alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/513d9da9562acf130600000d/sejarah-formalin

Sejarah formalin

langsung aja ni gan :

ejarah Formalin
Formaldehyde, senyawa yang menjadi bahan daras formalin ditemukan pertama kali oleh ahli kimia yang berasal dari Rusia, Alexander Mikhailo vich Butlerov pada tahun 1859. Butlerov mengaku menemukannya secara tidak sengaja ketika meneliti struktur komponen organik tertentu.

Sebenarnya Formaldehyde tersedia di alam dalam bentuk gas yang dihasilkan dari pembakaran materi-materi karbon yang tidak sempurna. Gas ini bisa ditemukan pada asap yang timbul dari pembakaran seperti kebakaran hutan, kepulan asap knalpot, hingga asap rokok.
Karena keterbatasan alat, Butlerov tak mampu menguraikan atau mengolah lagi temuannya tersebut sehingga setelah hampir 9 tahun kemudian barulah ahli kimia Jerman, August Wilhelm Hofmann, mampu mengolah formaldehyde menjadi formalin.

Walaupun pada suhu kamar berwujud gas, Formaldehyde bisa dengan mudah menjadi larutan dalam air. Hofmann mencampurkan methanol, udara, serta Formaldehyde dalam suatu spiral. Campuran itu dipanaskan sehingga terbentuk formalin. Komposisi Formaldehyde sebesar 37% inilah yang kemudian dijual dipasar sebagai formalin.

Menurut Roland Hutapea, Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya, Badan POM, Formaldehyde itu multiguna. Ia digunakan untuk kepentingan industri kayu lapis, perabotan, kertas, film, sampo, deodoran, pasta gigi, lipstik, cat kuku, hingga tekstil. Sifat daya bunuh bakterinya tinggi sehingga mencegah pembukusan dan baik untuk mengawetkan. Karena itu, tak mengherankan jika zat formalin menyebar ke berbagai kehidupan kita.

Kegunaan Formalin Antara Lain :
 Tinta
Bahan Formaldehyde juga digunakan untuk tinta pada uang kertas, mesin cetak, berbagai dokumen, surat kabar, hingga buku.

 Furnitur, lemari dan lantai kayu
Kursi, lemari, atap hingga lantai kayu terwujud berkat lem yang dibuat dari bahan Formaldehyde. Zat ini dipandang sebagai alat perekat yang baik. Dengan formalin, produksi berbagai perabotan ini jadi lebih murah.
 Pakaian
Formalin digunakan pula untuk melapisi pakaian agar tidak mudah kusut. Ia mengikat pigmen warna pada kain, sehingga pakaina tidak cepat pudar. Dengan bahan ini, pakaian mudah dipelihara dan tahan lama.

 Mobil
Beragam material Formaldehyde menjadi kunci pembuatan bodi mobil, dari bumper depan hingga belakang. Juga dalam beragam komponen, seperti sistem transmisi, sistem elektronik, blok mesin, panel pintu hingga sapatu rem.

 Industri
Bahan Formaldehyde juga menjadi bagian penting dalam proses produksi, terutama pada industri kayu. Industri minyak bumi dan gas pun banyak menggunakan larutan formalin dalam kegiatan pengeborannya.


So, jangan keburu takut jika mendengar kata formalin. Ternyata formalin memiliki banyak kegunaan juga dalam kehidupan kita jika kita gunakan sebagaimana mestinya.

untuk komeng-komengnya dibawah tread ane gan, jangan lupa emoticon-Rate 5 Star dan emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya...

makasih
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
Sedang Membaca..

Quote:
Diubah oleh blupbup
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
berguna tapi bukan utk makanan gan
Untuk pengawet mayat itu yaemoticon-Matabelo









Sejarah formalin
Quote:


yups setuju gan...
emoticon-I Love Indonesia (S)
lagi marak nih buat makanan gan emoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najis
Diubah oleh dank23
Tapi sayang yah gan, penemuan yg awalnya ditujukan untuk hal2 ya berguna semisal sbg bahan pengawet buat mayat dsb, malah digunakan sebagian oknum tak bertanggung jawab sbg campuran didalam olahan makanan.
Formalin asalnya dari sumatra barat gan.

Waktu itu ada seorang pemuda bernama malin kundang yg durhaka sama ibunya, kemudian ibunya ngasih bingkisan yg bertuliskan "for malin (untuk malin)".
Ketika malin membuka bingkisan, serta merta jadilah batu dia, yang batunya awet sampe skr. Makanya bahan pengawet skr dinamain formalin. itulah sejarah formalin...
zaman sekarang susah banget cari makanan yang sehat, rata2 para penjual hanya mencari keuntungan aja
padahal formalin itu kan bukan digunakan untuk mengawetkan makanan emoticon-Sorry
semoga merek cepat bertobat

nice shared gan, ane bantu emoticon-Rate 5 Star
Quote:


woi gan itu dah ada di tread ane tuh !!!
emoticon-Mad (S)
Quote:


Thread yang mana gan?
bawah ane kampret
Quote:


thanks gan
emoticon-Blue Guy Cendol (S)
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
tapi tukang jualan jaman sekarang malah naro formalin di makanan,padahal kan ga boleh emoticon-Nohope
Quote:


betul gan emang ga boleh bantu emoticon-Rate 5 Star nya gan biar ke share smua nya emoticon-Ngakak (S) hehhehehe
emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
Setuju deh formalin seharusnya di pakek ke kayu , mayat , dll . bukan di makanan emoticon-Cape d... . fak deh buat penjual yg kek gitu
berguna tapi bukan utk makanan gan
Quote:


iya gan ane tw, mangy ane nyaranin pke formalin ya ?
emoticon-Hammer (S)
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di