alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
satu layanan.informasi lengkap layanan publik di indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/513d83b9e374b4701400000b/satu-layananinformasi-lengkap-layanan-publik-di-indonesia

satu layanan.informasi lengkap layanan publik di indonesia

satu layanan.informasi lengkap layanan publik di indonesiaSatu Layanan
pusat layanan publik untuk indonesia
http://www.satulayanan.net/
silahkan dilihat. ada semua informasi seperti bagaimana cara mengurus sim,surat tanah,surat nika,paspor,visa,npwp,pajak,pos,pelaporan oknum polisi dll.diselenggarakan oleh open government indonesia. smoga berguna utk agan" sekalian.

Bagi Masyarakat

Bagi Anda - Warga Negara Indonesia

Portal Satu Layanan dirancang dan diciptakan untuk Anda masyarakat warga negara Indonesia. Portal ini dirancang untuk dapat menjadi acuan informasi layanan pemerintah yang pertama dan utama bagi Anda sehingga diharapkan dapat menjawab kebutuhan informasi sehari-hari mengenai layanan dari institusi publik di Indonesia.

Acuan Pertama

Dengan dirancangnya portal ini menjadi acuan pertama akan info layanan publik berarti Anda dapat menemukan hampir seluruh jenis layanan publik yang sehari-hari dibutuhkan seperti informasi membuat SIM, mengganti Akta Kelahiran yang hilang, hingga perkiraan cuaca dari BMKG. Diharapkan akan ada puluhan hingga ratusan layanan publik ke depannya yang tergabung dalam portal ini.

Acuan pertama juga berarti bahwa portal ini akan memberitahukan kepada Anda dimana mendapatkan informasi yang lebih lengkap apabila diperlukan. Beberapa instansi menyediakan tempat/website khusus bagi Anda untuk melakukan transaksi online misalnya pemeriksaan/pembayaran tagihan listrik dari PLN. Portal ini akan menunjukan tempat-tempat khusus tersebut bagi Anda.

Acuan Utama

Meskipun portal ini menjadi acuan yang pertama, namun kami menargetkan dapat menjawab pencarian informasi Anda hingga 80% tanpa Anda harus mencarinya di tempat lain. Di samping itu dengan meningkatnya terus jumlah modul layanan publik yang tergabung maka diharapkan portal ini akan menjadi acuan utama pencarian informasi layanan publik.

Bagaimana Anda dapat Berpartisipasi

Partisipasi Anda sangat dinantikan dalam mengembangkan portal Satu Layanan ini secara khususnya dan dalam meningkatkan kualitas serta jangkauan layanan publik di Indonesia pada umumnya. Anda dapat berpartisipasi dengan 3 cara:

1. Menyebarluaskan informasi mengenai portal Satu Layanan ini hingga ke seluruh pelosok.

Kami menargetkan seluruh kelurahan di Indonesia akan memiliki dan meneruskan akses Portal Satu Layanan kepada warganya, terutama warga yang tidak terhubung internet. Dengan demikian informasi mengenai layanan publik dapat menjangkau hingga pelosok, baik secara online (lewat komputer) maupun secara off-line (melalui abdi negara yang bertugas di kelurahan).

2. Memperbaiki kualitas informasi layanan publik

Anda diharapkan untuk dapat memberikan umpan balik kepada penyedia layanan yang tergabung dalam portal ini sehingga penyedia layanan dapat terus memperbaiki kualitas layanannya. Suara Anda akan sangat menentukan mutu layanan.

3. Mendaftar sebagai relawan penyedia layanan

Beberapa layanan yang sebetulnya layak diangkat mungkin tidak tersedia dalam portal ini. Sementara itu apabila ternyata Anda merasa memiliki informasi yang baik mengenai layanan tersebut maka segera ajukan diri Anda sebagai relawan penyedia informasi layanan. Dengan demikian Anda akan mengelola modul informasi layanan tersebut dan meningkatkan kualitas informasinya dari masa ke masa (pengelolaan modul informasi layanan dapat dipindahtangankan kepada orang lain yang berkompeten dengan perantara administrator portal). Dengan bergabungnya relawan-relawan lain seperti Anda dalam menyediakan informasi layanan, maka portal ini akan menjadi tempat berbagi informasi dari masyarakat dan bagi masyarakat.

Segera hubungi administrator portal Satu Layanan untuk bergabung sebagai relawan!

Tentang Satu Layanan
Informasi layanan publik sehari-hari warga negara

"Portal Satu Layanan" adalah laman yang dirancang dan dibangun untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai layanan-layanan yang diberikan badan publik atau pemerintah kepada warga negaranya.

Satu Layanan merupakan salah satu inisiatif dari gerakan Open Government Indonesia yang mendorong lebih jauh nilai-nilai transparansi, partisipasi, dan inovasi di dalam birokrasi di Indonesia. Melalui ketiga nilai tersebut diharapkan kualitas dan profesionalisme pelayanan badan publik akan meningkat sehingga pada akhirnya seluruh manfaat akan dirasakan oleh warga negara Indonesia.

Satu Layanan sendiri merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah yang dimotori oleh Unit Kerja Presiden bidang Pengawsan dan Pengendalian Pembangunan dibantu beberapa instansi lainnya, BUMN, Akademisi, sektor swasta, hingga para relawan.

