alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/513d46008027cfa821000007/demi-kelapa-sawit-ribuan-orangutan-dibantai
Peringatan! 
Demi Kelapa Sawit, Ribuan Orangutan Dibantai !!!!!
Demi Kelapa Sawit, Ribuan Orangutan Dibantai !!!!!

Mengerikan, ribuan orangutan terus dibunuh tiap tahun, padahal sudah masuk hewan langka yang dilindungi. WWF, The Nature Conservacy, Asosiasi Ahli Primata Indonesia, beserta organisasi swasta lainnya memberi pernyataan ini setelah melakukan penelitian beberapa tahun belakangan.

Pada 2007 silam, sebanyak 750-1.800 orangutan mati di Indonesia. Ribuan kematian orangutan terjadi di tahun-tahun berikutnya. Kemudian, dari hasil wawancara 9.983 responden di 687 desa di tiga provinsi Kalimantan antara bulan April 2008 hingga September 2009, setidaknya ditemukan 750 orangutan tewas dibantai.

Demi Kelapa Sawit, Ribuan Orangutan Dibantai !!!!!


Lebih dari setengah responden yang diwawancara bahkan mengaku setelah membunuh, mereka memakan daging orangutan tersebut. Orangutan tersebut dibunuh karena mengganggu tanaman milik warga. Terutama karena dianggap menjadi hama kelapa sawit.

Menurut hasil penelitian dilakukan Perhimpunan Pemerhati dan Peneliti Primata Indonesia (Perhappi) dan The Nature Conservancy (TNC), April 2008 hingga September 2009, menunjukkan adanya "perebutan ruang" antara manusia dengan orangutan.

Demi Kelapa Sawit, Ribuan Orangutan Dibantai !!!!!

Demi Kelapa Sawit, Ribuan Orangutan Dibantai !!!!!

Mana Reaksi Pemerintah?

Ironisnya, belum ada reaksi dari pemerintah atas tragedi ini sedikit pun. Pihak kementerian kehutanan Indonesia juga belum memberi berkomentar mengenai masalah ini. Padahal melihat dari banyaknya bukti tengkorak, kulit, dan bagian tubuh orangutan yang tergeletak berserakan di hutan, ini merupakan fakta yang sangat mengerikan.

Yaya Rayadin, peneliti dari Pusat Peneliti Hutan Tropis (PPHT) meminta Pemprov Kaltim tak menutup mata terkait tragedi ini. Satu hal yang menurut Yaya tak kalah penting adalah anggaran untuk penyelamatan orangutan. Hingga saat ini belum ada kepastian mengenai hal tersebut. “Kita berbicara konservasi orangutan. Tapi apakah ada budgetnya?,” tanyanya.

Dari kacamata pengamat lingkungan Niel Makinuddin, pemerintah juga punya andil dalam kerusakan habitat orangutan. Spesies orangutan dilindungi oleh undang-undang (UU). Tapi, ketika Tata Ruang memaksa habitat orangutan tergerus oleh kepentingan usaha, tidak ada hukum yang mengaturnya. “Padahal orangutan kalau habitatnya dirusak, sudah pasti mati. Entah dikejar karyawan perusahaan atau mati kelaparan,” ujar pengamat lingkungan ini.

Niel mengatakan, pakan dan ruang bagi orangutan merupakan kunci kehidupan. Jika dua itu tak ada, bisa dipastikan orangutan akan pergi mencari tempat baru. “Orangutan makan sawit atau kambiumnya akasia itu temporary, karena bukan itu makanan utama mereka, bisa dilihat dari struktur giginya. Tapi, karena keadaan, sebagian tempat sudah jadi batu bara, sawit, mereka lari,” jelas Niel.

Berdasarkan hasil studi dari tahun 2006 hingga sekarang, penelitian ground survey telah dilakukan bahkan telah berhasil membuat sekitar 74 km transek dan berhasil mengobservasi 1.500 pohon sarang dengan ditemukan sekitar 2.400 sarang orangutan. Dari luasan tersebut, mengacu kepada hasil penutupan kawasan hutan dan ground survey, diperkirakan masih terdapat sekitar 2.500-3.000 ekor orangutan di Lanskap Kutai.

Menengok ke belakang, pada 1990, jumlah orangutan di tanah Borneo diperkirakan mencapai 230 ribu. Pada 2007, angkanya diprediksi 54 ribu. Lalu, pada 2010, khususnya di Lanskap Kutai, menyusut jadi 2.500-3.000 ekor saja. Secara keseluruhan, populasi orangutan Kalimantan diperkirakan tinggal 50 ribu saja.

Demi Kelapa Sawit, Ribuan Orangutan Dibantai !!!!!

Mohon sebarkan kabar ini seluas-luasnya untuk mendukung gerakan "Save Orangutan". emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-Matabelo woow kasian amat gan

emoticon-Mewek

gak jadi.. PertamaXXX gan

kejam ya gan..emoticon-Matabelo
geram banget gan ane sma pemerintah...semuanya pada mikirin perutnya doang... emoticon-Mewek

cek kulkas gan.. emoticon-Cendol (S)
kejam bgtemoticon-Mad
gila orang-orang pada gak punya hati kali ya ? emoticon-Blue Guy Bata (S)


btw nice share gan emoticon-2 Jempol
gimana kagak mau makan sawit kalau habitat asli mereka sebagai tempat untuk mencari makan dan bertahan hidup telah dirusak
emoticon-Matabelo bukan nya harus di lindungi ... berarti pemerintah juga yg membuat hewan itu langka dan menjadi punah .. tidak menjaga dan bertanggung jawab ..
demi uang.... rela membantai makhluk bernyawa... nice inpo gan... pemerintahnya mana sih baik sama korup terus bisanya emoticon-Cape d...
Kasihan ya gan orang utan dibantai gara2 keserakahan cukong-cukong kita..
tuh orang tega bener yah bisa" orang utan punah dah emoticon-Berduka (S)
lama-lama bisa punah tuh gan orang utan...
itulah manusia hanya keuntungan sesaat gak perduli caranya
Quote:
Satu hal yang menurut Yaya tak kalah penting adalah anggaran untuk penyelamatan orangutan. Hingga saat ini belum ada kepastian mengenai hal tersebut. “Kita berbicara konservasi orangutan. Tapi apakah ada budgetnya?,” tanyanya.

PEMERINTAH CUMA BISA MINTA ANGGARAN, GA ADA USAHANYA GAN! PALING ITU JUGA BUAT KORUPSI GAN! MENGECEWAKAN PEMERINTAH KITA INI BODOHNYA BENER2 MAKSIMAL!! DI KALIMANTAN SANA, SETIAP KARYAWAN PERUSAHAAN DR MINYAK SAWIT YANG BISA BAWA ORANG UTAN IDUP/MATI STAU ANE DIKASI BONUS UANG GITU, JADI WAJAR AJA ORANG UTAN DISANA DIBURU. PEMERINTAH KITA EMANG GA BECUS GAN, YANG MENANGGUNG ULAH DARI MEREKA INI YA ANAK2 KITA GAN. BENER2 BODOHNYA KARENA ORANGUTAN UDAH MASUK DAFTAR HEWAN YANG DILINDUNGI TP SEAKAN2 PEMERINTAH GA PEDULI APA2 GAN emoticon-Berduka (S)
SDA kita semakin habis terbabas gan... Prihatin emoticon-Sorry
×