KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[SHARE] Kena Tilang? Urus di Pengadilan Aja…TAPI…Pelajari juga Pasal-Pasalnya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/514c86c17b1243dc4e000000/share-kena-tilang-urus-di-pengadilan-ajatapipelajari-juga-pasal-pasalnya

[SHARE] Kena Tilang? Urus di Pengadilan Aja…TAPI…Pelajari juga Pasal-Pasalnya!

[SHARE] Kena Tilang? Urus di Pengadilan Aja…TAPI…Pelajari juga Pasal-Pasalnya!

Terima kasih banyak Agan, Agin, Momod, Mimin. Tanggal 02/04/2013 thread ini jadi HT Pertamax ane! emoticon-Smilie
Spoiler for HT:

Sebelum dibaca lebih lanjut, mohon dipahami bahwa TS di sini cuma sekadar share Pengalaman Pribadi. Kalo ternyata emoticon-Purple Repost yaa harap maklum namanya “Pengalaman” pastinya hampir tiap Orang mirip2 dikit ‘laah pengalamannya! emoticon-Big Grin

OK, lanjut. Kaskusers pasti pernah mengalami ditilang saat berkendara di jalanan, baik itu karena kesalahan yang disengaja maupun tidak. Yang ane alamin kemarin hari selasa tanggal 12/03/2013 juga termasuk unsur ketidak-sengajaan…Jujur ane ngaku salah walau pun ane ga’sengaja! emoticon-Ngakak (S)

Jadi ane kena tilang di daerah Bekasi, tepatnya di Perempatan depan BCP (Bekasi Cyber Park) gara2 ane lupa nyalain lampu sepeda motor di siang hari. Alhasil ane kena tilang Polisi! emoticon-Cape d... (S)

Sesuai kebiasaan ane sejak awal punya SIM, tiap kali ditilang ane selalu urus di Pengadilan. Belum pernah bayar di tempat apalagi lewat Bank yang pake tanda bukti Slip Warna Biru (Pertanyaan Tentang Slip Warna Biru TS coba jawab di Post # 9)! emoticon-Cape d... (S)

Jadilah ane minta ditilang aja, menyatakan siap hadir di pengadilan tanggal 22/03/2013 (hari ini). Singkat cerita setelah ditilang itu…Perasaan ane ga’enak pas nyampe rumah itu pasal pelanggaran 287 (2) jo 106 (4) ane pelototin aja (Jujur ane awam soal pasal biasanya pasrah aja ditilang juga terserah Polisinya mau nulis pasal berapa yang dilanggar)! emoticon-Bingung (S)

Baru kali ini ane rasain perasaan aneh tersebut, jadi dalam rangka ngilangin penasaran ane browsing ketik keywordPasal tidak menyalakan lampu sepeda motor di siang hari”, ternyata keluar ‘deh tu informasinya Pasal 293 (2) jo 107 (2). Coba perhatikan perbedaannya Gan:

Quote:


Terus terang ane gondok, tapi apa mau dikata nasi udah jadi bubur. Mau nyalahin “Polisinya yang ga’hafal sama pasal” juga percuma…Cuma bisa nyalahin diri sendiri “Kenapa selama ini ga’mau tau tentang pasal lalu-lintas”! emoticon-Malu (S)

Spoiler for No Pics = Hoax:


Ane udah 13 tahun megang SIM, tapi jadi malu sendiri. Padahal sejak dari Sekolah, Kuliah, sampe sekarang ane idealis tiap ditilang selalu urus di Pengadilan (ironisnya) ane ga’pernah peduli pasal berapa yang ditulis sesuai atau tidak sama pelanggarannya main tandatangan aja! emoticon-Cape d... (S)

Hari ini ane datang ke Pengadilan Negeri Bekasi, sesuai jadwal yang tertera di Surat Tilang. Ternyata banyak juga Pelanggar Lain selain ane yang ikut Sidang, secara positif ane kagum lihat masyarakat sekarang ini banyak juga yang mulai sadar hukum. Mungkin idealnya jalur terbaik yang kita tempuh sebagai konsekuensi Pelanggaran lalu-lintas adalah lewat Pengadilan.

Jangan khawatir Gans, Sidang Tilang itu berbeda dengan Sidang Kasus Pidana. Kalo Kasus Pidana terdakwanya sendirian, kalo Sidang Tilang terdakwanya kita rame2 (Jadi ga'usah takut bakal disidang sendirian). Kalo dulu waktu zaman ane Kuliah malah ga’pernah on time datang pas Sidang, ane datangnya udah sore jadi tinggal ke loket aja bayar denda & ngambil SIM yang ditahan! emoticon-Ngakak (S)

Saking udah lama ga’kena tilang lagi, ane cukup kaget juga kalo sekarang peraturannya udah beda, yaa ga’apa2 'laaahh biar Hakimnya juga ga’magabut. Kita wajib ikut Sidangnya jam 9 pagi, tapi itupun ga’lama. Dari mulai dapet nomor antrian sampe dapet SIM ane balik lagi cuma makan waktu sekitar setengah jam udah selesai.