Portal Satu Layanan ini dirancang untuk menghadapi abad informasi dan bertujuan untuk mewujudkan cita-cita adanya suatu pusat informasi layanan masyarakat sehari-hari.

TENTANG SATU LAYANAN

1. Apakah Portal Satu Layanan itu?

Portal Satu Layanan adalah laman yang dirancang untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai layanan-layanan yang diberikan badan publik atau pemerintah kepada warga negaranya.

2. Mengapa Portal Satu Layanan didirikan?

Satu Layanan merupakan salah satu inisiatif dari gerakan Open Government Indonesia yang mendorong lebih jauh nilai-nilai transparansi, partisipasi, dan inovasi di dalam birokrasi di Indonesia. Melalui ketiga nilai tersebut diharapkan kualitas dan profesionalisme pelayanan badan publik akan meningkat sehingga pada akhirnya seluruh manfaat akan dirasakan oleh warga negara Indonesia.

3. Dimanakah saya dapat mengakses Portal Satu Layanan?

Portal Satu Layanan dapat diakses melalui situs http://satulayanan.net/

4. Apakah ada rencana untuk Portal Satu Layanan untuk menjadi aplikasi telepon selular?

Ada, namun ini merupakan target jangka panjang kami. Jika Anda memiliki rekan yang berpotensi untuk membantu kami mengembangkan proyek ini, silakan hubungi kami di network@opengovindonesia.org atau di Twitter @opengovIndo

5. Apakah ada fungsi translasi ke bahasa asing di Portal Satu Layanan?

Saat ini belum ada. Bahasa yang digunakan di Portal Satu Layanan adalah Bahasa Indonesia. Jika Anda ingin membantu menerjemahkan, kami sangat membuka kesempatan untuk berkolaborasi dengan Anda. Silahkan hubungi kami di network@opengovindonesia.org atau di Twitter @opengovIndo untuk informasi lebih lanjut.

6. Saya menemukan informasi di Portal yang sudah kadaluarsa. Bagaimana saya bisa menghubungi tim Portal Satu Layanan mengenai masalah ini?

Anda bisa menyarankan informasi pembaharuan konten modul di network@opengovindonesia.org atau di Twitter @opengovIndo. Anda juga bisa menjadi kontributor Portal Satu Layanan untuk memperbaharui informasi yang sudah ada.

7. Saya menemukan laman yang rusak atau tidak bisa diakses. Bagaimana saya bisa menghubungi tim Portal Satu Layanan untuk mengatasi masalah ini?

Kami bisa dihubungi di network@opengovindonesia.org atau di Twitter @opengovIndo

8. Apakah Satu Layanan berencana menambahkan informasi yang tersedia?

Ya! Saat ini sudah ada berbagai informasi dalam bidang, yang jumlahnya sudah lebih dari 100 jenis layanan. Kami berencana untuk terus menambahkan informasi, seperti cara mendirikan usaha dan layanan untuk koperasi.

Bila Anda memiliki ide atau saran tentang informasi apa yang perlu ditambahkan, silakan hubungi kami di network@opengovindonesia.org atau di Twitter @opengovIndo

BERKONTRIBUSI DI SATU LAYANAN

9. Siapakah kontributor Portal Satu Layanan?

Satu Layanan merupakan inovasi dari pemerintah yang dimotori oleh Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP). Dalam melengkapi informasi di Satu Layanan, UKP-PPP dibantu beberapa instansi, seperti BUMN, akademisi, sektor swasta, hingga para relawan dan pemagang (intern). Satu Layanan bersifat crowd-sourcing, di mana semua informasi layanan dipersembahkan oleh banyak pihak sehingga informasinya semakin lengkap dan semakin berguna untuk masyarakat. Siapa saja bisa ikut berkontribusi!

10. Bagaimana cara saya untuk berkontribusi di Satu Layanan?

Kami membuka peluang bagi masyarakat dan instansi lintas sektor untuk ikut mengisi informasi di Portal Satu Layanan. Siapa saja bisa menjadi kontributor untuk mengelola modul, memperbaharui informasi layanan atau menulis informasi layanan baru! Silahkan hubungi kami untuk mengajukan niat menjadi kontributor di network@opengovindonesia.org atau di Twitter @opengovIndo

11. Apakah syarat dasar untuk menjadi kontributor?

Kontributor Portal Satu Layanan harus memiliki pengetahuan yang cukup dalam mengenai modul yang dikelola, dengan reguler memperbaharui konten dan juga memiliki cukup materi untuk dijadikan sebuah modul. Kontributor Portal Satu Layanan dapat berasal dari komunitas, instansi akademisi, atau instansi pemerintah.

12. Saya ingin menjadi relawan namun saya tidak memiliki informasi atau saran untuk modul. Apa ada cara lain?

Tentunya! Anda bisa juga menjadi relawan dalam membantu program sosialisasi Satu Layanan terutama di kawasan yang tidak terjamah akses internet atau bagi yang belum pernah mendengar akan Portal Satu Layanan. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.
Urutan Terlama
Spoiler for "ternyata ane...":

moga banyak yang jadi relawannyaemoticon-Malu (S)

Quote:
Diubah oleh mou.moon
smoga
coba ane simak dulu ya gan


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di