alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/513da1491c7608fd7d000004/kisah-nyata--jalan2-serem-ke-makam-peneleh-surabaya
Kisah Nyata : Jalan2 serem ke Makam Peneleh Surabaya
iseng aje posting di forum cerita supernatural, ya bikin disini aje biar banyak yang baca

Kisah Nyata : Jalan2 serem ke Makam Peneleh Surabaya

Kisah Nyata : Jalan2 serem ke Makam Peneleh Surabaya

ini cerita beneran, udah dari taon 2010 akhir / awal 2011 kale ya ... bulannya gw lupa. dan sebelumnya gw cuma bilang waktu itu mata batin gw sih cukup peka, sekarang sih udah nggak pernah dipake

Kisah Nyata : Jalan2 serem ke Makam Peneleh Surabaya

bermula dari seorang temen yang pengen banget foto2 di makam peneleh di Surabaya yang katanya "gothic" dan sering dibuat prewed ... (orang gila mana prewed di kuburan ??)

gw sih udah lama di surabaya, walo bukan asli surabaya ... cuma nggak pernah ngerti ada yang namanya makam gothic di surabaya apalagi peneleh ... taunya sih cakue peneleh ... baru ngeh kalo peneleh itu nama daerah dan ada kuburannya, katanya kuburan belanda yang keren
yaaah okelah (temen gw cewe), gw anter ... kata dia sih makam peneleh itu deket makam WR Supratman, kalo itu sih gw tau ...

akhirnya jam 2 an kita berangkat nyari tuh makam ... dan gagal ... jelas lah, wong makam peneleh jauuuuh dari makam WR. Supratman
setelah menyerah akhirnya kita konsultasikan alamat yang bener kepada mbah Iphone yang jelas menunjukkan lokasi makam peneleh ... Damn ! kenapa gak dari tadi buka google earth malah belain nanya2 tukang becak yang juntrunngannya makin ngawur
jam sudah menunjukkan jam 4.30 sore ... yaudah kepalang basah, jalanlah kita kesana

nyampe di makam peneleh jam 5.15 sore dan gerbang udah ditutup ... untung masih ada penjaganya yang membolehkan kita masuk dengan pandangan heran (kenapa ada dua mahluk cowo cewe ke kuburan jam mau maghrib ginian), tapi dia sih oke saja setelah dikasih goceng

mulailah kita jalan ... wah makamnya memang keren2 ... beneran gothic, ada yang dari marmer, ada yang dari baja ukir dengan ukiran rumit ... keren, ributlah temen gw foto2 (kebayang gak jam 5.30 foto di kuburan ??)

feeling gw udah gak enak dari masuk, seolah masuk ke pestanya orang yang gak kita kenal gitu ... tau perasaan itu nggak ?? kaya kita diundang ke pesta yang semua orang di dalemnya kita gak kenal ... feel that we doesnot belong there ...

disana sih banyak makam berjajar-jajar, dan banyak yang bawahnya bolong ...

seiring makin gelapnya hari, lampu2 di kejauhan mulai menyala, masih sempet gw guyon dengan temen ... gw liat ada makam istri yang dibuat oleh suaminya dari satu blok marmer utuh setebel 20 cm ... gw bilang pasti ini si istri cerewet banget, sampe suaminya "memastikan" dia gak bangkit lagi pake batu segede ini ...


sambil guyon sambil menghibur hati kalo pemakaman ini ada di tengah perumahan rame, masak iya angker ...

temen gw sih asik2 foto ajah, pelan2 kita mulai terpisah ... dan gw molai melihat yang aneh-aneh ...

dari lobang2 di bawah makam itu kok keluar tangan2 ... ada yang kurus, ada yang gemuk, ada yang keriput, ada yang buluan ... 1 lubang keluar 1 pasang tangan, ada yang 2 pasang seolah meraba2 di sekitarnya mencari sesuatu ... yang sama cuma semuanya putih seperti marmer ... seolah ada pendar halus gitu dalam penglihatan gw

wedew ... padahal gw pikir itu kuburan bolong karena keluarganya di belanda sana memindahkan jenazahnya ke belanda ... atau minimal itu yang gw denger sebelumnya ... gw jalan pelan2 ati2 jangan sampe nginjek2 itu tangan

tolah toleh ... eh agak jauh keliatan 2 anak kecil lagi maen diatas makam ... siluetnya berpendar di malam yang mulai larut ... ya gw sih tau mereka bukan manusia, tapi lha mau gimana ... iseng gw menuju mereka dan seolah dituntun untuk menoleh ke kiri dan membaca nisan (nisan disana gede2), dan banyak dalam bahasa belanda, tapi satu ini dalam bahasa inggris. bacanya dengan bantuan pendar hape ...

