketahui lebih mungkin meninggal akibat kanker paru-paru. Sementara wanita yang mengonsumsi kedelai paling banyak memiliki kemungkinan bertahan hidup hingga 11 persen. Peneliti menjelaskan bahwa konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung kedelai bisa menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 40 persen pada wanita.

Kebanyakan wanita yang menjadi partisipan adalah perokok. Namun ada beberapa penyebab kanker paru-paru selain merokok. Di Asia, 80 persen wanita yang terkena kanker paru-paru bukan perokok.

Hingga saat ini peneliti masih belum mengetahui kemungkinan adanya virus atau faktor keturunan yang menyebabkan kanker paru-paru. Peneliti menyarankan agar setidaknya pasien kanker mengonsumsi 25 gram kedelai setiap hari.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung protein kedelai terkadang tak memberikan manfaat kesehatan. Namun makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu, atau susu kedelai bisa memberikan manfaat yang lebih besar dari suplemen.