Bagi yang belum pernah ikut Sidang tilang, ane coba share di sini prosedurnya:
Spoiler for Antrian Sidang Tilang:

Pertama, kita datang langsung aja ke loket untuk minta nomor antrian. Nomor tersebut ditukar dengan Surat Bukti Tilang yang kita bawa, jangan serahkan Bukti Tilang kepada selain Petugas. Hati-hati banyak calo yang berkeliaran, tolak aja secara halus, kita niat baik mengikuti proses jalannya hukum, ga’perlu diwakilkan yang malah menambah pengeluaran kita.
Spoiler for Nomor Antrian:

Kedua, kita tunggu dipanggil sesuai nomor antrian. Dipanggilnya per 10 Orang, jadi prosesnya lumayan cepet, ga’pake lama. Ane dapat nomor urut ke 230, dari nomor yang berjalan 57 cuma makan waktu 15 menit sampe ke nomor ane dipanggil.
Nanti Hakim cuma membacakan vonis, kita sebagai terdakwa dengerin aja. Pasal sekian dendanya berapa, di sini kita ga’bisa mengajukan keberatan, terima aja vonisnya.
Spoiler for Ruang Sidang:

Ketiga, setelah diputuskan berapa jumlah denda yang harus kita bayarkan, kita tinggal antri di loket. Bayar sesuai keputusan Pengadilan, langsung kita bisa dapatkan kembali SIM kita yang ditahan.

Pesan TS:
Quote:

Bagi Kaskusers yang butuh info Pasal-pasal Lalu-Lintas selengkapnya bisa langsung ke SUMBER nya aja yaa! emoticon-I Love Indonesia (S)

Sebelum dan sesudahnya TS mohon maaf bila ada kekurangan, di sini TS ga’ada maksud tertentu. Apabila ada Pihak yang merasa tersinggung dari isi thread ini, sebenernya ga’perlu tersinggung. Karena yang disinggung adalah diri TS sendiri! emoticon-Smilie

TS hanyalah seorang Guru SMA, yang mencoba berbagi Pengalaman atas apa yang TS tidak ketahui sebelumnya. Harapannya semoga Orang Lain ga’ada yang melakukan kesalahan yang sama seperti TS yaa! emoticon-I Love Kaskus (S)

Quote:


[SHARE] Kena Tilang? Urus di Pengadilan Aja…TAPI…Pelajari juga Pasal-Pasalnya!

~Arigato Gozaimasu~


UPDATE:
New Entry: Oknum DISHUB lebih kejam daripada Oknum POLISI emoticon-No Hope
Komeng dari Kaskusers Cerdas emoticon-2 Jempol
dan
1 Kaskuser Senasib Di Waktu Dan Tempat Yang Sama emoticon-Sorry
1 Kaskuser CALO emoticon-Ngakak
1 Kaskuser Murid Ane yang masih ngenalin Gurunya emoticon-Peluk
serta
2 MaHo emoticon-Betty (Tukang Kaos & Tukang S*x T*y yang udah dikick sama Momod) emoticon-Ngakak
Gomen-nasai buat Kaskusers yang udah komeng tapi belum s4 ane quote satu per satu! emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Aganwati


[SHARE] Kena Tilang? Urus di Pengadilan Aja…TAPI…Pelajari juga Pasal-Pasalnya!
Diubah oleh armageDDragon
Halaman 1 dari 96
[SHARE] Kena Tilang? Urus di Pengadilan Aja…TAPI…Pelajari juga Pasal-Pasalnya!

Pertamax TS amankan dari Tukang Obat dan DVD! emoticon-Ngakak
Tukang Kaos di bawah ane MaHo! emoticon-Betty
Diubah oleh armageDDragon
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
nais share nih gan

nah nice info gan

mending duitnya buat pemerintah, and masuk ke pajak.. yg nikmatin kt2 jg
gan mau tanya nih gan, kalo sidangnya seminggu setelah diambil STNKnya itu gimana ya gan masih bisa sidang ndak ya ?
Quote:


TQ Gan! emoticon-Smilie

Quote:


Betul Gan...Anggap aja kita nyumbang buat Pembangunan! emoticon-Big Grin

Quote:


Maksudnya gimana? Sori ane kurang mudeng sama pertanyaanya! emoticon-Malu (S)
Setahu ane, kalo lewat dari jadwal Sidang yang udah ditentuin, nanti berkasnya dilimpahkan kembali ke Polsek setempat (Wilayah kita kena tilang).
Contoh 'nih ane pernah juga kena tilang di luar kota, waktu itu pas ane di daerah Cirebon. Ane dilema juga, selain jaraknya cukup jauh dari domisili ane yang sekarang, Oknum Polisi minta bayar ditempat Rp. 100.000,- (Ga'boleh kurang)! emoticon-Cape d... (S)
Ane tegas menolak bayar di tempat, tapi jadi yang ditahan STNK. Ane coba bargain supaya SIM aja yang ditahan tapi ditolak! emoticon-Bingung (S)
Waktu itu ane kebetulan pake mobil, kena razia. Dilihat "Plat B" mungkin aji mumpung juga 'tuh...Ane kena Pasal yang bagi ane pribadi itu hal sepele: Ga'punya segitiga pengaman! emoticon-Frown
Peraturan tetap peraturan, ane pilih Sidang di Pengadilan Negeri Sumber. Tapi karena jadwalnya ane berhalangan hadir, jadi ane alihkan di waktu yang lain. Tapi ternyata berkas ane udah dibalikin lagi ke Polsek Palimanan! emoticon-Malu (S)
Naah dari situ mungkin bisa jadi referensi buat Agan waktu itu kena tilang daerah mana? Kemungkinan berkasnya dialihkan kembali ke Polsek daerah situ! emoticon-Smilie
Post ini telah dihapus oleh hansip

Page Khusus Update Komeng Dari Kaskusers Cerdas

Quote:


Kaskusers Cerdas semua 'nih! emoticon-2 Jempol

Anti-BOToriginally posted by:

[SHARE] Kena Tilang? Urus di Pengadilan Aja…TAPI…Pelajari juga Pasal-Pasalnya!
Diubah oleh armageDDragon
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


Tentang Slip Warna Biru

Kalo ada yang bertanya tentang Slip Warna Biru, sori ane belum pernah ngalamin minta Slip Warna Biru. Tapi dari pengalaman kawan ane yang udah pernah...Katanya "Kena denda maksimal setor ke Teller Bank nya, nanti kalo keputusan Pengadilan ternyata dendanya lebih murah bisa diambil lagi sisa kelebihan uang setorannya. Kerja dua kali 'tuh!" emoticon-Bingung (S)

Referensi::
Quote:

SUMBER
Diubah oleh armageDDragon
ternyata polisinya gak apal pasalnya
atau pura2 gak tahu emoticon-Big Grin
Quote:


Kemungkinanan 22nya Gan! emoticon-Ngakak (S)
Atau bisa aja karena ga'mau capek jadi dipukul rata aja semua melanggar Pasal itu...
Quote:
bisa aja tuh
jadi sengaja dikasih yang dendanya tinggi emoticon-Big Grin

Quote:


Makanya ane share di mari Gan, supaya yang lain jangan sampe terjebak. Ga'tau Pasal UU Lalu-Lintas lebih menyesatkan daripada ga'tau jalan! emoticon-Ngakak (S)
wah, makasih banyak gan sharenya,,
ane daridulu kalo ketilang ga pernah minta sidang,.. hehe
ntar deh lain kali kalo ketilang minta sidang aja,,
mungkin perlu nih buku saku tentang pasal2 ya ;D
Quote:


Sama2 Gan terima kasih kembali! emoticon-Smilie
Cobain sekali aja jalanin Proses Sidang Tilang di Pengadilan & rasakan perbedaannya, asal jangan sering2. Jangan keseringan kena tilang maksudnya! emoticon-Big Grin
Buku saku boleh juga 'tuh buat pegangan sebagai referensi saat mencocokan antara pelanggaran kita dengan pasal yang ditulis Petugas Polisi...
nice tips gan
ane juga pernah ngalamin kena tilang pertama, dapet lembaran merah kyk TS tadi, coba coba sidang ah itung itung pengalaman.
ceritanya hari senin ane sama temen ane (temen ane gk pake helm) mau ke rumahnya di Teluk Betung (yang orang Lampung pasti tau) dari arah Unila jalan Teuku Umar, pas deket taman makam pahlawan Teuku Umar ada gabungan polisi, ane ambil jalur kanan buat ngindarin polisi, eh tapi itu silop ke jalan2 aja gak mikir jalan udah rame, macet pula saat itu emoticon-Cape d...
terus ane diberentiin di pinggir, selamat pagi mas, maaf mengganggu perjalanan anda, bla bla bla. terima lembaran merah terus pulang.
pas mau sidang sekitar jam stgh 10 atau jam 10 pagi itu aja gak tepat waktu, nama ane dipanggil ditanya pelanggaran kamu apa ane jawab gak pake helm sama hakimnya, terus cuma disuruh bayar duit aja sama ngambil SIM yg ditahan. emoticon-Big Grin
sebenarnya kalo mau menerapkan hukum di Indonesia dengan benar dan sesuai pasal gak akan mungkin karena pada dasarnya hukum dan UU di Indonesia cuma menguntungkan bagi pembuat UU itu sendiri.
dan cuma bayar denda sekian dan lobi lobi nego sana sini bisa mendapat keringanan hukuman emoticon-Cape d...
infonya bermanfaat gan
Halaman 1 dari 96


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di