intinya gw baca kalo kuburan yang gw baca ini milik 2 bersaudara yang 1 usianya 3 tahun, satunya 1 tahun dan meninggal di saat yang sama ... entah sakit entah kecelakaan ...

trenyuh gw melihatnya dan mencari mereka yang tadinya keliatan kira2 5 meter di depan gw, tapi udah gaada mereka entah kemana ... yang keliatan malah seorang cewe bule, cantik ... sekitar 3 meter di depan gw ... langsing tinggi ... mungkin 170 cm kalau berdiri, dia duduk di salah satu nisan dengan pandangan ke depan.

cantik, tapi sayu ... berbaju putih berenda-renda yang berakhir dengan renda di tangannya. jarinya panjang lentik, gak kaya jari gw yang jempol semua ... Roknya panjang elegan berenda dan memakai semacam sepatu bot putih kulit, duduk dengan kaki disilang yang elegan ... rambutnya seperti keriting separoh, jatuh di pundak ... tapi somehow gw mendapat info kalau dia meninggal muda karena sakit ...

sementara di kejauhan di bawah pohon besar seperti ada pesta, dengan orang2 duduk ngobrol dengan kostum yang 100 - 200 tahun ketinggalan jaman, ramai rasanya ... tanpa sadar kaki melangkah kesana, penasaran

sampai di sebuah kuburan yang berpilar, gw melihat seorang pria kurus, tua, rada botak ... berjas berekor panjang yang lucu, itu lho ekor jasnya ada dua ... di dadanya ada rantai emas (mungkin rantai jam saku) ... berdiri dengan sikap sempurna (mirip jaman dulu yang orang2nya berdiri lurus banget punggungnya kaya diiket papan), satu tangan di belakang, satu tangan memegang pilar ... sedang memperhatikan temen gw, penampilannya mirip bankir jaman dulu gitu, kita sebut aja bankir uzur ...

seketika gw sadar !! gile !! ini di tengah kuburan, jam 6, udah gelap dan gw malah enjoy melihat yang enggak2

jujur begitu banyak memori, begitu banyak peristiwa, begitu banyak kenangan membanjiri gw, sampai gw lupa gw sedang di kuburan !!

wekz !! gw tiba-tiba sadar, gw bukan harusnya berada di tempat ini ... gw langsung menoleh dan melihat temen gw 30 meter di belakang gw, masih asik memfoto dan masih diliatin sama tuh bankir uzur

waduh !! kita harus segera keluar dari tempat ini ... gw mau teriak ke temen gw ngajakin pulang, eh dia tereak duluan ... ternyata sandalnya putus ... sandal itu masih baru dan putus ...

gw segera bilang, oke kita segera keluar dan pulang dulu ... kita berdua kemudian pulang ...

di mobil dia tanya ... ada apa ? ya gw bilang kalo ada yang narik sandalnya itu ... ya tangan2 putih pucat itu ...
juga kalo si Bapak bankir uzur masih ngikutin di belakang dan penasaran dengan temen gw ... cuma gw biarin karena gw gak mendeteksi adanya niat jahat ...

yaaa ternyata setelah dicek ulang ...

1. kuburan yang bolong itu : bukan jenazahnya dipindah, tapi digarong orang, karena orang2 belanda / bule waktu itu dikubur dengan perhiasan / gelang / kalung dan itu dirampok oleh orang2 gak bertanggungjawab
2. jadi mayat dan sisa tulang itu masih ada di lubang itu ...
3. nisan anak kecil kakak beradik itu memang bener gw baca dan beneran ada ... dan satu satunya nisan berbahasa inggris di kisaran kompleks itu, sisanya semua bahasa belanda
4. si bankir uzur ... rupanya dia mikir temen gw mirip anaknya / cucunya makanya diikutin
5. si cewe ?? gw gak mendapat info lanjutan soalnya gabisa bahasa belanda T_T

beberapa hari kemudian ...

well ... ternyata foto dari temen gw itu ada "penampakannya" semacam asap putih deket kuburan suster ...

