alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5141c2df05346ad027000000/usulan-saya-untuk-mengatasi-macet-di-indonesia--d
Usulan Saya Untuk Mengatasi Macet di Indonesia :) :D
Hanya opini saja gan, menurut ane pemerintah memang tidak serius dalam memikirkan macet di Indonesia. emoticon-No Hope

Menurut saya macet bukan hanya maslah jakarta dan kota besar lainnya gan, tapi masalah bangsa ini. Mengapa? Satu, pengambil kebijakan masalah permacetan itu bukan di tingkat daerah gan, tapi ditingkat pusat, pemerintah sebenarnya bisa membenahi atau membuat undang- undang yang bisa mengatasi macet, tapi pemerintah hanya mengambil tindakan- tindakan yang sifatnya populis. Dan yang kedua, indikasi kemacetan lalin sudah mulai menjalar di luar jakarta. Sragen, Sukoharjo, Solo, Madiun, Jogja, Semarang (parah, hehe), Cirebon, Surabaya... itu semua baru di jawa gan... gak tau di daerah lain seperti apa.

Spoiler for macet:


Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia pada tahun 2012 adalah 94.229.299 unit dan sekitar 82 persennya, dan hal ini terus akan bertambah. Sementara kita tau pertumbuhan jalanan di indonesia masih sangat rendah, misalnya saja Jakarta yang hanyasekitar 0.01 % per tahun. Bukankah hal ini negara kita seperti sedang menjual software ketika komputer belum ditemukan?

Oke, masalah penjualan bukan salah pemerintah, karena pemerintah tida bisa melarang begitu saja perniagaan yang memang sangat legal,undang- undang tidak melarang penjualan kendaraan di Indonesia. Tapi... lisensi berkendara (SIM) itu dikeluarkan pemerintah bukan? Tidak tau di kota lain seperti apa, tapi di kota saya, hampir semua permohonan SIM dikabulkan. Bahkan dulu sempat juga ada program SIM kolektif, yang sepertinya semua peserta lolos! yang penting mengikuti ceremonial-nya. Jika tidak lolos ujian SIM pun, pas pulang tetep bawa SIM, entah bagaimana dan dari mana mereka memperoleh SIM. Sehingga orang- orang yang belum layak mengemudikan kendaraan ahirnya juga mendapat lisensi mengemudi, bahkan ada diantara mereka yang belum bisa atau masih anak- anak.

Spoiler for macet:


Apakah tida ada yaa... satu atau beberapa polisi yang lapor keatasannya, "pak ini jalanan sudah penuh, mohon jangan keluarkan SIM dulu. Kalo begini terus jalanan akan macet total pakk".

Dan yang terahir adalah karenana bensin di Indonesia yang murah. Bukan kerena biayanya murah, tapi karena bensin itu disubsidi. Masalahnya motor- motor yang kita miliki itu tidak seberapanya gan dibanding mobil2 orang kaya dalam hal "minum" bensin. Kita juga harus tau gan, Subsidi BBM di indonesia tahun 2012 adalah sebesar 200 triliun rupiah, bandingkan dengan program monorel pak jokowi yang hanya dianggarka Rp 7T.

Jika kepemilikan kendaraan bermotor dipersulit, pemberian lisensi mengemudi benar- benar dijankan dengan benar, dan harga BBM yang wajar... Saya rasa dengan sendirinya masyrakat akan beralih ke transportasi masal. tidak perlu di oyak- oyak (dipaksa, jawa)... karena buruknya sarana transportasi masal saat ini karena lesunya permintaan. Baru beberapa tahun yang lalu ojek didaerah saya rame, sekarang karena semua orang punya HP dan punya motor, pengusaha ojek dan tukan ojek kolaps gan emoticon-Sorry . Armada bis umum juga tidak kalah bernasib yang hampir- hampir sama, cuma kalau dulu pengusaha bisnya banyak dan bisnya ganti- ganti tapi kalu sekarang cuma satu dan bisnya udah jelek- jelek, saya rasa usianya tidak akan bertahan lama lagi. emoticon-Frown

logikanya sederhana gan, masih ingat pelajaran ekonomi waktu sekolah kan...? setiap ada permintaan maka akan ada penawaran... hukum supaly demand! emoticon-Malu dengan adanya masyarakat yang membutuhkan jasa transportasi, pasti dengan sendirinya akan banyak investor yang ingin memberikan layanan transportasi.