hahahhaaa ... seru ...

ya itulah sekelumit cerita gw tentang makam peneleh surabaya

kalo mau baca ceritanya dari sisi temen gw plus fotonya + foto penampakannya silahken liat disini :
http://laurentiadewi.com/7334

di salah satu foto ada bangunan berpilar, nah disitu tempat si bankir uzur nongol !!

foto terbawah adalah foto tempat pesta minum teh para hantu yang gw liat ... hehehee
perhatikan fotonya kalau gak percaya kita kesana jam brapa ... hehehehee

sebagian foto gw ambil dari : http://thearoengbinangproject.com/ma...eleh-surabaya/
soalnya di temen gw diprotect dfotonya
no pertamaxxx
sialan kalah sama jualan jerseyyyy ... gileeeeeeeee
serem juga ya
haizzzh isinya junker semuah
lumayan serem gan emoticon-Sorry
Serem gan,lagian sih jalan jalan ke makam maghrib",ga takut diculik setan apa emoticon-Takut
Ane udah cek ke blog temen agan,dan emang bener di fotonya ada penampakan emoticon-Takut
Emang serem tuh makam, pokoknya jangan mikir aneh2.. bicara2 kotor di sana gan, bisa kerasukan.. emoticon-Takut
emoticon-Sundul Gan (S)

kapan yo iso dolan mrono?
gak ono kancane je emoticon-Malu (S)
lo masih bisa liat yang begituan gan?
itu pake konfirmasi segala lagi emoticon-Cape d... (S)
itu bankir uzur berdiri di makam yang ada 4 pilar nya??
punya nya WE Van Drongelen Krijgsman ya???
mungkinkah dia anaknya WE Van Drongelen Krijgsman? WE Van Drongelen.

aku udah nyari2 informasi ttg WE Van Drongelen Krijgsman sejak 2012
di bantu sama temenku yg di belanda, dan ketemu siapa itu WE Van Drongelen Krijgsman tapi gak ada record ttg anaknya, si WE Van Drongelen. kamu lihat juga kah penampakan yang lain di makam van drongelen? oma2 71an tahun gitu??

penasaran bgt sama makam yang satu itu...
heheheheh
wah udah lama bener
kayanya sih iya di makam yg 4 pilar itu

dan gaada nenek2 disana ... waktu itu
viewnya banyak, komennya seuprit. emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By peter0203
Emang serem tuh makam, pokoknya jangan mikir aneh2.. bicara2 kotor di sana gan, bisa kerasukan.. emoticon-Takut


serem amir emoticon-Takut (S)

koq gbs dbuka y fotonya gan????

emoticon-Bingung (S)Quote:Original Posted By SatsuJinKen
iseng aje posting di forum cerita supernatural, ya bikin disini aje biar banyak yang baca

Kisah Nyata : Jalan2 serem ke Makam Peneleh Surabaya

Kisah Nyata : Jalan2 serem ke Makam Peneleh Surabaya

ini cerita beneran, udah dari taon 2010 akhir / awal 2011 kale ya ... bulannya gw lupa. dan sebelumnya gw cuma bilang waktu itu mata batin gw sih cukup peka, sekarang sih udah nggak pernah dipake

Kisah Nyata : Jalan2 serem ke Makam Peneleh Surabaya

bermula dari seorang temen yang pengen banget foto2 di makam peneleh di Surabaya yang katanya "gothic" dan sering dibuat prewed ... (orang gila mana prewed di kuburan ??)

gw sih udah lama di surabaya, walo bukan asli surabaya ... cuma nggak pernah ngerti ada yang namanya makam gothic di surabaya apalagi peneleh ... taunya sih cakue peneleh ... baru ngeh kalo peneleh itu nama daerah dan ada kuburannya, katanya kuburan belanda yang keren
yaaah okelah (temen gw cewe), gw anter ... kata dia sih makam peneleh itu deket makam WR Supratman, kalo itu sih gw tau ...

akhirnya jam 2 an kita berangkat nyari tuh makam ... dan gagal ... jelas lah, wong makam peneleh jauuuuh dari makam WR. Supratman
setelah menyerah akhirnya kita konsultasikan alamat yang bener kepada mbah Iphone yang jelas menunjukkan lokasi makam peneleh ... Damn ! kenapa gak dari tadi buka google earth malah belain nanya2 tukang becak yang juntrunngannya makin ngawur
jam sudah menunjukkan jam 4.30 sore ... yaudah kepalang basah, jalanlah kita kesana

nyampe di makam peneleh jam 5.15 sore dan gerbang udah ditutup ... untung masih ada penjaganya yang membolehkan kita masuk dengan pandangan heran (kenapa ada dua mahluk cowo cewe ke kuburan jam mau maghrib ginian), tapi dia sih oke saja setelah dikasih goceng

mulailah kita jalan ... wah makamnya memang keren2 ... beneran gothic, ada yang dari marmer, ada yang dari baja ukir dengan ukiran rumit ... keren, ributlah temen gw foto2 (kebayang gak jam 5.30 foto di kuburan ??)

feeling gw udah gak enak dari masuk, seolah masuk ke pestanya orang yang gak kita kenal gitu ... tau perasaan itu nggak ?? kaya kita diundang ke pesta yang semua orang di dalemnya kita gak kenal ... feel that we doesnot belong there ...

disana sih banyak makam berjajar-jajar, dan banyak yang bawahnya bolong ...

seiring makin gelapnya hari, lampu2 di kejauhan mulai menyala, masih sempet gw guyon dengan temen ... gw liat ada makam istri yang dibuat oleh suaminya dari satu blok marmer utuh setebel 20 cm ... gw bilang pasti ini si istri cerewet banget, sampe suaminya "memastikan" dia gak bangkit lagi pake batu segede ini ...


sambil guyon sambil menghibur hati kalo pemakaman ini ada di tengah perumahan rame, masak iya angker ...

temen gw sih asik2 foto ajah, pelan2 kita mulai terpisah ... dan gw molai melihat yang aneh-aneh ...

dari lobang2 di bawah makam itu kok keluar tangan2 ... ada yang kurus, ada yang gemuk, ada yang keriput, ada yang buluan ... 1 lubang keluar 1 pasang tangan, ada yang 2 pasang seolah meraba2 di sekitarnya mencari sesuatu ... yang sama cuma semuanya putih seperti marmer ... seolah ada pendar halus gitu dalam penglihatan gw

wedew ... padahal gw pikir itu kuburan bolong karena keluarganya di belanda sana memindahkan jenazahnya ke belanda ... atau minimal itu yang gw denger sebelumnya ... gw jalan pelan2 ati2 jangan sampe nginjek2 itu tangan

tolah toleh ... eh agak jauh keliatan 2 anak kecil lagi maen diatas makam ... siluetnya berpendar di malam yang mulai larut ... ya gw sih tau mereka bukan manusia, tapi lha mau gimana ... iseng gw menuju mereka dan seolah dituntun untuk menoleh ke kiri dan membaca nisan (nisan disana gede2), dan banyak dalam bahasa belanda, tapi satu ini dalam bahasa inggris. bacanya dengan bantuan pendar hape ...

intinya gw baca kalo kuburan yang gw baca ini milik 2 bersaudara yang 1 usianya 3 tahun, satunya 1 tahun dan meninggal di saat yang sama ... entah sakit entah kecelakaan ...

trenyuh gw melihatnya dan mencari mereka yang tadinya keliatan kira2 5 meter di depan gw, tapi udah gaada mereka entah kemana ... yang keliatan malah seorang cewe bule, cantik ... sekitar 3 meter di depan gw ... langsing tinggi ... mungkin 170 cm kalau berdiri, dia duduk di salah satu nisan dengan pandangan ke depan.

cantik, tapi sayu ... berbaju putih berenda-renda yang berakhir dengan renda di tangannya. jarinya panjang lentik, gak kaya jari gw yang jempol semua ... Roknya panjang elegan berenda dan memakai semacam sepatu bot putih kulit, duduk dengan kaki disilang yang elegan ... rambutnya seperti keriting separoh, jatuh di pundak ... tapi somehow gw mendapat info kalau dia meninggal muda karena sakit ...