Spoiler for macet:


Jika apa- apa dikerjakan negara, tidak ada kemajuan gan... tidak ada persaingan, ya jadinya kayak tadi... buruknya pelayanan yang di berikann... maklum...kalau masalah pelayanan yang diberikan negara saya takut mereka akan diangkat menjadi PNS, jadi males kerja deh... #bercanda Tapi bener kok gan, masih inget armada damri kannn? dimanakah mereka sekarangggg?

Dengan begitu akan banyak keuntungan yang bisa kita peroleh, pajak yang lebih tinggi, alokasi subsudi BBM bisa digunakan untuk kebutuhan lain juga gan... bukan untuk mensubsidi orang- orang kaya yang bertamasya, offroad, touring atau kegiatan- kegiatan lain sementara orang yang hidup dibawah garis kemiskinan di negri ini masih sangat banyak. Sekian. emoticon-Smilie emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Spoiler for komentar yang InsyaAllah membangun:
sip gan...klo bisa sih agan jadi gubernur Jakarta gan biar terealisasi ganemoticon-thumbsupemoticon-thumbsup
kalo BBM naik terus angkutan umum juga harus bayar mahal, kalo cuma angkutan umum aja yang disubsidi pelaksanaannya mungkin sulit
sedangkan orang2 kaya tetep beli BBM, jumlah penumpang angkutan umum sama
jadi buat angkutan umum mereka harus keluarin duit lebih banyak tanpa dapet duit lebih banyak
mendingan pelayanan angkutan umum ditingkatkan aja dulu, biar banyak penumpang, terus kalo harga naik asal sebanding sama pelayanan mestinya juga rame
semoga usul agan di baca sama pemerintahan ganemoticon-Cendol (S)
masalahnya searang kebanyakan mending beli motor dari sumpek2an naek kerata emoticon-Hammer
batasi pendatang itu juga harus dilakukan
mancet emang bikin rempong deh cyn eike jadi susah nyalon nih cyn emoticon-kisssing
Quote:Original Posted By gerdon
sip gan...klo bisa sih agan jadi gubernur Jakarta gan biar terealisasi ganemoticon-thumbsupemoticon-thumbsup

hahahaemoticon-Ngakak
kalo jadi presiden aja gimana gan?
semoga usulanya dibaca ama pemerintah gan emoticon-2 Jempol
langsung sms pak jokowi aja kalo gitu gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Opa_Muda
batasi pendatang itu juga harus dilakukan

bener gan... saat ini kemacetan hanya terjadi di kota2 urban...
Quote:Original Posted By jamujagos
kalo BBM naik terus angkutan umum juga harus bayar mahal, kalo cuma angkutan umum aja yang disubsidi pelaksanaannya mungkin sulit
sedangkan orang2 kaya tetep beli BBM, jumlah penumpang angkutan umum sama
jadi buat angkutan umum mereka harus keluarin duit lebih banyak tanpa dapet duit lebih banyak
mendingan pelayanan angkutan umum ditingkatkan aja dulu, biar banyak penumpang, terus kalo harga naik asal sebanding sama pelayanan mestinya juga rame


bukan gan, bis dan angkot jelek (maaf) kadang mereka jalan padahal bis kosong... kalo misalnya full terus, beli pertamax pun mampu gan...
Quote:Original Posted By trabasss
langsung sms pak jokowi aja kalo gitu gan emoticon-Big Grin

nomernya berapa ya gan? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kevin.497
semoga usulanya dibaca ama pemerintah gan emoticon-2 Jempol

siphh... saya rasa pemerintah juga sudah tau... cuma.....

lihat saja gan, iklan motror di stiap rambu lalu lintas? siapa yang tidak berprasangka buruk kalo seperti itu...

Quote:Original Posted By habis.nyalon
mancet emang bikin rempong deh cyn eike jadi susah nyalon nih cyn emoticon-kisssing

elu sih gann... kebanyakan nyalon, jadi macet deh... hahaha emoticon-Blue Guy Peace
emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By .kingarka.
masalahnya searang kebanyakan mending beli motor dari sumpek2an naek kerata emoticon-Hammer


padahal dijalan juga umpek2an kok gan, lebih bahaya juga...
kebanyakan korupsi sih
Quote:Original Posted By titania48
ya mungkin penyebab utamanya karena pertumbuhan kendaraan bermotor di indonesia gan..



Spoiler for masuk gan pasti gak nyesel deh...:


benerrr
Quote:Original Posted By jowesan
resrved


pejwan kah?
Quote:Original Posted By mordenaar
kebanyakan korupsi sih


pak jendral ya gan? wkwkwk