sementara di kejauhan di bawah pohon besar seperti ada pesta, dengan orang2 duduk ngobrol dengan kostum yang 100 - 200 tahun ketinggalan jaman, ramai rasanya ... tanpa sadar kaki melangkah kesana, penasaran

sampai di sebuah kuburan yang berpilar, gw melihat seorang pria kurus, tua, rada botak ... berjas berekor panjang yang lucu, itu lho ekor jasnya ada dua ... di dadanya ada rantai emas (mungkin rantai jam saku) ... berdiri dengan sikap sempurna (mirip jaman dulu yang orang2nya berdiri lurus banget punggungnya kaya diiket papan), satu tangan di belakang, satu tangan memegang pilar ... sedang memperhatikan temen gw, penampilannya mirip bankir jaman dulu gitu, kita sebut aja bankir uzur ...

seketika gw sadar !! gile !! ini di tengah kuburan, jam 6, udah gelap dan gw malah enjoy melihat yang enggak2

jujur begitu banyak memori, begitu banyak peristiwa, begitu banyak kenangan membanjiri gw, sampai gw lupa gw sedang di kuburan !!

wekz !! gw tiba-tiba sadar, gw bukan harusnya berada di tempat ini ... gw langsung menoleh dan melihat temen gw 30 meter di belakang gw, masih asik memfoto dan masih diliatin sama tuh bankir uzur

waduh !! kita harus segera keluar dari tempat ini ... gw mau teriak ke temen gw ngajakin pulang, eh dia tereak duluan ... ternyata sandalnya putus ... sandal itu masih baru dan putus ...

gw segera bilang, oke kita segera keluar dan pulang dulu ... kita berdua kemudian pulang ...

di mobil dia tanya ... ada apa ? ya gw bilang kalo ada yang narik sandalnya itu ... ya tangan2 putih pucat itu ...
juga kalo si Bapak bankir uzur masih ngikutin di belakang dan penasaran dengan temen gw ... cuma gw biarin karena gw gak mendeteksi adanya niat jahat ...

yaaa ternyata setelah dicek ulang ...

1. kuburan yang bolong itu : bukan jenazahnya dipindah, tapi digarong orang, karena orang2 belanda / bule waktu itu dikubur dengan perhiasan / gelang / kalung dan itu dirampok oleh orang2 gak bertanggungjawab
2. jadi mayat dan sisa tulang itu masih ada di lubang itu ...
3. nisan anak kecil kakak beradik itu memang bener gw baca dan beneran ada ... dan satu satunya nisan berbahasa inggris di kisaran kompleks itu, sisanya semua bahasa belanda
4. si bankir uzur ... rupanya dia mikir temen gw mirip anaknya / cucunya makanya diikutin
5. si cewe ?? gw gak mendapat info lanjutan soalnya gabisa bahasa belanda T_T

beberapa hari kemudian ...

well ... ternyata foto dari temen gw itu ada "penampakannya" semacam asap putih deket kuburan suster ...

hahahhaaa ... seru ...

ya itulah sekelumit cerita gw tentang makam peneleh surabaya

kalo mau baca ceritanya dari sisi temen gw plus fotonya + foto penampakannya silahken liat disini :
http://laurentiadewi.com/7334

di salah satu foto ada bangunan berpilar, nah disitu tempat si bankir uzur nongol !!

foto terbawah adalah foto tempat pesta minum teh para hantu yang gw liat ... hehehee
perhatikan fotonya kalau gak percaya kita kesana jam brapa ... hehehehee

sebagian foto gw ambil dari : http://thearoengbinangproject.com/ma...eleh-surabaya/
soalnya di temen gw diprotect dfotonya


emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)
emoticon-Takut serem gan ya angker gan
Waduh serem banget kayanya ya gan , kalo ane mah langsung ngibrit dah emoticon-Frown
kayak nya seru yah gan emoticon-Belo
ane juga pernah liat kuburan yg keluar asap putihnya tuh gan emoticon-Takut
Quote:Original Posted By SatsuJinKen
iseng aje posting di forum cerita supernatural, ya bikin disini aje biar banyak yang baca

Kisah Nyata : Jalan2 serem ke Makam Peneleh Surabaya

Kisah Nyata : Jalan2 serem ke Makam Peneleh Surabaya

ini cerita beneran, udah dari taon 2010 akhir / awal 2011 kale ya ... bulannya gw lupa. dan sebelumnya gw cuma bilang waktu itu mata batin gw sih cukup peka, sekarang sih udah nggak pernah dipake

Kisah Nyata : Jalan2 serem ke Makam Peneleh Surabaya

bermula dari seorang temen yang pengen banget foto2 di makam peneleh di Surabaya yang katanya "gothic" dan sering dibuat prewed ... (orang gila mana prewed di kuburan ??)

gw sih udah lama di surabaya, walo bukan asli surabaya ... cuma nggak pernah ngerti ada yang namanya makam gothic di surabaya apalagi peneleh ... taunya sih cakue peneleh ... baru ngeh kalo peneleh itu nama daerah dan ada kuburannya, katanya kuburan belanda yang keren
yaaah okelah (temen gw cewe), gw anter ... kata dia sih makam peneleh itu deket makam WR Supratman, kalo itu sih gw tau ...

akhirnya jam 2 an kita berangkat nyari tuh makam ... dan gagal ... jelas lah, wong makam peneleh jauuuuh dari makam WR. Supratman
setelah menyerah akhirnya kita konsultasikan alamat yang bener kepada mbah Iphone yang jelas menunjukkan lokasi makam peneleh ... Damn ! kenapa gak dari tadi buka google earth malah belain nanya2 tukang becak yang juntrunngannya makin ngawur
jam sudah menunjukkan jam 4.30 sore ... yaudah kepalang basah, jalanlah kita kesana

nyampe di makam peneleh jam 5.15 sore dan gerbang udah ditutup ... untung masih ada penjaganya yang membolehkan kita masuk dengan pandangan heran (kenapa ada dua mahluk cowo cewe ke kuburan jam mau maghrib ginian), tapi dia sih oke saja setelah dikasih goceng

mulailah kita jalan ... wah makamnya memang keren2 ... beneran gothic, ada yang dari marmer, ada yang dari baja ukir dengan ukiran rumit ... keren, ributlah temen gw foto2 (kebayang gak jam 5.30 foto di kuburan ??)

feeling gw udah gak enak dari masuk, seolah masuk ke pestanya orang yang gak kita kenal gitu ... tau perasaan itu nggak ?? kaya kita diundang ke pesta yang semua orang di dalemnya kita gak kenal ... feel that we doesnot belong there ...

disana sih banyak makam berjajar-jajar, dan banyak yang bawahnya bolong ...

seiring makin gelapnya hari, lampu2 di kejauhan mulai menyala, masih sempet gw guyon dengan temen ... gw liat ada makam istri yang dibuat oleh suaminya dari satu blok marmer utuh setebel 20 cm ... gw bilang pasti ini si istri cerewet banget, sampe suaminya "memastikan" dia gak bangkit lagi pake batu segede ini ...


sambil guyon sambil menghibur hati kalo pemakaman ini ada di tengah perumahan rame, masak iya angker ...

temen gw sih asik2 foto ajah, pelan2 kita mulai terpisah ... dan gw molai melihat yang aneh-aneh ...

dari lobang2 di bawah makam itu kok keluar tangan2 ... ada yang kurus, ada yang gemuk, ada yang keriput, ada yang buluan ... 1 lubang keluar 1 pasang tangan, ada yang 2 pasang seolah meraba2 di sekitarnya mencari sesuatu ... yang sama cuma semuanya putih seperti marmer ... seolah ada pendar halus gitu dalam penglihatan gw

wedew ... padahal gw pikir itu kuburan bolong karena keluarganya di belanda sana memindahkan jenazahnya ke belanda ... atau minimal itu yang gw denger sebelumnya ... gw jalan pelan2 ati2 jangan sampe nginjek2 itu tangan

tolah toleh ... eh agak jauh keliatan 2 anak kecil lagi maen diatas makam ... siluetnya berpendar di malam yang mulai larut ... ya gw sih tau mereka bukan manusia, tapi lha mau gimana ... iseng gw menuju mereka dan seolah dituntun untuk menoleh ke kiri dan membaca nisan (nisan disana gede2), dan banyak dalam bahasa belanda, tapi satu ini dalam bahasa inggris. bacanya dengan bantuan pendar hape ...

intinya gw baca kalo kuburan yang gw baca ini milik 2 bersaudara yang 1 usianya 3 tahun, satunya 1 tahun dan meninggal di saat yang sama ... entah sakit entah kecelakaan ...

trenyuh gw melihatnya dan mencari mereka yang tadinya keliatan kira2 5 meter di depan gw, tapi udah gaada mereka entah kemana ... yang keliatan malah seorang cewe bule, cantik ... sekitar 3 meter di depan gw ... langsing tinggi ... mungkin 170 cm kalau berdiri, dia duduk di salah satu nisan dengan pandangan ke depan.

cantik, tapi sayu ... berbaju putih berenda-renda yang berakhir dengan renda di tangannya. jarinya panjang lentik, gak kaya jari gw yang jempol semua ... Roknya panjang elegan berenda dan memakai semacam sepatu bot putih kulit, duduk dengan kaki disilang yang elegan ... rambutnya seperti keriting separoh, jatuh di pundak ... tapi somehow gw mendapat info kalau dia meninggal muda karena sakit ...

sementara di kejauhan di bawah pohon besar seperti ada pesta, dengan orang2 duduk ngobrol dengan kostum yang 100 - 200 tahun ketinggalan jaman, ramai rasanya ... tanpa sadar kaki melangkah kesana, penasaran

sampai di sebuah kuburan yang berpilar, gw melihat seorang pria kurus, tua, rada botak ... berjas berekor panjang yang lucu, itu lho ekor jasnya ada dua ... di dadanya ada rantai emas (mungkin rantai jam saku) ... berdiri dengan sikap sempurna (mirip jaman dulu yang orang2nya berdiri lurus banget punggungnya kaya diiket papan), satu tangan di belakang, satu tangan memegang pilar ... sedang memperhatikan temen gw, penampilannya mirip bankir jaman dulu gitu, kita sebut aja bankir uzur ...

seketika gw sadar !! gile !! ini di tengah kuburan, jam 6, udah gelap dan gw malah enjoy melihat yang enggak2

jujur begitu banyak memori, begitu banyak peristiwa, begitu banyak kenangan membanjiri gw, sampai gw lupa gw sedang di kuburan !!

wekz !! gw tiba-tiba sadar, gw bukan harusnya berada di tempat ini ... gw langsung menoleh dan melihat temen gw 30 meter di belakang gw, masih asik memfoto dan masih diliatin sama tuh bankir uzur

waduh !! kita harus segera keluar dari tempat ini ... gw mau teriak ke temen gw ngajakin pulang, eh dia tereak duluan ... ternyata sandalnya putus ... sandal itu masih baru dan putus ...

gw segera bilang, oke kita segera keluar dan pulang dulu ... kita berdua kemudian pulang ...

di mobil dia tanya ... ada apa ? ya gw bilang kalo ada yang narik sandalnya itu ... ya tangan2 putih pucat itu ...
juga kalo si Bapak bankir uzur masih ngikutin di belakang dan penasaran dengan temen gw ... cuma gw biarin karena gw gak mendeteksi adanya niat jahat ...

yaaa ternyata setelah dicek ulang ...

1. kuburan yang bolong itu : bukan jenazahnya dipindah, tapi digarong orang, karena orang2 belanda / bule waktu itu dikubur dengan perhiasan / gelang / kalung dan itu dirampok oleh orang2 gak bertanggungjawab
2. jadi mayat dan sisa tulang itu masih ada di lubang itu ...
3. nisan anak kecil kakak beradik itu memang bener gw baca dan beneran ada ... dan satu satunya nisan berbahasa inggris di kisaran kompleks itu, sisanya semua bahasa belanda
4. si bankir uzur ... rupanya dia mikir temen gw mirip anaknya / cucunya makanya diikutin
5. si cewe ?? gw gak mendapat info lanjutan soalnya gabisa bahasa belanda T_T

beberapa hari kemudian ...

well ... ternyata foto dari temen gw itu ada "penampakannya" semacam asap putih deket kuburan suster ...

hahahhaaa ... seru ...

ya itulah sekelumit cerita gw tentang makam peneleh surabaya

kalo mau baca ceritanya dari sisi temen gw plus fotonya + foto penampakannya silahken liat disini :
http://laurentiadewi.com/7334

di salah satu foto ada bangunan berpilar, nah disitu tempat si bankir uzur nongol !!

foto terbawah adalah foto tempat pesta minum teh para hantu yang gw liat ... hehehee
perhatikan fotonya kalau gak percaya kita kesana jam brapa ... hehehehee

sebagian foto gw ambil dari : http://thearoengbinangproject.com/ma...eleh-surabaya/
soalnya di temen gw diprotect dfotonya


Saya asli orang sana,kalau yang angker sendiri itu ada di makam sekitar "kamar balung" (kamar tulang) di situ banyak mahluknya , dan sering dijadikan tempat meditasi atau nyari benda pusaka.
×